Langsung ke konten utama

Perjuangan Mama Rayyan Memberi ASI




Proses Perjuangan ASI

Rayyan adalah putra pertama saya. Alhamdulillah Rayyan lahir dengan normal. Namun, saya sempat merasakan Baby Blues Sampai 2 minggu pasca melahirkan. Sejak kelahirannya payudara saya bengkak, membuat saya dan suami bingung karena Rayyan dari awal tidak mau menyusu langsung. Padahal ASI saya terus menetes. Rasanya sakit bercampur sedih melihat tetesan demi tetesan harus terbuang.

Tiba-tiba saya dan suami terfikir untuk membeli breastpump manual. Alhamdulillah sangat membantu menyimpan ASIP yang kemudian saya simpan ke beastmilk Gabag dan langsung dipindahkan ke frezzer. Mungkin karena dari awal Rayyan sudah terbiasa minum ASI melalui botol susu alhasil hingga sekarang usianya 7 bulan dia semakin nyaman. Saya kini justru merasa sangat sedih, karena saya harus gonta ganti breast pump yang cocok. Saya ingin bisa stok ASIP lebih banyak dengan waktu efisien.

Stok ASIP rayyan memang tidak banyak, hanya cukup ketika dia mau minum, dan bepergian. Sekarang saya memang memutuskan untuk tidak bekerja kembali. Tetapi, terkadang saya merasa sedih karena saya punya waktu banyak untuk anak saya. Namun, saya selalu memberikan ASI melalui dot. Hingga saat ini, saya selalu mencoba untuk bisa menyusui langung Rayyan.  Tetatpi setiap saya mendengar tangisan dan teriakan penolakannya, saya sedih. Membuat saya dan suami saya sering kali harus bertengkar, hingga pada ujungnya kami menangis bersama. Kami sungguh tidak tega melihat buah hati kami tersiksa karena paksaan kami.

Walau perjuangan saya dan suami selalu gagal, itu tidak membuat saya justru menyerah. Saya ingin bisa maksimal memberikan ASI pada Rayyan sekalipun harus melalui botol susu. Yang penting anak saya tercukupi kebutuhan gizinya tanpa campuran sufor hingga usianya 2 tahun. Sekalipun sedih dan kecewa, rasa sayang saya tidak mematahkan  dan menghalangi niat untuk tetap bisa memberikan ASI.


ASI itu bagi saya beratus makna
ASI itu bagi saya beribu perjuangan 
ASI itu bagi saya berjuta cerita


Terkadang sulit digambarkan betapa bahagianya saya bisa mengumpulkan tetes demi tetes untuk buah hati tercinta. Apapun yang dilakukan dan diperjuangkan oleh semua Ibu untuk buah hatinya, mari lakukan dengan penuh cinta. Walaupun terkadang kita harus menangis untuknya. Karena kebahagiaan buah hati kita nilainya sangat berharga, dan kasih sayang ibu itu tidak terhingga.

Pertumbuhan Rayyan


Waktu terasa begitu cepat, mulai dari Maret 2016 mama mulai bisa merasakan gerakan dasyat kamu dalam perut. Dan kini pada 2017, mama melihat malaikat kecil mama tumbuh sehat bahkan ceria dan sangat aktif.

Walau terkadang mama ingin sekali waktu berjalan cepat melihat kamu tumbuh besar, tetapi saat melihat keceriaan nya, rasanya ingin Rayyan tetap kecil.

  •  Terima kasih telah menjadi anak yang baik sejak dalam perut dan selalu menjadi teman utama curhat mama.
  • Terima kasih karena Rayyan selalu mau minum ASI walau kadang Rayyan sangat jarang sekali mw menyusu langsung.
  • Terima Kasih karena Rayyan selalu memberikan senyum ceria yang selalu membuat mama kembali semangat untuk Pumping dan stok ASIP hingga saat ini.
Sekalipun mama terhitung gagal menyusui langsung Rayyan, mama sangat bahagia. Karena, ternyata mama tetap bisa memberikan ASI walau melalui dot, dan berharap bisa sampai 2 tahun.


Terima kasih untuk semua yang telah membantu saya untuk bisa memberikan ASI pada Rayyan, antara lain:

  1. Beberapa merk breastpump (Littlegiant,  Pumpee, Philips Avent, Iqbaby).
  2. Botol ASI kaca dan UC.
  3. Coller bag Gabag yg sangat membantu menyimpan kelebihan ASI saat kulkas 1 pintu saya full.
  4. Breastmilk Gabag yg selalu menampung ASiI yang mudah dibawa dan ringan.
  5. Yuk untuk semua para ibu, sukseskan program pemberian ASI hingga 2 tahun.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bagaimana Bisa Jadi Pramugari?

Pramugari biasanya menjadi salah satu cita-cita setiap anak terutama untuk anak perempuan. Tetapi, ini tidak berlaku untuk saya 10 tahun lalu, saya justru ingin menjadi seorang "Dokter Anak". Cita-cita tinggal angan, karena besarnya biaya untuk menjadi seorang dokter saat itu, jauh diluar kemampuan orang tua saya. Terlahir dari keluarga broken homesejak kelas 3 SMP, membuat saya mengubur dalam-dalam semua impian saya. Nah, Kok bisa sih saya jadi Pramugari?Cantik enggak, putih enggak, tinggi juga kurang. Mungkin sebagian orang menilai seperti itu, saya juga merasa kok, jauh dari kriteria seorang pramugari.  Cerita singkatnya begini...  Semenjak lulus SMK, saya langsung bekerja di sebuah shorum motor Yamaha didekat tempat tinggal saya, walau sudah bekerja selama hampir 2 tahun  menjadi sales counter , saya merasa kurang puas dengan karir yang saya dapat. Kemudian, saya melamar bekerja kembali di shorum mobil Mitsubishi, saya kembali merasa jenuh setelah bekerja selama 3 bulan. La…

Rayakan Momen Makan Pertama Si Kecil Bersama Milna

Kebahagiaan seorang ibu adalah tatkala melihat anaknya tumbuh sehat dan ceria, atau istilahnya "Bayi Sehat, Ibu Senang". Setuju kan Bun? Bahkan, saat baru menjadi ibu kita sudah harus memikirkan nutrisi untuk Si Kecil. Pemenuhan nutrisi tersebut sangat penting di 1000 hari kehidupan pertamanya.




Tahulah ya Bunda, setelah 6 bulan kita memberikan ASI untuk Si Kecil, selanjutnya adalah memberikan MP-ASI untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Saya jadi teringat betapa exitednya saya 6 bulan lalu, saat menyiapkan Momen Makan Pertama Rayyan. Saya merasa bahagia sekaligus takut, kalau nanti makanan yang saya berikan nutrisinya tidak seimbang.

Saat saya di undang oleh Milna untuk menghadiri acara "Milna 1stBite Day" di The Hall 8th floor, Senayan City, Jakarta pada tanggal 9 September 2017 kemarin, saya sangat antusias untuk datang. Walau Rayyan sudah berusia 1 tahun, saya selalu semangat belajar ilmu tentang MP-ASI. Karena saat ini, banyak sekali metode pemberian MP-ASI yang b…

We Made Me - Cara Menggendong Bayi Yang Benar

Hai semuanya, apa kabar? Semoga sehat wal'afiat ya. Membahas gendongan pasti sudah pada tahu ya. Apalagi untuk para orang tua. Tetapi apakah kita sudah menggendong dengan baik dan benar? Beruntung beberapa hari lalu, saya berkesempatan hadir pada seminar dengan tema "Cara Menggendong Bayi Yang Benar" bersama Beautynesia dan We Made Me Indonesia. Acara ini menghadirkan bintang tamu Ayu Hastari, Ibu Nindy dari Baby Wearing Club Jakarta, dan CEO dari We Made Me yaitu IbuCindyIbu Nindy menyampaikan bahwa menggendong bayi sudah menjadi kewajiban orang tua dong tentunya. Selain menjalin hubungan erat dengan si kecil, ternyata banyak juga lho manfaat bagi Moms & Dads. Agar hubungan semakin dekat, pastinya kegiatan menggendong ingin terlaksana dengan nyaman dan aman. Manfaat Menggendong Bayi Moms jadi mudah menyusuiDapat sambil bekerjaJadi lebih perhatianBayi mudah ditidurkanPraktis bepergianDampak Salah Menggendong Bayi Sangat PENTING bagi Moms & Dads yang baru memiliki b…