Langsung ke konten utama

Cara menaikkan jumlah ASI


Pernah tidak berpikir kok bisa sih itu Ibu ASInya banyak banget sampai berfrezzer-frezzer?

Itu juga yg sering tersimpan dalam benak saya. Awal kelahiran karena sempat baby blues saya belum sempat menyusui langsung Rayyan. Bukan karena alasan lain yang membuat saya tidak mau menyusui ya. Karena kehamilan pertama ini, diusia 4 bulan saya harus kehilangan ibu saya.

Diawal setelah melahirkan suami saya langsung memberikan breastpump manual, dia bilang demi anak kita titipan Allah kita wajib memberikan ASI sekalipun hanya setetes. "Ayo Ma pumping aja, sedikitpun itu berarti". Kalau sekarang teringat masa-masa awal pumping langsung kebawa perasaan ke masa itu lho. Peran Ayah ASInya berasa banget, karena dari awal papa Rayyan lah yang membuat saya lebih semangat untuk tetap berjuang memberikan ASI bagi anak kami.

Bukan cengeng ya, tapi saya terharu terhadap suami saya. Dia yang memandikan di minggu pertama Rayyan lahir, dia pakaian baju, membedong dll. Saya hanya diam melihat itu semua, sambil pumping mengumpulkan ASI.

Bengkak, sakit, keras, perih, lecet, dan harus nangis setiap dipumping dan harus pegel tangan karena pakai manual. Saat itu cuma diem lihat hasil seharian cuma 300ml, yang 150 buat di kasih ke Rayyan langsung, sisanya ditabung. Karena memang Rayyan anak ASIP, jadi saya harus tetap mengumpulkan ASIP hingga saat ini. Jadi, setiap hari itu cuma pumping 2jam sekali sambil beberes rumah lainnya dan sesekali mengasuh Rayyan.

Sehingga bagi saya sekalipun harus banyak waktu yg harus saya korbankan demi duduk manis, pumping sampe tangan keram dan pegal, meluangkan waktu untuk manajemen ASIP, saya ikhlas semua untuk anak saya. Bukan hanya sebagai kewajiban dan tugas sebagai ibu, tetapi memang saya ingin memberikan yang terbaik untuk anak saya.

Saya punya waktu, punya cinta, punya sayang, dan saya punya pengetahuan tentang ASI yang saya baca dari beberapa sumber itu semua saya lakukan demi si kecil.

Bisa dilihat di gambar ya :




  •  Foto pertama sebanyak ini terdiri dari 30 botol ASIP 100 ml dan 22 breastmilk Gabag berisi 100ml jadi ASIP totalnya 5200 ml. Ini saya kumpulkan selama 2 bulan setelah dikurangi yang diminum tiap hari. Alhamdulillah sekarang sudah usia 8 bulan Rayyan dan masih ASI.




  • Foto ke-2 hanya 2 ASIP pertama kali saya pumping dan selama sebulan hanya itu. Karena, setiap pumping langsung di berikan ke Rayyan, dan memang kulkas saya hanya 1 pintu saat itu, dan tidak berfikir untuk stok banyak.


  •  
  • Foto ke3 setelah 3 bulan pertama hanya  14 botol itupun harus nangis dulu, karena beberapa lainnya berbau asem dan bocor jadi terbuang. Tida difoto karena saat itu saya tidak terfikirkan untuk sharing hal seperti ini, tapi sekarang untuk menyemangati pejuang ASI lainnya saya berubah fikiran.




  •  Foto ke-4 usia 5 bulan sudah 34 botol berisi 100ml saat kulkas masih 1 pintu sudah bingung perputaran ASI nya karena memang yg saya baca  ASI hanya 2 minggu. Alhasil, berusaha nabung untuk bisa beli kulkas 2 pintu agar bisa simpan ASIP lebih lama yaitu 3 bulan. Jadi saya tidak perlu terlalu sering merapihkan dan memutar stok ASIP.




  •  Foto setelahnya itu setelah 6 bulan, saya mulai menggunakan kulkas 2 pintu. Alhamdulillah lebih tenang dan membuat semangat naik. Frezzernya luas masih bisa simpan stok lebih banyak, takut sewaktu-waktu ASI saya seret atau saya sakit.

Alhasil, saya membeli 4 box breastmilk gabag. Ternyata benar sekali, dengan menyimpan stok breastmilk atau botol ASIP banyak  akan membuat kita semangat dan memicu jadwal pumping yang sering. Jadi malu sendiri kalau itu stok botol/breastmilk tidak terisi.




Jadi yang mau saya share di sini adalah "Memberikan ASI bukan hanya sekedar kewajiban sebagai Ibu, tetapi wujud Perjuangan, Sayang dan Cinta terhadap Sang Buah Hati". Bukan berarti yang memberi susu formula itu tidak berjuang ya, bagi saya setiap orang tua punya caranya sendiri dalam berjuang dan tentu banyak alasan lain yang berbeda.

Tips dan trik agar ASIP banyak dan bisa stok ASIP

1. Stok botol ASIP/Breastmilk yang banyak agar memicu semangat 0umping dan stok ASIP, ini saya sudah buktikan sendiri ya.

2. Saya tidak minum booster ASI, jamu, vitamin dll. Saya hanya makan teratur, banyak minum air putih, dan sesekali makan buah agar kualitas ASI juga baik.

3. Menjaga mood saat pumping misalnya: mengaji, shalawatan, menemani anak bermain, melihat anak tidur, melihat" foto anak, membuka sosmed, itu semua membuat hati tenang dan fresh. Pas lihat botol pumping tau"-tau sudah penuh.

4. Breastpump apapun bisa sebanyak ini, aku sebelumnya pakai manual, ganti elektrik, ganti lagi manual dan sekarang elektrik. Itu ga berpengaruh terhadap jumlah ASI ya. Tetapi, semangat juang yang tinggilah yang bisa meningkatkan jumlah dan kualitas ASI.

5. Lakukan power pumping selama 1 minggu pertama rutin sehari 2x saja, akan membuat ASI seterusnya mudah untuk pumping. Karena , semakin sering di pumping/menyusui maka, akan semakin banyak produksinya.

Semoga semua moms bisa memaksimalkan perjuangannya ya agar bisa memberikan yang terbaik bagi anaknya. Ini salah satu perjuangan saya, agar buah hati saya bisa terus minum ASI hingga 2 tahun. Bagi saya perjuangan ibu"diluar sana jauh lebih besar, saya baru ada di tahap usia anak saya 8 bulan saja sudah sangat bahagia sekali bisa terus ASI. Apalagi bisa 2 tahun dan bisa donor ASIP juga, itu luar biasa banget.

Semangat terus ya para pejuang ASI lainnya, lakukan dengan semangat dan penuh cinta, banyak belajar dan membaca. Semoga kita semua bisa memberikan yang terbaik bagi Anak kita. Aamiin...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bagaimana Bisa Jadi Pramugari?

Pramugari biasanya menjadi salah satu cita-cita setiap anak terutama untuk anak perempuan. Tetapi, ini tidak berlaku untuk saya 10 tahun lalu, saya justru ingin menjadi seorang "Dokter Anak". Cita-cita tinggal angan, karena besarnya biaya untuk menjadi seorang dokter saat itu, jauh diluar kemampuan orang tua saya. Terlahir dari keluarga broken homesejak kelas 3 SMP, membuat saya mengubur dalam-dalam semua impian saya. Nah, Kok bisa sih saya jadi Pramugari?Cantik enggak, putih enggak, tinggi juga kurang. Mungkin sebagian orang menilai seperti itu, saya juga merasa kok, jauh dari kriteria seorang pramugari.  Cerita singkatnya begini...  Semenjak lulus SMK, saya langsung bekerja di sebuah shorum motor Yamaha didekat tempat tinggal saya, walau sudah bekerja selama hampir 2 tahun  menjadi sales counter , saya merasa kurang puas dengan karir yang saya dapat. Kemudian, saya melamar bekerja kembali di shorum mobil Mitsubishi, saya kembali merasa jenuh setelah bekerja selama 3 bulan. La…

Rayakan Momen Makan Pertama Si Kecil Bersama Milna

Kebahagiaan seorang ibu adalah tatkala melihat anaknya tumbuh sehat dan ceria, atau istilahnya "Bayi Sehat, Ibu Senang". Setuju kan Bun? Bahkan, saat baru menjadi ibu kita sudah harus memikirkan nutrisi untuk Si Kecil. Pemenuhan nutrisi tersebut sangat penting di 1000 hari kehidupan pertamanya.




Tahulah ya Bunda, setelah 6 bulan kita memberikan ASI untuk Si Kecil, selanjutnya adalah memberikan MP-ASI untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Saya jadi teringat betapa exitednya saya 6 bulan lalu, saat menyiapkan Momen Makan Pertama Rayyan. Saya merasa bahagia sekaligus takut, kalau nanti makanan yang saya berikan nutrisinya tidak seimbang.

Saat saya di undang oleh Milna untuk menghadiri acara "Milna 1stBite Day" di The Hall 8th floor, Senayan City, Jakarta pada tanggal 9 September 2017 kemarin, saya sangat antusias untuk datang. Walau Rayyan sudah berusia 1 tahun, saya selalu semangat belajar ilmu tentang MP-ASI. Karena saat ini, banyak sekali metode pemberian MP-ASI yang b…

We Made Me - Cara Menggendong Bayi Yang Benar

Hai semuanya, apa kabar? Semoga sehat wal'afiat ya. Membahas gendongan pasti sudah pada tahu ya. Apalagi untuk para orang tua. Tetapi apakah kita sudah menggendong dengan baik dan benar? Beruntung beberapa hari lalu, saya berkesempatan hadir pada seminar dengan tema "Cara Menggendong Bayi Yang Benar" bersama Beautynesia dan We Made Me Indonesia. Acara ini menghadirkan bintang tamu Ayu Hastari, Ibu Nindy dari Baby Wearing Club Jakarta, dan CEO dari We Made Me yaitu IbuCindyIbu Nindy menyampaikan bahwa menggendong bayi sudah menjadi kewajiban orang tua dong tentunya. Selain menjalin hubungan erat dengan si kecil, ternyata banyak juga lho manfaat bagi Moms & Dads. Agar hubungan semakin dekat, pastinya kegiatan menggendong ingin terlaksana dengan nyaman dan aman. Manfaat Menggendong Bayi Moms jadi mudah menyusuiDapat sambil bekerjaJadi lebih perhatianBayi mudah ditidurkanPraktis bepergianDampak Salah Menggendong Bayi Sangat PENTING bagi Moms & Dads yang baru memiliki b…