Langsung ke konten utama

Cooking Marathon With Mama Lemon and GlitzmediaCo

Hayooo... Angkat tangan yang hobinya masak, atau gak hobi masak tapi hobi makan? Hahaha.

Kalau saya termasuk yang hobinya makan kalau dulu, tetapi setelah nikah dan punya Rayyan kok kayaknya "Masak" itu jadi hal wajib yang harus dikuasai oleh seorang mama. Paling tidak memasak makanan untuk anaknya sendiri, karena kita akan lebih tau tingkat kebersihan dan bahan bakunya apa saja.


Nah, siapa sih yang tidak kenal Mama Lemon? Si pintar yang membantu kita membersihkan semua perkakas dapur mulai dari yang bersih kinclong, sampai kerak yang hitam nempel pekat karena keseringan dipakai masak. Pasti antara Mama mau dilempar itu perkakas atau di cuci dengan beribu cara supaya bersih lagi?


Kita kadang dalam hal ini sudah pakai abu gosok, sudah pakai spons, stainlees steel tapi cuma pakai sabun cuci piring tetapi ga hilang-hilang (capek iya, hasil nihil, malah jadi rusak wajannya). Kalau saya dulu sempat ngegerutu dalam hati, ada tidak sih sabun yang ga perlu pakai tenaga dalam sudah bikin ini wajan bersih lagi dan tidak bikin gores ?


Alhamdulillah, Mama Lemon Indonesia membuktikan mimpi semua para Mama untuk bisa menemukan sang sabun impian yang bisa mencuci bersih tanpa gores yaitu "Mama Lemon Powerful Stain Remover". Teflon bersih lagi, kerak hilang, tanpa gores dan tentunya tidak ada lagi emosi sendiri sampai-sampai minta beli wajan baru sama suami.


Kemarin tanggal 29 Juli 2017 saya dan 2 orang sahabat saya Mama Agatha Revi dan Mama Annisa juga para Mama lainnya. Kami semua mendapatkan undangan spesial dari Mama Lemon dan Glitz Mediaco untuk mengikuti Cooking Marathon bersama Chef Martin Natadipraja di Almond Zhucini Kitchen, Jakarta Selatan, yang akan berbagi tips memasak dan membersikan dapur. Sempat chitchat sebelum berangkat, asyik makan besar bareng nih, dan bebas masak di hari sabtu. Harapan terkubur dalam-dalam, semua salah! Hahaha.




Setibanya di acara tersebut baru sampai di meja registrasi sudah di berikan kertas isinya menu masakan yang harus di masak (aduh salah persepsi nih). Sepanjang jalan ke ruangan cuma baca dan bilang MasyaAllah yang dimasak banyak banget ini, ini sih judulnya masak baru makan hehehe.


Untungnya masih kerja kelompok, kalau kerja cuma ber-3 rasanya ga sanggup deh ah nyeraahhh! Disini kita dibagi menjadi 3 kelompok yang berisi masing-masing kelompok 10 orang. Tugasnya sebagai berikut:

  •  Masing-masing kelompok dibagi menjadi 2 tim memasak (4 orang dan 6 orang).

  • Menu memasaknya yaitu: ayam bumbu rujak, sate udang bakar madu, urap, kering tempe kacang, dan dadar gulungnya tidak ketinggalan sebagai menu penutup.

  • Setiap kelompok memiliki waktu 90 menit untuk memasak, dan 15 menit untuk membersihkan dapur beserta peralatan memasak hingga menyajikan masakan.

  • Setiap kelompok hanya memiliki waktu 3 menit untuk mendiskusikan dan membagi tugas masing-masing Mama.

  • Kelompok pertama yang terdiri dari 4 orang memiliki waktu 40 menit untuk memasak menu yang ditentukan. Saat waktu habis, maka kelompok kedua yang terdiri dari 6 orang masuk dan melanjutkan memasak dengan waktu 50 menit.

  • Dan sebelum pergantian kelompok, setiap kelompok diberi waktu 3 menit untuk memdiskusikan kembali.

  • Setelah waktu selesai, semua kegiatan masak harus dihentikan. 4 orang pertama masuk dan membersihkan semua peralatan masak menggunakan Mama Lemon PSR dan plating dengan waktu hanya 15menit.

  • Setiap kelompok membuat plating 7 piring , dan juga membuat plating untuk masing-masing peserta jadi total 17 piring.

  • Setelah juri menyatakan waktu habis, maka semua kegiatan harus segera diselesaikan.


Kebayangkan ramenya dan serunya Cooking Marathon ini, sampai diluar perkiraan bisa menyatukan ide dan kreasi bersama 10 peserta untuk 1 hasil masakan yang sama. Penilaian memasak kali ini juri melihat 4 point berikut:

  1. Taste/rasa

  2. Clean and Neat/bersih dan rapih

  3. Time management/pengelolaan waktu

  4. Energy/semangat.


Akan dipilih 1 pemenang kelompok, 2 pemenang perorangan. Semua tentu berlomba memasak dan menyajikan nasi tumpeng sebaik dan seenak mungkin. Alhamdulillah kelompok kami tidak percaya bisa memenangkan sesi memasak ini.

[caption width="1280" align="alignnone"] Foto bersama kelompok 3[/caption]


[caption width="960" align="alignnone"] Tumpeng kelompok 3[/caption]






[caption width="1280" align="alignnone"] Kelompok 3 Pemenang kreasi Nasi Tumpeng[/caption]

[caption width="3000" align="alignnone"] Suasana saat Memasak[/caption]


Yang paling penting dari pembelajaran kemarin bagi saya yaitu memasak beramai- ramai itu itu seru, bisa menyatukan ide dan kreasi tentunya mempererat tali silaturahmi. Yang tadinya tidak kenal, tidak tegur sapa, bisa jadi teman dan saudara baru. Pengalaman luar biasa dan bukan hanya makan bareng  tentunya memasak bareng itu jauh lebih seru apalagi kalau di waktu begitu masaknya.


Dan yang paling bikin penasaran saya dengan Mama Lemon Power Stain Remover sudah terjawab. Ternyata mencuci kini tidak perlu pakai stainlees steel yang justru merusak panci/wajan kita, cukup pakai spons dan Mama Lemon PSR semua kerak dan noda bisa hilang dan bersih bahkan bisa juga dipakai untuk membersihkan perlengkapan dapur lainnya. Jadi pengen buru-buru nyuci deh sesampainya dirumah.


Terima Kasih Chef Martin Natadipraja untuk tips dan ide memasaknya manfaat banget bagi kami para perempuan, juga Mama Lemon Indonesia dan Glitzmediaco untuk undangannya jadi pengalaman Istimewa yang seru banget...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bagaimana Bisa Jadi Pramugari?

Pramugari biasanya menjadi salah satu cita-cita setiap anak terutama untuk anak perempuan. Tetapi, ini tidak berlaku untuk saya 10 tahun lalu, saya justru ingin menjadi seorang "Dokter Anak". Cita-cita tinggal angan, karena besarnya biaya untuk menjadi seorang dokter saat itu, jauh diluar kemampuan orang tua saya. Terlahir dari keluarga broken homesejak kelas 3 SMP, membuat saya mengubur dalam-dalam semua impian saya. Nah, Kok bisa sih saya jadi Pramugari?Cantik enggak, putih enggak, tinggi juga kurang. Mungkin sebagian orang menilai seperti itu, saya juga merasa kok, jauh dari kriteria seorang pramugari.  Cerita singkatnya begini...  Semenjak lulus SMK, saya langsung bekerja di sebuah shorum motor Yamaha didekat tempat tinggal saya, walau sudah bekerja selama hampir 2 tahun  menjadi sales counter , saya merasa kurang puas dengan karir yang saya dapat. Kemudian, saya melamar bekerja kembali di shorum mobil Mitsubishi, saya kembali merasa jenuh setelah bekerja selama 3 bulan. La…

Rayakan Momen Makan Pertama Si Kecil Bersama Milna

Kebahagiaan seorang ibu adalah tatkala melihat anaknya tumbuh sehat dan ceria, atau istilahnya "Bayi Sehat, Ibu Senang". Setuju kan Bun? Bahkan, saat baru menjadi ibu kita sudah harus memikirkan nutrisi untuk Si Kecil. Pemenuhan nutrisi tersebut sangat penting di 1000 hari kehidupan pertamanya.




Tahulah ya Bunda, setelah 6 bulan kita memberikan ASI untuk Si Kecil, selanjutnya adalah memberikan MP-ASI untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Saya jadi teringat betapa exitednya saya 6 bulan lalu, saat menyiapkan Momen Makan Pertama Rayyan. Saya merasa bahagia sekaligus takut, kalau nanti makanan yang saya berikan nutrisinya tidak seimbang.

Saat saya di undang oleh Milna untuk menghadiri acara "Milna 1stBite Day" di The Hall 8th floor, Senayan City, Jakarta pada tanggal 9 September 2017 kemarin, saya sangat antusias untuk datang. Walau Rayyan sudah berusia 1 tahun, saya selalu semangat belajar ilmu tentang MP-ASI. Karena saat ini, banyak sekali metode pemberian MP-ASI yang b…

We Made Me - Cara Menggendong Bayi Yang Benar

Hai semuanya, apa kabar? Semoga sehat wal'afiat ya. Membahas gendongan pasti sudah pada tahu ya. Apalagi untuk para orang tua. Tetapi apakah kita sudah menggendong dengan baik dan benar? Beruntung beberapa hari lalu, saya berkesempatan hadir pada seminar dengan tema "Cara Menggendong Bayi Yang Benar" bersama Beautynesia dan We Made Me Indonesia. Acara ini menghadirkan bintang tamu Ayu Hastari, Ibu Nindy dari Baby Wearing Club Jakarta, dan CEO dari We Made Me yaitu IbuCindyIbu Nindy menyampaikan bahwa menggendong bayi sudah menjadi kewajiban orang tua dong tentunya. Selain menjalin hubungan erat dengan si kecil, ternyata banyak juga lho manfaat bagi Moms & Dads. Agar hubungan semakin dekat, pastinya kegiatan menggendong ingin terlaksana dengan nyaman dan aman. Manfaat Menggendong Bayi Moms jadi mudah menyusuiDapat sambil bekerjaJadi lebih perhatianBayi mudah ditidurkanPraktis bepergianDampak Salah Menggendong Bayi Sangat PENTING bagi Moms & Dads yang baru memiliki b…