Meet Up Berkualitas Bersama Blogger Muslimah Indonesia

Assalamualaikum...

Alhamdulillah, beberapa hari lalu saya mendapatkan kesempatan untuk bisa bersilaturahmi bersama para blogger dari komunitas Blogger Muslimah Indonesia, yang berdiri sejak Desember tahun 2014. Pembicaranya adalah penulis buku fiksi dan founder Blogger Muslimah Indonesia, Bunda Novia Syahidah Rais dan penerbit Noura, mbak Rahmadiyanti RusdiSelain pembekalan pengetahuan menulis dan penerbitan, para blogger juga mendapatkan beauty class dari Viva Cosmetic Indonesia
Acara meet up kali ini dengan tema "Membaca Dunia, Menulis Semesta" juga mendapat banyak dukungan dari berbagai sponsor, antara lain: Margaw, Gogobli Indonesia, She Colection id, Nutri Food, dan Viva Cosmetic. Acara ini berlangsung di Nutrition Food Center daerah Menteng Square di Matraman, Jakarta Timur, 27 Agustus kemarin. Dimulai dari pukul 09.00 hingga pukul  15.00 WIB, alhamdulillah acara ini berjalan lancar. 
Gamis by Margaw
Semenjak dibukanya pendaftaran untuk acara meet up tersebut, saya sudah sangat antusias sekali untuk daftar. Sehingga saya sudah meminta ijin kepada suami, bahkan memintanya untuk menemani selama acara berlangsung. Alhamdulillah suami sangat mendukung, selama kegiatan itu positif dan baik untuk saya.
Acaranya apa saja sih? 
Setibanya di Nutrifood Inspiring Center selaku penyedia tempat, saya sangat suka dengan furniture dan dekorasinya. Nuansa healthy and green memberikan kesan nyaman dan tenang bagi pengunjungnya. Selain digunakan sebagai perkantoran di hari kerja, ternyata juga disewakan untuk umum pada hari libur/weekend. Bagi yang mau mengadakan acara bisa langsung menghubungi call center Nutrifood ya.
1. Sambutan dan Perkenalan
Acara ini dimulai dengan sambutan  dari bunda Novia Syahidah Rais dan dilanjutkan dengan perkenalan dari 30 blogger yang hadir. Para blogger yang hadir terdiri dari ibu rumah tangga, penulis, mahasiswi, karyawan swasta, dan dosen.

2. Yuk Kepoin Dunia Penerbitan
Setelah perkenalan, acara dilanjutkan oleh mbak Rahmadiyanti Rusdi yang akan memberikan ilmunya seputar penulisan dan penerbitan.
Kadang saat sudah banyak menulis, kita kadang berfikir layak tidak sih tulisan saya ini diterbitkan? Wajar-wajar saja sih saya kira, semua pasti mau donk tulisannya banyak yang baca bahkan berharap bisa diterbitkan dan menjadi buku yang best seller. 
Tetapi apakah tulisan kita layak dan sudah memenuhi syarat-syaratnya?

Nah, dalam kesempatan istimewa kemarin mbak Rahmadiyanti Rusdi  menyampaikan bahwa banyak sekali pengetahuan seputar penerbitan, yang mungkin  belum banyak para blogger ketahui.
1. Alur Penerbitan 
Menurut mbak Rahmadiyanti Rusdi, banyak sekali alur dari sebuah tulisan bisa menjadi buku hingga diterbitkan. Selain tulisan yang harus menarik, penggunaan kata yang benar, pesan moral dari tulisan tersebut dan masih banyak lagi. Aduh, saya dan beberapa teman lainnya merasa banyak sekali kekurangan dalam tulisan kami, masih banyak yang harus diperbaiki. Saya jadi mau banyak belajar lagi, agar tulisan yang saya buat semakin baik dan benar. 
2. Dunia Buku = Dunia Gagasan
Hal-hal yang harus kita perhatikan dalam penulisan antara lain:
  • CONTENT
Akuisisi naskah terdiri dari:
1. Solicited: by program
Momentum, kebutuhan masyarakat, potensi penulis dan trend kehidupan
2. Unsolicited: kiriman naskah
Bisa mendapatkan yang sesuai, bisa juga tidak sesuai
3. Translated: penerjemahan
Rajin melihat katalog / website penerbit luar negeri
  • CONTEXT
Pengertian Context adalah bagian suatu kata atau kalimat yang dapat mendukung atau menambah suatu kejelasan makna tulisan atau situasi yang ada hubungannya dengan suatu kejadian.
  • CREATIVITY
Creatifity berhubungan dengan pengemasan, promosi, penjualan, dalam semua lini.
  • COMMUNITY
Ide mengilhami terbentuknya komunitas-komunitas yang mendukung industri penerbitan.
3. Gagasan atau Naskah Brilian
  • Potensi tokoh/penulis
  • Momentum
  • Kebutuhan Masyarakat
  • Trend kehidupan
Lalu, jika tulisan sudah memenuhi syarat-syaratnya tersebut, bagaimana tips agar bisa menembus penerbit? 
4. Tips Menembus Penerbit
  1. Miliki hal-hal baru yang menarik minat publik
  2. Punya kejelasan segmen yang ditulis
  3. Kualitas penulisan, sistematis, aktual
  4. Buat sinopsis yang menarik + daftar isi + 3 bab awal
  5. Amati trend buku dan sering ke toko buku
Wah, para blogger yang hadir semakin semangat mencatat semua ilmu yang mbak Rahmadiyanti Rusdi bagikan termasuk saya. Sebagai penutup sesi pertama ini, ada juga sesi tanya jawab yang berhadiah produk sponsor. Alhamdulillah sekali, sudah dapat ilmu gratis, dapat hadiah, dapat goodiebag dan ada doorprize juga.
3. Beauty Class bersama Viva Cosmetics


Viva Cosmetics Indonesia adalah salah satu perusahaan cosmetic di Indonesia, yang sudah berdiri selama 55 tahun. Selain itu, Viva juga sudah bersertifikat halal dan rangkaian produknya yang khusus dibuat dengan menyesuaikan iklim tropis di Indonesia. Pabrik yang berlokasi di Surabaya ini, menciptakan rangkaian produk kecantikan yang berkualitas sehingga membuat perusahaan ini semakin berkembang pesat. Ibu Dian perwakilan dari Viva menyampaikan bahwa "Merawat wajah dan kecantikan harus dilakukan oleh setiap perempuan".
Setelah itu, para blogger yang hadir juga mendapatkan rangkaian produk Viva dan beauty class bersama tenaga ahli yang professional. Beauty class ini dimulai dari tahap pembersihan wajah, penggunaan milk cleanser, eye shadow, eyeliner dan lainnya. 
Alhamdulillah,  jadi tambah lagi ilmu saya dan teman lainnya seputar kecantikan.
Tidak terasa waktu begitu cepat, hingga sudah memasuki waktu shalat dzuhur. Sambil menikmati hidangan dan bergantian shalat, alhamdulillah saya bisa turun untuk menyusui Rayyan.
4. Menulis Fiksi Bagi Penulis Pemula
Setelah istrahat dan refresh kembali, para blogger akan mendapatkan pengetahuan tambahan seputar menulis fiksi. Wah, ini materi terakhir yang saya tunggu dari tadi. Walau saya bukan pembaca buku fiksi, saya masih penasaran bagaimana para penulis bisa selalu mendapatkan ide menulisnya. Kemarin, bunda Novia juga memberikan masukan kepada peserta bahwa "Menulis yang sesungguhnya bukan hanya menulis untuk dibayar saja, tetapi bagaimana bisa penulis itu terus menulis dengan cinta," ungkapnya. 
Modal Dasar Seorang Penulis
  1. Mencintai
  2. Membaca
  3. Latihan
Fiksi adalah sebuah prosa naratif yang bersifat imajiner. Meskipun imajiner sebuah karya fiksi tetaplah harus masuk akal dan mengandung kebenaran yang dapat mendramatisasikan hubungan-hubungan antar tokohnya. Bunda Novia juga memberikan semangat kepada para blogger yang hadir, untuk terus menulis dan berkarya. 
Acara ditutup dengan pengundian doorprize, best live report instagram juga twitter, dan workshop singkat di facebook. Alhamdulillah saya menang best live report di instagram, jadi tambah lagi deh koleksi dari Margaw.
Sebagai seorang muslimah, saya sangat menyukai semua koleksi gamis dan khimar dari MargawSelain menggunakan bahan premium, warna dan modelnya yang syar'i membuat saya semakin lebih nyaman berpenampilan syar'i.
Oh iya, spesialnya lagi untuk para blogger  yang hadir juga mendapatkan Pinchusion Cupcake dari She Colection saat registrasi. She Colection adalah industri rumah tangga yang bergerak di bidang pembuatan aksesoris muslimah seperti pincushion, bros, dan pernak-pernik lucu lainnya. 
Nah, Kalau belanja online pastinya sudah menjadi salah satu kegiatan penting para perempuan. Awalnya mungkin hanya iseng, tetapi ternyata bisa juga menjadi hobi (baca: kalau ini saya ya hehehe). Gogobli Indonesia adalah salah satu tempat belanja online yang sudah terpercaya dan bisa menjadi pilihan kita ketika hendak berbelanja kosmetik online. "Yuk kita Go healthy Go Beauty with Gogobli Indonesia." sapa mbak Dita perwakilan dari Gogobli
Saya sangat merasa beruntung bisa hadir di acara meet up kemarin. Terima kasih banyak untuk Blogger Muslimah Indonesia atas undangannya, dan saya berterima kasih kepada para sponsor yang telah mensupport acara ini. Semoga bisa bertemu kembali di event selanjutnya.


Wassalamualaikum...
Sponsor Acara :
  1. Blogger Muslimah Indonesia 
  2. Gogobli Indonesia 
  3. Margaw by Lia
  4. Viva Cosmetics
  5. She Colection id

Komentar

  1. semoga kita bisa ketemu lagi akak keceh^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihihi iput... Yuk ngobrol lagi nanti...

      Hapus
  2. Iya, keren dan kaya manfaat ya Mba acaranya. Semoga bisa bertemu lagi di lain kesempatan.

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. Seru... Cuma sm ka Mia belum ngobrol nih aku.. Hehehe sibuk bolak balik cek anak aku terus soalnya... Next yaa

      Hapus
  4. Iya mba denik.. Kita ngobrol yuk mbak nanti.. Kmrin aku sibuk bolak balik cek anak aku terus soalnya hehe

    BalasHapus
  5. Bagus artikelnya, jadi pengen ikutan acara blogger muslimah lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, berasa banget ya kekeluargaanya. Waktunya yang panjang ga bikin bosen.... Sampai ketemu lagi mba

      Hapus
  6. jangan sampe deh curhat sama penulis, nanti bisa dijadiin ide buat tulisannya soalnya. HaHhaaa...

    Setelah ikutan meet up ini, jadi pengen nerusin belajar nulis buku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya hehehehe... Kadang gitu ya mba... Kita belajar lagi ah yuk.. Seru banget

      Hapus
  7. Balasan
    1. 😘😘😘😘😘 mbak salam kenal c u

      Hapus
  8. Seru nih liputannya, sama kaya acaranya 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya mbak.. Seru banget bikin mupeng banget

      Hapus
  9. Ini dia mba yg pertama kali ngajak krnalan sama aku....hehehe.asik banget ya acara meet upnya kmrn, menambah wawasan dan pertemanan. Semoga nanti kita dipertemukan kembali diacara lainnya ya mba. See u....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mbak Melissa... Ah kapan ayuk kita ketemuan lagi. InshaAllah kita meetup lagi yak. Aamiin

      Hapus
  10. Salam silaturahim mba.. Moga kapan2 bisa ketemu lagi :)

    BalasHapus
  11. Iyaa seneng banget bs ikutan meet up kmrn. Alhamdulillah nambah ilmu dan nambah teman baru...jd pingin nulis fiksi n nerbitin buku juga

    BalasHapus
  12. Keren mom materi pembahasannya, btw jd pgn d ajak klo ada lg ya ;)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bagaimana Bisa Jadi Pramugari?

Rayakan Momen Makan Pertama Si Kecil Bersama Milna