Langsung ke konten utama

Sukses ASI dengan Philips Avent


Beberapa bulan yang lalu saya tidak pernah membayangkan akan menjadi seorang ibu seperti sekarang. Saya merasa seperti orang baru, yang baru terlahir ke dunia. Rayyan banyak mengubah hidup saya, kehadirannya sungguh luar biasa. Saya bisa merasakan hamil, melahirkan hingga menyusui Rayyan. Kehadiran Rayyan membuat saya sangat takut akan kehilangan dirinya, merasa ingin terus bersama tanpa ada sedikitpun waktu yang terlewatkan.


Bagi saya Rayyan adalah anugrah yang paling indah yang Allah berikan dalam hidup saya dan suami. Dari Rayyan saya  belajar sabar, belajar ikhlas dan belajar mandiri. Setiap tawa, senyum bahkan tangisannya adalah kebahagiaan bagi saya dan suami yg tidak ada bandingannya. Setiap tahapan tumbuh kembangnya adalah hal yg selalu saya dan suami nantikan setiap hari.


Cerita Menyusui Rayyan dan Harus Pumping 


Dulu kalau lihat mama perah lainnya, ya Allah itu stok ASIP banyak banget, saya kumpulin 100ml aja perjuangan sekali. Dulu awal melahirkan karena sempat baby blues, saya belum sempat menyusui langsung Rayyan.


Kehamilan pertama, diusia 4 bulan saya harus kehilangan ibu saya. Yang harusnya saya bisa banyak berbagi kebahagiaan bersamanya, banyak belajar dirinya, sampai akhirnya saya banyak belajar semua tentang kehamilan hingga melahirkan dari membaca.


Diawal setelah melahirkan suami saya langsung membelikan breastpump. Dia bilang demi anak kita titipan Allah kita wajib memberikan ASi sekalipun hanya setetes. "Ayo Ma pumping aja, sedikitpun itu berarti." ungkapnya. Peran ayah asinya berasa sekali , karena dari awal dialah yang membuat saya lebih semangat untuk tetap berlangsung agar tetap bisa memberikan ASI.


Bukan cengeng ya, tapi saya terharu terhadap suami saya. Dia yang memandikan di minggu pertama Rayyan lahir, dia yg pakaian baju, membedong dll. Dan saya hanya diam melihat itu semua, sambil pumping mengumpulkan ASI. Bengkak, sakit, perih, lecet, dan harus nangis setiap dipumping juga harus pegal tangan karena pakai manual. Saat Itu hasil seharian cuma 200ml, yang 150ml untuk diminum Rayyan langsung, sisanya ditabung. Jadi, saya harus tetap mengumpulkan ASI hingga saat ini.


Setiap hari saya harus pumping 2 jam sekali sambil beberes rumah lainnya. Sambil sesekali mengasuh Rayyan, saya masih bisa menyempatkan waktu untuk pumping. Sehingga bagi saya sekalipun harus banyak waktu yg harus saya korbankan demi duduk manis, meluangkan waktu untuk manajemen ASIP, saya Ikhlas semua untuk anak saya. Bukan hanya sebagai kewajiban dan tugas sebagai ibu, tetapi memang saya ingin memberikan yang terbaik untuk anak saya.


Bisa dilihat di gambar ya :







Jadi yang mau saya share di sini adalah "Memberikan ASI bukan hanya sekedar kewajiban sebagai Ibu, tetapi wujud perjuangan, sayang dan cinta terhadap sang buat hati". Bukan berarti yang memberi sufor itu tidak berjuang ya, bagi saya setiap orang tua mempunyai caranya sendiri dalam berjuang dan tentu banyak alasan lainnya.


Philips Avent Membantu Saya Untuk Bisa Memerah ASI Lebih Banyak


Nah, terus pakai breastpump apa hingga bisa stok ASIP sebanyak itu? Saya memilih sesuai dengan yang di belikan oleh suami. Saat baru melahirkan saya memakai merk lain, dan saat itu karena belum mengerti merk apa yang bagus, saya tetap melakukan pumping. Saat itu saya  sering sakit, pegal, lecet dan serasa putingnya mau copot. Karena sering menceritakan keluhan kepada suami, akhirnya dibulan ke 3 usia Rayyan, suami membelikan BreastPump Philips Avent Single Elektrik Comfort. 


Ingat ya, Memilih pompa ASI itu cocok-cocok an. Kalau saya, cocok dengan pompa ASI comfort single electric dan yang Manual dari Philips Avent.

Review Philips Avent Comfort Single Elektrik BreastPump

  1. Partnya sedikit sehingga mudah untuk di rakit

  2. Ringan dan mudah dibawa, selangnya pun bisa dililitkan ke unit motor

  3. Dibagian corongnya terdapat bantalan silicon yang memberikan rasa lembut terutama saat digunakan memberi efek pijatan yang lembut.

  4. Mudah dicuci dan dibersihkan.

  5. Nyaman digunakan karena bisa sambil sedikit bersandar sehingga tidak terlalu duduk tegak atau harus nunduk-nunduk.

  6. Pengaturan sistem pemompaannya, memaksimalkan produksi ASI. Karena ada 3 metode hisapan, dan 1 metode stimulasi pijatan lembutnya. Saya tinggal pilih metode hisapan yang sesuai dan saya inginkan.

  7. Pompa ASI ini juga di buat compatible dengan produk laktasi Philips Avent yang lain yaitu botol dan storage systemnya.


Setelah menggunakan breastpump Avent ini, stok ASIP saya semakin naik, waktunya lebih efisien, dan yang paling penting itu "Gak Sakit". Saya rasa mayoritas para Ibu pasti mencari spesifikasi breastpump seperti yang saya inginkan. Nah, karena saya sering pumping alhasil saya bisa menemukan triknya sendiri agar kuantitas ASI saya stabil. Karena kemarin suami membelikan breastpump Philips  Avent Electric, ternyata bonus tuas manual nya,ini sangat berguna sekali saat listik padam dan kehabisan baterai. Saya masih tetap bisa pumping dengan cara manual (terutama saat harus pumping dengan metode cepat karena payudara membengkak).


Philips Avent Manual BreastPump


Tips dan Trik Agar ASIP Banyak dan Bisa Stok ASIP


1. Stok botol asip/beastmilk yang banyak agar memicu semangat pumping dan stok asip, ini saya sudah buktikan sendiri ya


2. Saya tidak minum booster ASI, jamu, vitamin dll. Saya hanya makan teratur, banyak minum air putih, dan sesekali makan buah agar kualitas ASI juga baik


3. Menjaga mood saat pumping misalnya: mengaji, shalawatan, menemani anak bermain, melihat anak tidur, melihat foto anak, membuka sosmed, itu semua membuat hati tenang dan fresh. Pas lihat botol pumping ternyata sudah penuh


4. Breastpump apapun bisa sebanyak ini, sebelumnya pakai manual, dan sekarang memakai yang elektrik. Itu tidak berpengaruh terhadap jumlah ASI ya. Tetapi, semangat juang yang tinggilah yang bisa meningkatkan jumlah dan kualitas ASI.


5. Lakukan Power pumping selama 1 minggu pertama rutin sehari 2x saja, akan membuat ASI seterusnya mudah untuk pumping. Karena, semakin sering dipumping/menyusui, maka akan semakin banyak produksinya.


Semenjak usia Rayyan 6 bulan saya sudah mulai disibukkan dengan persiapan MPASI nya. Tetapi, selama ini apa yang dimakan orang dirumah itu sama dengan menu MPASI Rayyan. Selain menghemat, juga membuat waktu lebih efisien karena hanya sekali masak. Tetapi saya tetap harus mengurangi garam, gula, lada dan bumbu lainnya.


Membuat MPASI Rayyan selama ini saya masih merasa kerepotan. Karena saya harus kembali menyisihkan sebagian porsi makanannya untuk di haluskan atau di saring. Kalau lihat Philips Avent Steamer and Blender bikin mupeng banget, karena pastinya akan sangat membantu saya untuk bisa memberikan MPASI Rayyan dengan lebih mudah.


Pemberian MPASI sebaiknya dilakukan secara bertahap, menyesuaikan sistem pencernaan si kecil. Mulai dari asupan makanan yang lunak seperti bubur susu, kemudian bubur saring dan nasi tim. Sekarang Philips Avent mengeluarkan produk terbarunya yaitu Philips Avent 4-in-1 Healthy Baby Food Maker yang bisa mengukus hingga memblender. 

]


Cara penggunaan Philips Avent Steamer and Blender 4 in 1 ini, bisa dilihat di :https://m.youtube.com/watch?v=0bH0qAqMjrU&feature=youtu.be


Ini salah satu dari banyaknya  wujud perhatian dan kepedulian Philips Avent kepada para Ibu dan Anak di Indonesia. Salah satunya dengan banyaknya produk dari Avent yang bisa membantu memudahkan tugas para Ibu dalam merawat anaknya. Apalagi para ibu yang merawat anaknya tanpa bantuan nanny dan ART seperti saya.


Untuk melihat lebih lengkap produk dari Philips  Avent, juga pengetahuan seputar ASI dan MPASI bisa kunjungi:
https://www.facebook.com/Philips.AVENT.Indonesia/

Khusus untuk pembelian produk Philips  di Jdid, ada diskon hingga 50% loh, kunjungi :
http://sale.jd.id/act/hWL64DFvcCMKln.html


Wujud perhatian Avent terhadap nutrisi bagi anak juga terlihat dari Talkshow yang diadakan di Jakarta seminggu lalu dalam rangka "Memperingati Hari Anak Nasional 2017".


Dr. dr. Damayanti R Sjarif Sp.A(K), dokter spesialis anak sub-spesialisasi  nutrisi dan penyakit metabolik, mengatakan, “Kualitas kesehatan manusia jangka pendek dan jangka panjang akan ditentukan oleh asupan nutrisi selama periode emas, 270 hari pralahir yaitu masa janin dan 720 hari pasca lahir (masa bayi dan di bawah dua tahun). Masa krusial ini jangan sampai terabaikan oleh para orangtua untuk memberikan nutrisi yang benar sesuai kebutuhan anak".



Terkait asupan terbaik untuk anak disampaikan bahwa, “Asupan terbaik bagi bayi di usia 0 hingga 6 bulan adalah ASI, namun menginjak umur enam bulan ke atas bayi juga memerlukan MP-ASI (makanan pendamping ASI) untuk melengkapi kebutuhan zat-zat nutrisi lainnya".


Menurut WHO, masa transisi dari ASI eksklusif ke makanan pendamping ASI (MP-ASI) umumnya berlangsung saat bayi berusia enam bulan hingga 18-24 bulan, dan periode ini merupakan masa yang sangat krusial bagi anak. Di usia enam bulan, anak butuh asupan yang lebih dari ASI. Di usia ini juga anak siap menerima makanan pendamping ASI atau makanan lainnya. Apabila makanan pendamping ASI yang diberikan tidak sesuai maka pertumbuhannya bisa jadi terhambat.


Banyak terjadi kesalahpahaman di antara para orangtua tentang pengenalan sayur dan buah yang lebih diutamakan, dibandingkan melengkapi kekurangan ASI terhadap energi, protein, lemak serta vitamin dan mineral, yang paling dibutuhkan oleh anak untuk tumbuh-kembang terutama otak di usia ini adalah zat gizi makro (karbohidrat, protein, lemak) dan mikro (vitamin dan mineral) yang lengkap, cukup dan seimbang".


Lebih lanjut dr. Damayanti menjelaskan, “Kebutuhan harian zat besi untuk bayi berusia 6-12 bulan adalah 11 mg dan itu tidak cukup didapatkan melalui ASI. Oleh sebab itu, kebutuhan zat besi harus dipenuhi oleh MP-ASI dari berbagai bahan makanan.


Sumber zat besi dapat diperoleh dari daging merah, hati ayam, ikan, sayuran berwarna hijau, dan kacang-kacangan. Namun, sayur dan kacang-kacangan mengandung serat yang dapat menghambat saluran cerna, sehingga dua jenis makanan tersebut sebaiknya diberikan dengan jumlah kecil, dikombinasikan dengan sumber vitamin C, seperti jeruk dan tomat yang akan meningkatkan penyerapan zat besi. Kombinasi makanan tersebut dapat ditemukan dalam makanan keluarga Indonesia, misalnya gulai daun singkong yang ditumbuk, dicampur ikan teri dan dibubuhi air jeruk atau tomat.


“Prinsip dari MP-ASI adalah mengenalkan makanan keluarga dengan tekstur yang disesuaikan kemampuan oromotornya. Jadi, perkenalkan makanan Indonesia yang sehat sesuai dengan ketersediaan bahan makanan lokal,” dr. Damayanti menutup presentasinya.


Tantangan Orangtua Modern


Menurut data Grant Thornton tahun 2016, 36% posisi manajemen senior di Indonesia ditempati oleh wanita. Angka ini menempatkan Indonesia pada posisi ke-6 sebagai negara yang memberikan kesempatan kepada wanita untuk memimpin di sebuah perusahaan. Data dari BPS tahun 2016 menyebutkan jumlah pekerja wanita hampir setara dengan pekerja pria yaitu sebesar 40% dari seluruh angkatan kerja.


“Hal ini menunjukkan bahwa sesuai dengan perkembangan jaman, peran wanita di dunia kerja semakin bertambah penting. Di sisi lain periode emas anak merupakan masa yang paling berpengaruh dan merupakan dasar terbentuknya masyarakat yang sehat. Melalui rangkaian produk elektrik inovatif Philips AVENT, kami berharap dapat memberikan kemudahan kepada para orangtua, terutama ibu, khususnya ibu bekerja yang jumlahnya terus meningkat untuk dapat memberikan ASI dan nutrisi terbaik,” kata Yongky Sentosa, Head of Personal Health Philips Indonesia. “Di tengah kesibukannya sebagai ibu bekerja, para ibu pun dapat tetap memberikan nutrisi yang cukup dan seimbang".

Para Blogger Membuat menu Mpasi menggunakan Philips Avent[/caption]


Dalam kesempatan ini Philips AVENT menghadirkan rangkaian produk elektrik yang dapat mendukung para orangtua dalam pemberian ASI eksklusif dan juga makanan pendamping ASI. Salah satunya Philips AVENT Comfort Electric Breast Pump dengan bantalan khusus untuk membantu ibu, khususnya para ibu yang bekerja, untuk menghemat tenaga dan waktu saat memompa ASI di kantor atau saat berjauhan dari anak. Ada juga Philips AVENT Fast Bottle Warmer yang berfungsi untuk menghangatkan susu secara merata hanya dalam tiga menit.


Ada juga Philips AVENT 3-in-1 Electric Steam Sterilizer yang didesain untuk dapat mensterilkan lima hingga enam botol, sekaligus membunuh 99,9% kuman berbahaya. Produk-produk elektrik tersebut dapat memudahkan para ibu dan membantu anggota keluarga lainnya dalam memberikan ASI bagi buah hati.

Komentar

  1. Makasih reviewnya mba, jadi referensi klo nanti punya anak lagi. Dulu ga ngerasain pumping soalnya.. Walopun d rmh aja tapi klo pny stok asip bakalan membantu sepertinya. Pingin belajar pumping. Sama, aq juga ga minum mood booster asi, pokonya apa aja yang aq suka Lep :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih mba dewi.. Aku ga kefikiran buat cari booster asi apapun.. Apa aja lah dimakan... Sm rajin nyusui walau cuma di maenin doank sm anak hihihihi.. Alhamdulillah nya di pumping masih keluar...

      Hapus
  2. Kebetulan lagi cari info tentang pompa ASI, referensinya OK nih: philips avent. Saya catat ah biar gak lupa...jadi nanti kalau dedek udah lahir, gak bingung lagi buat nyetok ASI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba artha aku udah nyoba macem2 Tpi yg awet dan enak ya philips ini.. Ga ngeraguin lagi kan ya.. Dri jaman dulu philips udah terpercaya.. Semoga dehat sellau ya mba

      Hapus
  3. Hai Mbak! Aku belum punya anak, tapi suka dengan post ini, biar persiapan siapatau dikasih rejeki dapat baby nanti. Ternyata kalo menyusui itu harus jaga mood juga ternyata -_-

    Semangat nyusuinya mbak! Biar dedek sehat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya hihihi mba... Walaubkadang moodnya naik turun tetep ya cari cara kalo buat anak...


      Semangat ya mba nanti punya juga dedek lucu2 ..aamiin

      Hapus
  4. Wah lengkap banget ulasan mbak Amallia nih. Pakai Phillips Avent jadi memudahkan ibu menyusui ya ke mana dan kapan pun bisa dibawa2 jd praktis nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mb nurul lengkap dan awet banget... Love it banget deh...

      Hapus
    2. Masyaallah stok asi yg melimpah ya mom

      Hapus

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya. Saya sangat senang apabila kalian meninggalkan komentar, masukan, saran, atau kritik. Sebagai semangat untuk saya, agar bisa menulis lebih baik lagi. Semoga bermanfaat!


Amallia Sarah

Postingan populer dari blog ini

Bagaimana Bisa Jadi Pramugari?

Pramugari biasanya menjadi salah satu cita-cita setiap anak terutama untuk anak perempuan. Tetapi, ini tidak berlaku untuk saya 10 tahun lalu, saya justru ingin menjadi seorang "Dokter Anak". Cita-cita tinggal angan, karena besarnya biaya untuk menjadi seorang dokter saat itu, jauh diluar kemampuan orang tua saya. Terlahir dari keluarga broken homesejak kelas 3 SMP, membuat saya mengubur dalam-dalam semua impian saya. Nah, Kok bisa sih saya jadi Pramugari?Cantik enggak, putih enggak, tinggi juga kurang. Mungkin sebagian orang menilai seperti itu, saya juga merasa kok, jauh dari kriteria seorang pramugari.  Cerita singkatnya begini...  Semenjak lulus SMK, saya langsung bekerja di sebuah shorum motor Yamaha didekat tempat tinggal saya, walau sudah bekerja selama hampir 2 tahun  menjadi sales counter , saya merasa kurang puas dengan karir yang saya dapat. Kemudian, saya melamar bekerja kembali di shorum mobil Mitsubishi, saya kembali merasa jenuh setelah bekerja selama 3 bulan. La…

Rayakan Momen Makan Pertama Si Kecil Bersama Milna

Kebahagiaan seorang ibu adalah tatkala melihat anaknya tumbuh sehat dan ceria, atau istilahnya "Bayi Sehat, Ibu Senang". Setuju kan Bun? Bahkan, saat baru menjadi ibu kita sudah harus memikirkan nutrisi untuk Si Kecil. Pemenuhan nutrisi tersebut sangat penting di 1000 hari kehidupan pertamanya.




Tahulah ya Bunda, setelah 6 bulan kita memberikan ASI untuk Si Kecil, selanjutnya adalah memberikan MP-ASI untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Saya jadi teringat betapa exitednya saya 6 bulan lalu, saat menyiapkan Momen Makan Pertama Rayyan. Saya merasa bahagia sekaligus takut, kalau nanti makanan yang saya berikan nutrisinya tidak seimbang.

Saat saya di undang oleh Milna untuk menghadiri acara "Milna 1stBite Day" di The Hall 8th floor, Senayan City, Jakarta pada tanggal 9 September 2017 kemarin, saya sangat antusias untuk datang. Walau Rayyan sudah berusia 1 tahun, saya selalu semangat belajar ilmu tentang MP-ASI. Karena saat ini, banyak sekali metode pemberian MP-ASI yang b…

We Made Me - Cara Menggendong Bayi Yang Benar

Hai semuanya, apa kabar? Semoga sehat wal'afiat ya. Membahas gendongan pasti sudah pada tahu ya. Apalagi untuk para orang tua. Tetapi apakah kita sudah menggendong dengan baik dan benar? Beruntung beberapa hari lalu, saya berkesempatan hadir pada seminar dengan tema "Cara Menggendong Bayi Yang Benar" bersama Beautynesia dan We Made Me Indonesia. Acara ini menghadirkan bintang tamu Ayu Hastari, Ibu Nindy dari Baby Wearing Club Jakarta, dan CEO dari We Made Me yaitu IbuCindyIbu Nindy menyampaikan bahwa menggendong bayi sudah menjadi kewajiban orang tua dong tentunya. Selain menjalin hubungan erat dengan si kecil, ternyata banyak juga lho manfaat bagi Moms & Dads. Agar hubungan semakin dekat, pastinya kegiatan menggendong ingin terlaksana dengan nyaman dan aman. Manfaat Menggendong Bayi Moms jadi mudah menyusuiDapat sambil bekerjaJadi lebih perhatianBayi mudah ditidurkanPraktis bepergianDampak Salah Menggendong Bayi Sangat PENTING bagi Moms & Dads yang baru memiliki b…