Langsung ke konten utama

Rayakan Momen Makan Pertama Si Kecil Bersama Milna



Kebahagiaan seorang ibu adalah tatkala melihat anaknya tumbuh sehat dan ceria, atau istilahnya "Bayi Sehat, Ibu Senang". Setuju kan Bun? Bahkan, saat baru menjadi ibu kita sudah harus memikirkan nutrisi untuk Si Kecil. Pemenuhan nutrisi tersebut sangat penting di 1000 hari kehidupan pertamanya.




Tahulah ya Bunda, setelah 6 bulan kita memberikan ASI untuk Si Kecil, selanjutnya adalah memberikan MP-ASI untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Saya jadi teringat betapa exitednya saya 6 bulan lalu, saat menyiapkan Momen Makan Pertama Rayyan. Saya merasa bahagia sekaligus takut, kalau nanti makanan yang saya berikan nutrisinya tidak seimbang.


Saat saya di undang oleh Milna untuk menghadiri acara "Milna 1st Bite Day" di The Hall 8th floor, Senayan City, Jakarta pada tanggal 9 September 2017 kemarin, saya sangat antusias untuk datang. Walau Rayyan sudah berusia 1 tahun, saya selalu semangat belajar ilmu tentang MP-ASI. Karena saat ini, banyak sekali metode pemberian MP-ASI yang berbeda-beda, mulai dari penyiapan makanan hingga penyajiannya.

Apa itu Milna 1st Bite Day? 


Milna 1st Bite Day adalah kampanye yang diadakan oleh Milna untuk mengedukasi 5000 Bunda dalam pentingnya nutrisi bagi Si Kecil di 1000 hari pertama kehidupannya. Acara ini sudah sukses diadakan di 3 kota besar yaitu BandungJogja dan kali ini di JakartaSelain mengadirkan Tya Ariestya dan Kanaka sebagai brand Ambassador Milna 2017, turut hadir juga Dr. dr. Conny Tanjung S.pA(K) dan Hindah Muaris selaku Ahli Gizi Kuliner Bayi dan AnakAcara ini dimulai dari pukul 09.00 sampai pukul 16.00 WIB.

Untuk yang ingin mengikuti acara ini juga cukup membeli tiket masuk sebesar Rp. 100.000,- sudah termasuk lunch untuk 2 orang, goodiebag eksklusif Milna, doorprize, dan voucher baby experience. Worth it ya, selain dapat ilmu, kita juga bisa seru-seruan bareng keluarga. Selain itu, Si Kecil juga bisa mengikuti berbagai perlombaan antara lain: merangkak, fashion show, dan hias stroller dengan biaya pendaftaran sebesar Rp. 25.000,-/lomba.


Membahas Milna, tentu sudah tidak asing lagi ya. Milna adalah salah satu brand unggulan dari PT. Kalbe NutritionalsPT. Kalbe Nutritionals adalah salah satu anak perusahaan dari sebuah perusahaan farmasi terkemuka di Indonesia, PT. Kalbe Farma Tbk, yang menjalani bisnis dibidang kesehatan sejak tahun 1982.


Milna pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 1987 dengan rangkaian produk Milna Baby Biscuit. Keberhasilan Milna selama 30 tahun, tentu tidak lepas dari besarnya kepercayaan para Bunda di Indonesia untuk memberikan buah hati mereka makanan yang bergizi. Sepanjang perjalanannya, Milna semakin konsisten menghadirkan produk terbaiknya, sehingga selalu menjadi pilihan para Bunda untuk Momen Makan Pertama Si Kecil dan memperoleh beberapa penghargaan salah satunya adalah Top Brand for Kids.

Rayyan dan Bunda 


Alhamdulillah, acaranya berlangsung di hari Sabtu, sehingga saya bisa berangkat bersama suami agar kita bisa sama-sama belajar untuk anak kedua nanti. Acara ini dimulai dengan registrasi peserta dan pendaftaran lomba. Setelah registrasi, saya langsung masuk untuk segera berkeliling mengunjungi Baby Experience menarik yang membuat Rayyan sangat nyaman. Boothnya antara lain:
  • Baby Playland: Disini Si Kecil bisa bermain dan juga menambah teman baru.
  • Baby Spa: Pijatan di baby spa ini, membuat Si Kecil lebih relax dan memperlancar peredaran darah.
  • Baby Photo Studio: Booth untuk foto keluarga, dan hasil fotonya akan jadi cover di box Milna Bubur Bayi Organik.
  • Baby School: Aneka permainannya menstimulasi Si Kecil agar bisa belajar dan mengenalkan hal-hal baru.
  • Baby Consultation: Kita bisa berkonsultasi tentang MPASI yg tepat dan juga konsultasi permasalahan tinggi dan berat badan anak dengan dokter ahli dari alodokter.com
  • Baby Cafe: Cafe khusus bayi ini membuat Si Kecil dapat mencoba aneka kreasi Milna yaitu Milna Bubur Organik dan Milna Biskuit Bayi. Rayyan sangat suka Milna Bubur Organic rasa baru yaitu "Rasa Buah-Buahan". 

Peserta yang hadir, salah satunya Papa Rayyan

Setelah mengunjungi semua booth tersebut, saya dan suami langsung memasuki ruangan seminar yang ternyata sudah sangat penuh. Acara ini dimulai dengan sambutan dari pembawa acara dan dilanjutkan oleh Bapak Christoper Samuel Lesmana selaku Brand Manager Milna  yang mengenalkan produk terbaru Milna yaitu, Milna Bubur Organic varian Pisang.


Bapak Christoper mengatakan, "Faktor yang menjadikan pisang sebagai MP-ASI kaya manfaat karena mengandung kalium, serat, kalsium, magnesium, posfor, selenium, dan zat besi. Selain itu, pisang juga mengandung karbohidrat, dan banyak vitamin lainnya yang baik untuk mendukung tumbuh kembang Si Kecil".



Tya Ariestya dan Kanaka, Brand Ambassador Milna 2017

Seminar selanjutnya adalah pengetahuan seputar MP-ASI, dan pentingnya nutrisi di 1000 hari pertama kehidupan Si Kecil dari Dr. dr. Conny Tanjung, Sp.A(K). Dr. Conny mengatakan, "Sebagai alternatif sumber makanan MP-ASI, Bahan pangan organik memiliki banyak sekali kelebihan seperti rendahnya kadar pestisida, antibiotik dan logam beracun cadmium, serta lebih tinggi kadar berbagai antioxidan". Saya dan suami  mendapat banyak ilmu baru tentang MP-ASI, dan betapa pentingnya pola asuh yang baik terutama dalam pemenuhan gizi dan nutrisi Si Kecil. 

Tanda Si Kecil Siap Untuk Momen Makan Pertama 
  • Dapat menegakkan kepala
  • Sudah bisa duduk di kursi makan
  • Refleks menjulurkan lidah
  • Selera minum susu yang meningkat
  • Tertarik dan ingin tahu yang kita makan 
  • Membuka mulut lebar ketika hendak didekatkan dengan makanan

Pemberian MPASI
  • Tepat Waktu: MP-ASI diberikan saat kebutuhan energi dan nutrien melebihi yang didapat dari ASI.
  • Adekuat: MP-ASI harus mengandung cukup energi, protein dan mikronutrien.
  • Aman: MP-ASI harus higienis baik dalam penyimpanan, penyiapan dan pemberian.
  • Tepat cara pemberian: MP-ASI diberikan sesuai dengan tanda lapar, nafsu makan, frekuensi dan cara pemberiannya sesuai usia bayi.

Peran Nutrisi 
  • Energi untuk hidup sehari-hari 
  • Tumbuh dan kembang 
  • Menjaga seluruh fungsi tubuh 
  • Terapi penyembuhan dan pencegahan 
      Selain itu, para Bunda yang hadir juga mendapatkan tips bagaimana membuat MP-ASI di rumah masing-masing oleh mbak Hindah Muaris.

      Mbak Hindah Muaris mengatakan, "Dalam memberikan MP-ASI untuk Si Kecil selain memperhatikan nutrisi dan waktu pemberian makanan, kita juga harus memperhatikan kapan Si Kecil kenyang dan lapar. Juga tetap rajin mengontrol tinggi dan berat badannya secara rutin". 



      Demo masak oleh mbak Hindah Muaris 


      Biasanya baru punya anak pertama itu serba salah dan serba bingung. Apalagi jika sudah memasuki masa MP-ASI. Setiap hari kita harus membuat menu masakan bergizi yang berbeda, agar Si Kecil juga tidak bosan. Apalagi untuk seorang ibu muda seperti saya, juga tetap harus belajar tentang nutrisi. Karena Momen Makan Pertama itu akan sangat berpengaruh besar untuk tumbuh kembang Si Kecil baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. 



      Pentingnya Momen Makan Pertama

      • Jangka Pendek 
      Memori rasa: Anak mengenal rasa melalui cairan ketuban sehingga anak suka. 
      Hipoalergi: Tidak menimbulkan manifestasi alergi terhadap anak. 
      • Jangka Panjang 
      Memori rasa: Tidak menjadi susah makan.
      Hipoalergi: Adaptasi terhadap makanan baru dan bertahap toleran. 


      Dampak kekurangan gizi pada anak dalam jangka pendek maupun jangka panjang

      Sebagai seorang ibu, kita tentu sering khawatir akan dampak buruk pemberian makanan instan untuk Si Kecil. Tenang Bun, dulu awal-awal saya juga begitu lho. Ternyata, tidak semua makanan instan itu tidak baik, terkadang justru nutrisi yang baik dan seimbang itu malah terdapat di makanan instan. Kemarin saya juga mendapat ilmu baru lagi tentang Kulinekologi.

      Kulinekologi adalah tentang bagaimana membuat masakan dengan gizi yang seimbang. Karena membuat menu MPASI sendiri dirumah itu, belum tentu gizinya seimbang. Menurut dr. Muliaman M sebagai Head of Medical Marketing, MP-ASI rumahan dan komersial memiliki beberapa perbedaan, yaitu:



      MP-ASI Rumahan
      • Rasa lebih bervariasi
      • Harga lebih murah


      MP-ASI Komersial
      • Ketat dengan batasan pemerintah terhadap kandungan zat berbahaya
      • Lebih praktis dan hemat waktu
      • Diperkaya dengan zat besi, yodium, zink, dan vitamin D, sehinga nutrisi yang dibutuhkan lebih terukur

      Apa kelebihan Milna Bubur Bayi Organic?

      Menurut para ahli, kandungan gizi yang terkandung dalam Milna Bubur Organik memiliki kadar gizi seimbang dan aman untuk bayi. Milna Bubur Bayi Organic adalah bubur organik pertama di Indonesia yang terbuat dari:


      • 95% Bahan organik tersertifikasi
      • Aman dikonsumsi
      • Proses alami tanpa pestisida
      • Tinggi protein & kaya serat
      • Mengandung omega 3 & 6 yang baik untuk perkembangan otak
      • Mengandung 12 macam2 vitamin
      • Dan tanpa bahan pengawet
        Selain Milna Bubur Bayi Organic, banyak juga produk Milna lainnya dengan varian rasa yang disesuaikan dengan usia dan kebutuhan bayi. Yaitu: Milna biscuit Bayi, Milna GoodMil, Milna Toddler Biskuit, Milna Toddler Puding, Milna Wgain,  dan yang terbaru Milna Fruit Pure.
          Sehingga, untuk  menunjang kebutuhan nutrisi MPASI yang baik dan optimal, Milna sangat cocok untuk menemani Momen Makan Pertama Si Kecil.

          Dalam rangka merayakan Milna 1st Bite Day Celebration kemarin,  Tya Ariestya dan Kanaka bersama 10 Bunda juga Si Kecil bersama-sama memberikan Milna Biskuit Bayi. Saya jadi teringat waktu pertama kali memberikan makan pertama Rayyan, antara bahagia dan sedih lihatnya hahaha. 


          Momen Makan Pertama Si Kecil dengan Milna Biskuit Bayi 

          Milna 1st Bite Day Celebration


            Momen Makan Pertama Rayyan dengan Milna Bubur Bayi Organic 

            Ingat Bun, kita sebagai orang tua sangat WAJIB memperhatikan nutrisi yang sehat, bergizi dan seimbang untuk Si Kecil.


            Semoga akan ada lagi event-event yang lebih seru dari Milna, yang akan menjadi wadah untuk berekreasi dan berkumpul bersama keluarga. Saya jadi makin rajin stalking di Facebook dan Instagramnya Milna nih, karena banyak informasi penting seputar MP-ASI dan tumbuh kembang Si Kecil. 


            Yuk, rayakan Momen Makan Pertama Si Kecil dengan Milna Bubur Bayi Organic. Untuk informasi acara Milna 1st Bite Day selanjutnya dan pengetahuan seputar MP-ASI bisa mengunjungi:
            Facebook

            Twitter

            Instagram

             YouTube

            Yuk lihat keseruan Milna 1st Bite Day di Jakarta kemarin. . . 

            Komentar

            1. Seru sekali acaranya. Pasti sangat berkesan dan bermanfaat :)

              BalasHapus
              Balasan
              1. Iya mba Farida, kaya ilmu banget... Berkesan buat aku dan yg lainnya.. Salam kenal mba

                Hapus
            2. Keren acaranya ya Mbak, saya ngasih anak-anak biscuit Milna di awal MPASI mereka. Bisa dicombine juga dengan MPASI rumahan

              BalasHapus
              Balasan
              1. Iya bener mba, dicombine tetep enak juga mba.. Jadi enak katanya hehehe salam kenal mba

                Hapus
              2. Ah iya nih, Milna enak banget bisa di combined gt.. Jadi ga kehadiran Ide buat masak tiap hari ya mb

                Hapus
              3. Ah iya nih, Milna enak banget bisa di combined gt.. Jadi ga kehadiran Ide buat masak tiap hari ya mb

                Hapus
            3. Seru ya acaranya. Mau dateng lagi deh kalau diadain di Jakarta. Kemarin belum sempet nyobain semua booth experiencenya.

              BalasHapus
              Balasan
              1. Hihihi.. Iya nih sama mom nurul.. Aku juga klo ada lagi mau datang lagi hehehe

                Hapus
            4. Anakku waktu bayi juga suka Milna, apalagi biskuitnya

              BalasHapus
              Balasan
              1. Iya ya mba lis, enak biskuitnyaa.... Aku juga doyan haha

                Hapus
            5. Acara kayak gini free atau berbayar mba? Serunya apalagi bisa aja bapaknya.

              BalasHapus
              Balasan
              1. Aku alhamdulillah free mba hehhe, tpi klo Bayar 100rb,dpt fasilitasnya banyak seru deh mba.. Salam kenal mba

                Hapus
            6. Acaranya seru ya mba...

              BalasHapus
            7. Kayanya seru bgt acaranya ya mom amalan, kpn2 ajak dong ;)

              BalasHapus
              Balasan
              1. Kok amalan mba.. Hahaha ha iya nih mba seru, nanti aku ajak ya

                Hapus
            8. Mama Rayyan... klo masalah makan anak, sering bikin galau ya. Terus nggak bisa sembarangan ngasih makanan hihi. Nah pas anak kdua, aku udah losss aja.. nggak bgitu ketat. Paling no gula garam sampai usia 1 tahun...

              BalasHapus
              Balasan
              1. Ah iya nih mba uciq. Aku anak pertama serba bingung smpe sekarang. Bener banget Gula garam harus ekstra di perhatiin yaa....

                Hapus
            9. Milna memang merk terkenal yang sudah dipercaya banget ya untuk makanan bayi mba. Kayaknya kalau pakai Milna, nggak ada aksi GTM deh :p

              BalasHapus
              Balasan
              1. Iya nih enak banget Milna. Aku juga mba kp lagi GTM ngemall Milna Biskuit Hahaha...

                Hapus
            10. ini andalanku kalo lagi traveling. kemasannya praktis dan nggak ribet :D anakku juga suka sama rasanya

              BalasHapus
              Balasan
              1. Sama mom final.. Aku juga a hahhaaa... Simple, praktis dan enak hehehe... Gampang pula dicari di toko hehhe

                Hapus
            11. Seru banget ya acaranya,, wlopun cuma skdr baca dari blog nya mba amalia sarah,, jd nambah ilmu, ttg mp-ASI dan tumbuh kembang si kecil,, di tunggu cerita seru lainnya yaa bunda rayyan
              😊😊😊

              BalasHapus
              Balasan
              1. Iya mba, aslinya seru banget loh.. Nanti acara Milna selanjutnya kita datang yuk berkabar hehehe... Salam kenal mba

                Hapus
              2. Mba rummi Zainal... Hayuk atuh kita reunian mkn mie ayam.... Hihihi

                Hapus
            12. Tiket 100 ribu emang murah ya, buat lunch 2 orang, sama bisa mengunjungi 6 booth. Semoga besok-besok ada event lagi ya

              BalasHapus
              Balasan
              1. Mba ovi... Ahh kita kemarin ga ketemu nih di Milna.. Nanti Di Milna selanjutnya foto duluan yakkk.... Belom pernah euy foto bareng...

                Hapus
            13. Seruuu acaranya! Jadi lebih aware soal nutrisi anak ya mbak. Ga mau salah langkah nih di 1000 hari pertama kehidupan.

              BalasHapus
              Balasan
              1. Iya nih mba... Dari awal hamil malah ya ternyata kita harus aware... Hehehee

                Hapus
            14. Milna ini dari zaman dulu udah nomor wahid de buat makanan bayi, batita, balita. Anak2ku dulu masih kecil juga aku beri biskuit Milna. Sekarang main banyak ya variannya.

              BalasHapus

            Posting Komentar

            Terima kasih telah berkunjung ke blog saya. Saya sangat senang apabila kalian meninggalkan komentar, masukan, saran, atau kritik. Sebagai semangat untuk saya, agar bisa menulis lebih baik lagi. Semoga bermanfaat!


            Amallia Sarah

            Postingan populer dari blog ini

            Bagaimana Bisa Jadi Pramugari?

            Pramugari biasanya menjadi salah satu cita-cita setiap anak terutama untuk anak perempuan. Tetapi, ini tidak berlaku untuk saya 10 tahun lalu, saya justru ingin menjadi seorang "Dokter Anak". Cita-cita tinggal angan, karena besarnya biaya untuk menjadi seorang dokter saat itu, jauh diluar kemampuan orang tua saya. Terlahir dari keluarga broken homesejak kelas 3 SMP, membuat saya mengubur dalam-dalam semua impian saya. Nah, Kok bisa sih saya jadi Pramugari?Cantik enggak, putih enggak, tinggi juga kurang. Mungkin sebagian orang menilai seperti itu, saya juga merasa kok, jauh dari kriteria seorang pramugari.  Cerita singkatnya begini...  Semenjak lulus SMK, saya langsung bekerja di sebuah shorum motor Yamaha didekat tempat tinggal saya, walau sudah bekerja selama hampir 2 tahun  menjadi sales counter , saya merasa kurang puas dengan karir yang saya dapat. Kemudian, saya melamar bekerja kembali di shorum mobil Mitsubishi, saya kembali merasa jenuh setelah bekerja selama 3 bulan. La…

            We Made Me - Cara Menggendong Bayi Yang Benar

            Hai semuanya, apa kabar? Semoga sehat wal'afiat ya. Membahas gendongan pasti sudah pada tahu ya. Apalagi untuk para orang tua. Tetapi apakah kita sudah menggendong dengan baik dan benar? Beruntung beberapa hari lalu, saya berkesempatan hadir pada seminar dengan tema "Cara Menggendong Bayi Yang Benar" bersama Beautynesia dan We Made Me Indonesia. Acara ini menghadirkan bintang tamu Ayu Hastari, Ibu Nindy dari Baby Wearing Club Jakarta, dan CEO dari We Made Me yaitu IbuCindyIbu Nindy menyampaikan bahwa menggendong bayi sudah menjadi kewajiban orang tua dong tentunya. Selain menjalin hubungan erat dengan si kecil, ternyata banyak juga lho manfaat bagi Moms & Dads. Agar hubungan semakin dekat, pastinya kegiatan menggendong ingin terlaksana dengan nyaman dan aman. Manfaat Menggendong Bayi Moms jadi mudah menyusuiDapat sambil bekerjaJadi lebih perhatianBayi mudah ditidurkanPraktis bepergianDampak Salah Menggendong Bayi Sangat PENTING bagi Moms & Dads yang baru memiliki b…