Langsung ke konten utama

Pentingnya Menjaga Kesehatan Saluran Cerna Dengan Probiotik "INTERLAC"

Hello moms and dads... Pernah tidak khawatir ketika Si Kecil terkena diare? Terutama ketika Si Kecil baru lahir. Rasanya hal ini cukup sering dialami oleh para orang tua. Apalagi untuk orang tua baru. Saat Si Kecil sakit, biasanya kita langsung panik dan bergegas ke dokter. Wajar kok! Saya juga begitu.


Sebagai orang tua, kita sangat wajib peduli dengan kesehatan Si Kecil. Apalagi kalau urusannya "Diare". Ketika kita sedang diare, yang namanya bolak-balik WC itu membuat lemas dan pusing sejadi-jadinya. Kita yang dewasa saja tidak kuat ya, apalagi Si Kecil. Menurut beberapa penelitian, diare adalah salah satu penyakit yang hampir sering menyerang tubuh manusia.

Bagaimana tidak? Ternyata 80% imun kita terdapat di saluran cerna yang merupakan organ terbesar dalam tubuh kita. Bahkan saluran cerna manusia itu bila dibentangkan luasnya mencapai 300 meter persegi, seluas lapangan tenis! Sehingga, para ahli medis pun sepakat bahwa kesehatan saluran cerna manusia adalah cerminan kesehatan tubuh secara umum.
Beruntung, pada tanggal 30 September 2017 lalu, saya diundang untuk menghadiri blogger gathering bersama Interlac di Playground Restaurant, Jakarta Selatan. Dengan tema acara "Healthy Tummy Happy Baby with Interlac" bersama narasumber dr. Intan Diana Sari Head of Medical PT. Interbat dan  Mohamad Nurhadi selaku Brand Manager INTERLAC. Saat mengetahui saya mendapatkan undangan dari Interlac, saya sangat antusias untuk datang. Bagi saya ilmu tentang kesehatan itu sangat penting. Apalagi sekarang saya telah menjadi orang tua. Rasanya menjaga kesehatan anak itu adalah kewajiban utama sebagai orang tua. Setuju kan moms and dads?
Setibanya di acara, ternyata sudah banyak teman-teman blogger lainnya yang sudah sampai lebih dulu. Saya langsung registrasi dan bergegas menuju tempat duduk saya karena seminar akan segera dimulai. Acara ini dibuka dengan sambutan dari pembawa acara yang dilanjutkan oleh dr. Intan Diana Sari yang memberikan informasi tentang bahaya diare, jenis-jenis gangguan saluran cerna dan pentingnya probiotik baik pencernaan tubuh kita.

Apa itu Diare?
Definisi diare adalah buang air besar dengan konsistensi cair dengan frekuensi lebih dari 3 kali/hari dengan atau tanpa lendir atau darah. Diare terdiri dari 2 macam, yaitu:
  1. Diare Akut < 15 hari
  2. Diare Kronik > 15 hari
Penyebab diare akut antara lain dikarenakan adanya infeksi virus, parasit, bakteri atau keracunan. Bahkan diare bisa menyerang siapa saja, termasuk bayi.

Jenis-Jenis Gangguan Saluran Cerna
  1. Diare: frekuensi BAB meningkat dibanding dengan biasanya dan feses lebih lunak dan cair.
  2. Konstipasi: frekunsi BAB berkurang dari biasanya yang menyebabkan feses lebih keras dan besar.
  3. Gumoh: muntah oada bayi yang mengeluarkan sedikit isi lambung.
  4. Kolik: bayi menangis terus secara berlebihan.
Menurut hasil penelitian, probiotik pada diare sangat mempercepat proses penyembuhan dengan meningkatkan jumlah bakteri baik dan lumen saluran cerna dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Probiotik adalah suatu mikroorganisme hidup, dimana bila diberikan pada jumlah yang adekuat, akan memberikan manfaat kesehatan (WHO 2002).

Ingat, Probiotik bukan obat! BPOM Indonesia juga mengkategorikan probiotik sebagai suplemen makanan. WHO mendefinisikan probiotik sebagai bakteri baik yang dapat hidup di saluran cerna dan bila dikonsumsi dalam jumlah yang cukup, dapat memberikan manfaat kesehatan signifikan bagi penggunanya.
Syarat-Syarat Probiotik Baik Menurut WHO
  • Berasal dari manusia
  • Dapat bertahan hidup di saluran cerna
  • Tahan terhadap asam lambung dan cairan empedu
  • Menghasilkan zat antimikroba
  • Mampu melawan bakteri jahat
  • Terdokumentasi penelitian klinis yang baik
dr. Intan Diana Sari menerangkan, "Setiap jenis probiotik itu berbeda-beda. Ada probiotik yang sudah teruji manfaatnya, ada juga yang belum memiliki dukungan scientific untuk klaim kesehatannya. Dalam pemilihan probiotik untuk manfaat kesehatan, penting untuk melihat bukti uji klinis sampai tingkat strain. Lactobacillus Reuteri Proctetis, salah satu yang paling banyak diteliti di dunia mengenai manfaat & keamanan nya".
dr. Intan Diana Sari Head of Medical PT. Interbat
Mekanisme Kerja Probiotik
  1. Menempel pada usus
  2. Kompetisi nutrisi dengan bakteri patogen
  3. Berkolonisasi (berkembangbiak) di saluran cerna
  4. Merusak reseptor yang ada pada bakteri patogen
  5. Meningkatkan imunitas -> 80% sistem imun ada di usus
Diantara probiotik-probiotik dengan jenis Lactobacillus, yang sangat paling menonjol kelebihannya adalah strain Lactobacillus reuteri Protectis yang dipatenkan oleh BioGaia.
"Melalui kerjasama BioGaia dengan PT Interbat, INTERLAC dipasarkan di Indonesia sebagai satu-satunya produk suplemen probiotik di Indonesia yang mengandung Lactobacillus reuteri Protectis, solusi aman dan efektif untuk berbagai macam gangguan saluran cerna," jelas Mohamad Nurhadi.
Mohamad Nurhadi selaku Brand Manager INTERLAC
Lactobacillus reuteri Protectis adalah salah satu probiotik yang paling banyak diteliti di dunia, dengan efikasi dan keamanan yang teruji klinis untuk segala usia.

Tentang INTERLAC

INTERLAC adalah produk impor dari BioGaia, perusahaan Swedia yang dikenal sebagai World Leader in Probiotics. Interlac dipasarkan di indonesia oleh PT. Interbat yang sudah berdiri sejak 1948 dan bergerak dalam industri obat-obatan. Selain itu, Interlac juga satu-satunya probiotik di Indonesia yang mengandung Lactobacillus reuteri Protectis.
Interlac probiotik menjadi pilihan dokter di lebih dari 90 negara yang memenuhi semua syarat probiotik baik dari WHO dan dikenal di kalangan medis sebagai Live and True Probiotic. Berbeda dengan probiotik lain di Indonesia, penggunaan Interlac praktis dan ekonomis karena cukup hanya 1x sehari, apapun variannya.
Manfaat Probiotik INTERLAC
  • Menjaga kesehatan saluran cerna
  • Terapi dan pencegahan diare, konstipasi, gumoh dan kembung
  • Terapi dan pencegahan infeksi candida (jamur)
  • Terapi dan pencegahan kolik infantil (tangisan berlebih pada bayi berusia dibawah 4 bulan yang disebabkan oleh gangguan pencernaan)
  • Terapi dan pencegahan NEC (Necrotizing Enterocolitis), penyebab kematian nomor satu pada bayi lahir prematur
  • Meningkatkan sistem imun, mencegah alergi dan meningkatkan daya tahan tubuh
  • Mendukung perkembangan neurologi (syaraf) yang optimal pada bayi
  • Terapi functional abdominal pain (sakit perut) pada anak-anak
  • Mengurangi efek samping penggunaan antibiotik
  • Terapi pendamping antibiotik untuk infeksi Helicobacter pylori

Sebagai orangtua, kesehatan anak tentu selalu menjadi kepentingan utama. Salah satu langkah awal dalam merawat kesehatan anak adalah menjaga kesehatan saluran cerna Si Kecil. lnterlac teruji klinis aman untuk bayi dan anak sejak hari pertama kelahiran dan terbukti efektif menjaga kesehatan saluran cerna untuk kualitas hidup yang lebih baik.

Apakah Aman Mengkonsumsi INTERLAC?
• Sampai akhir 2016, INTERLAC sudah teruji klinis pada lebih dari 12.754 pasien di 152 uji klinis.
• INTERLAC terbukti aman tanpa efek samping untuk segala usia, termasuk: bayi prematur, bayi baru lahir, anak-anak, remaja, ibu hamil, ibu menyusui hingga lansia.
• Probiotik INTERLAC juga sudah mendapatkan predikat GRAS (Generally Recognized as Safe) dari US FDA, yang merupakan sertifikasi keamanan tertinggi untuk suplemen makanan.
• Berbeda dengan banyak probiotik lainnya, formulasi INTERLAC tidak mengandung lactose sehingga aman untuk bayi sejak hari pertama kelahiran, termasuk bayi yang lactose-intolerant.
• Profil keamanan dan manfaat INTERLAC yang sudah terbukti klinis membuat INTERLAC menjadi probiotik pilihan dokter di lebih dari 90 negara, dan bahkan dipakai langsung di unit NICU rumah sakit untuk terapi bayi prematur.



Diare merupakan masalah kesehatan besar bagi bayi dan anak yang bisa menyebabkan kematian. Sehingga untuk menjaga saluran cerna yang sehat, INTERLAC menjadi pilihan terapi ahli kesehatan untuk diare pada anak, karena:

1. Penyembuhan lebih cepat
2. Mengurangi frekuensi diare
3. Mengurangi risiko terkena diare

Berikut ini anjuran cara mengkonsumsi Probiotik Interlac:

Saya merasa sangat perlu untuk stok Interlac dirumah mulai dari sekarang. Karena menjaga kesehatan saluran cerna itu sangat penting. Yuk jaga saluran cerna kita dengan konsumsi Probiotik INTERLAC.
Produk Probiotik Interlac ini bisa kita peroleh di apotek-apotek terdekat, Halodoc, Go-Med App dan Lazada.co.id.

Teman Baik Ususmu? Ya Probiotik INTERLAC!

Instagram: InterlacProbiotics
Facebook: InterlacProbiotics
Website: www.interlac-probiotics.com

Terima kasih banyak Interlac untuk seminarnya yang bermanfaat, sampai jumpa di seminar selanjutnya...


Komentar

  1. Malam2 gini paling suka kepoin tulisan Mom Rayyan..hehehe
    Apalagi skrg pas bgt Reyvell lagi diare..😭 Seharian rewel dan udh pub 4x..
    Mana lagi acara diluar rumah jadinya cuma dikasih minum terus supaya ga dehidrasi..☹️
    Makasi ilmu & informasinya ya Mom..
    Cuss ahh lsg cari dan stock Interlac dirumah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cepet sembuh ya Rey ... Iya dari banyak testi ternyata ini ampuh banget ... Bukan hanya buat penyembuhan tapi buat pencegahan juga...

      Hapus
  2. Ada penjelasan komposisinya juga kah Mbak? Saya kok gagal faham dengan 'syarat syarat probiotik baik' nomor satu berasal dari manusia. Maksudnya gimana itu Mak? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihihi .... mengandung
      Lactobacillus reuteri mbak .... Sudah dijelaskan diatas ... Salam kenal mbak

      Hapus
    2. Saya istilah gitu gitu emang kurang mudeng. Hehe...

      Okayh, makasih ya Mbak. Sapam kenal.

      Hapus
  3. Mantab mom ulasan nya... Btw salam kenal

    BalasHapus
  4. acara kemarin seru dan manfaat banget jadi makin paham tentang probiotik ya mom

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mom... manfaat banget apalagi sekarang lagi musim diare gini ...

      Hapus
  5. hmm jadi tahu nih saya tentang probiotik dari postingan ini. makasih sharingnya, mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih mas. Teruji banget kualitas nya

      Hapus
  6. Asik juga ya kalau ada seminar yang memang bagus untuk informasi kepada banyak orang sehingga kesehatan alur pencernaan terjaga dengan baik ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba asik banget. Kepake banget buat anak dirumah..

      Hapus
  7. Komplit neh tulisannya. Interlac memang pilihan banget ya buat saluran cerna anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Seneng banget sama suplemen yang begini.. beli 1 bisa buat sekeluarga hahaha.

      Hapus
  8. suka bingung juga loh kalau balita kena diare, bingung pilih obat yang aman buat si kecil, kalau baca ulasannya, amannya interlac untuk si kecil :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak kadang takut salah dosis dan efek sampingnya ya. Ini banyak di rekomendasikan dokter jdi aman banget

      Hapus
  9. ah ekspresi babang diakhir artikel bikin senyum sendiri... heyy kamu lucu bangetttttttttt

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya. Saya sangat senang apabila kalian meninggalkan komentar, masukan, saran, atau kritik. Sebagai semangat untuk saya, agar bisa menulis lebih baik lagi. Semoga bermanfaat!


Amallia Sarah

Postingan populer dari blog ini

Bagaimana Bisa Jadi Pramugari?

Pramugari biasanya menjadi salah satu cita-cita setiap anak terutama untuk anak perempuan. Tetapi, ini tidak berlaku untuk saya 10 tahun lalu, saya justru ingin menjadi seorang "Dokter Anak". Cita-cita tinggal angan, karena besarnya biaya untuk menjadi seorang dokter saat itu, jauh diluar kemampuan orang tua saya. Terlahir dari keluarga broken homesejak kelas 3 SMP, membuat saya mengubur dalam-dalam semua impian saya. Nah, Kok bisa sih saya jadi Pramugari?Cantik enggak, putih enggak, tinggi juga kurang. Mungkin sebagian orang menilai seperti itu, saya juga merasa kok, jauh dari kriteria seorang pramugari.  Cerita singkatnya begini...  Semenjak lulus SMK, saya langsung bekerja di sebuah shorum motor Yamaha didekat tempat tinggal saya, walau sudah bekerja selama hampir 2 tahun  menjadi sales counter , saya merasa kurang puas dengan karir yang saya dapat. Kemudian, saya melamar bekerja kembali di shorum mobil Mitsubishi, saya kembali merasa jenuh setelah bekerja selama 3 bulan. La…

Rayakan Momen Makan Pertama Si Kecil Bersama Milna

Kebahagiaan seorang ibu adalah tatkala melihat anaknya tumbuh sehat dan ceria, atau istilahnya "Bayi Sehat, Ibu Senang". Setuju kan Bun? Bahkan, saat baru menjadi ibu kita sudah harus memikirkan nutrisi untuk Si Kecil. Pemenuhan nutrisi tersebut sangat penting di 1000 hari kehidupan pertamanya.




Tahulah ya Bunda, setelah 6 bulan kita memberikan ASI untuk Si Kecil, selanjutnya adalah memberikan MP-ASI untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Saya jadi teringat betapa exitednya saya 6 bulan lalu, saat menyiapkan Momen Makan Pertama Rayyan. Saya merasa bahagia sekaligus takut, kalau nanti makanan yang saya berikan nutrisinya tidak seimbang.

Saat saya di undang oleh Milna untuk menghadiri acara "Milna 1stBite Day" di The Hall 8th floor, Senayan City, Jakarta pada tanggal 9 September 2017 kemarin, saya sangat antusias untuk datang. Walau Rayyan sudah berusia 1 tahun, saya selalu semangat belajar ilmu tentang MP-ASI. Karena saat ini, banyak sekali metode pemberian MP-ASI yang b…

We Made Me - Cara Menggendong Bayi Yang Benar

Hai semuanya, apa kabar? Semoga sehat wal'afiat ya. Membahas gendongan pasti sudah pada tahu ya. Apalagi untuk para orang tua. Tetapi apakah kita sudah menggendong dengan baik dan benar? Beruntung beberapa hari lalu, saya berkesempatan hadir pada seminar dengan tema "Cara Menggendong Bayi Yang Benar" bersama Beautynesia dan We Made Me Indonesia. Acara ini menghadirkan bintang tamu Ayu Hastari, Ibu Nindy dari Baby Wearing Club Jakarta, dan CEO dari We Made Me yaitu IbuCindyIbu Nindy menyampaikan bahwa menggendong bayi sudah menjadi kewajiban orang tua dong tentunya. Selain menjalin hubungan erat dengan si kecil, ternyata banyak juga lho manfaat bagi Moms & Dads. Agar hubungan semakin dekat, pastinya kegiatan menggendong ingin terlaksana dengan nyaman dan aman. Manfaat Menggendong Bayi Moms jadi mudah menyusuiDapat sambil bekerjaJadi lebih perhatianBayi mudah ditidurkanPraktis bepergianDampak Salah Menggendong Bayi Sangat PENTING bagi Moms & Dads yang baru memiliki b…