Jerawat Bandel? Waspadai Gejala Hiperandrogen

by - January 14, 2018

Ada yang pernah dengar hormon Androgen? Meski dikenal sebagai hormon laki-laki, ternyata perempuan juga memproduksi dan memiliki hormon tersebut dalam tubuh. Namun, bagaimana jika hormon Androgen tersebut berlebihan?
Di Indonesia, kasus Hiperandrogen lebih banyak ditemui pada perempuan usia produktif antara 15-35 tahun. Selain melakukan tes laboratorium untuk mengetahui apakah kita kelebihan hormon tersebut, ada banyak juga gejala klinis yang bisa kita amati. Gejala klinisnya antara lain:
  1. Jerawat berlebihan
  2. Seboroik (penyakit kulit kepala)
  3. Hirsutisme (pertumbuhan bulu/rambut berlebihan pada wanita)
  4. Alopecia (botak), dll.
Hiperandrogen adalah kondisi kelebihan hormon pada wanita yang merupakan salah satu gangguan paling umum yang dapat mempengaruhi kondisi kesehatan wanita.


Menurut Dr. Triwiji Nurdiastuti, M. Biomed (AAM) jumlah normal hormon androgen bebas dalam tubuh perempuan hanya sebesar satu persen, sedangkan 99 persen diikat oleh protein pengikat. Jika angka satu persen itu meningkat pada perempuan maka berpotensi terjadi kelainan hormonal sehingga disebut Hiperandrogen.

Bersama para blogger dari Kumpulan Emak-Emak Blogger, saya merasa beruntung bisa hadir dalam acara "Hiperandrogen Penyebab Jerawat Membandel". Bagaimana tidak, gejala klinis hiperandrogen yang satu ini, adalah yang paling sering dialami oleh para kaum hawa.
"Jerawat dapat berdampak gangguan emosi pada perempuan seperti rasa malu, rendahnya tingkat percaya diri, kegelisahan, serta dampak psikologis lain. Sehingga, sangat diperlukan terapi hormonal bagi yang mengalami gejala klinis tersebut," ungkap Dr. Triwiji Nurdiasti.

Sebagai perusahaan yang telah berpengalaman selama 25 tahun, PT Bayer menyediakan rangkaian produk kontrasepsi dan terapi hormonal yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan pasien yaitu Diane 35.

Diane 35 adalah obat yang biasa digunakan sebagai alat kontrasepsi (pil KB) untuk mencegah kehamilan pada wanita. Diane 35 ED mengandung hormon progestogen dan estrogen, sehingga bekerja mirip dengan kombinasi alat kontrasepsi oral, juga dikenal sebagai pil KB. Selain itu, obat ini tidak boleh digunakan dalam kombinasi dengan alat kontrasepsi hormonal lainnya. Sehingga, alangkah baiknya berkonsultasi dahulu dengan dokter. 

Wah, bisa rekomendasikan Diane 35 ini sama pak suami, sebagai anti jerawat dan alat kontrasepsi. Selain itu, kita bisa konsultasi online di web Guesehat.com. Gampang banget kan zaman now ini, semua serba klik. Disana, kita bisa konsultasi kesehatan, kehamilan dan masih banyak lagi. Yuk, serunya sehat bareng-bareng GueSehat.com.
Terakhir, para blogger semua yang hadir juga mendapatkan beauty class yang pastinya manfaat banget untuk kami yang hadir semua. Dimulai dari sekarang, yuk kita jaga kesehatan diri kita...

You May Also Like

34 coment�rios

  1. kulitku termasuk kulit yang mudah berjerawat. tapi yang aku lihat sih penyebab umumnya kalau aku makan sembarangan, menstruasi, sama stress

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Pipit sama kayak aku hehehe. Katanya sih klo kayak kita gini masih normal mba... Alhamdulillah yaa

      Delete
  2. dulu jerawat saya buandel banget mak, sampe berobat ke klinik ratusan ribu sekali berobat. trus cape sendiri ga berobat lg. pernah dikasihtau Diane juga sama petugas apotik tp relatif mahal ya harganya dibanding pil KB lain. sekarang malah beranjak tua jerawatnya jarang muncul

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya ya. Bener mba harganya sih klo ga salah 150rban. Mayan juga ya... Alhamdulillah atuh ya skrg jerawat udah ga lagi mak

      Delete
  3. Seminggu lalu muncul jerawat di pipi kiriku, mba. Langsung diledekin karena kulitku kering jadi jarang berjerawat. Sekali berjerawat dikira ayak abegeh. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahhaa iya mba klo jerawatan aku juga suka diledekin ma suami trus huhuhu

      Delete
  4. kalau wajahku emang dari kecil sampai sekarang ga pernah jerawatan mba, paling juga biang keringat hehehe tapi ngeri juga sih ya kalau memiliki hormon hiperandrogen itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba serem ya. Perawatan nya Mayan mahal.... Wah asyik ya ga pernah jerawatan. Klo aku tresno dikit jerawatan heheh

      Delete
  5. Oh ini jadi pil KB yang ga bikin jerawatan ya, mba...

    ReplyDelete
  6. jerawat itu emang gemesin ya Mbak ehhehe. thank you for sharing :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gemesin dan mungil ya mba. Tapi menyakitkan klo banyak hehehe.. sama2 mbak

      Delete
  7. Jerawat memang bikin pusing kalau dibiarkan haha,,,alhamdulillah ini termasuk mukanya agak kering kalu jerawat pas mau mens aja,, noted infnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba pusing dan malu klo aku... Terima kasih mbak

      Delete
  8. Kulitku berjerawat sejak menikah, tapi masih jerawat wajar dan ga banyak.
    Ini acaranya seru neh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mba sama kayak aku nih. Alhamdulillah kita ga berlebihan ya

      Delete
  9. Dulu sempet mau pake diane , selain utk kb krn kata banyak temenku bgs utk kukit jg. Tp krn hrgnya lumayan mehong itu, yg akhirnya pake kontrasepsi lain :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener mba harganya Mayan. Klo udah bersih pindah yang agak murah nih aku juga hehehe

      Delete
  10. Dulunya saya mudah sekali berjerawat, setelah punya anak sudah mulai berkurang kecuali ketika mau mnestruasi..

    ReplyDelete
  11. Banyak mitos salah tentang pil KB ternyata nggak semua pil KB selalu memberi efek gemuk atau merubah hormon ya mba. Tinggal kita harus selektif memilihnya

    ReplyDelete
  12. Aku jerawatan dari remaja sampaaaaiii sekrang, ternyata karena hormon dan kadang membersihkan kulit kurang tuntas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya mbak. Jadi perempuan itu harus ekstra banget jaga kebersihan

      Delete
  13. Jerawatku muncul kadang kalau pas akan datang bulan, tapi cuma satu bijji, besar dan pas banget di center of view banget. Di abwah idung, di atas bibir atau di dagu. Satu bikin pegel banget euy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mba astin sama kayak aku nih begini.. tapi malah jengkel bgt ya mba

      Delete
  14. Aku dulu juga jerawatan, tapi pas udah nikah alhamdulillah mulus. Ternyata memang jerawat macam-macam penyebabnya, harus diwaspadai.

    ReplyDelete
  15. Krn tau umur2 segini rawan jerawatan, akhirnya ya aku biasakan pola hidup sehat, tapi hidup di kota besar begini gimana nggak jerawatan, tiap hari kena stress sama debu hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba. Pakai debu dan stres itu no 1 penyebab jerawat

      Delete
  16. Aku suka jerawatan kalau mau mens saja sih, ehe. Nggak sampai jerawat yang banyak dan bandel.

    ReplyDelete
  17. Aku jerawatan malah jarang, alhamdulillah. Palingan kalau mau datang bulan, hehe.

    ReplyDelete

Thank you for visiting my blog. I am very happy if you leave comments, feedback, suggestions, or criticism. As a passion for me, to be able to write better. Happy Reading!