Kamis, 11 Januari 2018

# Lifestyle # True Story

Tips Dasar Jika Ingin Menjadi Pramugari

Sebagian orang biasanya jika mendengar Pramugari, langsung terbayang sosok perempuan menarik, seksi, cerdas, tinggi semampai. Mmm, salah! Tidak semua pramugari seperti itu kok. Sebagai pramugari yang pernah aktif selama 5 tahun, saya akan menceritakan tentang pengalaman yang saya dapatkan selama bekerja dulu.

Wet Drill

Sulitnya untuk mengikuti walk in interview pekerjaan ini biasanya membuat para remaja khususnya remaja perempuan mundur dan takut. To be honest, saya juga dulu begitu. Minder duluan pastinya. Balik lagi, bagaimana niat dan usaha kita lho. Namanya usaha dan doa dengan sungguh-sungguh itu pastinya akan membuahkan hasil. Ya kan?

Perlu kalian ketahui ya, tidak semua pramugari itu putih, cantik, tinggi dan pintar. Namanya manusia pasti punya kekurangan, tetapi bagaimana orang tersebut menutupi kekurangan yang ada pada diri mereka dengan kelebihan yang mereka miliki. Intinya begitu. Banyak juga pramugari yang tidak punya sepaket lengkap itu lho.

Penjelasan singkatnya begini:
  • Namanya berkulit putih itu artinya kulitnya sehat. Tidak berjerawat berlebihan, tidak memiliki luka/ cacat fisik yang terlihat, tidak berdaki, dll. Kulit yang sehat bisa didapatkan dengan cara rajin menggunakan body Lotion, scrub, makan makanan yang banyak mengandung vitamin C, olahraga dan jaga kesehatan.
  • Cantik itu relatif. Di era sekarang, cantik itu bagaimana kita bisa percaya diri dengan apa yang kita miliki sekarang. Semakin kita bersyukur dan percaya diri, siapapun pasti akan terlihat cantik. Sekarang, the power of make-up juga bisa menjadi salah satu pilihan jika kita kurang percaya diri dengan penampilan kita. Pilih make up yang cocok dan bisa kalian kuasai ya. Tutorialnya banyak di YouTube.
  • Tinggi badan  adalah salah satu faktor penting untuk pekerjaan ini. Setiap perusahaan memiliki standar tinggi badan dan berat badan tertentu. Contoh: Garuda Indonesia minimal 1,58m, Sriwijaya Air 1,60m, Lion Group 1,58m, Citi Link 1,60m, Singapore Airlines 1,58m, dll. Saran saya, coba untuk melamar yang sesuai dengan tinggi kalian masing-masing ya. Oh iya, sebagai informasi bahwa pengukur tinggi badan itu berbeda-beda. Kadang, di perusahaan ini tinggi kita lebih atau kadang di perusahaan lain kurang. Jadi, kalau mau coba-coba aja, boleh. Kenapa tinggi badan diperlukan? Karena salah satu tujuannya adalah agar bisa mengambil emergency equipment yang letaknya di compartment cabin bagian atas dengan cepat. Kalau mengambil itu saja tidak bisa, bagaimana mau evakuasi penumpang kurang dari 90 detik. Kenapa tiap airlines berbeda? Karena tipe pesawat yang dioperasikan oleh perusahaan penerbangan juga berbeda-beda.
  • Pintar itu bisa dan mau belajar. Tidak semua pramugari memiliki kecerdasan yang sama. Karena untuk menjadi pramugari yang pintar, kalian akan belajar dan sekolah dulu selama kurang lebih 4 bulan sebelum aktif terbang. Yang kalian pelajarinya banyak. Mulai dari Safety, Service, B. Inggris, dll. Ditambah lagi, untuk pramugari setiap 12 bulan sekali, kalian akan masuk kelas lagi untuk refresh pelajaran-pelajaran tersebut. So, jangan minder kalau kalian merasa kurang pintar ya. Tapi, saat kalian mau coba walk in interview, perbanyak baca tentang pengetahuan seputar pramugari, pekerjaannya, seputar perusahaan tersebut dan perkenalan dalam bahasa Inggris.



Tulisan ini dibuat: Berdasarkan pengalaman pribadi, dan beberapa pengalaman rekan kerja dulu yang saya tulis agar bisa bermanfaat bagi yang membutuhkan. Saya sebenarnya ingin memasukkan foto-foto saat saya dulu bekerja dengan teman-teman, hanya saat itu saya belum berhijab. Jadi harap dimengerti ya.




9 komentar:

  1. Dulu sempet pgn jd pramugari, tp ga pede krn gigi msh ga rata :D

    BalasHapus
  2. Wah iya ya mba. Padahal banyak banget lho mba yang giginya ga rapih pula. 😁

    BalasHapus
  3. Wah gitu ya. Kalau aku bayanginnya jd pramugrai itu fisiknya harus tahan banting karena kerjaannya terbang mulu kawatir masuk angin hihihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi iya mba. Banyak juga yang suka sakit mba. Kecapean masuk angin termasuk aku haha

      Hapus
  4. Wah saya ingat kakak daftar melalui majalah remaja yg top pada masanya. Dan lolos!saya baru ngeh knp dibutuhkan tinggi badan hahaha tinggi ya dan tempat naruh2 barang. Kakak dulu di penerbangan khusus haji. 3 tahun berhenti terus ngantor. Nice ceritanya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah iya ya mba . Alhamdulillah memang tesnya susah bener. Enak klo khusus haji mba, sekalian ibadah. Aku aja pengen banget yang haji itu.. mau coba xixixi... Sama2 ka

      Hapus
  5. dulu pernah punay cita2 jd pramugari krn merasa bisa keliling dunia gratis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah iya mba sama. Dulu aku juga mikirnya begitu

      Hapus
  6. Iya nih mba sama dlu juga aku mikirnya GT. Heheh

    BalasHapus

Thank you for visiting my blog. I am very happy if you leave comments, feedback, suggestions, or criticism. As a passion for me, to be able to write better. Happy Reading!