Melatih Kecerdasan Anak dengan Bermain di Arena Petualangan Interaktif Lego

by - February 13, 2018

Setiap orang tua tentu menginginkan anak-anak mereka tumbuh sehat dan cerdas. Untuk menjaga kesehatan anak-anak, kita bisa menerapkan pola makan dan pola hidup yang sehat. Sedangkan untuk kecerdasan, kita bisa mengajarkan banyak hal pada anak seperti: menulis, membaca, dan bermain. Aneka permainan pun banyak sekali yang bisa kita berikan pada anak untuk melatih motorik mereka, salah satunya adalah bermain Lego.


Dunia anak memang tidak jauh dari yang namanya permainan. Banyaknya jenis permainan yang ada, tentu menjadi tugas utama orang tua untuk pandai memilih permainan untuk anak-anak. Oleh karena itu, kita harus memilih mainan edukatif yang bisa melatih ketangkasan, menjadi sarana belajar, kreativitas dan kemampuan interaksi sosial anak.

Apa itu Lego?

Lego adalah sejenis alat permainan bongkah plastik kecil yang terkenal di dunia, khususnya kalangan anak atau remaja laki-laki dan perempuan. Bongkah-bongkah tersebut bisa disusun menjadi model apa saja seperti: mobil, kereta api, bangunan, kota, pesawat dan lainnya. Memilih Lego sebagai salah satu sarana bermain pun, harus disesuaikan dengan usia sang anak ya, parents.


Berikut ini klasifikasi Lego sesuai umur anak:
  1. Duplo : 1,5 - 5 tahun
  2. Junior : 4 - 7 tahun bisa digunakan untuk laki-laki dan perempuan
  3. City : Anak laki-laki berusia 5 -12 tahun
  4. Friends : Anak perempuan berusia 5 -12 tahun
  5. Creator: Laki-laki berusia 6 -12 tahun
  6. Classic : berusia 4 - 99 tahun


Manfaat Bermain Lego

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari bermain Lego bagi anak:
  • Meningkatkan kreativitas anak
  • Melatih memecahkan masalah
  • Mengenalkan warna, bentuk, ukuran dan hitungan
  • Melatih motorik anak
  • Melatih koordinasi tangan dan mata anak
  • Mengajarkan bersosialisasi dan bekerja sama, dll
Selain bagi anak, Lego juga bisa bermanfaat bagi kita yang dewasa lho. Bisa menghilangkan stres, mengembalikan semangat, melatih konsentrasi dan sebagainya. Tak heran, jika anak-anak yang bermain Lego akan mengalami perkembangan kecerdasan yang lebih cepat.

Ada Petualangan Interaktif Lego di Jakarta

Pada tanggal 8 Februari 2018 lalu, saya menghadiri acara Press Conference "Bricklive - Petualangan Interaktif Lego" persembahan dari Sorak Gemilang Entertainment dan Tokopedia, yang pertama kalinya akan diadakan di Jakarta.




Berlokasi di PIK Avenue, Bricklive ini akan hadir pada tanggal 7-17 Juni 2018 nanti. Setelah sukses diadakan di Inggris, Jepang dan negara lainnya, acara ini tentu menjadi salah satu acara yang juga dinanti-nanti oleh para pecinta Lego di Indonesia.

Melissa Siska Juminto (Managing Director Tokopedia) menyampaikan, "Kami bangga dapat mendukung kehadiran Bricklive di Jakarta. Sebagai tempat yang mendukung siapapun untuk memulai dan membangun mimpi, Tokopedia juga memiliki semangat untuk menumbuhkan kreativitas masyarakat sejak usia dini."

Bricklive Jakarta menghadirkan 16 arena permainan Lego dimana pengunjung dapat berinteraksi dan bermain bersama keluarga. Arena tersebut terdiri dari:
  • Brick Pool dan Duplikat Pool, pengunjung segala usia dapat berimajinasi tanpa batas dan berkreasi menggunakan berbagai jenis Lego.
  • Race Tracks, pengunjung dapat membangun mobil atau kendaraan dari Lego dan mengikuti lomba yang diadakan.
  • Brick Wall, Lego Cities, Lego Star Wars, Lego Architecture, Lego Ninja Go dan masih banyak lagi.
Selaku direktur SGE, Denny Sumali mengatakan bahwa SGE memiliki komitmen untuk mempersembahkan kegiatan yang berkualitas dan edukatif bagi keluarga di Indonesia. Tentunya bermain lego bersama dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kecerdasan anak dan kedekatan antara orang tua dengan anak.

Manfaat Lego bagi tumbuh kembang anak pun di akui oleh Ratih Ibrahim (Psikolog). Menurutnya, setiap anak dikaruniai bakat atau kecerdasan yang lengkap. Kecerdasan yang sifatnya majemuk ini, meliputi  kognitif, psikomotor, dan psikososial, yang butuh dikembangkan secara optimal dengan stimulasi yang sesuai dengan usianya.

Sumber: Pixabay

David Hilman - COO Agung Sedayu Retail Indonesia menyatakan, "PIK Avenue sangat bangga bisa menyajikan kegiatan berkelas Internasional, yang bermanfaat bagi seluruh anggota keluarga seperti Bricklive ini. Kami berharap setiap keluarga dapat menikmati seluruh areanya, dan juga dapat menikmati berbagai fasilitas lainnya seperti restoran, outlet fesyen, dll."

Dimana Membeli Tiketnya?

Pembelian tiket acara Bricklive dapat dilakukan di Tokopedia.com, Outlet Lego dan PIK Avenue. Harga tiketnya yaitu:
  • VIP: Rp. 275,000,-
  • Regular: Rp. 175,000,-
  • Family Package: Rp. 550,000,- ( 2 tiket anak dan 2 tiket orang tua)
Selain itu, setiap pembelian tiket di Tokopedia akan mendapatkan 1 Lego Figurin dan diskon 10%.


Selain menjual tiket, Tokopedia juga menjual berbagai macam Lego dan Bricklive dengan harga promo selama bulan Maret, Mei dan Juni. Oh iya, setiap pembelian melalui Lego Official Store di Tokopedia juga berhak mendapatkan 1 tiket regular Bricklive lho.

Dengan membeli tiketnya, kalian bisa menikmati 16 area Bricklive seharian penuh. Tiketnya sudah bisa dibeli dari sekarang.

Kapan lagi coba, ada acara keren dan mengedukasi seperti ini kan? Jadi, jangan sampai terlewatkan ya event Lego terbesar di pertengahan tahun nanti.

Happy Playing!





You May Also Like

24 coment�rios

  1. Anak anakku paling suka ama lego... Pasti bakalan seneng banget tuh kalo diajak ke situ... Janjian yuk mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba suka... Yuk ah. Dari pagi kita harusnya biar puas mba

      Delete
  2. masih cari lego yang tepat untuk anak,mungkin yang block standar aja kali ya biar berimajinasi..

    kalau yang themes atau otomotif gitu, yang main ayahnya
    :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, harus sesuai umur ya. Kalau ga nnti bisa kemakan hehehe... Wah ayahnya suka juga sama. Sama Ama suami ku, niat beli buat anak. Eh dia yang main. Hiks .

      Delete
  3. Raya suka banget main lego, yg kecil or yg gede (lego duplo) tapi masalahnya abis itu betebaran ngga karuan hahahha mamihnya yg kzl, jd kadang ngajakin ke tempat2 main lego aja biar lebih puas & rumah ngga berantakan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheh iya ya mba. Kecil2, gt bikin gemas klo hilang 1. Iya nih mba ajak ke adventure Lego aja nanti, pas banget lagi liburan sekolah anak-anak. Pasti rame banyak temennya

      Delete
  4. sekarang lego itu banyak jenisnay m beda jaman aku kecil dan sekaarng lego juag digemari orang dewasa bahkan ada komunitasnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba. Skrg mah gampang dibeli dimana2, bahkan online pun bisa.

      Delete
  5. aku kemarin beliin mainan kayak lego ini tapi kekecilan ukurannya. hihi. tapi anaknya suka sekarang sudah mulai tertarik sih buat masang-masang. kapan-kapan beli yang ukurannya agak besar kayaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Akupun ada yang ukuran agak kecil. Tapi belum aku ajaib rayyan. Takut kemakan.. beli di tokoTokop sering promo loh mba hehe

      Delete
  6. Aku sama anak-anak akan jadi ga sabar mau ke bricklive.

    ReplyDelete
  7. Wah manfaatnya banyak ya utk perkembangan anak, pantes aja ddy Rey suka kumpulin lego tiap kali ke toko mainan (apalagi kalo promo..hehehe)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mom banget... Anak-anak dari kecil harus dilatih ya motoriknya... Semoga anak2 kita sehat dan makin pinter...

      Delete
  8. Permainan Lego memang kece neh, anak-anak juga suka banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba kece banget ... Bikin mupeng lihat yang baru2

      Delete
  9. anakku pasti seneng banget deh diajak ke bricklive, nggak sabar nunggu bulan juni :D

    ReplyDelete
  10. Biasanya anak-anak kalau lagi main Lego tuh anteng. Ya meskipun rumah jadi berantakan ma Lego hehehe. Tapi gak apa-apalah, mengasah kreativitas juga. Sambil pelan-pelan juga diajak untuk bantuin beberes mainannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener mbak anteng banget. Tapi, kadang aku yang gak anteng pengen beresin buru2 karena takut hilang-hilangan. Wah diajak beresin ya mba, aku mau coba deh. Sejauh ini masih aku aja

      Delete
  11. Anak-anakku senangggg main lego.
    Tapi kalau udah main, biasanya tuh lego berantakan dmana2.
    Walau akhirnya mereka mau sih beresin lagi.
    Emaknya cuma bisa senyum2 aja hihihi (",)
    Lego memang salah satu mainan edukasi favorit di rumah.
    Jadi yowes lahhh.. Gpp berantakan. yang penting Fun buat mereka hehehe

    ReplyDelete
  12. Legoooo anak saya senang banget mainnya. Kalo saya pikir lego bagus buat merangsang daya imajinasi anak. dia bisa membayangkan untuk membuat apa saja.

    ReplyDelete
  13. lego secara kualitas juga udah terbukti, mainan adikku yang skr umurnya 27 tahun masih dimainin anakku hahaha

    ReplyDelete
  14. Lego favorit anakku banget. Apalagi, mainannya cukup awet dan bisa diwariskan. Hehehehe .... Hemat ceritanya.

    ReplyDelete

Thank you for visiting my blog. I am very happy if you leave comments, feedback, suggestions, or criticism. As a passion for me, to be able to write better. Happy Reading!