Kenali TBC, Karena TBC Dapat Disembuhkan

by - March 27, 2018

Siapa yang tidak kenal dengan tuberculosis atau TBC? Sebagai salah satu penyakit yang cukup banyak menyerang manusia, penyakit ini cukup membuat semua orang khawatir apakah penyakit ini bisa disembuhkan atau tidak.


Kemarin pada (25/3) lalu, alhamdulillah saya bisa hadir dalam acara media dan blogger gathering "Peduli Kita Peduli TBC" di Fx Senayan, Jakarta. Diadakannya kampanye ini diharapkan bahwa pentingnya mengenali dan mencegah TBC dapat diinformasikan kepada masyarakat luas lainnya.

Apa itu TBC? 

TBC adalah salah satu penyakit menular yang disebabkan oleh kuman Mycobacterium Tuberculosis yang ditemukan pertama kali pada tahun 1882 atau 130 tahun lalu oleh Robert Koch, yang masih menjadi masalah kesehatan dunia hingga saat ini.

Pada tahun 2016, jumlah penderita TBC di seluruh dunia mencapai angka 10,4 juta dan menyebabkan kematian pada angka 1,7 juta orang. Mirisnya lagi, 95% dari angka kematian tersebut terjadi di negara-negara yang memiliki penghasilan rendah dan menengah.


Sebagai inisitor kampanye #PeduliKitaPeduliTBCForum Stop TBC Partnership Indonesia (FSTPI) mengajak berbagai pihak untuk terlibat secara langsung, seperti pihak swasta dan berbagai kalangan termasuk selebriti dan generasi milenials.

TBC Menyerang Organ Apa Saja? 

Selain menyerang paru-paru, TBC juga dapat menyerang organ tubuh lainnya seperti: kelenjar getah bening, usus, selaput otak, kulit, tulang, saluran kemih, mata, tenggorokan, saluran reproduksi dan lainnya. 


Gejala Penyakit TBC


Seperti yang sudah diketahui, bahwa TBC dapat menular melalui udara saat penderita bersin atau batuk. Sehingga penting sekali untuk kita ketika batuk atau bersin untuk: memalingkan muka, menutup mulut dengan sapu tangan atau lengan dalam, menggunakan masker atau tidak meludah sembarangan, mencuci tangan dengan sabun dan membilas dengan air.

TBC Dapat Disembuhkan 

Untuk pasien yang dinyatakan positif TBC, pasien akan diberikan beberapa obat kombinasi yang harus dikonsumsi secara rutin beberapa bulan kedepan. Hal ini yang menurut dr. Erlina Burhan Sp.P tidak dapat disepelekan.

Sehingga penting sekali bagi penderita secara rutin memeriksakan kesehatan dan mengkonsumsi obat-obatan secara rutin, sehingga TBC dapat disembuhkan. Hal ini tentu juga membutuhkan dukungan seluruh anggota keluarga pasien. Selain  itu, pasien juga harus mengkonsumsi makanan bergizi serta rajin berjemur di bawah matahari pagi karena kuman TBC bisa mati ketika terkena sinar matahari langsung.


Berobat Gratis

Pelayanan Kesehatan Pemerintah seperti Puskesmas di Indonesia, memberikan layanan pengobatan TBC gratis 100%. Hal ini tentu menjadi informasi penting bagi masyarakat khususnya masyarakat yang kurang mampu. Sedangkan untuk Pelayanan Kesehatan seperti Rumah Sakit atau Klinik yang memberikan pengobatan gratis, hanya beberapa persen saja. 


Mari cegah dan obati TBC hingga sembuh untuk hidup lebih baik. Sebarkan informasi positif ini, sehingga kita semua bisa sama-sama mengkampanyekan Toss TBC dan #PeduliKitaPeduliTBC. 


Happy Parenting! 


You May Also Like

8 coment�rios

  1. Penting nih untuk diketahui, jadi kalo batuk berdahak 2 minggu itu harus udah diantisipasi ya MBa. Makasih informasinya ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, perlu banget. Ternyata ga bisa kita anggap sepele

      Delete
  2. Ternyata berjemur bisa untuk mencegah TBC juga ya,baru tahu saya. Slama ini saya pikir untuk influenza saja. Nce info Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Kita harus sering berjemur di pagi hari bukan buat bayi aja rupanya

      Delete
  3. Iya mesti paham ini gejala TBC, karena kalaupun anggota rumah sehat2, siapa tau ada lingkungan dekat ada yang kena. Kasihan kalau anak2 yang nantinya akan tertular.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iy mbak. Salah satunya dengan berjemur di pagi hari. Simple tapi manfaat banget

      Delete
  4. Alhamdulillah, ya, pengobatan TBC gratis. Semoga menurunkan angka TBC

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Semoga. Terutama masyarakat yang kurang mampu ya mbak

      Delete

Thank you for visiting my blog. I am very happy if you leave comments, feedback, suggestions, or criticism. As a passion for me, to be able to write better. Happy Reading!