Pentingnya Tidur Berkualitas Bagi Kesehatan

by - March 28, 2018

Pejamkan mata dikeindahan malam ini. Tidurlah dalam kehangatan malam, agar saat terbangun senyummu lah yang akan menyapa sang surya di pagi hari. (katmut.com)

Hai semuanya, tidur berapa jam sehari? Perlu diketahui bahwa kelebihan atau kekurangan waktu tidur dapat menyebabkan risiko penyakit berbahaya seperti jantung koroner dan stroke. Setelah seharian beraktivitas tentunya kita perlu beristirahat dan tidur.



Padatnya aktivitas saya sehari-hari sebagai ibu rumah tangga, seringkali membuat saya sulit tidur hingga larut malam. Akibatnya, saya sering merasa badan pegal-pegal dan linu. 




Pada (21/03) lalu, saya merasa beruntung bisa mengikuti Blogger Gathering bersama SERTA Mattress dan komunitas Kumpulan Emak Blogger (KEB) di Living Soul - Plaza Indonesia, Jakarta dengan tema "The Essentials of Healthy  Lifestyle". Pas banget kan dengan keluhan insomnia saya. Apa saja pembahasannya? Yuk disimak! 


Waktu Tidur Ideal



Menurut National Sleep Foundation (NSF), lama waktu tidur pada setiap usia itu berbeda-beda. Berikut adalah waktu ideal untuk tidur berdasarkan usia:

  • Usia  0–3 bulan: 14 - 17 jam
  • Usia 4-11 bulan: 12-15 jam
  • Usia 1-2 tahun: 11-14 jam
  • Usia 3-5 tahun: 10-13 jam
  • Usia 6-13 tahun: 9-11 jam
  • Usia 14-17 tahun: 8-10 jam
  • Usia 18-25 tahun: 7-9 jam
  • Usia 26-64 tahun: 7-9 jam

Pilih Matras Berkualitas 


Bapak Mukti Argo selaku Brand Manager SERTA

Setelah mengenal lama waktu tidur yang baik, selanjutnya adalah memilih matras yang baik. Bapak Mukti Argo selaku Brand Manager SERTA menyampaikan bahwa SERTA sudah lebih dari 80 tahun memberikan kualitas pada setiap kasur dengan memberikan fitur paling inovatif dan berkualitas. Sehingga, menjadi produk no 1 di America dan menjadi Women;s Choice Award pada tahun 2014 dan 2017.

Material yang dipilih dan dipakai untuk membuat kasur SERTA adalah bahan yang terbaik dan di buat dengan sangat detail. Semua kasur SERTA tidak hanya memberikan perasaan empuk tapi juga terlihat bagus dan menarik. Semua koleksi SERTA juga memperhatikan sisi dari keindahan kasur tersebut. 



Mattress SERTA memiliki komponen sebagai berikut:

  • Comfort: 
    Bagian ini merupakan lapisan atas yang langsung bersentuhan dengan kulit sehingga membuat rileks dan nyaman.
  • Support: Bagian yang berada di bawah kasur, dalam bentuk pegas & lateks. Bagian ini sangat penting untuk menyangga tulang belakang. 

Untuk kualitas per atau spring, produk Serta menggunakan 7 Zone Pocket Spring, yang berfungsi  untuk menyesuaikan bentuk tubuh kita. 


Bagaimana Posisi Tidurmu? 

Wah, kalau bahas posisi tidur pasti bingung ya. Apalagi posisi tidak sadar karena tidur nyenyak. Kalau saya biasanya tidur lebih banyak miring ke kanan dan terlentang. Ternyata posisi tidur itu ada 4, yaitu: miring, tengkurap, terletak tangan ke atas dan terlentang tangan di samping.

Sedangkan untuk kualitas tidur yang berkualitas yaitu:

NREM /Non Rapid Eyes Movement

1. Tahap transisi dari terjaga ke tidur
2. Tahap tidur ringan
3. Tahap transisi tidur ringan ke tidur nyenyak
4. Tahap tidur nyenyak bagus untuk kesehatan fisik

REM/ Rapid Eyes Movement

5. Tahap yang mengistirahatkan pikiran dan emosi (deep sleep)


Alvin Hartanto
sebagai Ahli Gizi juga  menjelaskan tentang beberapa alasan pentingnya tidur, antara lain:

1. Istirahat otak dan meningkatkan kreativitas
2. Mengurangi stress
3. Istirahat fisik otot, sendi dan tulang
4. Istirahat organ (detox)
5. Meningkatkan hormon di tubuh
6. Meremajakan sel-sel di tubuh
7. Memberikan efek “self healing”

Alvin Hartanto,  Ahli Gizi

Tidur berkualitas itu bisa dilakukan dengan 3 hal sederhana yaitu: Good Bed, Healthy Meal dan Body Stretching. Sehingga penting sekali bagi kita untuk memperhatikan hal-hal tersebut. 

Materi terakhir adalah dari Mbak Diana selaku Yoga Expert dan Hypnotherapist yang memberikan pelatihan bagaimana melakukan gerakan ringan sebelum tidur agar terbebas dari fikiran dan rasa cemas yang mengganggu.


  1. Tarik napas perut dalam-dalam, hembuskan secara perlahan hingga rileks. Bisa dilakukan berkali-kali, hingga kita merasa lebih tenang. 
  2. Kepal tangan dengan kuat lalu hembuskan napas perut perlahan, sambil melepaskan kepalan tangan. 
  3. Menggunakan pendulum, taruh pendulum tepat di depan wajah, fokus pada satu titik, buat badan rileks lalu gerakan dan hentikan pendulum menggunakan fikiran. 
  4. Setelah bangun tidur, lakukan stretching ringan dan jangan terburu-buru untuk beranjak dari tempat tidur. 
Selama ini saya juga selalu buru-buru bangun dari tempat tidur, sepertinya itu juga deh yang membuat kepala sering nyut-nyutan. Yuk kita sama-sama perbaiki kualitas tidur kita agar tubuh jauh lebih sehat. Jangan lupa dicoba tips dari Mbak Diana ya... 


Instagram: sertamattressid
Website: www.serta.co.id







You May Also Like

8 coment�rios

  1. Wah, ahli gizi juga ada, ngomongin tidur.

    ReplyDelete
  2. Iya ya tidur berkualitas itu penting sekali :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget mba, biar besok semangat dan lebih fresh

      Delete
  3. Begitu bangun tidur, duduk sebentar. Kadang badan masih lemes dan kepala yang pusing. Padahal tidurnya sudah cukup. Mungkin nggak berkualitas ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Diriku jugajsuka begitu mbak... Kayaknya salah makan jg deh mbak

      Delete
  4. lengkap banget infonya, tfs sarah :)

    ReplyDelete

Thank you for visiting my blog. I am very happy if you leave comments, feedback, suggestions, or criticism. As a passion for me, to be able to write better. Happy Reading!