Cara Mengatur Pola Tidur Anak Yang Sering Tidur Larut Malam

by - April 10, 2018

Assalamualaikum, 

Hai Moms, pernah merasa kesulitan mengatur waktu tidur anak? Terutama saat anak-anak masih usia dibawah 3 tahun. Tidur larut malam sepertinya menjadi salah satu rutinitas bagi setiap orangtua karena harus menemani anaknya yang masih memiliki pola tidur kurang baik.


Lalu bagaimana mengubah pola tidur anak yang seperti ini? Saya akan share pengalaman saya yang sudah berhasil mengubah pola tidur Rayyan. Yuk disimak!

Tetapkan Waktu Bangun dan Tidur Anak

Usahakan untuk membuat jadwal yang teratur mengenai kapan anak harus bangun dan tidur. Jika anak tetap terbangun di malam hari sebaiknya tidak mengajaknya bermain dan orangtua bisa tetap berpura-pura tertidur. Hal ini memang agak sulit, karena sang anak akan terus menangis atau mengganggu tidur kita yang pura-pura itu. Tapi kalau konsisten mudah-mudahan berhasil. 

Ajak Anak Beraktivitas  di Siang Hari 

Selama siang hari kita harus mengusahakan mengajak anak beraktivitas seperti bermain atau melatih motoriknya, sehingga waktu tidur siangnya tidak terlalu banyak. 

Bangunkan Tidur Siang Hari Ketika Hendak Menyusui atau Makan

Daripada membiarkan anak tidur dalam jangka waktu lama di siang hari, maka kita bisa membangunkan ia untuk menyusui atau makan. Karena, meski anak membutuhkan waktu tidur lebih banyak, kita perlu mengingat kapan waktunya menyusui atau makan. 

Saat Tidur, Buatlah Suasana Kamar Tidur Gelap dan Tenang

Usahakan ketika masuk ke waktu tidurnya, kita harus membuat suasana kamar yang tenang, gelap dan hanya menggunakan cahaya redup atau lampu malam untuk menyusui atau mengganti popoknya.

Ajak Anak Bicara Dengan Lembut

Namanya juga ibu, pasti lebih dekat dengan anak. Usahakan sering mengajak anak bicara dengan lembut. Misalnya sambil mendoakan anak-anak, mencium, memeluk atau mengusap. Dengan memberikan sentuhan lembut, Insha Allah anak-anak akan merasa nyaman. 

Kadang memang teori tidak semudah prakteknya, tapi kalau tidak dicoba ya kita tidak akan tahu. Semoga tipsnya bermanfaat, ya Moms. Yuk share pengalaman moms semua dalam mengatur pola tidur anaknya ya.

Happy Parenting! 

You May Also Like

5 coment�rios

  1. saya sendiri pernah merasakan itu, capek juga sih kalo sampe harus begadang....

    saya nemu solusi awal, tidur siangnya dipangkas, tp lama kelamaan ga bagus.

    trus ganti metode lagi, kalo pagi hari, sehabis sholat shubuh dibangunin, dimandiin, dan diajak main, tp tetap tidur siang

    cara ini lumayan ngefek di anakku

    ReplyDelete
  2. Wah alhamdulillah. Makasih tipsnya bisa aku share ke beberapa temenku yang masih sering susah tidur anaknyaa... Salam kenal

    ReplyDelete
  3. Anakku sampai hari ini alhamdulillah tidurnya lumayan cepat sih kalau malam. Tapi belum tahu nih kalau misalnya umurnya nambah bakal tetap cepat atau mulai begadang. Nah kalau pas umurnya 3 bulan dulu tuh yang benar-benar suka begadang anaknya

    ReplyDelete
  4. Saya banget nih sekarang, begadang muluu sampai nyaris Subuh.
    Dan memang bener, semalam saya coba cuekin dia pas bangun.
    Eh akhirnya dia bobo dengan sendirinya dan bangun di waktu Subuh 😊

    ReplyDelete
  5. kebanyakn bobo juga bisa ya, Kalau ponakan mandi dulu sebelum tiur, dilap lap aja. efek bikin bobo cepat.

    ReplyDelete

Thank you for visiting my blog. I am very happy if you leave comments, feedback, suggestions, or criticism. As a passion for me, to be able to write better. Happy Reading!