Cara Mengenalkan Buah dan Sayuran Pada Anak

by - April 02, 2018

"Duh, anakku agak susah nih moms kalau makan buah atau sayur. Padahal sudah dikenalkan tiap hari. Tetap saja tidak mau"

Sumber: Pixabay.com

Mmm, pernah mendengar curhatan para moms seperti itu? Sering ya pastinya. Nah, kali ini saya mau berbagi tips bagaimana cara mengenalkan buah dan sayur pada anak sesuai dengan pengalaman saya sendiri. Walau bukan ahli gizi atau dokter anak, saya sering konsultasi dengan dokter anak dan ahli gizi. Semoga informasi baik ini, bisa bermanfaat ya, moms.


Kenalkan Buah dan Sayur Sejak Dini


Sebagai orangtua pentingnya mengenalkan buah pada anak bisa dimulai sejak Si Kecil dalam kandungan. Karena faktanya, ketika kita mengenalkan buah sejak dalam kandungan, maka Si Kecil juga akan terbawa dengan hal itu. Setelah Si Kecil lahir, maka mengenalkan buah juga bisa melalui ASI, MPASI  setelah usianya cukup dan seterusnya. 


Mengkonsumsi buah-buahan sangat mendukung pertumbuhan Si Kecil, kemampuan belajarnya, kesehatan pencernaan hingga daya tahan tubuh. Sehingga, hal itulah yang membuat buah-buahan sangat disarankan untuk dikonsumsi. 

Perkenalkan Secara Bertahap

Jika Si Kecil sudah terlanjur sulit untuk menerima asupan buah dan sayuran, kita bisa mengenalkan dengan cara bertahap. Misalnya sayuran di olah dengan daging atau ikan, buah-buahan di olah menjadi pudding, jus, atau dihaluskan untuk Si Kecil yang masih tahap MPASI. 

Tingkatkan Jumlahnya Secara Bertahap 

Biasanya untuk buah yang pertama kali saya berikan pada Rayyan, saya hanya memberikan 1 buah dulu untuk perkenalan. Selanjutnya baru bisa di mix dengan buah lainnya. Porsinya pun lama-lama naik, tetapi tetap tidak berlebihan ya. 



Selain 3 hal di atas, kita sebagai orangtua juga perlu membuat catatan kecil tentang daftar makanan atau buah dan sayuran apa saja yang disukai Si Kecil. Sekalipun disarankan untuk mengenalkan beraneka ragam makanan, tidak ada salahnya juga kan memberi yang disukai Si Kecil selama itu baik untuk kesehatannya? 


Happy Parenting! 

You May Also Like

9 coment�rios

  1. Alhamdulillah sejak dikenalkan buah-buahan anak-anak suka hampir semua buah jd gak masalah. Kalau sayur masih pr banget nih mba aku meski bertahap kenalkan ke anak tp mereka sukanya bbrp jenis saja. Hiks-hiks ditunggu tips sayur juga ya :D

    ReplyDelete
  2. saya gagal nih dua anakku gak suka buah kecuali kalau di jus. Tp suamiku juga gak suka buah, apa turunan ya

    ReplyDelete
  3. ponakakanku susah banget makan sayur, kalopun mau cuma sukanya bayem aja -_-
    kalo buah ya lumaya sih tapi tergantung mood mereka makannya huhu

    ReplyDelete
  4. Anak pertama sukanya cuma pisang sama anggur.
    Anak kedua suka segalam macam buah
    Anak ketiga, masih belajar makan buah

    ReplyDelete
  5. Anak-anak sewaktu masih kecil susah makan buah. Mengenalkannya perlahan. Kadang juga nggak mau. Kalau yang manis-manis masih gampang.

    ReplyDelete
  6. Sebenarnya kalau dibiasakan juga akan terbiasa ya makan buah dan sayuran

    ReplyDelete
  7. Intinya dari kecil harus sudah dikenalkan dengan buah dan sayur ya biar anak terbiasa :)

    ReplyDelete
  8. Anakku yg kedua sih ga terlalu picky kalo soal buah dan sayur. Tapi yg pertama, ampuuun dah . Susah banget untuk nyobain buah yang lain apalahi sayur. Pernah jg dibikin juice, ttp aja ga doyan :( . Cuma buah tertentu aja yg dia suka mba.

    ReplyDelete
  9. Anak saya lumayan susah makan buah, kecuali lengkeng; apel; pepaya; dan semangka. Untuk nutrisi tambahan, saya belikan sayuran (tapi yang sudah di esktrak) vegeblend.

    ReplyDelete

Thank you for visiting my blog. I am very happy if you leave comments, feedback, suggestions, or criticism. As a passion for me, to be able to write better. Happy Reading!