Mengapa Sarapan Sehat itu Penting?

by - April 12, 2018

Sarapan apa pagi ini? Ketika suami melempar pertanyaan seperti itu pagi hari, saya secara spontan selalu menjawab nasi uduk atau bubur ayam. Ya, kedua makanan itu adalah makanan favorit saya untuk sarapan pagi. Maklum ya, saya orang Indonesia yang kalau belum makan nasi, selalu bilang belum makan.



Tapi ternyata, banyak juga sebagian orang yang melewatkan sarapan dikarenakan kesibukan di pagi hari yang membuat mereka kehilangan sumber energi untuk dapat bekerja lebih optimal.

Mengapa sarapan penting dilakukan? Alasannya, tubuh tetap membutuhkan energi untuk bekerja bahkan saat kita tertidur. Sementara energi dalam tubuh hanya dapat bertahan dalam waktu 8 – 10 jam. Secara ilmiah sarapan pagi telah terbukti sangat penting untuk mengawali hari. Sebuah penelitian menunjukan 77% orang Indonesia di usia produktif 16-36 tahun sudah sadar bahwa sarapan itu penting untuk meningkatkan semangat mengawali hari. 

Awali Pagimu Dengan Menu Sarapan Sehat

Mengawali pagi hari dengan sarapan, tentu akan membuat kita semangat menjalani aktivitas seharian nanti, sehingga kita membutuhkan menu sarapan sehat yang mengandung:

  •  Serat sebagai pengontrol gula darah agar tetap stabil, dan membantu tubuh merasa kenyang lebih lama sehingga meningkatkan kesehatan pencernaan.
  • Protein berperan sebagai sumber energi dan membangun dan memperbaiki jaringan tubuh.
  • Kedua nutrisi ini juga dibutuhkan oleh otak sebagai sumber glukosa untuk energi di pagi hari. 


Mmm, gak boleh makan makanan padat donk? Boleh asal tetap memperhatikan kandungan karbohidrat, serat dan proteinnya. Karena, tanpa bahan bakar yang cukup, otak akan mengalami kesulitan dalam mengingat, berpikir, berkonsentrasi, dan belajar. Mereka yang tidak sarapan juga akan mengalami sakit kepala akibat gula darah rendah. Wah, ga enak banget ya kalau pagi-pagi sudah sudah sakit kepala, karena seluruh kegiatan akan terhambat. 


Oats Pilihan Sarapan Sehat 

Teman-teman ada yang suka sarapan oats pagi hari? Pasti ada ya. Tahu nggak bahwa oats sangat baik untuk kesehatan tubuh kita? Karena, Oats mengandung karbohidrat kompleks yang membantu kita merasa kenyang lebih lama sehingga tak tergoda untuk ngemil makanan berkalori tinggi yang tidak sehat. Selain sebagai sumber energi, oats juga kaya akan serat dan protein yang membantu menyeimbangkan nutrisi yang diperlukan tubuh.

Narasumber

Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, Master of Science, Spesialis Konsultan Gizi memaparkan, “Sarapan juga penting untuk merestorasi energi pada tubuh karena meski dalam keadaan tertidur tubuh kita tetap menyerap energi untuk bekerja. Di pagi hari, kadar gula dalam darah, glikogen dan insulin berkurang drastis. Itu sebabnya tubuh terasa lemas saat terbangun. Karenanya tubuh harus mendapat asupan makanan yang bernutrisi agar bisa segera membentuk energi untuk beraktivitas sepanjang hari.”

Pentingnya Memulai Hari Dengan Sarapan Sehat

Quaker Oats memahami pentingnya mengonsumsi sarapan sehat sehingga ingin mengundang masyarakat Indonesia untuk mengawali hari-harinya dengan sarapan sehat, lengkap dengan kandungan nutrisi yang tepat.

Anuj Chadha, Managing Director, PT. Quaker Indonesia (Lya Amalia)

“Kami mengerti masyarakat Indonesia memiliki jadwal pagi hari yang padat sehingga mereka tidak sempat sarapan. Selain mengundang masyarakat Indonesia untuk sarapan dengan rutin, Quaker Oats juga bertujuan mengedukasi mereka untuk mengonsumsi sarapan dengan benar lengkap dengan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk memulai hari. Sebab kami percaya hari yang aktif dapat diraih dengan awal yang tepat, yakni memilih sarapan sehat,” ujar Anuj Chadha, Managing Director, PT. Quaker Indonesia.

Sementara Ita Karo Karo Fernandez, Marketing Head - Foods, PT. Quaker Indonesia menambahkan bahwa Quaker Oats memiliki produk-produk yang mudah dan cepat untuk disajikan sebagai menu sarapan. Di Indonesia, Quaker Oats memiliki berbagai pilihan produk untuk sarapan, mulai dari:

  1. minuman oats Quaker 3in1,
  2. Quaker base oat dan quick cooking, dan oat dengan pilihan rasa khas makanan Indonesia yaitu soto dan kari ayam tanpa penguat rasa. 

Pilihan oats lezat ini mudah disajikan untuk dapat mendorong masyarakat untuk memilih sarapan yang sehat untuk memenuhi nutrisi yang diperlukan tubuh, sekaligus menghilangkan alasan untuk melewatkan sarapan.



Dampak Melewatkan Sarapan

Efek melewatkan sarapan atau mengonsumsi menu makanan yang kurang sehat juga sempat dialami Hamish Daud, Brand Ambassador Quaker Oats yang juga merupakan public figure dengan aktivitas beragam yang aktif. Hamish mengaku, melewatkan sarapan membuat energi tubuh menurun sehingga ia cepat merasa lelah sebelum tengah hari. 

Hamish Daud, Brand Ambassador Quaker Oats

“Agar tidak melewatkan sarapan, saya memilih makanan yang mudah di sajikan yaitu 4overnight oats yang tentunya berbahan dasar Quaker Oats. Overnight oats menjadi pilihan sarapan saya karena dapat disiapkan dari malam sebelumnya dan siap disantap di pagi hari, bahkan dapat saya makan di jalan. Biasanya saya suka tambahkan bahan lainnya seperti buah-buahan, dark chocolate atau selai kacang agar rasanya lebih gurih, ” ujar Hamish. 

Sarapan yang tepat juga perlu diimbangi olahraga. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan untuk bergerak minimal 30 menit sehari, 5 kali dalam seminggu. Lebih dari sehat, kebiasaan ini juga dapat menekan risiko penyakit jantung. Mari awali hari hebat dengan sarapan sehat, Good Days Start With Quaker.

Sarapan Sehat Dengan Quaker Oats

Berpengalaman selama 140 tahun, brand Quaker sudah dipercaya  sebagai brand yang berkualitas, memiliki rasa yang enak dan nilai nutrisi yang tinggi. Nah, ini dia sarapan pagi saya hari ini yaitu Quaker Oats rasa Soto Ayam yang hanya di masak selama 3 menit dan ditambahkan air 175ml. Bumbu gurih soto dan irisan ayamnya membuat sarapan sehat dengan Quaker Oats lebih menyenangkan.





Oh iya, untuk seluruh produk Quaker® Oats, Quaker® Rice Cakes dan Quaker Chewy® Granola Bars selain bisa diperoleh di minimarket atau supermarket dekat rumah, dan bisa juga dibeli online di E-commerce Official Stores seperti: Tokopedia, Shopee, Blibli, Lazada, Elevenia, Bukalapak, dan Blanja. 



Untuk lebih lanjut mengenai Quaker, kunjungi:


Website: www.quaker.co.id
Facebook: Quaker Indonesia
Instagram: Quaker Indonesia
Youtube: Quaker Indonesia
Twitter : @Quaker




You May Also Like

6 coment�rios

  1. Ini brand oat kesukaan aku, Amal. Tempo hari bikin smoothies pisang, salah satu bahannya itu Quaker Oats. Enak bingit! *hampir gagal fokus lihat foto babang Hamish yang segede gaban*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya mbak smoothies Pisang pakai Quaker Oats pasti lebih enak bingitz dan ngenyangin. Hahaha gede ya fotonya

      Delete
  2. Aku baru tau ada quaker oats rasa soto ayam OMG aku konsumsi oatmeal yang merah *instant* dan rasa nya memang hambar kalo ga pake apa apa, penasaran sama soto nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak aku klo yang original eneg hehe. Ada varian rasa gini jadi lebih enak banget

      Delete
  3. Ada babang Hamish hehehe.

    Sarapan juga penting buat saya. Rasanya lemes mau aktivitas kalau gak sarapan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mbak hehhee. Kayak ga semangat ya mba

      Delete

Thank you for visiting my blog. I am very happy if you leave comments, feedback, suggestions, or criticism. As a passion for me, to be able to write better. Happy Reading!