Anmum Dukung Ibu Hamil dan Menyusui

Thursday, August 3, 2017
Siapa yang tidak mengenal ANMUM?


Apalagi untuk seorang Mama yang sedang merencanakan kehamilan, sedang hamil dan menyusui. Dalam kesempatan istimewa ini, aku dan para bloggers diundang oleh ANMUM dalam acara memperingati Hari Breastfeeding Sedunia tepatnya tanggal 1 Agustus 2017 kemarin dengan tema "Celebrate The ExtraOrdinary With Anmum" di hotel Raffles Jakarta.
wp-image-2144266619Anmum Celebrate The ExtraOrdinary


"Celebrate The ExtraOrdinary" kali ini mengadakan sharing session bersama Dr. dr. Ali Sungkar SpoG (K), Ketua Perkumpulan Perinatologi Indonesia (PERINASIA) dan anggota Dewan Penasihat Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia  DKI Jakarta ~ Cynthia Lamusu, Aktris, public figure,~ Ines Yumahana Gulardi MSc,  Senior Nutrition Manager, Fonterra Brands Indonesia  ~ serta  Andriani Ganeswari,  Corporate Communication Manager Fonterra Brands Indonesia dan Maria Leonnyta,  ibu pejuang ASI.


Dahulu menjadi seorang Ibu belum pernah terfikirkan akan secepat ini aku lalui, karena dulu "WANITA KARIR" bagiku jauh lebih menyenangkan dibandingkan menjadi seorang "IBU RUMAH TANGGA". Sehingga saat mengetahui kehamilan pertamapun, aku ketahui saat usia kandungan menginjak 5 bulan. Sekarang setelah menjadi seorang Ibu, aku sadar bahwa menjadi orang tua itu tidaklah mudah, seringkali harus mengorbankan banyak hal untuk anak dan keluarga.


Masa  kehamilan terasa begitu berat karena kedua orang tua ku sudah meninggal. Sehingga semua ilmu dan informasi yang dibutuhkan, aku dapatkan dari membaca buku dan internet. Benar apa yang disampaikan oleh Cynthia Lamusu, Maria Leonnyta, Inez Yumahana kemarin. Bahwa peran suami dan keluarga terdekat terutama orang tua, sangat berperan penting bahkan sejak masa kehamilan. Dari masa kehamilan hingga melahirkan aku mengalami babybluesdimana suasana hati bercampur aduk dan sering tidak merasa nyaman. Alhamdulillah masih ada suamiku  yang selalu mendukung, mendoakan, dan mendampingi ku hingga akhirnya aku bisa melewati masa-masa sulit itu. Selama ini suamiku lah yang selalu mensupport untuk terus semangat dan bilang "Rayyan belum ngerti apa-apa Ma, yang dia mau Mamanya selalu senyum".


Kehamilan, melahirkan hingga menyusui tidak semudah yang aku bayangkan, banyak hal sulit yang tidak mampu aku lalui sendiri apalagi dengan harapanku ingin Rayyan sehat dalam tumbuh kembangnya. Bahkan tidak jarang aku menangis, ketika menghadapi kesulitan merawat Rayyan.


Alhamdulillah Rayyan sekarang sudah berusia 11 bulan dan masih minum ASI. Perjuangan memberi ASI bagiku perjuangan tiada henti, hadiah untuk anakku, dan makanan terbaik bagi anakku yang bisa aku berikan. Sekalipun aku harus mengalami gagal breastfedding, penolakan berkali-kali, hingga akhirnya berusaha ikhlas  memberikan ASI dengan media botol susu. Aku selalu berusaha untuk disiplin jadwal pumping, dan menanamkan dalam hati "ini demi hak anakku Rayyan".


Dulu sempat merasa hanya aku saja yang gagal breastfeeding rasanya sangat kecewa, hingga sempat putus asa dan  sedih. Ternyata menurut pengalaman Cynthia Lamusu kedua anaknya pun tidak semua menyusu langsung, "Sedih sih,  tapi aku harus semangat! paling tidak masih bisa memberikan ASI sekalipun lewat botol untuk salah satu anakku. Karena semua ibu pasti tau ya, ASI itu sudah pasti lebih baik dari susu formula apapun." Ungkap Cynthia LamusuItu yang membuat aku semakin semangat untuk terus berjuang. Karena anak aku memiliki hak yang sama dengan anak lainnya yaitu hak untuk tetap mendapatkan ASI hingga usianya 2 tahun.
wp-image--237886459Sharing Session Cynthia Lamusu and Maria Leonnyta


Oleh karena itu, Dr. dr. Ali Sungkar kemarin menyampaikan  "Saat masa kehamilan dan menyusui, para ibu mengalami perubahan dan tantangan fisik dan psikologis. Mereka membutuhkan dukungan dari lingkungan sosialnya dan nutrisi yang tepat. Hal tersebut adalah aspek penting yang akan mempengaruhi kesehatan ibu supaya nantinya dapat merawat anak dan keluarga nya".
wp-image--312084186Dr. dr. Ali Sungkar SpoG(K), ketua PERINASIA


"1000 hari pertama merupakan pondasi penting bagi masa depan anak, oleh karena itu penting untuk memberikan dukungan kepada Ibu dan bayi".


"Kurangnya penyesuaian psikososial dan emosional selama fase penting tersebut berpotensi menimbulkan risiko kesehatan ibu dan kurangnya peluang bayi untuk mendapatkan ASI eksklusif. Faktor tersebut adalah kurangnya dukungan Sosial".


Dr. dr. Ali Sungkar menambahkan "bahwa dukungan sosial tersebut tidak boleh diremehkan, karena berperan untuk mengurangi dampak stress kehidupan  dan tantangan sehari-hari para ibu".


Oh iya, saat acara Anmum kemarin aku mencoba Anmum Materna  baru yaitu "Rasa Coklat." Rasa baru dari Anmum ini, manisnya pas,enak dan tidak terlalu kental atau encer (rasanya seperti ice cream). Dulu saat hamil aku minum Anmum agar menjadi nutrisi tambahan untuk aku dan janin. Tetapi sekarang fungsinya bisa sekaligus menjadi  booster ASI, sehingga produksi asiku semakin naik dan berkualitas. Setiap hari dari jadwal pumping yang sudah aku lakukan, dalam sehari aku bisa menabung ASIP 100-200ml, selebihnya untuk diminum oleh Rayyan langsung. Asip tersebut bisa digunakan apabila aku sedang sakit, bepergian, saat produksi arsip menurun, dan juga bisa mendonorkan kepada yang membutuhkan.


Wah ternyata Maria Leonnyta mempunyai stok Asip yang sangat banyak. "Sudah menyusui saja,  masih tetap berasa penuh jadi ya saya harus pumping, agar bisa untuk stok bahkan didonorkan kepada yang membutuhkan," ungkap Maria. Itulah pengorbanan setiap Ibu demi anaknya, rela melakukan apapun apalagi soal perjuangan ASI.





Melalui kampanye Anmum Celebrate The ExtraOrdinary kemarin, Ines Yumahana juga menyampaikan "Tahap pertama kehidupan seorang anak yang meliputi perkembangan janin di rahim dan masa menyusui sangat krusial dan nutrisi ibu sangat penting selama periode tersebut. Dan ketika seorang ibu memperoleh  nutrisi yang baik, tubuhnya dapat memenuhi kebutuhannya sendiri dan kebutuhan anaknya. Oleh karena itu, Anmum Materna dan Lacta memberikan dukungan dan perhatian serta nutrisi khusus untuk kesehatan ibu dan anak".


wp-image--1892018709Ines Yumahana Gulardi MSc, Senior nutrition manager, Fonterra Brands Indonesia


 Lalu apa tantangan bagi ibu hamil dan menyusui di Indonesia?
wp-image--1271874881Studi tentang Tantangan Ibu Hamil dan Menyusui di Indonesia
wp-image-1034651788Andriani Ganeswari,  Corporate Communication Manager Fonterra Brands Indonesia


Anmum dan Pt. Fonterra Brands Indonesia mengadakan studi tantangan yang dialami oleh ibu hamil dan menyusui di Indonesia pada tahun 2017.


Studi diatasi dilakukan dalam sembilan fokus grup discussion yang terdiri dari ibu baru, Ibu yang sudah berpengalaman, yang sedang dalam masa kehamilan dan menyusui. Para ibu tersebut dipilih dari latar belakang yang berbeda, mulai dari Ibu rumah tangga,  Ibu wirausahawan, dan  ibu yang bekerja.


Hampir semua ibu sependapat bahwa masa kehamilan hampir semua ibu mengalami morningsickness dan mual. Dan yang mereka butuhkan adalah semangat dan perhatian lebih dari keluarga terutama suaminya.


Oleh karena itu, untuk bisa mendapatkan nutrisi yang baik, berikut ini beberapa produk dari Anmum, yang bisa kita jadikan susu pilihan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh kita dan si kecil.


Karena menurut  hasil survey 8 dari 10 ibu hamil lebih menyukai susu Anmum Lacta dibandingkan susu hamil lainnya.
wp-image-1423350078 dari 10 Ibu di Indonesia menyukai Anmum Materna rasa Baru

Tentang Anmum
Anmum merupakan produk yang dikembangkan oleh produsen susu terbesar di dunia yaitu Fontterra New Zelland. Susu yang diproduksi oleh Fonterra berasal dari peternakan sapi yang berada di New Zelland yang dipilih dari susu dengan standar kualitas serta keamanan yang baik. Sapi yang berada di peternakan ini telah diwariskan dari generasi ke generasi dengan jumlah sapi yang berkisar 4.000.000 dan memiliki kualitas tinggi dalam memproduksi susu.

Sistem susu Anmum adalah susu yang di formulasikan khusus untuk wanita yang berencana berumah tangga, masa kehamilan dan menyusui, serta produk untuk anak.

Semua kebaikan nutrisi dan gizi yang terkandung dalam setiap gelas Anmum tentu membuat kita tidak perlu ragu lagi kan untuk memilih Anmum. Karena dimulai dari kita, generasi yang akan datang tumbuh sehat dengan nutrisi dan gizi yang baik.


Tentang Fonterra


Fonterra adalah pemimpin global dalam nutrisi susu, pemasok bahan baku susu yang disukai banyaak perusahaan makanan di dunia. Fonterra juga merupakan salah satu investor susu terbesar di dunia.

wp-image--1913912577Suasana didalam nursing room



wp-image--291977505Tersedianya aneka mainan anak -anak


wp-image--1519655213Para Narasumber Anmum Celebrate The Extraordinary


Ternyata menjaga asupan makanan dan minuman perlu di perhatikan dengan baik, salah satunya memilih susu yang memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang baik bagi tubuh kita dan sekecil. Sehingga  dalam memilih susu sebagai pelengkap asupan pun tentu tidak boleh asal pilih. Selain memperhatikan rasa nya, kita juga tentu harus memperhatikan kandungan gizi yang terkandung. Sehingga minum susu bukanlah hal yang terpaksa atau hanya menjadi ajang untuk ikut-ikutan.



"Terima Kasih Anmum... Telah memberikan nutrisi terbaiknya untuk kami para Ibu sejak masa kehamilan hingga menyusui. Juga turut membantu kami untuk bisa memberikan hak buah hati kami untuk bisa mendapatkan ASI Esklusif  hingga 2 tahun".


Untuk informasi seputar Anmum bisa dilihat di:
  • follow Instagram: @Anmum_Indonesia

  • Like Fanpage F: Anmum Indonesia

  • web:  https://www.anmum.com/id/id/products

  • Video Anmum Celebrate ExtraOrdinary: https://youtu.be/8Q8kDW_R2tY



32 comments on "Anmum Dukung Ibu Hamil dan Menyusui"
  1. Saya benar-benar takjub melihat lemari berisi ASI itu. Semoga sehat2 semua ibu hamil dan menyusui karena generasi bangsa berkualitas lahir dari sini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin mbak.. Sesama Ibu perlu saling mendukung ya mba.. Biar asinya banjir hehhe

      Delete
  2. Wahh perjuangan banget ya mbak dalam menyusui Rayyan. Tapi begitu berhasil dan melihat Asip nya Rayyan yang segitu langsung ikutan deh senengnya. Sehat selau Rayyan,jangan lupa ya minum anmum yang kandungan nya baik banget utk ibu menyusui hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba.. MasyaAllah perjuangannya. Klo di Inget suka sedih.. Tpi lihat anak Jadi semangat hehehe.. Aamiin trima kasih mba Febi

      Delete
  3. Setelah baca-baca ini, jadi makin mantap mempersiapkan nutrisi yang baik untuk anak kedua nanti. Dilihat dari perjuangan mama Rayyan makin semangat juga untuk memberikan ASI untuk yang kedua. Terima kasih mama Rayyan tulisannya memberi inspirasi banget 😘

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mama bun... Alhamdulillah ya Jadi ada dekbay... Banyak 2 baca biar bisa full asi lagi huhuhu... Pengen nambah anak nih aku beneran deh.. Ikutan pengen anak cewe hahaha

      Delete
  4. Senang ya menghadiri acara seperti ini, selain bisa bawa anak, juga pulangnya dapat wawasan yg bisa kita tularkan kepada yg lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba... Ilmunya ke pake banget.... Anak juga bahagia disana hehhe

      Delete
  5. Rayyaaannn.. ntar kita main bareng lagi yaa. Ibu2nya sambil nenggak Anmum. Hihi

    ReplyDelete
  6. Waahh stok ASIPnya Rayyan banyak juga yaa, semangat selalu buat memberikan yang terbaik untuk Rayyan ya Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba buat anak mah sampai titik darah penghabisan hehehe... Makasih mb

      Delete
  7. betul, ibu hamil dan menyusui kalo diperhatikan dan didukung pengaruhnya luar biasa jadi makin sehat, anak pun ikut sehat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba.. Apalagi dukungan suami yaaaa.. Perlu banget itu hehe

      Delete
  8. Wah Mom Rayyan keren bgt..
    Stok ASIP Rayyan byk bgt, semoga kedepannya aku juga punya semangat mengASIhi lebih lama lagi utk anak2ku..
    Keren bgt sih, masih bisa nulis blog..
    Menginspirasi bgt ya, IRT itu skrg harus aktif dan kreatif..hehehe..
    Sukses selalu Mom Rayyan..
    Aku tunggu tulisan2 selanjutnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hohoho.. Mama rey nih lebay.Aku Jadi tersanjung hahaha.... Ayo atuh tambah Adik lagi buat rey.... Biar ada temen main bola

      Delete
  9. Waaah mantap Mak stok ASI-nya. Moga sehat selalu ya Rayyan. Btw kita belum kenalan di TKP ya, Mak. Salam kenal. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin mak.. Makasih ya.. Iya nih aku newbie , Jadi suka malu klo pas event blogger. Moga next bisa kenal an sm mak ya... Aamiin

      Delete
  10. Seru ya acaranya. Saya jadi tambah semangat ngASI kalau di dukung kayak gini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya mba.. Sesama busui memang harus selalu kasih semangat biar ga down asinya

      Delete
  11. Setujuu.. ASI adalah hak anak. tetap semangat ya mba amel utk berikan yg terbaik untuk Rayyan :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba cii.. Salam sama si cantik lalula.... Cek u next event yaaa

      Delete
  12. Mba Lia....seneng bisa ketemu di acara kemarin. Seneng jg ada acara yang sungguh ibu-ibu able wkwkwkw. Sampe disediain ruang menyusui, playground....suatu kehormatan deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huhuhu.. Iya nih mba, klo ga ada playground bisa encok parah aku gendong terus... Hehe

      Delete
  13. Salut deh meskipun nggak bisa menyusui langsung tetap memompa ASI untuk baby, di lingkunganku masih ada ibu yang menyerah begitu saja dengan memberi sufor.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba aamiiin.. Terus semangat

      Delete
    2. Suka sedih kalau lihat Ibu yang menyerah gitu klo aku mba huhuh

      Delete
  14. Mbaaa...ASI nya super :) Rayyan sehat terus ya.
    Aku dulu sempat pumping saat masih kerja pas anak pertama...skrg udah nggak 😁 tapi tetap cpt lafar ya klo busui hihii
    Moga bisa ketemu lagi yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya mba, laper terus kali busui.. Naik turun juga mba klo aku... Hehehe

      Delete
  15. Rayaaannnn.... gemsss gemesss.. sama kamyyuuu. next event klo jodoh kita bertemu kembali yaaaa~~~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba ruffie... Mudah2an kita bisa ketemu lagi ya next event.... Aamiin

      Delete
    2. Keren ya mom acara nya, jd nambah ilmu & wawasan jg bnyk ikut event spt ini

      Delete

Thank you for visiting my blog. I am very happy if you leave comments, feedback, suggestions, or criticism. As a passion for me, to be able to write better. Happy Reading!