Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil

by - January 13, 2018

Hello Parents... Ada yang sedang hamil? Atau lagi program hamil? Duh, masa-masa kehamilan adalah masa-masa di manja suami kalau saya bilang. Mau apa aja, tinggal minta. Selama itu terjangkau dan suami mampu. Iya kan?

Untuk ibu hamil, penting sekali menjaga kesehatan dan pola makan. Nah, pada kenal kan pasti sama Buah Naga atau Dragon Fruit?

Buah naga ternyata  mengandung sekitar 60 kalori dan kaya akan vitamin C, B1, B2 dan B3, dan mineral seperti zat besi, kalsium, dan fosfor yang sangat baik tubuh terutama bagi ibu hamil. Ingat banget dulu saat kontrol kehamilan Rayyan, dokternya selalu bilang banyak makan buah terutama buah Naga.

Credits: Pixabay
Buah naga bukanlah asli dari negara Indonesia, buah naga asalnya dari Amerika Tengah dan juga Amerika Selatan. Pelopor buah naga di negara Asia adalah negara Cina dan buah ini dianggap sebagai buah yang hoki. Buah naga terdiri dari naga merah, putih, kuning dan hitam.

Manfaat buah Naga untuk Ibu Hamil
  • Membentuk sel darah merah
  • Sumber energi
  • Membantu tumbuh kembang janin
  • Menghindari dari BAB
  • Meningkatkan kekebalan tubuh
  • Membentuk pertumbuhan tulang & gigi
  • Menangkal radikal bebas
  • Menyerap protein
  • Menyempurnakan indera penglihatan janin
  • Mencukupi gizi selama kehamilan
  • Menghilangkan dehidras
  • Menghindarkan dari penyakit tulang
  • Mencegah kelahiran prematur
  • Menyeimbangkan metabolisme sel
  • Mengembangkan sistem syaraf tulang belakang
  • Menghindari penyakit Beri-Beri
  • Menormalkan tekanan darah
  • Menormalkan gula darah, dll.

Cara Mengkonsumsi Buah Naga
  1. Pilih kondisi buah yang bagus.
  2. Buah Naga yang sudah matang, jika ditekan akan sedikit empuk.
  3.  Kulitnya berwarna pink segar atau kemerahan.
  4. Belah menjadi dua bagian.
  5. Bisa dimakan menggunakan sendok secara langsung, atau disekop dan dipindahkan ke wadah lain untuk di potong kecil-kecil atau juga di jus.

Nah, kalau saya kemarin dibuah menjadi es Bonbon (ini bahasa saya ya). Kebetulan saat sedang belanja bulanan ke minimarket, ada promo buah naga hanya Rp. 9.900,-/kg. Langsung dengan saya membeli untuk diolah menjadi es bonbon. Ini sih tujuannya mau berkreasi bikin es sendiri dirumah. Dan hasilnya enak juga empuk. Bisa jadi booster ASI sekalian karena masih menyusui walau hanya malam hari (hahaha).


Bahan-bahan:
  • Air matang 1 liter
  • Buah Naga merah 1 ukuran besar di blender hingga halus
  • Susu cair 1 sachet (saya pakai cap Enak)
  • Plastik kecil untuk wadah es
  • Corong kecil
  • Panci besar dan sendok
Cara membuat:
  • Masak air hingga mendidih dan masukkan susu cair
  • Kecilkan api, masukkan buah naga yang sudah dihaluskan lalu aduk hingga rata
  • Angkat dan dinginkan
  • Lalu, dimasukkan kedalam wadah plastik kecil dan dinginkan.
  • Buah Naga siap dinikmati dan dihidangkan.
  • (Untuk 20 buah es bonbon).

Saya memang sengaja tidak memakai gula pasir, karena tujuannya agar rasa asli buahnya masih terasa. Karena saat dicicipi kurang manis, saya menambahkan susu sachet. Selamat mencoba ya parent...


You May Also Like

14 coment�rios

  1. Wah say lagi hamil mba..rutin bgt konsumsi buah naga karena bab jadi lancar n gak sembelit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mba sehat terus ya... Bagus bener katanya mba. Aku juga dulu rajin ... Dan bener bab lancar

      Delete
  2. baru saja juga lihat manfaat yang besar dari buah naga di acara indonesia morning show net tv. selain segar, banyak manfaatnya ya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah pas banget ya ka.. manfaatnya banyak juga. Enak lagi di olah jadi minuman 😁

      Delete
  3. Buah favorit saya ini, ternyata banyak banget manfaatnya :-)

    ReplyDelete
  4. wah,, banyak juga ya manfaat buah naga ini buat ibu hamil, nnice artikel kak... kalo ditempat saya namanya es lilin kak ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi iya ka. Wah beda-beda berarti ya tiap daerah... Salam kenal ka

      Delete
  5. Hihi iya ka. Wah beda-beda berarti ya tiap daerah... Salam kenal ka

    ReplyDelete
  6. Anakku yg bungsu sukaaa bgt ama buah ini. Aku sendiri kurang seneng , kecuali dijus, krn biasanya udh dicampur tambahan lain kyk susu. Kmrn mama ku br dr banyuwangi, trnyata buah ini banyak bgt di sana yaaa. Saking banyaknya, hrg jd super murah. Masa cm 10 rb per 10 kg utk yg buah kecil.. Dimakan ampe bosen juga ga abis2 :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya mbak. Bener banget di jus juga enak. Wah asyiknya ya kalau punya stok banyak. Kemarin di Alfa juga promo cm 9000an mbak

      Delete
  7. Aku suka banget makan buah naga. manis...enak seger. Tapi suka males ngupas kulitnya, merah ke mana2 hehehe... Banyak manfaatnya ya si buah naga ini untuk ibu hamil maupun sedang ga hamil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi iya mbak banyak banget. Bukan buat bumil aja. Mumpung lagi promo mbayk di Alfa cm 9000an

      Delete
  8. Sekarang agak susah dapat buah naga yang putih gtu kak, lebih banyak yg buah naga merah.

    ReplyDelete

Thank you for visiting my blog. I am very happy if you leave comments, feedback, suggestions, or criticism. As a passion for me, to be able to write better. Happy Reading!