Mari Berwaqaf Untuk Berkah Tiada Henti bersama iPlan Syariah

Sunday, January 28, 2018
Pepatah "Apa yang ditanam, itu yang akan dituai," pasti sering kita dengar. Pepatah tersebut sangat erat kaitannya dengan Berwaqaf.  Namun, bagaimana agar kita bisa Berwaqaf tanpa menundanya terlalu lama? Yuk disimak!


Hukum Waqaf

Dalam Al-Qur'an memang tidak dijelaskan tentang hukum waqaf. Namun, perintah untuk menafkahkan harta benda untuk kebaikan di jalan Allah tertulis jelas dalam surat Al-Baqarah ayat 2 : 267 yaitu "Hai orang-orang yang beriman ,nafkahkanlah (di jalan Allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang kami keluarkan dari bui untuk kamu dan janganlah kamu memilih yang buruk-buruk lalu kamu menafkahkan daripadanya, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memincingkan mata terhadapnya dan ketahuilah, bahwa Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji.”

Sehingga, bisa kita simpulkan bahwa Berwaqaf adalah membelanjakan atau mengeluarkan sebagian harta benda kita untuk kebaikan di jalan Allah. Selain itu, dasar hukum Wakaf Dalam as-Sunnah termuat dalam Hadis d
ari Abu  Hurairah r.a, bahwasannya Nabi SAW bersabda : “Apabila anak Adam (manusia)telah meninggal dunia, maka terputuslah semua amal perbuatannya kecuali tiga perkara, yaitu sadaqah jariah, atau ilmu yang bermanfaat, atau anak saleh yang mendoakan untuknya” ( H.R Muslim).

Dalam Berwaqaf kita bisa memberikan sebidang tanah, perkebunan, fasilitas umum seperti masjid, pemakaman, jembatan, dan masih banyak lagi.

Sumber: Pixabay
Sumber: Pixabay

Di era sekarang, Berwaqaf bisa dilakukan dengan banyak cara. Mulai dari menabung, memberikan harta atau benda yang dimiliki, dan juga berwakaf dengan iPLAN Syariah.

Apa itu iPlan Syariah?




Iplan Syariah adalah asuransi sekaligus Waqaf pertama di Indonesia yang tidak bisa diikuti oleh bank konvensional lainnya, yang diluncurkan oleh PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia.

PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali Indonesia) merupakan bagian dari Generali Group yang beroperasi di Indonesia sejak tahun 2009. Generali Group adalah sebuah kelompok perusahaan dari Italia yang berdiri sejak tahun 1831 dan memiliki jaringan internasional yang kuat.

Insurance Protection Linked Auto Navigation (iPLAN) Syariah merupakan produk asuransi jiwa unit link berbasis syariah yang dirancang khusus tak hanya untuk memberikan perlindungan jiwa yang komprehensif bagi diri dan keluarga, namun juga memenuhi kebutuhan spiritual nasabah dalam beribadah dengan fitur wakaf, sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia sebagai pilihan investasi dunia dan akhirat.

Kemudahan ini, tentunya dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat Indonesia untuk beribadah wakaf sekaligus mendapatkan manfaat asuransi. Melalui Iplan Syariah membuat nasabah dapat berwakaf tanpa harus menunggu memiliki dana yang besar seperti mewakafkan tanah atau properti lainnya. Nasabah mulai dapat merealisasikan niatnya untuk berwakaf melalui iPLAN Syariah dengan kontribusi  mulai dari Rp 10 ribu perhari atau Rp 300 ribu perbulan.


Pada tanggal 24 Januari 2018 lalu, saya berkesempatan hadir dalam acara "Peluncuran Gerakan Berwakaf dengan Asuransi iPLAN Syariah bersama Generali Indonesia." Berlokasi di Grand Ballroom A, Kempinski Hotel - Jakarta, acara ini dihadiri oleh bapak Edy Tuhirman (CEO Generali Indonesia), Dr. Adiwarman Azwar Karim MBA, MAEP (Pakar Ekonomi Syariah), Prof. Dr. H. Fathurrahman Djamil, M.A. (Wakil Ketua Badan Pelaksana Harian DSN-MUI), Vivin Arbianti Gautama (Chief Marketing & Product Management Generali Indonesia), Frederic De Courtois (CEO Global Business Lines & International Generali Group), dan sejumlah undangan lainnya.


Wakil Ketua Badan Pelaksana Harian DSN-MUI - Prof. Dr. H. Fathurrahman Djamil, M.A.

Prof. Dr. H. Fathurrahman Djamil, menyampaikan bahwa iPlan Syariah ini tentunya bisa diterima oleh seluruh masyarakat Indonesia khususnya muslim. Dengan harapan, melalui program ini tingkat pembangunan di Indonesia akan lebih baik sehingga angka kemiskinan pun bisa menurun.

Hal ini sesuai dengan amanat yang tercantum dalam pasal 5 Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 tentang Wakaf, dimana wakaf berfungsi mewujudkan potensi dan manfaat ekonomis harta benda wakaf untuk kepentingan ibadah dan memajukan kesejahteraan umum.


Menurut  Dr. Adiwarman Azwar Karim, Generali sangat berharap sambutan baik dan antusias dari masyarakat muslim di Indonesia tentang iPlan Syariah. Sehingga, para muslim bisa sama-sama beribadah tiada henti dengan Berwaqaf. Seperti yang sudah banyak dilakukan oleh para sahabat Rasulullah salah satunya adalah Usman bin Affan. Karena kita semua pasti akan menuai pahala dan berkah tiada henti.

Berikut ini adalah beberapa pernyataan sebagian orang, yang menyebabkan semakin tertundanya Berwaqaf.
  • Saya tidak punya tanah atau gedung, bagaimana?
  • Saya sudah rajin sedekah? Apa masih perlu Berwaqaf?
  • Nanti deh tunggu Kaya.
  • Tidak tahu deh kapan, butuh dana besar soalnya.
  • Uang saya hanya cukup buat keluarga.
  • Harta saya yang mana yang bisa diwaqafkan?
  • Seberapa pentingkah berwaqaf?
  • Waqaf hanya bisa gedung tanah aja.
Adakah salah satu pernyataan diatas yang terlintas dalam benak kita? Saya pun sempat berfikir seperti itu. Ternyata, kita bisa berwaqaf lebih mudah tanpa menundanya lagi dengan iPlan Syariah.

“Dengan jumlah penduduk mencapai 263 juta jiwa dimana mayoritas atau sekitar 87% beragama Islam, Indonesia memiliki potensi dan aset besar dalam menghimpun dan mengembangkan wakaf uang yang dapat mendorong pembangunan nasional serta kesejahteraan masyarakat," ungkap Edy Tuhirman (CEO Generali Indonesia).
Edy Tuhirman (CEO Generali Indonesia)

Sebagai negara pertama yang mengembangkan produk   berbasis syariah, Generali Indonesia sangat berharap bisa menjadi tolak ukur bagi negara lain untuk mengembangkan bisnis asuransi syariah ini.

Apa Manfaat dari iPlan Syariah



Chief Marketing & Product Management Generali Indonesia, Vivin Arbianti mengatakan, “iPLAN Syariah dilengkapi dengan berbagai manfaat tambahan pelengkap fitur produk yang diantaranya memastikan manfaat wakaf uang dibayarkan dari wakaf manfaat investasi dan wakaf manfaat asuransi.  Melalui iPLAN Syariah, nasabah dapat memperoleh 3 manfaat dan keunggulan dalam satu produk Asuransi Jiwa. Wakaf pemegang polis akan disalurkan salah satunya melalui Dompet Dhuafa sebagai lembaga wakaf terpercaya di Indonesia.”



Yuk jangan tunda lagi niat baik kita untuk Berwaqaf mulai dari  sekarang. Untuk informasi seputar iPlan Syariah dari Generali Indonesia, bisa dilihat di:


Instagram:GeneraliGroup
Facebook: Generali_id
Website: www.generali.co.id
17 comments on "Mari Berwaqaf Untuk Berkah Tiada Henti bersama iPlan Syariah"
  1. Aku baru tau IPLAN Syariah mom, ini infonya bermanfaat banget. Karena kita sebagai manusia harus menabung untuk masa akhir nanti bisa melalu wakaf ini ya mom

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mom.. coba deh biar bisa Berwaqaf ga ditunda lagi

      Delete
  2. Terima kasih infonya mbak, baru tahu ada iplan syariah. Lebih memudahkan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba sangat memudahkan niat Berwaqaf

      Delete
  3. aku belum ada niat baik untuk berwakaf mungkin hati ini belum tahu caranya bagaimana dan melalui apa. Tapi informasi ini bagus juga mengenai wakaf.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak ayoo.. jangan ditunda lagi ... Buat tabungan akhirat

      Delete
  4. Terima kasih infonya tentang iPlan Syariah

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah bisa wakaf di lembaga yang sudah terbukti bagus ya mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya jelas mbak. Bahkan daftar penerimanya pun sudah jelas. Jadi tidak ada kecurigaan diantara kita.. #eeaa

      Delete
  6. Postingan nya menginspirasi utk bisa berwakaf kak.

    ReplyDelete
  7. Wah dengan nilai 10 ribu perhari atau total 300 ribu perhari. Orang akan dengan mudah dong ya memiliki keinginan baik untuk wakaf. Selain itu jiwanya pun tercover asuransi. Wahh idenya nih yg harus diacungi jempol. Semoga sukses dan diterima masyarakat dengan baik ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Feby... Murah banget kan.. yuk ah berwaBer melalui dompet dhuafa

      Delete
  8. Keunggulannya ini ya, bisa untuk bayar bulanan 300 ribu dan yang terpenting lagi, uang wakafnya ini aman. Moga makin berkah rezeki yang pada wakaf ini.

    ReplyDelete
  9. Bisa wakaf senilai 10ribu per hari itu emang kalau sudah diniatkan bakalan berjalan ya mb Amallia :) Makin banyak rezeki deh orang yang berwakaf. Susah kalau cuma wacana aja belum mampu beli ini-itu dll. Mari berwakaf dari sekarang :)

    ReplyDelete
  10. Bisa ngumpulin duit dulu pelan-pelan, akhir bulan bisa di Asuransikan, ^^

    ReplyDelete

Thank you for visiting my blog. I am very happy if you leave comments, feedback, suggestions, or criticism. As a passion for me, to be able to write better. Happy Reading!