Membentang Kebaikan bersama Dompet Dhuafa

Tuesday, January 30, 2018
Assalamualaikum semuanya... Kepedulian dan perhatian kita kepada para kaum dhuafa tentu menjadi hal yang wajib kita lakukan. Bagaimana tidak, menurut kementerian Kesehatan total kaum dhuafa di Indonesia mencapai ratusan juta. Tentu bukan angka yang sedikit bukan? Dari total 176,74 juta peserta BPJS kesehatan, sebanyak 92 juta atau 52% merupakan Penerima Bantuan Iuran (PBI).

Sebagai salah satu lembaga yang sangat peduli akan kaum dhuafa, Dompet Dhuafa semakin ingin bisa mengurangi tingkat kemiskinan. Sudah lebih dari 24 tahun, Dompet Dhuafa memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan ummat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi dan kebencanaan serta CSR. 

Kemarin, pada tanggal 30 Januari 2018 saya berkesempatan hadir dalam acara laporan kinerja Dompet Dhuafa selama tahun 2017 dengan tema "Publicly Expose 2018," di Jakarta. Acara laporan tahunan ini juga dihadiri oleh para donatur, media, blogger, aktifis, dan seluruh direksi dari Dompet Dhuafa.


Menurut bapak Drg. Imam Rulyawan MARS (Direktur Utama Dompet Dhuafa Filantropi), "Selama 25 tahun ini, Dompet Dhuafa semakin menguatkan potensi lokal dengan menjalankan konsep Social Enterprise seperti program Green Hortikultura dan Kebun Indonesia berdaya".

Program Dompet Dhuafa

Perjalanan Dompet Dhuafa yang sudah mencapai 25 tahun, tentu tidak lepas dari kerjasama seluruh masyarakat khususnya di Indonesia, para donatur, dan yang lainnya. Program-program yang Dompet Dhuafa lakukan terdiri dari 5 Pilar yaitu: 


✓Pendidikan

✓Kesehatan

✓Ekonomi

✓Sosial

✓Dakwah

Mencoba berkolaborasi dalam membawa budaya masyarakat Indonesia, Dompet Dhuafa ingin terus memajukan bangsa  yang saat ini sudah memiliki:
  • 17 Cabang didalam negeri
  • 5 Cabang diluar negeri
  • 9 Kantor Layanan
  • 138 Program
  • 18 gerai layanan kesehatan gratis
  • 5 Rumah Sakit
  • 4 Sekolah
  • 7 Outlet Dayamart
  • 1 De Fresh
  • 11 Unit Bisnis
Dimana sebagian besar pertumbuhannya merupakan hasil pendekatan Dompet Dhuafa terhadap khasanah budaya lokal.


Iwan Ridwan (Direktur Utama Dompet Dhuafa Social Enterprise)
Sedangkan untuk Dompet Dhuafa Social Enterprise sendiri, menurut bapak Iwan Ridwan (Direktur Utama Dompet Dhuafa Social Enterprise), dalam rangka meningkatkan lapangan pekerjaan dan kesejahteraan masyarakat, Dompet Dhuafa ingin menciptakan kemandirian usaha dan nilai-nilai sosial.

Kesuksesan dan penerima manfaat dari program yang dilakukan oleh Dompet Dhuafa dari tahun 1993 hingga tahun 2017 sudah mencapai angka 16,80 juta jiwa dan Layanan, sementara di tahun 2017 sebanyak 1,76 juta jiwa layanan. Sinergi antara Dompet Dhuafa dengan Dompet Dhuafa Social Enterprise akan terus melebarkan sayap dan bahu membahu untuk membangun program yang terus berkelanjutan. Adapun diluar negeri jumlah penerima manfaat mencapai 82.882 jiwa dan layanan.



Daya Mart dan De Fresh adalah model bisnis retail berbasis pemberdayaan dengan konsep 100 % kepemilikan diarahkan untuk kaum dhuafa. Untuk Daya Mart sudah dikembangkan di daerah Sumatera Barat sejak tahun 2017 sedangkan De Fresh di daerah Pasar Minggu, Jakarta.


Aneka sayuran, buah-buahan, olahan sirup, makanan, ikan, daging, ayam, dan aneka hasil produksi dari kalangan kaum dhuafa itu bisa kita dapatkan dan beli disana. Cukup dengan membeli hasil produksi mereka, kita turut membantu para kaum dhuafa. Alhamdulillah banget kan? Ringan, simpel tapi pahalanya besar.

Dibidang kesehatan, Dompet Dhuafa Social Enterprise mengembangkan Social Hospital Network yaitu rumah sakit berbasis wakaf untuk melayani kaum dhuafa. Saat ini sudah berdiri 5 rumah sakit berbasis wakaf yang terdapat di beberapa daerah seperti:
  1. Rumah Sakit Rumah Sehat Terpadu
  2. Rumah Sakit Aja Medika Sri Bawono, Lampung Timur
  3. Rumah Sakit Ibu dan Anak Sayidah, Jakarta Timur
  4. Rumah Sakit Mata Ahmad Wardi, Serang
  5. Rumah Sakit Lancang Kuning, Riau
Rumah sakit afiliasi Dompe Dhuafa ini rencananya akan dikelilingi minimal empat klinik sebagai Feeder Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS, dengan demikian akan semakin banyak kaum dhuafa yang dapat dilayani.

Dengan dukungan 60.000 donor setia yang secara ekonomi mapan, profesional dan berpendidikan, Dompet Dhuafa yakin akan terus bisa meningkatkan lapangan pekerjaan dan menurunkan tingkat kemiskinan khususnya di Indonesia. Sehingga manfaat yang diterima oleh para kaum dhuafa pun bisa meningkat terus menerus.




Melalui program wakaf uang, yang dicanangkan oleh Dompet Dhuafa, Dompet Dhuafa berharap ini bisa menjadi acuan para masyarakat lainnya untuk aktif dan bisa membantu sesama tanpa menunda niat baik apapun. Berapapun jumlah yang diniatkan baik, tentu akan datang kebaikan pula. Berinfaq, sedekah maupun Waqaf adalah salah satu langkah kita untuk memberantas kemiskinan dan ikut membangun kehidupan masyarakat yang lebih sejahtera.

Informasi seputar Zakat, Sedekah, Infaq maupun Waqaf bisa diakses di:
www.dompetdhuafa.org
Facebook: @DompetDhuafa
Instagram: @Dompet_Dhuafa
Twitter: @Dompet_Dhuafa



30 comments on "Membentang Kebaikan bersama Dompet Dhuafa"
  1. Wah seneng banget tau ada mini market untuk menjual produk hasil kaum dhuafa...smg lancar barokah untuk dompet dhuafa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Semua produknya juga fresh dan harganya terjangkau...

      Delete
  2. Mbak saya baru ngeh kalau Dompet Dhuafa sedemikian besar kontribusinya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat...Selama ini kirain hanya untuk pelayanan ZIS saja....
    Keren Dompet Dhuafa!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi sama mbak aku pun berfikir demikian... Keren ya

      Delete
  3. Alhamdulillah ya, kehadiran Dompet Dhuafa membawa banyak manfaat. Nda nyangka juga bisa membantu pemerintah dalam mengurangi kemiskinan. Programnya juga banyak ya mbk, semoga makin banyak donaturnya ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak aamiin.... Bener bagus banget Program2nya mbak

      Delete
  4. Beruntung ya kita bisa mengikuti acara public exposenya DD, jadi kita juga bisa jadi jembatan informasi untuk public ttg pencapaian dompet dhuafa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia mba bener banget. Kadang pula Lik juga butuh bukti ya mba

      Delete
  5. Acara tersebut memberikan banyak masukan buat publik bahwa membantu sesama itu penting, bekerja sama dan bersinergi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba betul... Kemajuan bangsa adalah tugas bersama ya

      Delete
  6. Acara nya terbatas & cuma undangan aj ya kak ?

    ReplyDelete
  7. Keren ya Dompet Dhuafa. Sayang Dayamart baru ada di Padang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba buat dengan fresh nya juga lumayan jauh euy.. tapi aku sekalian ke kantor suamiku aj behe

      Delete
  8. Bantuan Dompet Duafa pun meluas ya hingga ke bantuan ekonomi macam bikin minimarket juga. Moga makin banyak juga yang terbantu dari program Dompet Duafa ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Banyak banget kaum dhuafa yang terbantu. Aku suka belanja di depan fresh buat dan sayurannya fresh bgt lho mbak

      Delete
  9. De Fresh pasar minggu sebelah mana? Pengen kesana juga belanja. Apalagi binaan Dompet Dhuafa, pasti bagus dan murah ditambah halal ya. Padahal deket lho dari rumah, tapi nggak tahu dimana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelah mana ya.. aku juga pakai goggle map hahaha. Ayuk mba kesana janjian

      Delete
  10. Alhamdulillah bangat ya Mba Amallia, ternyata Dompet Dhuafa banyak membantu kaum dhuafa, tidak hanya memberi ikan tapi memberikan pancingnya. Keren ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ka. Programnya jelas dan transparan juga ya

      Delete
  11. Acaranya sangat bagus dan Inspiratif semoga kita berjumpa lagi ya say di next eventnya DD... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba bagus banget... Seneng ya mba bisa hadir disana

      Delete
  12. Aku salut dan kagum banget sama Dompet Dhuafa ini.
    Cara menuntaskan kemiskinan di mulai dari mengubah mindset dan bukan hanya memberi bantuan begitu saja. Tapi bagaimana agar mereka yang dibantu bisa berkembang hingga akhirnya mampu untuk membantu yang lain. Keren banget ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak bener. Benar2 peduli pada kesejahteraan masyarakat yang kekurangan ya mbak

      Delete
  13. Dengan adanya acara expose DD ini kita jadi lebih paham tentang zakat dan kaum dhuafa ya mbak Amallia :) Mudah2an donaturnya makin bertambah, meningkatkan kesejahteraan kaum ga berpunya ini pahalanya banyak :) Aamiin. Semoga makin meningkat kegiatan2nya dan kerjasama dengan berbagai pihak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba semoga kita bisa segera Berwaqaf juga yaa.. aamiin...

      Delete
  14. Bersyukur rasanya bisa ikut acara ini, tambah wawasan kita tentang Dompet Dhuafa ya

    ReplyDelete
  15. Kata Baznas potensi zakat di Indonesia bisa 200T tapi yang terkupul hanya 7 T setahun, dengan adanya DD, semoga makin banyak orang yang tersentuh hatinya buat bayar zakat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba bener. Minimal dengan berzakat dulu ya mba yang rutin

      Delete

Thank you for visiting my blog. I am very happy if you leave comments, feedback, suggestions, or criticism. As a passion for me, to be able to write better. Happy Reading!