8 Tips Anti Mabuk Udara

Tuesday, February 27, 2018
Bagi teman-teman yang pertama kali bepergian dengan pesawat atau mungkin sudah pernah beberapa kali, rasanya akan tetap merasakan sedikit mual dan mabuk udara. Apalagi kalau kondisi kesehatannya kurang fit. Karena saya dulu yang seharian bisa 6 flight saja, terkadang karena kondisi badannya yang kurang fit, tetap saja sering mabuk dan mual.


Koleksi Pribadi

Tetapi semakin lama bekerja, saya menemukan sendiri tips anti mabuknya. Karena beberapa bulan lagi akan libur panjang Hari Raya Idul Fitri dan liburan sekolah, semoga tipsnya bermanfaat ya. Yuk disimak!

  • Pastikan Kondisi Badan Cukup Fit
Kenapa harus memastikan? Karena kalau bepergian sedang sakit, memang harus ada surat keterangan dokter yang dibuat baik itu dari klinik bandara setempat atau surat keterangan sakit dari airlines tersebut. Tetapi, setiap airlines memiliki peraturan yang berbeda-beda ya (cari info dahulu). Jika hanya sakit ringan, saran saya jaga kesehatan, minum vitamin dan minum obat beberapa hari sebelum bepergian.


  • Pilih Tempat Duduk Yang Nyaman
Posisi duduk saat di pesawat terkadang membuat mual dan pusing. Terutama, bagi yang pertama kali bepergian menggunakan pesawat. Mabuk dan mual kalau buat saya wajar-wajar saja. Jadi usahakan, check in terlebih dulu, agar bisa memilih tempat duduk sesuai yang diinginkan untuk meminimalisir mabuk dan mual. Misalnya: memilih seat 1A atau 1F (kursi di dekat jendela).


  • Bawa Permen
Permen termasuk salah satu senjata ampuh, bagi yang sering mabuk udara. Ada beberapa penerbangan, yang membagikan permen saat boarding dan banyak juga yang tidak. Jadi lebih baik disiapkan dari rumah saja ya.

  • Bawa Minyak Angin atau Aromaterapi
Dari sekian lama pengalaman saya menghadapi penumpang yang beda-beda dari tiap daerah dan negara, cara mereka menghilangkan mabuk itu berbeda-beda. Ada yang dibawa tidur, melihat pemandangan diluar jendela, memakai aromaterapi, minyak angin, dll. Jadi pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

  • Hindari Makan Dan minum Berlebihan
Hindari makan dan minum berlebihan. Terutama makanan yang mengandung gas, gula dan santan berlebihan. Tetapi, tidak boleh kosong juga ya perutnya. Kalau waktu penerbangannya hanya 50 menit sih aman-aman saja, kalau diatas 1 jam lumayan juga kalau pas lagi laper. Hahaha. Tapi tenang, ada juga beberapa maskapai yang memberikan snack berupa roti dan air, makanan berat seperti nasi atau mie, dan ada juga yang menjual aneka makanan dan minuman. Kalau mau bawa makanan, minuman atau cemilan dari rumah atau beli diluar juga boleh ya, asal porsinya jangan berlebihan dan di simpan di wadah yang rapih dan tertutup.

  • Minum Obat Anti Mabuk
Ini cara paling simpel dan jadi senjata paling ampuh ketika mabuk tetap saja terjadi. Minum obat anti mabuk sesuai dosisnya. Hanya biasanya efeknya adalah mengantuk. Jadi sayang banget kalau tidur selama penerbangan, tidak bisa melihat indahnya pemandangan awan.

  • Hindari Tegang
Naik pesawat itu seperti naik bis kok. Kurang lebih hampir sama. Jadi santai saja ya, tidak perlu ada yang ditakuti, semua akan baik-baik saja. Karena, ada tuhan Yang Maha Esa, yang akan menjaga penerbangan tetap aman hingga sampai ditempat tujuan.

Semoga tipsnya bermanfaat ya. Kalau ada yang mau menambahkan boleh ya cerita di kolom komentar. 





5 comments on "8 Tips Anti Mabuk Udara"
  1. alhamdulillah jarang sih mabuk kalau naik pesawat. tapi aku pernah naik pesawat trus duduknya di belakang dan pesawatnya lewat awan-awan gitu. lumayan bikin nggak enak perut. he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, bagian blkg memang kurang enak ya mbak. Apalagi kalau lagi cuaca buruk Ya mb..

      Delete
  2. ada kawan yang selalu memberi permen karet, katanya aktifitas mengunyah bisa mengurangi gangguan getaran pada telinga

    ReplyDelete
  3. Jadi inget pernah pas dari Padang ke JKT, baru juga take off, bocah di sebelah langsung muntah tanpa ibunya siap2 kantong plastik. 1,5 jam jadi nahan bau muntahan itu, hahahah... Memang kalau untuk yang biasa mabuk di perjalanan gini mesti siap2 ya, entah sarapan dulu atau bawa obat dan makanan anti mual.

    ReplyDelete

Thank you for visiting my blog. I am very happy if you leave comments, feedback, suggestions, or criticism. As a passion for me, to be able to write better. Happy Reading!