Belajar Menjadi Blogger

Thursday, February 15, 2018
Dahulu, saya bukanlah orang yang pandai menulis (sekarang juga masih belum). Jika menulis buku diary sih, pandai-pandai aja. Karena diary, nggak ada yang baca. Itu alasannya. Jadi, mau bahasanya benar atau nggak, nggak ada yang complain. Benar kan?


Setelah memutuskan resign dari tempat kerja dikarenakan menikah dan hamil, maka 24 jam waktu saya, dihabiskan dirumah. Kebayang ya, perubahan ini tentu butuh perjuangan ekstra.

Namun, ternyata nggak berasa lho! Saya sukses 2 tahun dirumah, sejak tahun 2016. Enak atau nggaknya dirumah, tergantung pribadi masing-masing ya. Kalau buat saya, ada enak ada nggak.

Kenapa Bisa Jadi Blogger?

Kita bisa menulis apa saja yang ingin kita tulis, bahkan kadang kita bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari menulis di blog lho. Harganya relatif berbeda-beda, tergantung clien dan tergantung kualitas blog kita (menurut beberapa teman saya).

Dulu sih, sukanya nulis caption panjang di instagram seputar tumbuh kembang anak. Tapi, saya langsung berubah haluan setelah Mbak Echa (Suria Riza) mengajak saya menghadiri Blogger Gathering salah satu produk susu. Saat dibilang dapat fee, langsung kaget. Secara ya, selama ini kalau datang ke event itu, saya selalu modal (bensin, tol, makan). Jadi, agak shock saat itu. Alhamdulillah setelah menjadi blogger, saya semakin mendapat ilmu, teman baru, dan juga penghasilan tambahan.

Ternyata, pengalaman mengapa menjadi blogger juga diulas oleh Mbak Natara di www.kreasinatara.com

Semenjak Agustus 2017 sampai sekarang, saya semakin memperbaiki kualitas tulisan saya, kualitas foto, tampilan blog, dan yang lainnya. Agar orang tertarik membaca blog saya. Baik itu tulisan organik atau bukan. Karena sebagai seorang blogger baru, saya merasa masih sering kesulitan dalam menulis. Apalagi ternyata, menulis itu harus menggunakan rasa dan cinta.

Kalau kalian bagaimana teman-teman?
12 comments on "Belajar Menjadi Blogger"
  1. Kalau saya blm pernah dapat penghasilan sih dari blog.selama ini cm buat iseng2 aja soalnya kalau kerjaan rmh sdh beres baru saya ngeblog. Kalau lagi banyak setrikaan atau cucian ya nggak ngeblog hihihi... tapi pengen juga deh dapat penghasilan tambahan dr blog

    ReplyDelete
  2. Jadi blogger asyik ya, bisa banyak belajar. Plus bisa dapet penghasilan. Hihi...

    ReplyDelete
  3. Selamat menikmati menjadi seorang mom blogger. Enaknya kerja dari rumah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Oline, kerja dari rumah anak pun keurus ya mbak :-*

      Delete
  4. menjadi blogger profesional banyak PR-nya, bukan hanya nulis2 aja ya mbak, klo udah ditekunin rasanya warbiyasak asyik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak harus selalu mengupgrade ilmu seputar tulis menulis... Iya mba bener banget warbiyasakkkk sekali hehhe

      Delete
  5. Semoga betah ya jadi blogger... klo momblogger banyak yg bisa ditulis terutama pola asuh anak :)

    ReplyDelete
  6. Waah, selamat menikmati jadi freelancer juga ya Mbak (momblogger). Dunia freelance itu luas loh. Saya juga baru sih terjun di dunia blogging, meski udah jadi freelance sejak tahun 2012. Ternyata asyik ya, Mbak, jadi blogger, jadi punya banyak teman, dapat banyak ilmu, juga dapat uang jajan...

    ReplyDelete
  7. tapi aku kadang bosan hahha, apalagi akhir2 ini ngeblog dapat uang jadi semacam sesuatu yang gimana gitu, kalo dulu aku nulis tanpa uang tapi feelnya lebih dapat

    ReplyDelete
  8. Sama, ku juga ngeblog setelah resign. Ya pgn ttp berkarya aja gtu biarpun d rmh 😁

    ReplyDelete

Thank you for visiting my blog. I am very happy if you leave comments, feedback, suggestions, or criticism. As a passion for me, to be able to write better. Happy Reading!