Manfaat Aromaterapi Bagi Kesehatan Keluarga

Saturday, February 17, 2018
Ketika hendak mau tidur atau bangun tidur, pasti segar sekali jika menghirup aroma yang wangi. Biasanya, beberapa orang menggunakan pewangi atau aromaterapi yang diletakkan diruangan kamar. Termasuk saya. Rasanya bergairah dan segar aja sih kalau saya bilang. Apalagi wangi-wangi bunga gitu kan? Pastinya tidurpun semakin nyaman dan nyenyak.


Nah, pada blog post kali ini saya akan membahas pentingnya aromaterapi untuk kesehatan tubuh kita. Umumnya, sebagian orang sangat sedikit sekali yang mengetahui tentang manfaat dari aromaterapi. Itu yang membuat saya sangat tertarik untuk membahasnya. Yuk disimak!

Apa itu Aromaterapi?

Aromaterapi adalah praktik penggunaan minyak tumbuhan yang mudah menguap, baik  untuk kesehatan, psikologis dan fisik. Hal ini juga mengacu pada berbagai terapi tradisional, alternatif atau komplementer yang menggunakan senyawa tanaman aromatik. Pilihan aroma dari aromaterapi pun sangat beragam jenisnya.

Bagaimana Cara Kerjanya?
  
Aromaterapi biasa digunakan dengan cara dihirup atau melalui aplikasi topikal. Molekul masuk lewat hidung atau mulut melewati paru-paru dan kemudian ke seluruh bagian dalam tubuh kita. Ketika molekulnya sampai di otak, mereka mempengaruhi sistem limbik yang terhubung dengan emosi, detak jantung, tekanan darah, pernafasan, memori, stres, dan keseimbangan pada hormon. 

Apa Manfaat Aromaterapi?

Aromaterapi sangat berguna untuk menjaga dan merawat tubuh berkat bahan alaminya. Ternyata, aromatherapy telah digunakan hampir 6000 tahun dengan tujuan untuk meningkatkan kesehatan dan perasaan seseorang. Selain memberikan wangi yang menyenangkan, aromaterapi juga bekerja sebagai disinfektan pernafasan dan dekongestan, serta memberi manfaat psikologis. Berfungsi banget kan bagi tubuh kita?

Dari banyaknya aromaterapi yang saya temui, saya sangat suka dan cocok dengan aromaterapi dari "Treetment Aromatherapy"

Treetment Aromatherapy adalah brand gaya hidup yang mengutamakan produk-produk yang beraroma alam. Treetment juga menyatukan keseimbangan gaya hidup modern dengan sentuhan alami. Aroma-aroma alam terbaik yang diberikan, benar-benar membuat hari-hari semakin bergairah dan bersemangat. 

Manfaat dari Treetment Aromatherapy yaitu:

~Membangkitkan semangat
~Menyegarkan ruangan
~Menghilangkan bau tak sedap
~Mencegah serangga
~Menjaga mood
~Menghilangkan bau rokok
~Menghilangkan stres, dll.

Varian Treetment Aromatherapy




Treetment Aromatherapy terdiri dari aroma Lavender, Bamboo, Sandalwood, Orchid, Jasmine, Tuberose, Spearmint, Green Tea,  dan Eucalyptus.

Tapi dari banyaknya varian tersebut, saya sangat suka dengan Lavender dan Bamboo Aromatherapy Oil. Selain manfaatnya yang cocok dengan kebutuhan saya, pas banget suami juga suka. Maklumlah, sekarang udah bukan single lagi. Jadi, memilih aromaterapi pun harus yang disukai dan manfaat juga untuk suami. So sweet banget ya!


Lavender Aromatherapy Oil

Bunga Lavender (Pixabay)

Pasti banyak yang bertanya kenapa saya suka dengan Lavender? Alasannya karena saya suka warna dan wangi bunganya. Selain itu, kalau saya menghirup wangi lavender, saya merasa lebih tenang dan nyaman. Ternyata, Lavender juga termasuk aromaterapi yang bisa membuat seseorang mendapatkan kualitas tidur yang cepat, nyenyak dan tentu mimpi indah.



Ambience : Romantic
Manfaat lavender juga sudah diakui dapat membantu kualitas tidur orang-orang zaman dulu lho. Bahkan mereka mengisi bantal-bantal mereka dengan bunga Lavender asli yang dipetik dan dikumpulkan. Kalau sekarang sih, kayaknya susah-susah gampang ya cari Lavender yang asli. Makanya, saya lebih memilih aromatherapy oil Lavender aja. Aromanya juga sama dengan yang asli karena dibuat dari bahan-bahan alami tanpa zat kimia.

Oh iya, ini beberapa manfaat lain dari Lavender:
  • Memperlambat aktivitas sistem saraf
  • Memperbaiki kualitas tidur
  • Meningkatkan relaksasi
  • Meningkatkan mood bagi yang menderita gangguan tidur
  • Meringankan stres dan cemas, dll.
Bamboo Aromatherapy Oil


Hutan Bambu (Pixabay)

Selain lavender yang menjadi favorit  saya, ada juga Bamboo Aromatherapy Oil yang menjadi favorit suami. Suasana kantor dan kerjaan yang menumpuk setiap hari, membuat semangat kerja menurun. Dengan aroma Bamboo dan nuansa kerimbunan dalam ruangan,  membuat kerja semakin semangat, optimis dan stres pun hilang. Kalau dia bilang sih, kayak lagi kerja di kebun bambu. Suasana ruangan kerja pun menjadi sejuk, wangi, dan segar.


Ambience : Cheerful
Rupanya, bangsa Cina kuno juga telah lama memanfaatkan khasiat bambu untuk melepaskan energi negatif dan mencerahkan aliran energi. Khasiat lainnya yaitu:
  • Menghilangkan stres
  • Mendatangkan perasaan bangga pada diri sendiri
  • Menyegarkan ruangan
  • Membuat suasana hati bersih dan bahagia
  • Meningkatkan ketahanan mental
  • Membangkitkan semangat, dll
Terkadang dalam menentukan pewangi alami kita sering kali salah pilih. Padahal, dalam menentukan pewangi yang hendak digunakan, kita harus mengetahui apa kebutuhannya dan manfaat pewangi itu sendiri. Jadi, bukan asal pilih dan suka warnanya aja seperti memilih parfum ya.




Perbedaan antara Fragrance Oil dan Aromatherapy Oil yaitu:
  1. Fragrance Oil: Komponen kimia aromatis (sintasis/natural) dan minyak Atsiri, Essential Oil sintesis, tidak memiliki manfaat terapeutik, bahan pewangi kimia.
  2. Aromatherapy Oil: Cairan Hidrofobik yang terkonsentrasi dari tumbuhan, substansi yang baik sebagai bahan pembersih rumah, memiliki manfaat terapeutik, diekstrak dari alam.
Jadi sudah bisa membedakan ya, mana yang alami dan mana yang pewangi buatan. Kalau buat kesehatan sih, mending yang alami. Mahal sedikit, yang penting sehat. Setuju kan?

Bagaimana Cara Menggunakannya?

Untuk menggunakan Aromatherapy Oil dari Treetment Aromatherapy ini bisa menggunakan Leisure Ultrasonic Diffuser atau Boocoo Ultrasonic Diffuser. Keduanya memiliki fungsi yang sama sih, sama-sama mengeluarkan wangi harumnya. Hanya desain bentuknya saja yang berbeda. Tapi, dari kedua jenis diffuser itu, saya memilih Boocoo Ultrasonic. Banyak "O" disekitar diffuser-nya, yang membuat suasana kamar saya serasa romantis.


  • BooCoo Ultrasonic Diffuser

  • Cocok bagian adaptor ke sumber listrik
  • Angkat penutup keramik, simpan di tempat yang aman.
  • Angkat penutup plastik. Isi tangki air dengan air sampai batas maksimum air
  • Tuangkan 1ml atau sekitar 20 tetes Aromatherapy Oil pilihan Anda ke dalam air. 
  • Letakkan penutup plastik, kemudian letakkan penutup keramik tanpa menghalangi lubang keluar kabut.
  • Tekan tombol di bagian bawah diffuser, cari tanda segitiga pada bawah BooCoo Diffuser untuk lokasi tombol. 
√ Tekan 1x maka kabut langsung keluar dan warna cahaya berubah - ubah
√ Tekan 2x maka kabut langsung menyala dan warna cahaya tetap
√ Tekan 3x maka kabut langsung keluar dan cahaya mati
√ Tekan 4x untuk mematikan BooCoo Diffuser
Saat lelah dengan aktifitas ibu rumah tangga dirumah, waktu istirahat dan tidur menjadi berkualitas. Bahkan, waktu bermain sama anak pun menjadi lebih nyaman dikamar. Sambil menemani anak bermain, saya juga bisa me time berkualitas sambil menikmati secangkir teh dengan sepotong roti.


Leisure Ultrasonic Diffuser

Desain dari Leisure Ultrasonic Diffuser  kalau menurut saya sih seperti jamur. Lucu, imut dan menggemaskan. Membuat suasana ruangan pun indah dan elegan. Leisure Diffuser juga memberikan kejutan-kejutan yang membuat kita makin cinta dengan diffuser ini lho.  Wah jadi penasaran kan sama bentuknya? Yuk dapatkan informasi seputar Treetment Aromatherapy dan Diffuser di:

22 comments on "Manfaat Aromaterapi Bagi Kesehatan Keluarga"
  1. Menenangkan ya biasanya wangi aromateraphy ini. Cocok buat yang kecapekan. Belinya harus online ya kayaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget mbak. Buat kita yang kelelehak Dnegan segudang aktifitas ibu rumah tangga pun pastinya membantu banget. Iya mba via online

      Delete
  2. aromaterapi bikin adem di hati ya mbak

    ReplyDelete
  3. Wahhh ternyata manfaatnya banyak ya, apalagi kalau lagi cape²nya terus dikejar deadline tulisan, kayaknya enak kalau ada aromatherapy, hihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salah satunya mbak. Jadi tenang ya dan dapat inspirasi buat nulis...

      Delete
  4. wah bener tuh, aromaterapi memang terbukti ningkatin mood juga. Aku suka wangi lavender biasanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba... Bener banget, khas gitu ya mba wanginya

      Delete
  5. ahhh, aku jadi pengen aromatherapy lavender, pasti menenangkan ya, bisa menghilangkan stres pula

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba.. kadang tanpa kita sadari kita sering ngalamin stres ringan y mba.

      Delete
  6. Aroma Theraphy lavender tuh emang bener-bener menenangkan ya mba. Aku pengen ah mencium wanginya. Mmhh ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba bener, buat kita yang sering susah tidur pastinya membantu sekali

      Delete
  7. Belum pernah coba pakai oil difuser di rumah. Beneran bermanfaat kayaknya.

    ReplyDelete
  8. Ak suka banget aroma terapi yg lavender, kalo pergi kesalon yg ada aromaterapinya jd betah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waahh sama nih mba echi sm aku.. Betah klo ada yang wangi lavender

      Delete
  9. jadi kayak merangsang ke otak gitu ya aroma terapinya!

    ReplyDelete
  10. Aku dulu rajin pakai aromaterapi, tidur jadi lebih nyenyak.

    ReplyDelete

Thank you for visiting my blog. I am very happy if you leave comments, feedback, suggestions, or criticism. As a passion for me, to be able to write better. Happy Reading!