Tetap Sehat, Tanpa Ribet Dengan Aplikasi Halodoc

Saturday, February 24, 2018
Sebagai orang tua, tentunya tantangan terbesar dalam mengurus anak adalah ketika anak kita mengalami sakit. Setuju kan? Dalam kondisi seperti ini, banyak sekali orang tua yang akhirnya mengambil keputusan yang kurang tepat dikarenakan panik. Selain membawa anak pergi ke dokter, padahal kita juga bisa memanfaatkan jaringan internet untuk berkonsultasi langsung dengan dokter dan mendapat informasi seputar kesehatan.

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Halodoc

Ada Fitur Apa Saja di Halodoc


Pada hari Minggu (11/02) lalu, saya mendapatkan undangan untuk menghadiri Bloggers Gathering bersama The Urban Mama dan Halodoc dengan tema "Mitos dan Fakta Seputar Penyakit pada Anak," di Paradigma Cafe, Cikini Jakarta. Sebagai orang tua baru, saya sangat antusias untuk datang. Karena, menjadi orang tua tentu harus selalu semangat belajar, terutama belajar ilmu kesehatan.

Banyaknya mitos seputar penyakit anak, tentunya membuat kita harus pandai-pandai menyaring informasi yang didapatkan. Bersama narasumber dr. Herlina, Sp.A (Dokter Spesialis Anak), Cha Cha Thaib (Ibu dan Social Media Influencer), dan Felicia Kawilarang (VP Marketing Halodoc), kita akan membahas apa #KataDokterHalodoc tenang mitos dan fakta penyakit anak tersebut.


ChaCha Thalib (Ibu Muda dan Influencer)


Sebagai seorang ibu muda dan influencer, Cha Cha Thaib juga membenarkan, bahwa ia pernah mengandalkan mitos para orang tua dulu ketika menghadapi anak sakit. Ditambah lagi ketika panik dan bingung, tindakan yang diberikan justru sering keliru. Sehingga, kita perlu menambah wawasan dan ilmu seputar kesehatan termasuk tentang pemberian obat-obatan.


Beragam Mitos di Masyarakat


Menurut dr. Herlina, Sp.A yang juga merupakan salah satu tim medis Halodoc, "Peran dokter sangat dibutuhkan dalam memberikan kenyamanan kepada ibu baik saat penanganan maupun berkonsultasi. Karena berkonsultasi adalah tindakan pertama yang tepat, sehingga ibu tahu apa yang harus dilakukannya sebelum terlambat." 

dr. Herlina Sp.A (Dokter Spesialis Anak)
Pentingnya menjaga pola makan dan pola hidup sehat juga harus diterapkan oleh setiap orang tua. Apalagi kondisi cuaca yang sering berubah-ubah juga bisa menjadi salah satu penyebab anak sakit. Apa saja mitos dan fakta penyakit anak tersebut? Yuk disimak!


  • Kejang


Kejang adalah salah satu penyakit yang sering menimpa anak usia 6 bulan sampai 5 tahun. Biasanya, kejang terjadi karena suhu tubuh anak lebih dari 37,5°C. Dimana pada kondisi ini anak pasti merasa sangat tidak nyaman, sehingga boleh diberikan obat demam.  Jadi, pemberian kopi sangat tidak disarankan.

  • Mimisan

Menurut mitos yang beredar di masyarakat, mimisan terjadi karena faktor kelelahan. Faktanya, mimisan terjadi karena banyak faktor seperti alergi, keluhan di hidung, dan sebagainya.

  • Radang Amandel atau Tonsilitis

Radang Amandel jika dibiarkan dapat menyebabkan risiko menjadi abses pada amandel semakin meningkat. Yang akan menimbulkan efek samping berupa keluhan di ginjal (glomerulonefritis) hingga kelainan di jantung (jantung rematik). Sehingga, melakukan operasi pengangkatan amandel sangat disarankan oleh dokter.

  • Terlambat Jalan

Kegalauan para mama ketika menghadapi anak terlambat jalan juga pernah saya alami. Terlambat jalan terjadi karena disebabkan kemampuan motorik dan keseimbangannya kurang baik. Jadi, sebagai orang tua kita harus rajin melatih motorik dan keseimbangan anak dalam berjalan.

  • Demam

Mengompres ketika demam dengan air dingin, sepertinya sudah menjadi kebiasaan di masyarakat. Padahal, mengompres dengan air dingin sangat tidak disarankan. Karena, dapat meningkatkan suhu tubuh anak sehingga menyebabkan anak kembali demam.

  • Cacar Air

Siapa yang pernah terkena cacar air? Saya pernah terkena 1 kali. Saat itu alhamdulillah, mama saya selalu menyarankan saya mandi agar tetap bersih. Dr. Herlina, Sp.A juga menyarankan untuk tidak menggaruk sekali pun gatal. Karena dapat merusak jaringan kulit yang terkena cacar.

  • Tumbuh Gigi

Mitos ketika anak demam, sering kali dihubungkan dengan tumbuh gigi. Faktanya, ketika anak tumbuh gigi tidak selalu diikuti demam. Saat tumbuh gigi, suhu tubuh anak memang meningkat, namun jarang diatas 38°C.

  •  Gondongan

Ada yang pernah gondongan? Mitos yang dipercaya masyarakat adalah mengobatinya dengan blau. Padahal gondongan itu sendiri disebabkan oleh virus. Sehingga, kita bisa mengobatinya dengan beristirahat dan minum vitamin.

Terkadang saat anak sakit dan ingin membawanya ke dokter, seringkali kita terhalang karena jadwal dokter yang berubah atau jarak rumah sakit yang jauh. Dengan memanfaatkan Aplikasi Halodoc, Kita akan mudah berkonsultasi langsung dengan dokter dan mendapatkan solusi tanpa harus keluar rumah.


Felicia Kawilarang selaku VP Marketing Communication Halodoc.

"Sebagai aplikasi kesehatan yang telah berada di tengah masyarakat, Halodoc memahami langkah-langkah yang dilakukan para ibu ketika panik menghadapi buah hatinya sakit. Dengan beberapa fitur yang ada, Halodoc berharap para ibu bisa mendapat berbagai informasi kesehatan dan kemudahan dalam berkonsultasi dengan dokter," ungkap Felicia Kawilarang selaku VP Marketing Communication Halodoc.



Halodoc adalah sebuah aplikasi kesehatan layaknya kotak P3K berjalan yang selalu di genggaman, dan memberikan kemudahan dalam menjaga dan memeriksa  kesehatan keluarga yang online 24 jam. Aplikasi Halodoc ini diluncur oleh Jonathan Sudharta -  CEO MHealth Tech, sejak tahun 2016. Selain diunduh ke smartphone, Halodoc juga bisa kita akses melalui web www.halodoc.com.

Ada Fitur Apa Saja di Halodoc?


Aplikasi Halodoc memiliki 3 fitur utama yaitu Pharmacy Delivery, Contact Doctor dan Lab Service.


HaloDoc menyediakan fitur Pharmacy Delivery yang online 24 jam. Sehingga, kita bisa langsung memesan obat pada apotek resmi terdekat yang lengkap dengan layanan antar yang cepat, aman dan bebas biaya antar.

Tampilan Fitur Pharmacy Delivery pada Smartphone

Halodoc juga memiliki banyak dokter yang sesuai dengan spesialisasinya masing-masing. Dokter ahli tersebut sudah memiliki Surat Tanda Registrasi (SRT) dan Surat Ijin Praktek (SIP). Jadi, tidak ada yang perlu diragukan lagi. Disisi lain, kita juga bebas memilih dokter sesuai dengan kebutuhan dengan biaya yang bervariasi, tentunya dengan tarif yang telah ditetapkan oleh para dokter. Fitur Contact Doktor ini terdiri dari dokter umum, spesialis anak, spesialis penyakit dalam, spesialis mata, dan dokter lainnya yang online 24 jam.


Untuk dapat berkomunikasi dengan dokter, kita juga bisa berkonsultasi tentang kesehatan pada dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan dimana saja. Jadi, tidak perlu panik lagi menghadapi anak sakit, ya Parents!

Tampilan Fitur Contact Doctor pada Smartphone

Selanjutnya adalah fitur Lab Service yang akan  memberikan kemudahan pada kita untuk memesan jasa dari laboratorium resmi yang dapat dilaksanakan dimana saja. Layanan pengecekan kesehatan ini bekerjasama dengan Prodia.


Fitur ini memungkinkan petugas lab untuk datang ke rumah atau kantor untuk melakukan tes kesehatan seperti cek darah maupun urine. Sayangnya, fitur ini baru dapat dimanfaatkan di sekitar Jakarta Pusat dan Selatan. Semoga segera diperluas ya jasa untuk fitur ini.

Tampilan Fitur Lab Service pada Smartphone
Cara Mudah Menggunakan Aplikasi Halodoc

Berikut ini adalah cara mudah menggunakan aplikasi Halodoc yang bisa diakses melalui smartphone.




  1. Download Aplikasi Halodoc di Appstore  (IOS) atau Playstore (Android).
  2. Registrasi menggunakan nomor telepon yang aktif, lalu lengkapi data pribadi.
  3. Tambahkan anggota keluarga seperti suami, anak maupun orang tua.
  4. Pilih fitur yang dibutuhkan, misalnya: Hubungi Dokter.
  5. Pilih dokter sesuai kebutuhan, misalnya: Dokter Spesialis Anak, lihat profil dokter dan biaya konsultasi, lalu konfirmasi.
  6. Selanjutnya adalah konsultasi dengan dokter yang dipilih.
  7. Untuk fitur Apotik Antar dan Lab Service, cara mengunakannya juga mudah ya.

Konsultasi Mama Rayyan dengan Dokter Spesialis Anak

Bagaimana Metode Pembayarannya?

Agar kita dapat berinteraksi dengan dokter maka kita dapat melakukan top up saldo pada akun aplikasi HaloDoc. Pembayarannya bisa melalui metode pembayaran Credit Card, DOKU, ePay BRI dan ATM Transfer.



  1. Pilih/klik fitur lainnya
  2. Pilih Dompet
  3. Pilih saldo yang diinginkan (50/100/200)
  4. Pilih isi saldo sekarang
  5. Pilih metode pembayaran
  6. Ikuti instruksi pembayaran selanjutnya
  7. jika berhasil, maka saldo akan otomatis masuk dan siap digunakan.

Ada Juga Artikel  Kesehatan

Selain 3 fitur utama tadi, Halodoc juga menyediakan ratusan artikel yang selalu update setiap harinya. Artikel tersebut tentunya akan menambah informasi seputar kesehatan. Artikelnya terdiri dari: Beauty, Sex, Diet, Kids, Fitness, Pregnancy, dan Food. Mama Rayyan jadi upgrade ilmu setiap hari nih jadinya, "Anak Sehat, Mama Bahagia."


Tips Menghadapi Anak Sakit
  1. Pahami gejalanya
  2. Jangan panik dan tetap sabar
  3. Cari informasi yang akurat
  4. Minta bantuan kepada orang terdekat
  5. Berikan obat sesuai kebutuhan
  6. Bawa ke dokter, bila tidak ada perubahan
  7. Tetap berdoa
Aplikasi kesehatan yang lengkap banget. Jadi, tidak perlu galau lagi ketika anak atau keluarga ada yang sakit ya, langsung saja hubungi Halodoc. Yuk download Aplikasi Halodoc sekarang juga, ada free konsultasi sampai tanggal 28 Februari dan promo menarik lainnya lho. Tetap Sehat Tanpa Ribet dengan Halodoc!

Instagram: @Halodoc
Facebook: @HalodocID
Twitter: @HalodocID
www.halodoc.com

55 comments on "Tetap Sehat, Tanpa Ribet Dengan Aplikasi Halodoc"
  1. Wahhhhh keren, kita makin mudah dan cepat ya kalau mau konsul sama dokter. Hehe...

    ReplyDelete
  2. Makin cantik mom rayyan #salfok. Hahaaa... ak baru tahu loh apps halodoc ini gaptek bgt ya ­čśé.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, fitnah ini... Lagi free konsultasi lho mom smpe tgl 28 Feb. Yuk cus...

      Delete
  3. Wahhh makasi Mom infonya..
    Ga pakai ribet ya kalo aku lihat dari video ini..
    Serasa tinggal bareng dokter dan berasa punya apotik pribadi nih dengan aplikasi halodoc..
    Mantabbb jiwo..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku udah konsultasi lho mom.. caranya juga gampang dan paling penting, anak Yang butuh konsultasi cepat Di tanggapi. Just Info mom, lagi banyak promo menarik lho...

      Delete
  4. Iya banget deh kalau anak telat berjalan pasti dikaitkan dengan 'karena ngomong duluan'. Kalau anak saya justru bicaranya yang terlambat mbak. Padahal jalannya juga ya enggak kecepetan, malah udah 14 bulan baru lancar berjalan. Jadi semua itu enggak nyambung yees. Hahahaha. Dengan aplikasi HaloDoc semoga bikin ibu-ibu jadi makin percaya sama fakta yaaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba alhamdulillah banget memudahkan kita para orang tua yang sering galau sama mitos... Lagi banyak promo lho mbak, termasuk free konsultasi smpe akhir bulan ini

      Delete
  5. Makin canggih ya mom, gak perlu panik lagi kalau ada apa-apa tinggal buka aplikasi halodoc

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mama bun, Ayo cek kesehatan gratis konsultasi sm dokter smpe akhir bulan ini mom. Pembelian obat jg lagi banyak promo

      Delete
  6. Aplikasi ini memudahkan kita sebagai seorang ibu yah mom. Makasih udah sharing yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mom, menghadapi anak sakit jadi ga oekru panik dan bingung lagi ya mom

      Delete
  7. Mbak, lengkap banget, makasih, lho, penjabarannya. BTW yang lambat jalan mah salah ortunya kebanyakan gendong anak, bukannya dititah gitu. Wakwakwak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Mak wichan... Hhaha iya biasanya juga karena mamaknya males ajarin jalan ya Mak. Jadi harus rajin jadi mamaknya zaman now

      Delete
  8. Keren bangat Mba aplikasi ini, baru tahu saya, dan penting bangat untuk para orang tua khususnya orang tua muda untuk punya aplikasi ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, sekarang kan semua serba lewat hp dan dan internet ya mas. Jadi membantu banget pastinya Aplikasi Halodoc kni

      Delete
  9. Baru tau kalo mimisan karena faktor alergi. Sekarang lebih mudah ya pakai Halodoc

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Mimisan banyak faktor... Lagi banyak promo mba di Halodoc. Yuk download, lumayan free konsultasi smpe tgl 28 ini

      Delete
  10. OMG jaman now ya semua serba digital.. hanya dengan 1 aplikasi bisa konsultasi terus langsung beli obat deh.. simple, inovatif dan kreatif ya halodoc

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba skrg semua serba lewat internet dan smartphone. Membantu para orang tua banget yang sering panik saat anak atau keluarganya ada yang sakit mba.

      Delete
  11. Alhamdulillah sekarang ada P3K dalam genggaman ya, gak perlu panik dan khawatir lagi, bisa mencegah kalau kita baca-baca dulu di Halodoc. Lengkap banget ulasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba memudahkan para ibu zaman now khususnya ya mba yang selalu bawa gadget kemana2. Iya mba, semoga manfaat ya informasinya

      Delete
  12. Harus seru neh ada aplikasi hallodoc, ada masalah pada c kecil ga usah panik duluan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, mengkonsultasikannya pada dokter adalah langkah awal yg tepat

      Delete
  13. aplikasi yang berguna banget buat orang tua, biar ga gampang khawatir kalau anaknya sakit ya. Seketika bisa langsung cek aplikasi kalau lagi sakit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba bener banget, jadi ga perlu lakuin mitos2 Yang kadang kurang masuk di akal ya mba

      Delete
  14. Aku pake aplikasi ini. Sangat membantu pas butuh obat yang di kondisi kita gabisa beli sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, kdg karena lgi musim penghujan juga ya mbak. Alhamdulillah kebanya banget SM halodoc

      Delete
  15. bermanfaat sekali. g ada ruginya jika aplikasinya kita pasang di HP.
    khususnya untuk orang tua.. wajib nih... soalnya menyangkut kesehatan.. terlebih pada anak..

    ReplyDelete
  16. Mitos yang ttg kopi, aku malu pernah sempet percaya.. Krn aku dulu selalu step pas kecil, jd mama yg nyaranin begitu. Tp toh, anakku ttp aja step pas demam. Jd ngasih kopi itu beneran ga terbukti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak kepercayaan orang dulu banget. Kalau Kita skrg lebih percaya fakta ya mba. Yang jelas2 aja

      Delete
  17. Mitos tentang cacar nggak boleh mandi, masih tetep dipercaya banyak orang sampe sekarang nih mba, termasuk mama saya...Jadi pas kemarin anak kena cacar, tetap nggak dimandiin juga hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya mba, alasan ya biar cpet kering katanya sih. Hehe

      Delete
  18. semakin hari dunia digital semakin keren ya dan tentunya kita juga dpt manfaatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba semakin banyak informasi kesehatan Kita juga harus selektif banget ya mba. Karena banyak yang kadang ngak vaidv

      Delete
  19. Manfaat sekali yah mbaa..ternyata perkembangan era sekarang makain canggih dan mudah serta simple dalam mengaksesnya

    ReplyDelete
  20. Wah, lengkap, Mba, fiturnya. Membantu banget ya untuk orangtua, dan dari sumber tepercaya pula.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba alhamdulillah Ada aplikasi online 24 jam begini

      Delete
  21. Aplikasi kekinian ini yang wajib didownload macam emak suka panik kalau anak sakit kayak aku. Makin canggih jaman makin memudahkan ya, kita bisa konsultasi dan bebas bertanya sna sini supaya terhindar dari mitos tentang penyakit pada anak dong ya. Nice info mbak, aku jadi kepengen cepet2 download dari playstore deh, membantu banget nih. Terutama untuk masyarakat terpencil yang jauh dan susah aksesnya dari tenaga medis, sehingga bisa banget terbantu dengan cepat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba feby betul banget. Terutama untuk Yang jarak ke Rumah sakitnya jauh kebantu banget ya. Sama2 mba feby semoga bermanfaat infonya

      Delete
  22. Wahh makasiih mba infonya.. tyt byk mitos ga jelas yg sudah beredar di sekeliling kita yah.. alhamdulillah skrg sdh ada Halodoc..

    ReplyDelete
  23. buat mommy baru penting nih, biar ga panik kalau anak kenapa2.

    ReplyDelete
  24. Waaaah ternyata walaupun kena cacar air tuh tetap boleh mandi yaaaa. Sebel deh sama mitos mitos yang merajalela, kayanya aku mesti download HaloDoc juga niiihhhh. Makaci infonya yaaaaa

    ReplyDelete
  25. Fokus ke infografisnya lucu2, mbak yang bikin? :D
    Beberapa kali baca artikel ttg halodoc jadinya ikutan kepoh. Penolong banget buat mamah2 mudah yg pengen tau info ttg kesehatan anak, jg dirinya yaaa, biar gak kemakan mitos hehe

    ReplyDelete
  26. Aplikasinya keren banget. Jadi pengen donlod halodoc.

    ReplyDelete
  27. Makasii infonya mbak. Sangat bermanfaat :) aku bbrp bulam gerakhir oake halodoc n recomended banget. Harga lebih terjangkau dan pastinya freeong, hehe. Tinggal klik, klik, obatpun sampai di rumah. Bahkan pernah aku ga dapat nota, aku minta, eh jam 23 sampe bela belain dikirimin. Hehe. Maklum butuh buat reimburse d kantor suami.

    Btw itu edit foto yg banyak skrinsut pake apa mba? #salfok yg terakhir, haha

    ReplyDelete
  28. Baru tau ada aplikasi itu. Boleh deh ntar coba diliat-liat apa aja isinya. Makasih infonya ya Sarah.

    ReplyDelete
  29. Dari semua mitos aku itu ngalamin yg cacar air ga boleh mandi plus ga boleh ngaca HAHAHA duuh kacau deh. Malu bgtt dlu pas cacar dimuka semua :'( Alhamdulillah klo Gio blm pernah ngalamin mitos2 diatas sih.. Anyway halodoc emg efektof efisien bgt ya!

    ReplyDelete
  30. Waooooww... ada info terkini nih, aku jadi tau deh. Ternyata ada halodoc yang paham semuanya ya. Ini semoga bisa disebarluaskan di pelosok desa, kan bagus kalau ada apa2 masyarakat butuh bantuan bisa direalisasikan ya. Mesti diajari juga cara downloadnya. Moga2 bisa download dari google play nih sama orang2 :) Aku juga mau coba ah, tq infonya mb Amallia.

    ReplyDelete
  31. Wah baru tahu ada aplikasi ini. Super!!! Jazakillah khair mba Amalia.. Barakallah..

    ReplyDelete
  32. Keren. Sekarang semua dalam genggaman

    ReplyDelete
  33. keren banget nih... sangat membantu banget informasinya

    ReplyDelete
  34. sangat bermanfaat... bisa kita coba sekarang juga nih tips nya.

    ReplyDelete

Thank you for visiting my blog. I am very happy if you leave comments, feedback, suggestions, or criticism. As a passion for me, to be able to write better. Happy Reading!