Tetra Pak Indonesia ~ Melindungi Gizi dan Nutrisi Susu Lebih Baik

Wednesday, February 28, 2018
Hello Moms!

Menerapkan pola makan dan pola hidup sehat dalam keluarga, tentu menjadi kewajiban orangtua tanpa terkecuali. Mulai dari makan makanan bergizi, sayur-sayuran, buah-buahan hingga rutin mengkonsumsi susu. 


Selain anak-anak, tentunya susu juga disukai oleh orang dewasa. Apalagi Susu UHT (Ultra-High Temperature), ya kan? Rasanya yang bervariasi dan praktis tinggal minum, tentunya menjadi favorit semua orang. Tapi, sudah pada tahu belum proses pengemasannya? Karena susu UHT yang tetap enak dan segar, tentu tidak lepas dari proses pengemasannya yang baik.



Pada hari Sabtu (24/2) lalu, senang sekali bisa mengikuti Blogger Gathering bersama Blogger Perempuan dan Tetra Pak Indonesia dengan tema acara "Susu Bergizi Kesukaan Anak." Dalam blogger gathering ini, Tetra Pak Indonesia ingin mengedukasi para orangtua untuk lebih teliti dalam memilih susu untuk keluarga, terutama untuk si kecil.


MC Membuka Acara
Bagi pecinta susu UHT, pasti sudah sering ya melihat logo Tetra Pak pada kemasannya. Logo tersebut terdapat pada sisi samping dan bagian bawah kemasan susu UHT.




Tetra Pak adalah perusahaan global terkenal yang bergerak di bidang pemrosesan dan pengemasan makanan dan minuman. Dengan Moto "Melindungi Yang Baik," tentunya mencerminkan makanan dan minuman yang dikemas oleh Tetra Pak aman dikonsumsi. Selain menjaga makanan dan minuman agar tetap berkualitas, Tetra Pak juga ikut menjaga lingkungan dengan seluruh kemasannya yang dapat didaur ulang. Sehingga, dapat mengurangi dampak pencemaran lingkungan sekitar. Tetra Pak juga merupakan prionir kelas dunia dalam kemasan karton Aseptik yang sudah beroperasi sejak tahun 1952.


Secara global, Tetra Pak telah hadir di 79 negara dan memiliki 11 training center serta 6 pusat riset dan pengembangan. Sedangkan di Indonesia, Tetra Pak telah berdiri sejak tahun 1975 dengan nama PT Brikindo Jaya. Sejak 1 Januari 2001, Tetra Pak memiliki status perusahaan modal asing (PMA) dengan nama PT Tetra Pak Indonesia. 

Kemasan Aseptik Tetra Pak

Kemasan Aseptik Tetra Pak memungkinkan susu akan terlindungi dari zat yang dapat menyebabkan kerusakan susu atau pengurangan nutrisi seperti kelembaban, udara, cahaya, bakteri dan zat berbahaya lainnya.

Ibu Lisa Suhanda selaku Food Technologist Tetra Pak Indonesia

Menurut Ibu Lisa Suhanda selaku Food Technologist Tetra Pak Indonesia, teknologi pemrosesan susu UHT mengunakan alat pensetril yang dihubungkan ke mesin pengisi aseptik untuk mengemas produk. Sehingga, melalui teknologi tersebut susu UHT aman dikonsumsi khususnya untuk anak-anak berusia di atas 2 tahun. Susu UHT juga dapat disimpan dan didistribusikan pada suhu ruang selama 9-12 bulan tanpa membutuhkan pendingin dan bahan pengawet.

Manfaat Susu UHT




Berbagai jenis kandungan yang terdapat dalam susu UHT seperti: Kalsium, Protein, Vitamin, Mineral, dan Fosfor menjadikan susu UHT menjadi produk susu yang seimbang, lengkap, serta aman dikonsumsi. Ditambah lagi dengan varian rasanya yang beraneka ragam, membuat susu UHT menjadi favorit setiap keluarga di Indonesia. Namun sayangnya, tingkat mengkonsumsi susu di Indonesia masih tergolong rendah dibandingkan negara ASEAN lainnya. Sehingga, edukasi mengenai pentingnya susu bagi kesehatan perlu ditingkatkan lagi.

Susu UHT, Susu Bergizi Kesukaanku

Susu Ultra-High Temperature atau biasa kita kenal dengan istilah susu UHT adalah susu segar asli yang dipanaskan dengan suhu sekitar 135°C dengan satuan waktu 2-4 detik dan langsung didinginkan. Dengan tujuan untuk mengeliminasi semua bakteri buruk yang dapat merusak susu. Proses singkat tersebut memastikan nutrisi, rasa dan kesehatan susu tetap terjaga. Jadi tenang ya moms, kebaikan susu UHT masih tetap terjaga dengan baik.

Ibu Gabrielle Angriani selaku Communications Manager Tetra Pak Indonesia

Ibu Gabrielle Angriani selaku Communications Manager Tetra Pak Indonesia juga mengatakan, "Para orang tua, terutama ibu, tentunya menginginkan agar anak dapat mengonsumsi susu yang tepat demi mendapatkan nutrisi terbaik setiap hari. Hal ini sangat dimudahkan dengan kehadiran susu UHT yang mengandung semua kebaikan gizi susu serta menawarkan varian rasa beragam sehingga cenderung lebih disukai anak.

Kelebihan Susu UHT

Karena saya suka minum susu, saya memilih susu UHT yang praktis dan simple. Karena tidak perlu menakar, mencampur, mengaduk dan menambahkan air. Selain itu, kelebihan susu UHT lainnya, antara lain:


  • Mengandung Vitamin, Mineral, Posfor, Kalsium, Protein, dan lainnya.
  • Praktis, dapat diminum kapanpun dan dimanapun.
  • Disukai juga oleh anak-anak.
  • Varian rasanya beragam.
  • Tersedia berbagai ukuran mulai dari 125ml, 250ml, 1 liter dan sebagainya.
  • Susu UHT yang dikemas menggunakan kemasan Tetra Pak terjamin kualitasnya. Karena teknologi Aseptik dan 6 lapisan pelindungnya didesain tidak tembus cahaya, udara, kelembaban, bakteri, bau dan zat berbahaya lainnya.
  • Tidak mengandung bahan pengawet, karena keawetannya didapatkan dari proses pemanasan saat proses produksi.
  • Tahan disimpan dalam suhu ruang selama 9-12 bulan, sekalipun tanpa lemari pendingin.

Varian Rasa Susu UHT



Wah, kalau ngomongin rasa pasti sudah hapal semua ya. Varian rasa susu UHT terdiri dari: Vanilla, Cokelat, Stroberi, Mocha, Pisang, Melon dan lainnya

Macam-macam susu UHT yang mengunakan kemasan dari Tetra Pak antara lain: Ultra Mimi, Greek Heavenly Blush, Clevo, Indomilk, Ultra Jaya, dengan berbagai varian rasa.


Banyaknya produk susu dipasaran, sebagai orangtua, kita harus jeli dan cermat memilih susu yang baik untuk keluarga. Sebagai susu segar murni tanpa bahan pengawet, susu UHT bisa menjadi salah satu pilihan untuk memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi.

Tips Mengkonsumsi Susu UHT


  • Susu UHT disarankan untuk dikonsumsi oleh anak-anak dengan usia minimal 2 tahun.
  • Susu UHT bisa dikonsumsi secara langsung, maupun dicampur dengan aneka minuman dan olahan makanan.
  • Usahakan langsung menghabiskan susu UHT yang telah diminum, dengan waktu maksimal 4 jam setelah dibuka.
  • Simpan susu UHT di lemari pendingin, untuk menjaga kandungan susu agar tetap baik. Jika disimpan diruangan normal, hindari sinar matahari.


Tips Memilih Susu UHT
  1. Perhatikan tanggal kadaluarsa.
  2. Memilih kemasan yang tidak gembung.
  3. Hindari kemasan yang rusak dan penyok parah.

Semoga informasi dari blogpost saya ini bermanfaat ya. Happy parenting!

Untuk informasi lebih lanjut hubungi:
Twitter: @TetraPak_ID
Facebook: Tetra Pak Indonesia
Websitewww.tetrapak.com

19 comments on "Tetra Pak Indonesia ~ Melindungi Gizi dan Nutrisi Susu Lebih Baik"
  1. Infonya detail banget ternyata susu uht banyak manfaatnya ya... Thanks ya mbak atas sharingnya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iy mba alhamdulillah tanpa pengawet.. Yuk stok yang banyak

      Delete
  2. Ternyata susu yang aku konsumsi selama ini banyak bgt manfaatnya ya, makasi ilmu nya jadi makin banyak nih stock dirumah..
    Aku suka bgt stock yg 1 liter utk dirumah dan ultra mimi coklat utk Reyvell anakku..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mom banyak banget manfaat nya. Rasanya juga banyam y
      Mom, jadi ga bosen ya.

      Delete
  3. Salah satu susu favorit anak sayaaa, ternyata seabrek ya manfaatnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba anak-anak umumnya a pada suka

      Delete
  4. Ada akuu di fotonya. Hehehe...
    AKu selalu nyetok susu UHT untuk krucils. Biasanya ak nyetok yang ukuran kecil, Mba. Jadi sesuai dengan ukuran anak-anak. Karena biasanya klo beli yg gede, lebih sering nyisanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kya mba bener. Stok drmh lebih praktis tinggal minum y. Apalagi yang kemasan Kecil, pas banget buat sekali minum

      Delete
  5. Indomilk dan ultra ternyata sama2 pake kemasan tetrapak. Dua2nya favorit nih. Sering nyetoknya pas lagi diskon di superindo, haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama donk mbak. Aku juga suka stok drmh hehe

      Delete
  6. penting banget nih mbak....aku juga lebih suka susu uht untuk anak2, dan mrk sukanya susu ultra jaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sama donk mbak... Aku juga suka susu ultra hehe

      Delete
  7. tetra pak kemasannya lucu-lucu ya mbaak :D

    www.yubikanobi.com

    ReplyDelete
  8. suka dengan konsistensi tertra pak, produknya slalu jadi favorit saya dan keluarga :)

    ReplyDelete
  9. Suka banget ama susu uht apalagi dikemas tetra pack hygienisnya terjamin ☺

    ReplyDelete
  10. kadang banyak juga yang belum tahu kalau susu UHT setelah dibuka harus segera dihabiskan ya, mudah-mudahan dengan adanya tulisan yang di sharing seperti ini jadi info buat masyarakat kita.

    ReplyDelete

Thank you for visiting my blog. I am very happy if you leave comments, feedback, suggestions, or criticism. As a passion for me, to be able to write better. Happy Reading!