YKAKI~Luncurkan Buku Nutrisi Bagi Anak Penderita Kanker dan Gerakan 1000 Mata Palsu Gratis

Monday, February 26, 2018
Memiliki anak yang sehat, tentu menjadi dambaan setiap orang tua. Namun bagaimana bila anak tersebut menderita penyakit kanker? Tentulah hati orang tua tersebut akan merasa sangat sedih dan tidak tahu harus berbuat apa.


Selain ikhlas dan selalu memanjatkan doa kepada Yang Maha Esa, kita juga tetap harus berusaha memberikan semangat positif dan kesembuhan bagi mereka.

Kenali Tanda dan Gejala Kanker Anak


  • Nilai pemeriksaan darah rendah
  • Pendarahan
  • Pembengkakan pada kelenjar getah bening
  • Pembengkakan pada abdomen
  • Massa Mediastinum dengan sesak nafas
  • Pupil berwarna putih
  • Sakit kepala, muntah di pagi hari, ataxia, gangguan penglihatan, paresis
  • Nyeri tulang, pembengkakan tangan atau kaki tanpa trauma dan infeksi
  • Nyeri tulang, pembengkakan lengan atau kaki tanpa trauma dan infeksi

Jenis Kanker Anak



  1. Leukemia (Kanker Darah)
  2. Retinoblastoma (Kanker Mata)
  3. Neuroblastoma (Kanker di Kelenjar Adrenal)
  4. Limfoma Malignum (Kanker Kelenjar Getah Bening)
  5. Osteosarkoma (Kanker Tulang)
  6. Karsinoma Nasofaring (Kanker di area Tenggorokan)

Hari Kanker Anak International

Para Narasumber
Sebagai lembaga yang peduli terhadap anak-anak yang menderita kanker, Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) mengadakan press conference dalam rangka memperingati Hari Kanker Anak International 2018 sekaligus peluncuran "Buku Nutrisi Bagi Anak Penderita Kanker" pada tanggal 25 Februari 2018, di Gandaria City, Jakarta. Dengan narasumber Ketua YKAKI Ira Soelistyo, Duta YKAKI Indra Bekti, spesialis kanker anak dr. Haridini Intan, Sp.A, Andy F. Noya beserta istri, ahli gizi  mbak Dessy Wulandari, dan ibu Desi selaku pendiri Ilyarsi Okularis (Klinik Pembuatan Mata Palsu).

Kegiatan positif ini sekaligus juga dalam rangka penggalangan dana melalui, lomba mewarnai, berani gundul, sport competition, kue/roti dari para artis dan  yang lainnya.







Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia didirikan dengan visi bahwa setiap anak Indonesia yang menderita kanker berhak mendapat pengobatan serta perawatan yang sebaik-baiknya, berhak belajar, bermain walaupun mereka dalam keadaan sakit.


Ibu Ira Soelistyo, ketua YKAKI 

Ibu Ira Soelistyo selaku ketua YKAKI menyampaikan, "Acara ini diadakan dalam rangka memperingati Hari Kanker Anak International. Sebagai organisasi orang tua penderita, kami ingin sekali mengedukasi mengenai kanker pada anak, sehingga orang tua bisa waspada lebih dini."

Buku Nutrisi Anak Penderita Kanker

YKAKI bekerjasama dengan Rs. Dharmais (Rumah Sakit Kanker Nasional) untuk menerbitkan Buku Nutrisi Anak Bagi Penderita Kanker yang sudah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia yang didapatkan dari tim dokter dan ahli kanker di India.


Sumber: Akurat.com

Dessy Wulandari Ahli Gizi Rumah Sakit Dharmais

Menurut Ibu Dessy Wulandari selaku Ahli Gizi dari Rumah Sakit Dharmais, "Banyak sekali anak-anak yang menderita kanker, seringkali kesulitan menerima makanan yang ia cerna."


Dengan adanya buku ini, YKAKI berharap dapat membantu para orang tua dalam rangka tetap memberikan makanan yang bergizi untuk para putra putri mereka yang menderita kanker.

Ayo Sukseskan Gerakan 1000 Mata Palsu Gratis

Sebagai orang tua yang memiliki anak menderita Retinoblastoma sejak baru lahir, membuat ibu Desi dan suami ingin membuat mata palsu dengan kualitas bagus dengan bahan aklirik untuk anaknya. Kegigihan ia dan suami dalam mencari informasi di internet tentang pembuatan mata palsu membuat mereka sukses mendirikan Klinik Mata Palsu bernama  www.ilyarsiokularis.com dan Gerakan 1000 Mata Palsu Gratis di www.gestapaindonesia.com.


Ibu Desi pendiri Klinik Pembuatan Mata Palsu, beserta anak-anak yang sudah berhasil menggunakan mata palsu
Keinginannya untuk membagikan mata palsu gratis ini, bertujuan agar bisa membantu dan memberi semangat kepada anak-anak penderita kanker  lainnya yang kurang mampu. Namun, bagi siapa saja yang ingin menggunakan mata palsu bisa langsung menghubungi ibu Desi atau YKAKI untuk informasi lebih lanjut. Sedangkan untuk anak-anak berusia dibawah 10 tahun, mata palsu ini diberikan secara gratis.

"Jika mendapati gejala-gejala kanker pada anak, segera ke FKTP, puskesmas atau rumah sakit terdekat untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut," ujar dr. Haridini Intan, Sp.A.

Mari kita sama-sama menyebarkan edukasi dan informasi positif ini, agar setiap masyarakat tahu dan peduli terhadap kanker pada anak. Karena "Bersama Kita Bisa."

Untuk informasi Buku Nutrisi Bagi Anak Penderita Kanker dan 1000 Mata Gratis bisa menghubungi:


www.ykaki.or.id
Instagram: YKAKI We Care



11 comments on "YKAKI~Luncurkan Buku Nutrisi Bagi Anak Penderita Kanker dan Gerakan 1000 Mata Palsu Gratis"
  1. Buku Nutrisinya sangat penting utk dibaca sebagai bahan bimbingan dan petunjuk agar si Anak menjadi sehat. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas bukan hanya untuk penderita kanker ya mas..

      Delete
  2. Dengan adanya YKAKI dan buku Nutrisi bagi Anak Penderita Kanker, Semoga semakin banyak anak penderita kanker yang ditolong dan sembuh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak.. semoga bisa menjadi Buku yang bermanfaat bagi mereka yang menderita ya mba

      Delete
  3. edukasi mengenai kanker emang perlu ya mbak, apalagi dengan adanya buku nutrisi ini, orang tua bisa lebih mudah untuk menangani anak-anaknya, dan tentunya bisa dijadikan sebagai bahan pembelajaran utk orang tua ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, alhamdulillah banget Buku ini sudah launching

      Delete
  4. Semoga buku ini menjadi penyemangat para orang tua dalam membuat menu menu yang enak dan bergizi untuk anaknya yang menderita Kanker

    ReplyDelete
  5. program YKAKI ini membantu banget terutama bagi keluarga pasien penderita kanker, agar bisa menyajikan makanan yang bergizi untuk buah hati.

    ReplyDelete
  6. Makasih mba infonya....sampe komplit dehh pokoknya

    ReplyDelete

Thank you for visiting my blog. I am very happy if you leave comments, feedback, suggestions, or criticism. As a passion for me, to be able to write better. Happy Reading!