Mengapa Penang Menjadi Tujuan Untuk Berobat Sekaligus Wisata?

by - March 24, 2018

Dulu ketika masih aktif bekerja, terbang ke Penang adalah salah satu rute penerbangan favorit seluruh awak kabin di tempat saya bekerja dulu. Sekalipun banyaknya membawa penumpang yang hendak berobat, kami semua merasa senang bisa mengantarkan para penumpang termasuk pasien selamat sampai tujuan.



Jika saya perhatikan, beberapa tahun belakangan, tren periksa kesehatan di Penang, Malaysia meningkat secara drastis. Banyak pasien dari Indonesia dan berbagai Negara lainnya yang rombongan memeriksakan kesehatan dan mencari kesembuhan di Penang.


sumber:sumabeachlifestyle.com

Apa sih sebenarnya yang menarik dari dunia kesehatan dan kedokteran di Penang? Karena secara skill dokter dan juga kecanggihan alat, semestinya Indonesia tidak jauh beda dengan kota di negeri tetangga ini. Setelah ditelusuri, ternyata beberapa hal berikut yang membuat banyak pasien dari Indonesia dan berbagai negara datang ke Penang untuk berobat. Yuk disimak! 

Birokrasi Mudah


Sumber: jempt.com
Periksa di rumah sakit Indonesia, terutama di RS Pemerintah selalu memerlukan waktu lama dan birokrasi yang berbelit. Terlebih untuk pasien yang memakai asuransi, yang perlu banyak berkas dan harus diurus semuanya sampai tuntas sebelum mendapatkan perawatan dari pihak rumah sakit.

Hal tersebut tidak akan kita temukan di Penang, yang mana pasien dilayani dengan baik terlebih dahulu, tanpa perlu proses birokrasi yang berbelit. Pasien lokal atau dari luar negeri, diperlakukan sama mudahnya oleh mereka.

Hasil Lab Swasta, Tak Masalah

Pada beberapa rumah sakit di Indonesia, membawa hasil lab swasta tidak bisa dipakai untuk pemeriksaan di rumah sakit. Pasien harus periksa ulang laboratorium, baru setelah itu dilakukan tindakan.

Di Penang, hasil laboratorium swasta tidak dipermasalahkan. Bisa langsung dipakai sebagai dasar tindakan dokter untuk melakukan diagnose dan pemeriksaan. Sehingga pasien tidak perlu keluar biaya lagi untuk cek lab yang harganya tidak bisa dibilang murah.

Dokter Ramah dan Professional


sumber:penangmonthly.com

Soal keramahan dokter dan tingkat profesionalisme perawat di Penang, semua patut diacungi jempol. Senyum ramah menjadi kewajiban, dan semua petugas medis melayani pasien tanpa pandang bulu. Siapapun diperlakukan sama, dengan senyum dan pelayanan yang paripurna.

Tidak heran jika banyak pasien yang berburu tiket Malindo Air untuk ke Penang demi mendapatkan pelayanan ramah dari dokter yang akan membuat sakit jadi lekas sembuh.

Biaya Lebih Murah Dari Singapura

Bicara soal mahal atau murah, itu memang relatif. Namun bila dibandingkan dengan biaya perawatan kesehatan di Singapura, maka rumah sakit di Penang lebih murah.

Dengan pelayanan yang ramah dan alat modern nan canggih, pasien tidak perlu membayar biaya semahal di Singapura untuk berobat. Ini mengapa banyak penumpang Malindo Air yang sengaja terbang ke Penang untuk berobat.


Bisa Sekaligus Berwisata

Sumber: asiamarvels.com

Berobat di Penang tidak hanya mendapatkan kesembuhan semata. Namun juga sekaligus berwisata, karena ada banyak tempat liburan yang menyenangkan di kota ini. Penang juga dikenal sebagai surganya wisata kuliner di Malaysia. Aneka ragam makanan lezat dari berbagai etnis ada di sini, mulai dari makanan Melayu, China, hingga India, semuanya ada di Penang.

Dengan jarak yang tak terlalu jauh dari Indonesia, Penang menjadi destinasi berobat dan berwisata dalam satu kali perjalanan. Biaya menuju ke sana pun cukup terjangkau, dengan tiket Malindo Air yang bisa kita pesan sewaktu-waktu.

Biaya perjalanan ke Penang juga akan jadi lebih murah kalau kita pesan tiket Malindo Air sejak jauh hari. Oh iya, pastikan untuk memesan tiket pulang pergi ya, biar jadi lebih hemat lagi.



You May Also Like

9 coment�rios

  1. Ngiler liat kulinernya.
    Emang berobat di tempat yang nyaman dengan birokrasi mudah itu paling asyik deh :)

    ReplyDelete
  2. Dulu alasan papa nyekolahin aku dan adekku di penang, ya krn murah. Ga ada yg namanya uang pelicin, uang gedung dll. Semua jelas.. Biaya kuliahku sampe selesai di sana, jauuuuuh lbh murah drpd kuliah di jkt.

    Trus pas mama operasi pengangkatan rahim, itu jg di penang. Alasannya ya krn murah, dan dokternya ga semata duit doang. Ya kaliii pas di indonesia, mama divonis tumor ganas. Lgs main vonis lg. Pas kita ke penang, ternyata cm kista. Dan ga bahaya. Tapi memang mengganggu. Krn itu dokter di sana nyaranin angkat rahim. Toh anak udh 4. Ga kebayang lah kalo mama di obatin di indo, ga sembuh kurasa :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak wah mba ada pengalaman baik disana juga ya... Alhamdulillah ya mbak...

      Delete
  3. Penang masih jadi dream list traveling aku nih. Wisata kuliner sama destinasi wisata di sana yang bikin akun pengen banget ke Penang. Semoga ada rezeki bisa ke Penang, jadi ngga cuma bisa ke KL aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Harga tiketnya juga terjangkau mbak... Katanya berobat disana juga bagus dan gak terlalu mahal... Makanya banyak banget yang kesana untuk berobat

      Delete
  4. Wah ini to penyebabnya. Baru tahu, aku...! :)
    Banyak sahabat terutama yang berada di Sumatera Utara selalu jadikan Penang, tempat berobat favorit.
    Bahkan baru-baru ini sahabat saya yang tinggal di Balikppan juga ke Penang.
    Semoga suatu hari Indonesia bisa seperti ini ya.

    ReplyDelete
  5. Pantesan tetangga yang didiagnosa kanker payudara di dharmais pindah berobat ke Penang. Sempat heran juga kenapa enggak ke Singapura seperti kebanyakan orang Indonesia lainnya. Dan, di sana ternyata jadi enggak perlu operasi lho Mbak..ya ampun nggak nyangka dia

    ReplyDelete
  6. iya ya penang identik dengan negara tujuan berobat, tapi destinasi wisata disana keren, ramah traveler juga, murah meriah, makanannya enak-enak.

    ReplyDelete

Thank you for visiting my blog. I am very happy if you leave comments, feedback, suggestions, or criticism. As a passion for me, to be able to write better. Happy Reading!