Teknik Mewarnai Gambar Dengan Goldfaber Castell

Thursday, March 29, 2018
Hello Moms,



Manfaat mewarnai bagi anak-anak tentu sudah tidak asing lagi ya bagi kita semua. Mewarnai adalah salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan bagi anak-anak, karena mereka dapat menuangkan imajinasi yang dimiliki. Bahkan, banyak para orang tua yang mengikutsertakan anak-anak usia dini dalam kursus menggambar dan mewarnai.

Manfaat Mewarnai Bagi Anak-Anak

  • Mengenal warna dan gambar
  • Media terapi 
  • Media berekspresi
  • Melatih keterampilan motorik

Namun, apakah ada manfaat dari mewarnai dan menggambar untuk orang dewasa? Jelas ada, moms. Padatnya aktivitas orang dewasa tentu menimbulkan rasa lelah, letih bahkan stres. Sehingga, manfaat bagi kesehatan orang dewasa juga sangat penting. Karena mewarnai dapat mengistirahatkan sejenak bagian otak yang mengontrol emosi penyebab stress, rasa khawatir dan lainnya. 

Manfaat Mewarnai Bagi Orang Dewasa

  • Melatih motorik agar tetap aktif sekalipun bertambahnya usia
  • Menghilangkan stress, takut dan cemas
  • Membangkitkan energi positif 
  • Dapat berekspresi
  • Menghilangkan kesedihan, dan lainnya 

Berdiri sejak tahun 1761, Faber-Castell selalu menghadirkan berbagai produk-produknya yang berkualitas. Bahkan bukan hanya alat mewarnai saja, berbagai alat tulis seperti pulpen, pensil dan yang lainnya juga bisa kita dapatkan di gerai Faber-Castell.






Beruntung pada (24/03) lalu, saya dan teman-teman dari Kumpulan Emak Blogger (KEB) mendapatkan kesempatan untuk mengikuti workshop mewarnai bersama Faber-Castell di Plaza Senayan, Jakarta. Berlokasi di gerai Faber-Castell, saya bisa langsung melihat berbagai produk selain pensil warna yang biasa saya lihat di toko buku dekat rumah. Ternyata, banyak banget, lho. Walau tidak memiliki hobi menggambar, saya sangat suka mewarnai. Apalagi sekarang sudah memiliki Rayyan, kegiatan mewarnai bisa saya lakukan bersama Rayyan. 

Gold Faber Pencils Workshop

Bapak Andri Kurniawan selaku Public Relations Faber-Castell membuka acara dan mengenalkan new product Goldfaber 12 yang juga dibagikan kepada para emak blogger yang hadir untuk langsung mewarnai gambar pada kertas yang sudah dibagikan. Tantangan banget ini untuk saya, karena selama ini teknik mewarnai saya hanya hatching saja. Selain Goldfaber 12, tersedia juga varian isi 24, 36 dan 48. Semakin banyak warna yang dimiliki, tentu semakin bagus pula hasilnya. Ya kan? 

Andri Kurniawan selaku Public Relations Faber-Castell


Berbagai Produk Faber-Castell 


Sebelum mewarnai dimulai, Ibu Fransiska Remila selaku Brand Manager Faber Castell Indonesia menjelaskan beberapa produk Faber-Castell khususnya pensil warna yang dibuat sesuai untuk kalangan anak-anak, dewasa maupun professional. 



Ibu Fransiska Remila selaku Brand Manager Faber Castell Indonesia

Jika biasanya kita menggunakan Faber-Castell kemasan berwarna merah, Itu ternyata khusus untuk anak-anak lho. Untuk yang dewasa yaitu kemasan berwarna biru yang tahan hingga beberapa tahun, sedangkan untuk yang professional yaitu kemasan berwarna hijau yang tahan hingga 100 tahun. Wow, lama juga ya. Sekalipun dibedakan kelas dan harganya, seluruh produk Faber-Castell tetap memiliki kualitas yang sangat baik.













Creative Studio New Product


Sebagai produk terbaru dari Faber-Castell, Goldfaber ini di import langsung dari Jerman dan dapat digunakan oleh orang-orang yang memiliki hobi menggambar dan menuangkan imajinasinya untuk hasil warna yang lebih baik. Variannya terdiri dari:



  • Goldfaber
  • Goldfaber Aqua
  • Goldfaber Graphite Pencils
  • Goldfaber Sketch Set

Kelebihan Goldfaber

  1. Di import dari Jerman
  2. Tidak mudah patah
  3. Pigmen tinggi dengan lead 3,3 mm
  4. Daya tahan warna lebih lama
  5. Tahan air
  6. Tersedia hingga 48 warna



3 Teknik Mewarnai Gambar Dengan GoldFaber-Castell 

Nah, selanjutnya adalah workshop mewarnai bersama mas Rizal selaku Creative Development Faber Castell yang akan mengarahkan bagaimana mewarnai dengan teknik Hatching, Blending dan Cross Hatching



Rizal selaku Creative Development Faber Castell


Hasil karya Mas Rizal, bagus banget yak... 


  1. Hatching: Teknik mengarsir dengan membuat garis-garis secara  sejajar yang rapat.
  2. Cross Hatching: Teknik membuat garis-garis sejajar namun bertumpuk sehingga terlihat menyilang dan biasanya digunakan untuk mewarnai tubuh manusia. 
  3. Blending: Teknik mencampurkan 2 warna yang terdiri dari warna muda dan tua dengan cara diarsir. 
Setelah mengetahui teknik mewarnai, para peserta langsung mempraktekannya. Seru banget deh, biasanya mewarnai sama anak di rumah, kali ini sama emak blogger. :)





Bagaimana, tertarik kan mencoba tekniknya di rumah? Jangan lupa pakai Goldfaber-Castell ya, untuk hasil warna yang jauh lebih baik. Terima kasih Faber-Castell dan Kumpulan Emak Blogger. 



Facebook: fabercastell.creativekids
Twitter: FaberCastell
Instagram: fabercastell_id
website http://www.faber-castell.co.id/



21 comments on "Teknik Mewarnai Gambar Dengan Goldfaber Castell "
  1. setelah ikutan workshop kmrn, ilmu mewarnai jd bertambah ttg hatching, sketching dll hahaha, plus hepi karena dapet goldfaber haratis yg bisa dipake di rumah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benr mbak, stok banyak ya.... Mayan bisa buat beli produk Faber-Castell yang lain hehhe

      Delete
  2. jadi pengen ke sana lagi, buat coba pensil yang polychrome hehe

    ReplyDelete
  3. menarik sekali acaranya. saya suka banget gambar apalagi pake fabercastell.makasih sharing teknik nya kaa :)

    ReplyDelete
  4. Aku taunya pensil warna ya pensil warna aja mbak... Ternyata masing masing ada jenis dan fungsinya juga yak... Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mbak, diriku juga tanya yang merah doank hahah

      Delete
  5. bagus euy mba goldfabernya apalagi import yah, aku juga biasa beliin faber buat neyna warnain cuman sayang anakya masih jorok jadi ga tertib kalau abis pake :)

    ReplyDelete
  6. Aku punya pensil warna faber castell ini. Jadi keingetan udah lama ga mewarnai buat relaksasi walapun teknikku masih cemen banget :D

    ReplyDelete
  7. Kemarin nyobain pensilnya lembut banget,seru lagi bisa mewarnai bareng-bareng

    ReplyDelete
  8. seruu yaaa.. aku senang bisa bawa pulang produknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mbak. Banyak pula lagi yak. Bisa berkreasi maksimal deh sama anak di rumah

      Delete
  9. Pake faber castell emang bikin gambar jd bagus, warnanya tebel gambar jd lebih hidup

    ReplyDelete
  10. Nyesel eh aku ga beli buku mewarnai yang untuk relaksasi. Jadinya buku gambar anakku menjadi korban. Heheh. Memang enak mewarnai dengan Goldfaber.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, lenfkap banget disana..diriku juga pgn beli yang lain

      Delete
  11. saya tuh ga sabar, kalo mewarnai pengen segera selesai hasilnya >< padahal justru mewarnai harus sbr ya agar hasilnya bagus

    ReplyDelete
  12. Klo udah ikutan workshop ternyata mewarnai cantik tidak sesukar yg dibayangkan

    ReplyDelete
  13. Pensil warna anakku ini sih. Tp pas tau ada yg utk dewasa dan pro jg, aku jd penasaran pgn punya mba :) .. Aku mah ga jago2 amat menggambar. Tp kalo mewarnai suka. So far, memang faber castell yg enak bgt dipakai, dan wrnnya kluar :D

    ReplyDelete

Thank you for visiting my blog. I am very happy if you leave comments, feedback, suggestions, or criticism. As a passion for me, to be able to write better. Happy Reading!