Apa yang Harus Diperhatikan Ketika Memilih Jajanan Untuk Anak-anak?

Monday, April 23, 2018
Hai Moms, 

Waktu zaman saya kecil, permen adalah salah satu jajanan wajib yang saya beli ketika waktu istirahat sekolah. Orang tua saya zaman dulu sangat selektif sekali terhadap jajanan apa saja yang boleh saya beli dan konsumsi. Hal itu juga sekarang saya terapkan pada Rayyan. Banyaknya aneka jenis jajanan saat ini, tentu lebih membuat worry ya, Moms. 


Nah, salah satu permen zaman saya kecil yang masih ada sampai saat ini adalah Pindy Permen Susu. Permen ini terdiri dari 3 varian rasa, yaitu: Rasa Susu, Cokelat, dan Stroberi. Dari dulu ciri khas permen ini adalah empuk dan rasa susunya berasa banget. Saat menemukan permen ini di salah satu tempat perbelanjaan, saya senang sekali. Serasa kembali ke zaman anak-anak dulu. 

Apakah Anak-Anak Boleh Mengkonsumsi Permen? 


Sebagian orang tua mungkin mempercayai bahwa permen dapat merusak gigi dan menyebabkan gigi sakit, membuat gemuk, mengundang jamur usus, menyebabkan batuk, dan menghilangkan nafsu makan. Kepercayaan itu memang tidak salah juga ya, Moms.

Namun beberapa riset juga menyebutkan bahwa permen tidak selalu buruk untuk anak-anak, asalkan orang tua dapat memilih yang bermutu baik dan dikonsumsi secara moderat. Sekalipun permen tidak bisa dikategorikan makanan yang m sehat, sebenarnya permen memiliki kebaikan juga. Kandungan gulanya adalah gula sederhana yang disebut sukrosa, jika dikonsumsi akan diubah tubuh secara cepat menjadi energi. Jika permen tersebut terbuat dari bahan makanan bernutrisi, seperti susu, kacang, gula merah, licorice, atau cokelat, maka pemberiannya bisa sedikit membantu menambah asupan gizi untuk tubuh.

Bahayakah Mengkonsumsi Pindy Permen Susu? 

Pernah mendengar bahwa permen Pindy mengandung Narkoba? Mmm, maraknya berita hoax di sosial media saat ini seringkali membuat sebagian masyarakat menjadi korbannya. Padahal terkadang, berita yang kita dengar dan lihat harus ditelusuri dahulu sumbernya apakah benar atau tidak. 

Menurut informasi berita online yang saya baca, Permen Pindy yang diisukan mengandung narkoba tersebut yaitu Pindy Kembang Gula Lunak Rasa Susu dan Stroberi dengan nomor izin edar BPOM RI MD 224510008005 diproduksi oleh PT. Inasentra Unisatya – Kabupaten Bogor. Izin edar diterbitkan Badan POM RI setelah dilakukan evaluasi terhadap aspek keamanan, mutu, dan gizi produk termasuk proses produksi serta labelnya.




Balai Besar POM di Semarang telah melakukan penelusuran dan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas dan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Banyumas terkait isu ini. Sampel permen susu yang diisukan mengandung narkoba juga sudah diuji dan hasilnya menunjukkan sampel permen tersebut tidak mengandung narkoba.

Komposisi Pindy Permen Susu yaitu: Gula, Sirup Glukosa, Lemak Nabati, Bubuk Buttermilk, Lemak susu Anhidrat, Gelatin Sapi, Perisai Sintesis Susu, Pewarna Karmoisin, dan lainnya yang bisa dilihat pada setiap kemasan Permen Pindy. Permen Pindy ini juga aman dikonsumsi karena sudah terdaftar di BPOM RI dan dijamin halal. Jadi kita sebagai orang tua harus smart ya, sebelum termakan berita hoax.

Foto: Pribadi 
Tips Memilih Jajanan Untuk Anak-Anak 

  1. Pilih jajanan yang halal
  2. Terdaftar di BPOM RI 
  3. Bahan-bahan yang digunakan jelas dan tidak berbahaya
  4. Sehat dan bergizi
  5. Aman dikonsumsi 
  6. kemasan tidak rusak
  7. Ada tanggal produksi dan tanggal kadaluarsa
  8. Disukai anak-anak, dan lainnya. 

Kalau moms bagaimana kriteria jajanan sehat untuk Si Kecil? Yuk share di kolom komentar. 

Facebook : Permen Pindy 
Instagram :permenpindy_id

Happy Parenting! 



8 comments on "Apa yang Harus Diperhatikan Ketika Memilih Jajanan Untuk Anak-anak? "
  1. betul , masalahnya kalau sudah di luar rumah atau sekolah mereka suak jajan krn pengaruh atau lihat temannya dan perlu diberitahu ya, tp memang agak sulit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba bener banget jadi orang tua harus benar-benar memperhatikan

      Delete
  2. Trims untuk tipsnya hehe, jadi kudu hati2 sama jajanan anak hehe

    ReplyDelete
  3. duhh hoax suka jahat2 yaa :( btw, pindy ini kadang jadi tambahan cemilan anak2 di rumah juga nih.. enak sih rasanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Zata, manis susunya enak ya

      Delete
  4. 3 permen setara dengan segelas susu.
    skrng terlalu banyak jajanan yg kurang bagus.

    ReplyDelete

Thank you for visiting my blog. I am very happy if you leave comments, feedback, suggestions, or criticism. As a passion for me, to be able to write better. Happy Reading!