Cara Mencegah Penyakit Tidak Menular Tapi Mematikan

Saturday, April 14, 2018
Hai Moms, 

Sudah olahraga apa pagi ini? Membahas olahraga, kalau buat saya agak-agak sensitif. Karena sampai detik ini, olahraga yang sering saya lakukan hanya jogging seminggu sekali saja. Terkadang rasa ingin mencoba olahraga lain yang bisa dilakukan di dalam rumah sih ada, cuma faktanya semua itu belum pernah terwujud setiap hari. Alhasil saya jarang banget gerak aktif. Nah, gaya hidup seperti saya ini bisa disebut Gaya Hidup Sedentari.



Apa itu Gaya Hidup Sedentari? 

Gaya hidup sedentari adalah kebiasaan-kebiasaan dalam kehidupan seseorang yang tidak banyak melakukan aktivitas fisik atau tidak banyak melakukan gerakan. Gaya hidup seperti ini ternyata sangat tidak baik karena dapat menjadi masalah kesehatan seperti penyakit jantung, diabetes mellitus dan stroke.


Mirisnya, Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 dari Kementrian Kesehatan menunjukan bahwa 24,1% penduduk Indonesia  menjalani perilaku sedentari lebih dari 6 jam sehari. Sehingga hal ini dapat menjadi risiko terjadinya penyakit tidak menular yang mematikan pun meningkat. 

Ayo Indonesia Bergerak Bersama Anlene 

Sebagai brand unggulan Fonterra Brands Indonesia, Anlene mengajak masyarakat Indonesia untuk bergerak aktif dan melawan gaya hidup sedentari dengan kampanye Ayo Indonesia Bergerak


 Ines Yumahana, Dr Ade Jeanne, Rohini Behl, Ganeswari, Indy Barends

Rohini Behl, selaku Technical Marketing Advisor, Fonterra Brands Indonesia mengatakan, "Seiring dengan gaya hidup modern yang umumnya dilakukan masyarakat Indonesia, tidak dipungkiri bahwa gaya hidup sedentari juga banyak dilakukan. Sehingga saat ini adalah waktu yang tepat untuk mengajak seluruh masyarakat untuk melawan fenomena ini."


Macam-Macam Latihan Fisik


Beberapa latihan fisik yang bisa kita lakukan di dalam rumah, antara lain:



  • Cardiorespiratory fitness
  • Stretching
  • Strengthening

Latihan fisik tersebut bisa kita lakukan ketika bangun tidur, membaca buku, beberes rumah, dan bisa dilakukan juga  di kursi ruang makan. Selain itu, latihan fisik ini dapat dilengkapi dengan olahraga teratur seperti jogging, aerobik, yoga, atau pilates.

Dr Ade Jeanne L Tobing, SpKO mengatakan, "Tulang, sendi dan otot bekerja sama dalam mendukung setiap gerakan yang kita lakukan setiap hari. Aktivitas fisik juga dapat membuat sendi lebih fleksible dan otot lebih kuat."

Manfaat Aktivitas Fisik Untuk Kesehatan Tulang, Otot dan Sendi

Dengan tetap aktif bergerak sekalipun beraktivitas di dalam rumah, kita bisa mendapatkan manfaat-manfaat sebagai berikut:



  1. Aktivitas fisik weight bearing akan menguatkan dan memadatkan tulang melalui stimulasi remodeling tulang. 
  2. Aktivitas fisik weight bearing meningkatkan sintesis protein di otot serta meningkatkan kekuatan dan fungsi otot. 
  3. Aktivitas fisik bermanfaat bagi kesehatan sendi dan dapat memiliki efek protektif pada tulang rawan sendi.


Ines Yumahana Gulardi

Ines Yumahana Gulardi, Senior Nutrition Manager, Fonterra Brands Indonesia menjelaskan, "Kunci untuk gaya hidup lebih sehat adalah dengan mempraktikkan olahraga rutin dan memilih pola makan yang sehat dan seimbang. Anlene dengan formulasi MoveMax mengandung zat gizi yang membantu menjaga kekuatan otot, sehingga kita dapat bergerak aktif dan melawan gaya hidup sedentari."



Kampanye Ayo Indonesia Bergerak

Kampanye "Ayo Indonesia Bergerak" meliputi estafet dari Yogyakarta ke Jakarta untuk menginspirasi masyarakat Indonesia untuk bergerak lebih aktif dalam melawan gaya hidup sedentari. Sebanyak 250 pelari dan pesepeda dilepas untuk melakukan perjalanan sejauh 600 KM ke Jakarta melewati sejumlah kota seperti Kebumen, Purwokerto, Ciamis, Bandung, dan Bogor.





Dalam perjalanan dari Yogyakarta dan berakhir dengan puncak acara di Jakarta pada 22 April 2018 mendatang, Ayo Indonesia Bergerak juga menghadirkan kegiatan-kegiatan menarik seperti: MoveMax Arena, Cooking Class dan Fun Walk.


Yuk mulai sekarang kita lawan gaya hidup sedentari, untuk hidup lebih sehat dan lebih baik.






19 comments on "Cara Mencegah Penyakit Tidak Menular Tapi Mematikan"
  1. Aku juga termasuk org yg gak rutin olahraga tp sll berusaha setiap hari melakukan 30 mnt aktivitas fisik.

    ReplyDelete
  2. Waaa asik banget Mba bisa ikutan acara ini... Nanti acaranya ada yg di Bandung kan ya Mbak?

    ReplyDelete
  3. Hai Mba Amalia baca ini jadi mengingatkan saya akan pentingnya bergerak terutama berolahraga. Oalahraganya saya itu biasanya cuma jalan kaki aja pagi-pagi bareng anak sambil ngenalin anak juga dengan lingkungan di sekitarnya. Mkash sudh mengingatkan lwat tulisannya ��

    ReplyDelete
  4. wah iya ktnya indonesia termasuk no 3 di dunia yg males gerak ya ?harus mulai gerak dari sekarang nih

    ReplyDelete
  5. Tertohok nih soal bergerak, aku masih males untuk olahraga hahahha aduh aku mau rajin lagi deh biar sehat bugar

    ReplyDelete
  6. Susu anlene ini susu kesukaan aku juga karena bisa menambah kekuatan tulang. Semangat ah beraktifitas walau jalan kaki :)

    ReplyDelete
  7. Dulu, waktu masih kerja, rutin minum susu ini. Karena kerjanya banyakan berdirinya, jadi perlu tenaga dan tulang yang kuat. Ehtapi pas udah ngga kerja, malah jarang minum susu :( Kerasa banget sih bedanya.

    Susu juga ternyata bisa jadi salah satu pencegah penyakit ya. Jadi pengen rutin lagi deh minum susu. Karena kan ibu itu selalu perlu tenaga buat ngurus keluarga.

    ReplyDelete
  8. Aku jarang olah raga, nyaris enggak pernah. Tapi alhamdulillah aku rajin jalan kaki. Paling tidak aku harus jalan kaki 1 km setiap mau keluar komplek menuju jalan raya, pulangnya pun begitu.

    ReplyDelete
  9. ini nech PR banget buatku. ngurusi IRT capek banget, alhasil olahraga nggak sempet karena udah capek duluan hajajha. btw capek ngerjain IRY bisa dikategorikan olahraha nggak mbaa? wkwkkwm

    ReplyDelete
  10. tim males gerak jadi tertohok baca post ini *termasuk aku*

    ReplyDelete
  11. Aku jarang banget olahraga, haha sekalipun olahraga paling lari-lari aja. Karena jarang olahraga, paling aku harus lakukan aktivitas fisik setiap hari.

    ReplyDelete
  12. aku udah lama banget mikir soal kesehatan tulang kebayangkan kalau kita udah tua harus punya tulang yang kuat. aku juga selalu sedia anlene di rumah

    ReplyDelete
  13. Bener banget kita emang butuh hal lain selain olah raga. Aplg buat yg olah raga jarang pake banget kayak aku. Hihi. Perempuan rentan osteoporosis jd minum susu begini penting buat investasi kesehatan. :)

    ReplyDelete
  14. Penting bangat ya ternyata bergerak aktif, harus disempatkan sesibuk apapun kita demi hidup yang sehat.

    ReplyDelete
  15. penting banget bergerak buat tulang ya mba,,, apalagi didampingi asupan susu yang sesuai dengan kebutuhan

    ReplyDelete
  16. Aku termasuk salah satu yang jarang gerak terutama sejak masuk kuliah. Berarti harus diniatkan nih.

    ReplyDelete
  17. Sebaiknya mulai minum susu anlene ini dari umur berapa ya mbak?

    ReplyDelete
  18. Kemarin-kemarin udah mulai olahraga sepedaan, tapi sayang sepeda rusak dan belum sempat dibetulkan, mood berolahraga jadi turun gara-gara itu.

    ReplyDelete
  19. Sedentari ini gaya hidup yang melenakan, padahal resikonya banyak yaa mba, jadi makin aware..

    ReplyDelete

Thank you for visiting my blog. I am very happy if you leave comments, feedback, suggestions, or criticism. As a passion for me, to be able to write better. Happy Reading!