Rumah Zakat - Aplikasi Sharing Happiness Memudahkan Berbagi dan Membantu Sesama

by - April 18, 2018

"Berbagi itu Indah"

Kemarin pada tanggal 17 April lalu, saya senang sekali mendapatkan undangan dari komunitas Kumpulan Emak Blogger (KEB) dan Rumah Zakat untuk hadir dalam acara peluncuran aplikasi Sharing Happiness 3.0 untuk memudahkan kita berbagi dan membantu sesama. 


Berlokasi di Tjikini Lima -  Jakarta, acara ini dihadiri oleh Bapak Nur Efendi (CEO Rumah Zakat), Ibu Hikmah Fitria (Fasilitator Desa Purworejo), dan rekan-rekan media juga blogger.

Rumah Zakat adalah lembaga filantropi yang mengelola Zakat, Infaq, Shadaqah serta dana sosial lainnya melalui program-program pemberdayaan masyarakat.


Menurut Bapak Nur Efendi, "Di tahun 2018 ini, Rumah Zakat menargetkan untuk bisa membina 1.234 Desa Berdaya di seluruh Indonesia. Desa berdaya adalah proses pemberdayaan wilayah berdasarkan pemetaan potensi lokal di bidang ekonomi, kesehatan, lingkungan dan pendidikan."

"Untuk melancarkan kegiatan ini, maka kami juga membutuhkan fasilitator untuk merealisasikan Desa Berdaya. Tugas fasilitator  ini sangat luar biasa, sehingga mereka juga layak disebut Relawan Inspirasi," papar Bapak Nur Efendi.


Ibu Hikmah Fitria mengatakan, "Sebagai Fasilitator Desa Berdaya saya merasa sangat antusias dan semangat sekali dengan seluruh program positif dari Rumah Zakat untuk membantu sesama. Berbagai hasil dari Desa Berdaya seperti olahan makanan, kerupuk, kerajinan tangan seperti tas dan dompet juga sudah banyak terjual. Hal ini sangat memberikan semangat bagi kami semua di Desa Purworejo untuk terus menciptakan seluruh karya dari desa kami."

Aplikasi Sharing Happiness

Sejak aplikasi SharingHappiness.org diluncurkan, hingga Maret 2018 telah menghimpun Rp. 24 miliar dari 25.000 donatur dan berhasil mendanai 280 project sosial. Respon positif dari donatur dan seluruh masyarakat Indonesia ini tentunya menjadi motivasi Rumah Zakat untuk senantiasa melakukan perbaikan dan kemudahan bagi para penggunanya.


Perbaikan fitur dari aplikasi Sharing Happiness dari tahun 2017  antara lain:

  1. Pilihan program sosial kemanusiaan.
  2. Dashboard untuk melihat perkembangan program.
  3. Proses donasi yang bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.
  4. Tersedia wishlist agar memudahkan pengguna menyimpan atau mengecek program.

Rekap Program Pemberdayaan Rumah Zakat Tahun 2017

Sepanjang tahun 2017, Rumah Zakat telah mengelola dana ZIS (Zakat, Infaq, dan Shadaqah) dari para donatur melalui beberapa program pemberdayaan yang terdapat di 1.056 Desa Berdaya yang tersebar di 172 Kabupaten dan 21 Provinsi. 

Jumlah penerima manfaat tersebut mencapai 1.621.982 orang yang mendapatkan layanan program di bidang:

  • Kesehatan (Senyum Sehat)
  • Pendidikan (Senyum Juara)
  • Ekonomi (Senyum Mandiri)
  • Lingkungan (Senyum Lestari)

Apa Program Rumah Zakat di Tahun 2018 Ini? 


Sumber: Rumah Zakat 

Di bulan Ramadhan 1439 Hijriah ini, Rumah Zakat telah mempersiapkan sejumlah program istimewa sebagai bagian dari pemberdayaan masyarakat di Desa Berdaya. Rumah Zakat memiliki target untuk mendistribusikan program 124.000 Paket Berbagi Buka Puasa (BBP), 14.300 Paket Kado Lebaran Yatim (KLY), 6.200 Bingkisan Lebaran Keluarga (BLK), 8.850 paket Syiar Quran (SQ),  dan 300 penerima manfaat program Janda Berdaya (JB).

Manfaat Zakat, Infaq dan Shadaqah 

Manfaat berzakat, Infaq maupun shadaqah juga bisa dirasakan oleh penerima maupun yang memberikan apabila ikhlas menunaikannya. Manfaatnya antara lain:

Sumber: Rumah Zakat 

  1. Mempererat tali silaturahmi antar sesama
  2. Menunaikan zakat, Infaq dan shadaqah dapat meningkatkan harta dan keberkahan.
  3. Dapat membantu fakir miskin dalam memenuhi kebutuhannya. 
  4. Menghilangkan rasa iri hati dan dengki di  hati para fakir miskin, dll
Dengan adanya aplikasi Sharing Happiness ini, alhamdulillah kita semua bisa melakukan kebaikan tanpa ditunda lagi ya.

Yuk berbagi mulai dari sekarang... 


You May Also Like

6 coment�rios

  1. Wah sudah ada aplikasinya jadi lebih mudah berbagi yaa

    ReplyDelete
  2. Keren keren... jd memudahkan kita utk saling berbagi ya..

    ReplyDelete
  3. Saya kagum dengan Rumah zakat dan program desa berdaya yang didirikan, sekarang ada aplikasinya lagi! Maju terus Rumah Zakat! 😄

    ReplyDelete
  4. Aku dah donlot nih, Mbak. Alhamdulillah banget ya jaman sekarang, mau zakat aja bisa pake aplikasi. :))

    ReplyDelete
  5. Jadi memudahkan untuk berdonasi ya, kapan aja dimana aja

    ReplyDelete
  6. inshaallah aplikasinya sdh ada di gawai tinggal intip program yang diinginkan

    ReplyDelete

Thank you for visiting my blog. I am very happy if you leave comments, feedback, suggestions, or criticism. As a passion for me, to be able to write better. Happy Reading!