Cara Melakukan Baby Spa di Rumah dengan Little Bee

Thursday, May 10, 2018
Hai Moms,

Masih ingat bagaimana wangi Si Kecil ketika baru lahir? Aroma khasnya ngangenin ya. Kalau saya menyebutnya wangi bayi. Ternyata bukan saya saja yang selalu merindukan wangi khas bayi tersebut, lho. Setelah saya survey ke beberapa teman saya di komunitas ibu-ibu, ternyata 8 dari 10 menyukai dan merindukan aroma khas bayi tersebut.



Lalu bagaimana agar Si Kecil yang kini tumbuh besar tetap wangi khas bayi? Tenang Moms, yuk disimak sampai selesai. Karena saya akan berbagi pengalaman membuat Si Kecil tetap wangi melalui Baby Spa di rumah.

Menjalin Ikatan Kasih Sayang dengan Si Kecil 

Menjalin ikatan kasih sayang dengan Si Kecil tentu bisa dilakukan dengan banyak cara ya Moms. Hal ini sangat diperlukan oleh Si Kecil karena akan berdampak besar pada proses tumbuh kembangnya. Ikatan kasih sayang yang terjalin akan membuat Si Kecil lebih merasa dicintai, merasa terlindungi, dan akan tumbuh menjadi pribadi yang lebih ceria.

Momen ketika kita pertama kali berjumpa dengan Si Kecil tentunya menjadi momen tak terlupakan. Begitu pula dengan ikatan kasih sayang antara ibu dan anak yang harus selalu kita jalin, karena akan memberi banyak manfaat bagi perkembangan emosional dan sosialnya.

Menjalin ikatan kasih sayang tersebut sudah dimulai ketika Si Kecil masih di dalam kandungan. Lalu bagaimana ikatan kasih sayang tersebut dilakukan setelah Si Kecil lahir? Berikut 10 cara menjalin ikatan kasih sayang dengan Si Kecil:



  1. Lakukan IMD (Inisiasi Menyusu Dini)
  2. Ciumi bayi, terutama bagian kepala
  3. Pandangi wajahnya
  4. Skin to skin
  5. Peluk dan gendong Si Kecil 
  6. Usahakan untuk tetap menyusui hingga 2 tahun
  7. Tidur dekat Si Kecil
  8. selalu ada untuk Si Kecil
  9. Luangkan waktu untuk bermain bersama
  10. lakukan baby spa

Untuk poin no 10, mungkin sebagian orangtua kurang paham apa itu Baby Spa dan apa manfaatnya. Di beberapa kota besar, banyak sekali tempat-tempat yang menyediakan jasa Baby Spa untuk Si Kecil. Padahal kita bisa lho Moms melakukan Baby Spa di rumah. Bisa ya? Bisa donk, asalkan kita mengetahui bagaimana teknik melakukan Baby Spa tersebut.


"Baby Spa adalah sarana paling efektif untuk membangun jalinan ikatan kasih sayang ibu dan Si Kecil. Lakukan Baby Spa secara rutin di rumah, karena ikatan kasih tercipta dari ribuan sentuhan kasih"

Yuk Baby Spa di Rumah 

Untuk melakukan Baby Spa di rumah, kita tidak perlu mempersiapkan perlengkapan ala orang dewasa seperti scrub ya, Moms. Kita hanya perlu melakukan beberapa metode pijatan lembut dibagian wajah, tangan, perut, punggung, dan kaki. Hal ini akan membantu mengatasi kolik dan gas di perut Si Kecil.

Lalu sejak kapan Si Kecil boleh dipijat? Pijat bisa dilakukan sedini mungkin asalkan dilakukan dengan pijatan yang lembut terutama saat Si Kecil masih berusia kurang dari 2 bulan.



Setiap sentuhan dan pijatan memiliki makna dalam bagi Si Kecil, karena menumbuhkan ikatan batin antara ibu dan anak. Untuk menjalin ikatan kasih sayang tersebut, kita bisa melakukannya di rumah. Untuk melakukan Baby Spa tersebut, kita tentu membutuhkan produk perawatan untuk Si Kecil yang sudah teruji secara klinis, sehingga aman digunakan.

Baby Spa dengan Tupperware Little Bee

Info terbaru untuk para Moms pecinta Tupperware nih, sekarang Tupperware bukan hanya menyediakan wadah penyajian, peralatan masak, kosmetik dan supplemen saja. Eksistensi Tupperware selama 27 tahun, membuat Tupperware meraih penghargaan Top of Mind sebagai produk houseware solution premium &  food conservation terbaik di Indonesia. Kini Tupperware juga menyediakan produk perawatan bayi yang aman bagi kulit bayi karena sudah teruji secara klinis yang meminimalisasi munculnya alergi (Hypoallergenic & Dermatologically Tested) bahkan aman digunakan untuk bayi yang baru lahir.



Tupperware Little Bee terdiri dari Baby Soap, Baby Wash and Baby Shampoo, Baby Oil, Baby Lotion, dan Baby Powder. Little Bee ini memiliki keunggulan aroma yang lembut dan segar khas bayi (powdery musk) dan juga memiliki kandungan Formula+ untuk perawatan kulit dan rambut bayi. Produk Little Bee ini bisa dibeli dengan harga mulai dari Rp. 55.000 hingga Rp. 90.000 yang dapat dibeli melalui direct selling.

Manfaat Baby Spa di Rumah


dr. Ameetha Drupadi

Mengapa melakukan Baby Spa disarankan di rumah? Karena menurut dr. Ameetha DrupadiBaby Spa yang dilakukan di rumah bukan hanya bermanfaat bagi Si Kecil,  namun juga bagi Sang Ibu. Baby Spa di rumah juga bisa dilakukan kapanpun Moms mau melakukannya dan tentu melihat kondisi Si Kecil juga ya, Moms.




Toiletries Little Bee dari Tupperware



Varian dari Little Bee ini hadir dengan Formula+ pada masing-masing varian produknya, antara lain:

1. Lamesoft (Biolipid dari minyak kelapa & biji Bunga Matahari) untuk mengganti kandungan lemak kulit yang hilang saat mandi, sehingga kulit tetap lembut dan sehat.

2. Cetiol, membersihkan secara sempurna & sebagai conditioner untuk menjaga kelembutan rambut bayi.

3. Glyceryl Oleate & Vitamin E, menjaga kelembaban kulit 24 jam, dan antioksidan yang menjaga kulit dari pengaruh radiasi UV dan polutan radikal bebas.

4. Allantoin untuk anti iritasi, menjaga kesegaran kulit bayi lebih lama dan less powdery.

5. Aloe Vera & Vitamin E, menjaga kelembaban kulit bayi dan Anti Oksidan yang menjaga kulit dari pengaruh radiasi UV dan polutan radikal bebas.




Cara Melakukan Baby Spa ala Little Bee 

Setelah mengetahui apa manfaat dari Baby Spa, selanjutnya saya akan memberi tahu  3 tahapan melakukan Baby Spa di rumah ala Little Bee.




Tahapan pertama yang kita lakukan adalah Pijat Little Bee menggunakan Little Bee Baby Oil.  Pijatan yang dilakukan ada 3, yaitu:

1. Pijatan Wajah: Membantu kematangan struktur otak, dan sistem syaraf. Pijatan wajah ada 3 tahapan yaitu: Smile, Two Thumbs Up, Clown Mask.



  • Smile: Usapkan kedua jempol tangan melengkung tepat diatas bibir lalu dibawah bibir.
  • Two Thumbs Up: Usapkan kedua jempol tangan pada dahi dan arahkan ke atas.
  • Clown Mask: Usapkan jempol tangan dari dagu bayi menuju kedua pelipis, putar sebanyak 3 kali dengan arah mundur dan lanjutkan dengan usapan memutar melalui belakang telinga menuju dagu.

2. Pijatan Area Badan: Meningkatkan kinerja sistem pencernaan dan pernapasan, serta mengoptimalkan tulang punggung otak. Pijatan area badan ada 3 tahapan, yaitu: I love U, Open Book, Sliding Back.



  • I Love U: I gerakan mengusap perut kiri bayi dari atas kebawah. L gerakan mengusap perut bagian atas dari kanan ke kiri dan mengusap perur kiri dari atas ke bawah. U gerakan mengusap perut kanan dari bawah ke atas, dilanjutkan mengusap perut bagian atas dari kanan ke kiri, dan mengusap perut bagian kiri dari atas ke bawah (hindari menyentuh area pusar).
  • Open Book: Gerakan mengusap dada arah ke samping (ke arah luar tubuh). 
  • Sliding Back: Usapkan terapkan tangan dari pinggang kekurangan bahu (hindari menyentuh area tulang belakang). 

3. Pijatan Area Gerak: Menguatkan otot dan tulang anak, serta meningkatkan kemampuan motorik anak dalam bergerak. Pijatan area gerak ada 3 tahapan, yaitu: Milking, Happy Carousell, Two Thumbs-up and Happy Fingers.



  • Milking: Gerakan memerah susu sapi. Telapak tangan dari pangkal ke ujung lengan dengan gerakan memutar.
  • Happy Carousell: lakukan gerakan usapan dengan jempol tangan memutar di pergelangan kaki/tangan secara berulang.
  • Two Thumbs Up and Happy Fingers: Usap jari kaki/tangan dari pangkal hingga ujung jari menggunakan 4 jari. Posisikan jempol tangan kanan kiri sejajar horizontal, Usap punggung kaki dari arah pergelangan ke arah pangkal jari.

Jangan lupa perhatikan juga hal-hal berikut sebelum melakukan Baby Spa ya, Moms.

1. Pilih tempat yang nyaman bagi ibu dan Si Kecil.
2. Lakukan Baby Spa, saat suasana hati tenang bagi ibu dan Si Kecil.
3. Lakukan  baby Spa di pagi hari atau malam hari.
4. Siapkan perlengkapan seperti: baby oil, baju ganti, alas pijat, dan handuk.
5. Buat suasana ruang pijat nyaman dengan suara musik dan lampu yang cukup redup.
6. Baringkan Si Kecil pada alas yang lembut dan rata.
7. Tuang baby oil sedikit ke telapak tangan, gosok di samping telinga Si Kecil, lalu arahkan kebagian hidungnya agar ia bisa mencium aroma segar baby oil sambil mengatakan "Mama ijin pijat ya, Nak".
8. Usahakan untuk ijin ketika hendak melakukan pijatan bagian tubuh mana pun.
9. Mulailah memijat bagian gerak kaki, perut, tangan, muka lalu punggung.
10. Pijatlah Si Kecil dengan cinta dan kelembutan, lalu perhatikan pijatan bagian mana yang ia sukai.
11. Perhatikan kontak mata dengan Si Kecil.




Setelah pijatan dilakukan selama 20-30 menit, tahapan selanjutnya adalah Mandi Little Bee dan merendam Si Kecil dengan air hangat dan jangan lupa gunakan Little Bee Baby wash and Soap untuk membersihkan kulitnya, dan Little Bee Shampoo untuk menjaga kelembutan rambutnya. Nah, untuk tahapan terakhir adalah Segar Little Bee dengan memberikan Si Kecil Little Bee Baby Lotion untuk melembutkan kulit dan melindungi daerah lipatan kulit dari iritasi dan menjaga kesegaran Si Kecil.

Penasaran bagaimana serunya melakukan Baby Spa di rumah? Yuk pakai Little Bee juga seperti Rayyan. Si Kecil akan selalu wangi bayi lho, dan rasakan asyiknya Baby Spa di rumah bersama Si Kecil... 


Instagram:
45 comments on "Cara Melakukan Baby Spa di Rumah dengan Little Bee "
  1. Mumpung belum punya anak, belajar dulu hehe

    ReplyDelete
  2. wahh anakku paling suka kalau dipijet abis mandi sore, wanginya enak sepertinya ya mbak

    ReplyDelete
  3. Wah jadi tambah ilmu nih, buat saya praktekkan ketika berumah tangga dan punya anak kelak. Makasih sharingnya mbak

    ReplyDelete
  4. Baru tahu Tupperware ngeluarin produk baby spa. Kerenn..
    Cobain untuk anak ah~~ TFS. :)

    ReplyDelete
  5. Sama, saya juga baru tau kalau Tupperware ada produk lain. Kirain cuma produk wadah aja. Btw asyik nih ya, bisa buat bonding sama anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak aku pun kaget awalnya. Kirain wadah plastik aja hihihi

      Delete
  6. wah ternyata tupperware mengeluarkan produk buat bayi juga ya. makin melebarkan sayapnya dong yaa. ini baby spa di rumah pastinya bisa lebih ngirit yaa buat buibu. hehe

    ReplyDelete
  7. produk baru Tupperware nih keren ya , penasaran deh sama produk barunya

    ReplyDelete
  8. Bener banget mom 1-10 Langkah bonding di atas sangat bermanfaat, saya sendiri lebih sering melakukan baby spa dirumah.
    Produk tupperware emg bagus, skrg ada khusus baby carenya? Aku baru tau loh.. pasti bagus juga ya. Next time mau juga ngereview little BEE �� Tks for sharing ��

    ReplyDelete
  9. Jadi kangen baby ih baca 10 tips asyik bonding sama baby. Hahaha . Ini produk banyak yang cocok ya baby kak?

    ReplyDelete
  10. Saya juga suka banget lho mbak sama wangi bayi.. gak tahu kenapa kalau ada bayi maunya diciumin terus hihi
    btw thankyou sharingnya nih, ternyata manfaat baby spa tuh buanyak banget yaah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba mandatory.. Wanginya selalu ngangenin klo buat aku

      Delete
  11. Gerakan2nya harus lihat praktek langsung nih. Biar gak salah arah. Soalnya saya mah masih bingung. Hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya mbak. .sambil lihat langsunl lebih afdol

      Delete
  12. PIjat bayi keliatannya simple, tapi ternyata kalau dilakukan oleh ibunya sendiri manfaatnya luar biasa ya. Enggak cuma buat anaknya tapi jg buat ibunya TFS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba bermanfaat buat anak dan ibunya alhamdulillah

      Delete
  13. Kebayang deh babynya jadi wangi banget dan kulitnya lembut. Bisa juga buat relaksasi ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba tika betul. Yuk baby spa Si Kecil di rumah

      Delete
  14. Wah, Tupperware ngeluarin produk baby care, ya. Keren. Membuat baby spa gak harus ke tempat lain. Bisa sama ibunya sendiri. Mana bikin bonding ibu dan bayi juga jadi semakin kuat. Rekomended buat ibu-ibu yang punya bayi.

    ReplyDelete
  15. Paling suka sama wangi nya, kayak nyium bayi yang baru mandi, manis asem dan nyandu gitu. Kepikiran banget yaa little bee nyiptain produk seperti ini. Hihihi.

    ReplyDelete
  16. ternyata banyak manfaat melakukan baby spa di rumah yaa, tak hanya untuk bayinya saja tapi juga untuk ibunya :)

    jadi pengen punya bayi lagi deh #eh

    ReplyDelete
  17. wah, little bee ya.. sayangnya sering gak nemu produk ini di toko sekitar

    ReplyDelete
  18. Beneerrr wangi bayi itu ngangenin. Sampe sekarang kalo anak lagi tidur suka ngendus-ngendus ketiaknya demi mendapatkan aroma itu lagi hahaa. Seneng deh sekarang Tupperware ada produk little bee, bikin anak jadi wangi dan baby spa jadi menyenangkan yaaa.

    ReplyDelete
  19. Dengan teknis yg sederhana plus produk yg tepat, layanan baby spa yg terlihat mewah ternyata bisa mudah dilakukan di rumah ya kak.apalagi banyak faedah yg merekatkan bonding bunda dan anak

    ReplyDelete
  20. Koreksi dikit, Mba... IMD = Inisiasi Menyusu Dini, bukan Menyusui, karena inisiatif idealnya datang dari bayinya yang bergerak mencari, hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah alhamdulillah... Terima kasih mba leila koreksinya...

      Delete
  21. Wah sekarang makin komplit nih produk baby, saya sebetulnya sdh berlalu masa2 ini... tapi belajar lagi juga, siapa tahu nanti harus bantu anak ngurus cucu hehe..

    ReplyDelete
  22. Foto baby-nya keren Sarah, udah mirip-mirip foto iklan aja hehehe

    ReplyDelete
  23. Wah, terima kasih atas informasinya. Sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  24. Saya juga suka wangi bayiiiik, ehehe... kalau anak saya paling suka dipijat ILU, perutnya berasa enakan kayanya...

    ReplyDelete
  25. Ini ternyata produk barunya Tupperware ya.
    Kereenn.. Sekarang mulai merambah ke produk untuk anak.
    Anak saya yang kecil seneng banget dipijat.

    Boleh nih cobain yang Baby Oilnya (",)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iy mom pijat bayi di rumah jadi makin menyenangkan

      Delete
  26. recomended, terimakasih tipsnya

    ReplyDelete
  27. Baru ya mom produknya? Boleh dicoba nih untuk anakku di rumah. Btw. Thanks yaaa ilmu nya ttg pijat bayi

    ReplyDelete
  28. AHhh senangnya Tupperware ada produk buat baby spa dirumah.. makin hemat jadi mamak bisa tambah koleksi tupperware tanpa ganggu biaya menyenangkan anak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iy mom gak perlu pergi g baby spa ya. .. Dirumah juga bisa

      Delete

Thank you for visiting my blog. I am very happy if you leave comments, feedback, suggestions, or criticism. As a passion for me, to be able to write better. Happy Reading!