Cavilon - Membantu Proses Penyembuhan Ruam Popok Pada Anak

Monday, May 28, 2018
Bahagianya seorang ibu adalah melihat buah hatinya tumbuh sehat dan ceria. Ketika sang buah hati jatuh sakit, umumnya sebagian ibu akan merasa sangat terpukul dan sedih. Terutama jika sang buah hatinya yang masih kecil jatuh sakit. Namun terkadang memang penyakit itu tidak mengenal usia. Rayyan termasuk anak yang jarang sakit hingga usianya kini 19 bulan. Sekalipun jatuh sakit, biasanya Rayyan hanya demam atau flu.



Namun 3 hari lalu, Rayyan jatuh sakit dan demam karena ruam popoknya yang semakin membesar. Saya sempat berfikir kesalahan terjadi karena terlambat ganti popok. Namun faktanya, ruam popok terjadi karena banyak sebab. Dari mana saya tahu? Saya mencari tahu dari sumber yang terpercaya saat acara Blogger Gathering hari Sabtu lalu.

Pucuk dinanti ulam pun tiba, pepatah ini rasanya sangat pas untuk saya. Saat sedang bingung dan panik menghadapi anak sakit, saya mendapatkan undangan untuk menghadiri acara dengan tema "Love Your Baby, Love Your Skin" bersama Kumpulan Emak Blogger dan Cavilon dari 3M. Memang rejeki itu sudah menjadi rahasia Yang Maha Kuasa ya. Saya yang sama sekali tidak memiliki ilmu seputar kesehatan, karena saya selalu tertarik membahas tentang kesehatan, alhamdulillah saya beberapa kali mendapatkan undangan menghadiri seminar kesehatan. Jadi ilmunya memang bermanfaat bagi saya dan keluarga. Dan senangnya lagi, saya bisa berbagi informasi tersebut di blog pribadi saya.

3M adalah Minnesota Mining and Manufacturing Company yang merupakan perusahaan internasional dalam bidang kimia yang bermarkas di Maplewood, Minnesota, Amerika Serikat. Perusahaan ini didirikan tahun 1902. 3M menyediakan berbagai alat kesehatan, keselamatan, perawatan otomotif, dan lainnya.


Kenali Ruam Popok

Mengetahui ciri dan penyebab ruam popok serta cara mencegah ruam popok menjadi semakin parah merupakan hal penting yang perlu diketahui oleh orangtua.
Ruam popok adalah radang/infeksi kulit di sekitar area popok seperti paha dan pantat pada bayi, yang umumnya disebabkan terpaparnya kulit bayi pada zat amonia yang terkandung dalam urin atau feses bayi dalam jangka waktu lama. 
Kita pasti sering mendengar bahwa  popok harus diganti sesering mungkin. Karena, mengganti dan membersihkan secara teratur pun kadang masih bisa gagal mengangkat bakteri-bakteri tersebut lho, moms.

Ciri dan Gejala Ruam Popok



Menurut Dr. Rina, SpA(K), "Ruam popok umumnya terjadi pada tubuh Si Kecil bagian bokong, paha, dan alat kelamin. Jika terlambat diobati, maka ruam popok akan membuat kulit bayi menjadi iritasi terutama jika tidak ditangani dengan serius." 


Ruam popok yang terjadi pada Rayyan 

Rayyan awalnya hanya bintik ringan di bagian dekat alat kelamin, mungkin karena penanganan saya yang kurang tepat, radang tersebut akhirnya semakin membesar. Rayyan pun menjadi rewel dan sering menangis.
Sesuai dengan informasi yang saya dapatkan kemarin, beberapa gejala ruam popok lainnya adalah bayi merasa tidak nyaman, menangis lebih sering dan keras, serta memperlihatkan ketidaksenangan secara umum.
Penyebab utama ruam popok pada bayi adalah kelembaban dan kontak yang terlalu lama dengan zat amonia yang terkandung dalam urin atau feses. Selain itu, ruam popok juga terjadi karena adanya alergi, gesekan berlebihan antara popok dengan kulit, dan penggunaan popok yang terlalu ketat dan lama.
Selain penyebab utama diatas, ruam popok  juga terjadi karena:

  1. Infeksi terjadi karena kulit terpapar air kemih terlalu lama.
  2. Gesekan dan kulit sensitif terhadap zat kimia dari detergent, sabun, dll.
  3. Perubahan bentuk makanan, dari ASI ke MPASI.
  4. Infeksi bakteri dan jamur.
  5. Bayi atau anak mendapatkan terapi antibiotik.

Cara Mengobati Ruam Popok

Jika Si Kecil sudah mengalami ruam popok maka yang perlu moms lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Bila popok sudah basah dan kotor segera diganti.
  2. Bersihkan daerah popok dengan air hangat dan sabun cair bila perlu, lalu bilas dengan air bersih.
  3. Keringkan dengan kain atau handuk yang lembut.
  4. Oleskan salep atau kirim untuk mengobati ruam popok tersebut guna menjaga dan melindungi kelembaban kulit yang sedang rusak. 
  5. Gunakan Cavilon sebagai pelindung radang tersebut agar proses penyembuhan lebih cepat.
  6. Bila tidak ada perubahan segera ke dokter.

Ada yang pernah dengar Cavilon? Saya juga baru tahu tentang Cavilon ini. Ternyata salah satu produk kesehatan dari perusahaan ternama 3M.


Dr. Sony menyampaikan bahwa Cavilon adalah No Sting Barrier Film yang membentuk lapisan pelindung antara bahan perekat dengan kulit manusia yang mampu bertahan hingga 72 jam. Umumnya Cavilon sering digunakan di rumah sakit untuk keperluan medis, namun ternyata Cavilon ini juga bisa bermanfaat untuk melindungi radang pada kulit bayi agar proses penyembuhannya bisa lebih cepat dan mencegah radang terinfeksi kembali oleh urine dan feses.

3M ™ Cavilon ™ Advanced Skin Protectant dirancang khusus untuk kebutuhan medis guna mengurangi risiko kerusakan kulit dan memberikan rasa nyaman.

Prinsip penanganan ruam popok yaitu:

CLEAN
PROTECT
RESTORE

Alhamdulillah setelah 2 hari terakhir ini menggunakan Cavilon, proses penyembuhan ruam popok Rayyan lebih baik dan tidak rewel. Saya pun jadi lebih tenang karena radangnya tidak terinfeksi lagi oleh urine dan feses.


Sekian informasi penting yang saya bagikan ini. Semoga bermanfaat untuk moms semua ya. Cavilon ini bisa dibeli di beberapa apotik tanpa perlu resep dokter dengan harga 180 ribuan ukuran 28 ml. Agak mahal memang, tapi tenang moms Cavilon ini bisa menyemprot lebih dari 100x lho...

Happy Parenting! 
44 comments on "Cavilon - Membantu Proses Penyembuhan Ruam Popok Pada Anak "
  1. Mbak, gimana kabar Rayyan? Semoga lekas pulih ya kulitnya dari ruam popok. Semangat toilet training :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah sehat mbak ke bantu banget pakai Cavilon ini

      Delete
  2. Duh kasian banget kalau bayi kena ruam popok :( Semoga Rayyan udah lebih baik sekarang yaa ..

    ReplyDelete
  3. Bentuknya spray ya ini? Wah bagus berarti karena tak perlu bersentuhan dengan kulit kita dulu (seperti kebanyakan antiseptik oles untuk ruam). Nanti aku referensiin ke iparku yang sekarang anaknya juga sering ruam popok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Monica alhamdulillah membantu banget untuk proses penyembuhan

      Delete
  4. wah baru tahu nih soalnya anak2 sdh apda besar semua

    ReplyDelete
  5. semoga Rayyan cepet sembuh ya mbak dan gak terulang lagi ruam popoknya. Prabu kena sekali aja aku udah sedih banget

    ReplyDelete
  6. aku sedih banget deh pas dikirim foto rayyan malam2.. kebayang perihnya kaya apa mba.. sehat-sehat ya ganteng..

    ReplyDelete
  7. Aduh kasian Rayyan, masian kalau si kecil ruam popok, aku aja pernah kena ruam rasanya perih dan nyeri. Untung udah ada Cavilon ya, praktis banget tinggal semprot

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak remuk hati aku lihat nya. Alhamdulillah skrg udah sembuh

      Delete
  8. Semoga dedeknya sekarang sudah sembuh ya pakai 3MCavilon.

    ReplyDelete
  9. Kasian Rayyan, liatnya aja udah sedih deh apalagi yang nemenin dia dirumah. Cepet sembuh ya Rayyan....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, aamiin. Terima kasih Mama Shania. Sehat terus ya

      Delete
  10. Aku suka baca blog mba, jadi tahu lebih banyak ttg parenting n dunia anak-anak termasuk ruam bayi 😆 cavilonnya rada mahal tapi praktis yaa mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak luka jadi lebih cepat sembuh

      Delete
  11. Paling sedih ya teh kalo lihat anak nangis dan rewel karena sakit, ruam popok terjadi sama anakku yg pertama, karena kulitnya alergi dan anak kedua alhamdulillah ngga kena ruam popok. Alhamdulillah anak kedua sudah mendapatkan banyak informasi bahwa mengganti popok harus sering sama seperti bundanya harus sering ganti pembalut saat haid hihi sehat selalu ya rayyan

    ReplyDelete
  12. Saya yang suka paling sedih dan khawatir kalu anak sakit, termasuk kalau anak ruam popok, hiks. Sekarang mah enak yah ada CAvilon yang simple karena tinggal semprotin yah, so simple

    ReplyDelete
  13. Bentuknya mini tapi khasiatnya tinggi ya. Praktis tinggal semprot ya. Waktu anak saya Fahmi masih pakai popok dan kena ruam saat itu blm ada cavelon. Hanya pakai sejenis salep saja...

    ReplyDelete
  14. Oo jadi diobati dulu yaa sama salep, baru di semprot cavilon. Cavilon nih bukan obat buat ruam popok, tapi melindungi. Ok deh noted.

    ReplyDelete
  15. cavilon ini tinggal di semprot aja kah mba ke titik ruamnya?

    praktis banget yaa..jujur paling bingung kalau anak ruam popok ( jadi inget masa-masa itu hehe sekarang Alhamdulillah udah besar semua ga pake popok lagi )

    ReplyDelete
  16. Anak saya juga pernah mengalami ruam popok tapi ketika saya ganti diaper nya ternyata sembuh memang kalau anak terkena ruam popok harus segera ditangani karena kasihan sekali Jika aktivitasnya harus terganggu karena ruam popok

    ReplyDelete
  17. Duh dd rayyan psti gak nyaman bgt itu kena ruam popok, untung ada cavilon yah tgl semprot bs mengatasi iritasi kulit rayyan dh

    ReplyDelete
  18. Jadi nambah ya ilmunya ya Mba ikut acara parenthing seperti ini. Untung ruamnya dede Rayyan cepet ditangano dan nemu solusi yang tepat dari Cavilon.

    ReplyDelete
  19. Ini gel buat nutup biar ruam nggak makin lebar ya kak?

    ReplyDelete
  20. Kalo anak kena ruam popok sedih banget..abis perih..dia suka nangis..dulu gak kenal cavilon jadi ku kasih olive oil..aja..

    Kapan bakalan Setok cavilon deh..

    ReplyDelete
  21. Harganya lumayan juga ya. Tapi kalo ingat anak kena ruam popok. Kayaknya harga kalo sebanding Ama hasil , ga masalah kali

    ReplyDelete
  22. Produk inovatif bgt dari 3M nih,udah gitu tahan 72 jam

    ReplyDelete
  23. Eh aku baru tau loh ada produk ini. Selain ruam popok bisa juga kah, mbak? Soalnya anakku lagi iritasi nih kulitnya gara-gara pas gatal dia garuk sampai lecet parah.

    ReplyDelete
  24. woohh pantes aku mengingat 3M kayaknya brand alat rumah tangga dan kantor gitu mba. Ternyata beragam ya produknya, ada untuk ruam popok segala. Harus siap sedia nih, soalnya masih punya balita juga..

    ReplyDelete
  25. Paling ngga tega sih kalau anak sakit termasuk kena ruam popok atau pun infeksi kulit lainnya. Pasti mengganggu banget untuk si anak.

    ReplyDelete
  26. Oh baru ngerti, Cavilon beda ya dari obat ruam popok yang lain. Kirain sama kayak salep dan krim yang selama ini ada di pasaran. Dipakaikan langsung ke ruam. Ternyata enggak. Oke, noted!

    ReplyDelete
  27. Kasian kalo lihat anak-anak terkena ruam popok. Pasti sakit sekali ya. Semoga.tak akan kena ruam lagi ya

    ReplyDelete
  28. Duh kasian Rayyan, moga skrng gk kena ruam popok lagi ya. Ruam popok emang bikin anak rewel. Dulu saat anak2 masih pakai diaper, kalau udah ruam biasanya aku lepas diapernya dulu.
    Ini skrng ada Cavilon bisa buat pencegahan sekaligus buat pelindung kalau anak sedang diobati ruamnya ya.

    ReplyDelete
  29. Pertama kali Azzam pakai popok juga mengalami ruam di pahanya, saya cuma mengobati dengan salep kulit. Baru tau nih ada Cavilon yang bisa melindungi kulit bayi agar tidak menjadi ruam.

    ReplyDelete
  30. Anak kalau udah ruam popom itu rewel banget dan ga bisa tidur. Btw praktis ya ini tinggal semprot.

    ReplyDelete
  31. Rayyan moga lekas sembuh ya, moga dengan dilapisi Cavilon jadi sedikit reda. Selain tidak kena gesekan diapers atau celana, krim ruam jadi bertahan dalam lindungan film Cavilon ya

    ReplyDelete

Thank you for visiting my blog. I am very happy if you leave comments, feedback, suggestions, or criticism. As a passion for me, to be able to write better. Happy Reading!