Cara Mengenalkan Buah dan Sayuran Pada Anak dengan Milna Nature Delight

Saturday, May 19, 2018
Hai Moms,

Memenuhi kebutuhan buah dan sayur untuk Si Kecil jangan pernah dianggap sepele ya. Karena, kekurangan serat dan vitamin dapat berdampak buruk pada kesehatannya. Hal ini berlaku untuk orang dewasa juga lho, Moms.



Untuk orang dewasa maupun anak-anak, buah dan sayur adalah bagian terpenting dalam pola makan gizi seimbang. Pasalnya, kandungan nutrisi pada buah dan sayur juga sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan Si Kecil.

Dampak Buruk Jika Si Kecil Tidak Makan Buah dan Sayur

Adakah dampak buruk untuk Si Kecil jika kurang makan buah dan sayur? Berikut ini beberapa dampak buruknya:

1. Kekurangan Mineral

Bagi Si Kecil, mineral merupakan kandungan yang sangat dibutuhkan untuk masa tumbuh kembangnya.

2. Kekurangan Vitamin A, C dan B

Vitamin sangat dibutuhkan oleh Si Kecil karena vitamin sangat berperan dalam perkembangan sel-sel dalam tubuh, juga untuk memproduksi sel darah merah.

3. Konstipasi

Kurang buah dan sayur bisa memicu anak sulit buang air besar dan mengalami konstipasi. Pasalnya, buah dan sayur segar mengandung enzim pencernaan yang bantu mencerna makanan. Agar kandungan seratnya maksimal, perbanyak makan buah segar yang telah dicuci bersih.

4. Risiko Obesitas

Jika Si Kecil tidak terbiasa mengkonsumsi buah dan sayur, maka ketika mereka lapar, mereka akan terbiasa mengkonsumsi makanan padat yang dapat memicu obesitas.

Saya rasa para Moms semua pasti sudah hapal ya apa dampak buruknya, namun terkadang tidak dapat dipungkiri bahwa kita seringkali mengalami kesulitan mengenalkan buah dan sayuran pada Si Kecil.

Tips Agar Si Kecil Mudah Makan Buah dan Sayur


Rayyan dan Mama 

Agar Si Kecil tetap sehat, maka kita perlu memberikan menu makanan gizi seimbang setiap harinya yang juga dilengkapi buah dan sayur. Berikut beberapa tips agar Si Kecil mau makan buah dan sayur:

  1. Rajin mengkonsumsi buah dan sayur saat hamil
  2. Kenalkan Si Kecil buah dan sayur saat masuk masa MPASI
  3. Sajikan buah dan sayur sesering mungkin
  4. Berikan Si Kecil cemilan buah-buahan
  5. Kreasikan makanan Si Kecil dengan memberikan sayur pada makanannya
  6. Hindari memberikan junk food
  7. Berikan Si Kecil buah dan sayur sesuai porsinya

Bagaimana Moms, apakah sudah melakukan salah satu tips diatas? Jika belum atau Moms merasa kesulitan jangan khawatir. Kini kita bisa lebih mudah memberikan dan mengenalkan buah dan sayur pada Si Kecil dengan Milna Nature Delight.

Kenapa Milna Nature Delight?


Milna Nature Delight adalah puree buah untuk selingan Si Kecil, yang terbuat dari 100 % buah asli, tanpa bahan pengawet, tanpa gula tambahan, melalui proses Advanced Pasteurization Technology dan dapat dikonsumsi kapan pun dan dimana pun. 


Milna adalah salah satu brand unggulan dari PT. Kalbe Nutritionals. PT. Kalbe Nutritionals adalah salah satu anak perusahaan dari sebuah perusahaan farmasi terkemuka di Indonesia, PT. Kalbe Farma Tbk, yang menjalani bisnis dibidang kesehatan sejak tahun 1982.



Milna Ahlinya Makanan Bayi pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 1987 dengan rangkaian produk Milna Baby Biscuit. Keberhasilan Milna selama 30 tahun, tentu tidak lepas dari besarnya kepercayaan para orangtua di Indonesia untuk memberikan buah hati mereka makanan yang bergizi. Sepanjang perjalanannya, Milna semakin konsisten menghadirkan produk terbaiknya, sehingga selalu menjadi pilihan para orangtua hingga memperoleh beberapa penghargaan salah satunya adalah Top Brand for Kids.




Selain Milna Nature Delight, banyak juga produk Milna lainnya dengan varian rasa yang disesuaikan dengan usia dan kebutuhan bayi. Yaitu: Milna biscuit Bayi, Milna Bubur Bayi Organic, Milna GoodMil, Milna Toddler Biskuit, Milna Toddler Puding, dan Milna Wgain.

Kampanye Milna Nature Delight

Pada (05/05) lalu, saya menghadiri kampanye Milna Nature Delight dengan tema acara "Cara Mudah Makan Buah untuk Si Kecil" di kawasan SCBD, Jakarta dengan narasumber Dr. dr. Conny Tanjung, Sp.A(K) dan Bapak Christofer Samuel Lesmana selaku Brand Manager Milna.

Kampanye Milna Nature Delight adalah kampanye yang diadakan oleh Milna untuk mengedukasi seluruh orangtua dalam pentingnya memenuhi gizi dan nutrisi bagi Si Kecil dengan makan buah dan sayur. 


Dr. dr. Conny Tanjung, Sp.A(K) dan Bapak Christofer Samuel Lesmana selaku Brand Manager Milna

Proses pengenalan buah dan sayur pada Si Kecil adalah ketika ia memasuki masa MPASI yakni saat Si Kecil berusia 6 bulan. Kita bisa memberikan puree buah atau sayur yang porsi dan teksturnya kita sesuaikan dengan usia Si Kecil.

Menurut Dr. dr. Conny Tanjung, Sp.A (K), "Mengenalkan buah dan sayur pada Si Kecil perlu dilakukan, karena keduanya mengandung karbohidrat, mineral, serat dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Meskipun buah dan sayuran memiliki manfaat cukup penting, pemberian kepada Si Kecil saat masa MPASI harus sesuai dengan batasannya. Berbagai penelitian membuktikan bahwa pengenalan buah dan sayur pada Si Kecil secara berulang, akan membuat Si Kecil lebih mudah menerima sayur dan buah di masa depan."

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan ketika hendak ingin mulai memberikan MPASI pada Si Kecil. 


Pemberian MPASI 



  • Tepat Waktu: MP-ASI diberikan saat kebutuhan energi dan nutrisi melebihi yang didapat dari ASI.
  • Adekuat: MP-ASI harus mengandung cukup energi, protein dan mikronutrien.
  • Aman: MP-ASI harus higienis baik dalam penyimpanan, penyiapan dan pemberian.
  • Tepat cara pemberian: MP-ASI diberikan sesuai dengan tanda lapar, nafsu makan, frekuensi dan cara pemberiannya sesuai usia bayi.


Bapak Christofer Samuel Lesmana selaku Brand Manager Milna menyampaikan, "Milna Nature Delight adalah fruit puree dalam kemasan pouch yang sangat ideal dalam mengenalkan buah dan sayuran pada Si Kecil sejak dini. Terbuat dari 100% buah asli dengan 3 varian rasa yang digemari dengan ukuran dan bentuk kemasan yang nyaman digenggam Si Kecil. Sangat praktis untuk dibawa serta tidak mengandung pengawet atau gula tambahan."


Kelebihan Milna Nature Delight

Sebagai orangtua, kita tentu sering khawatir akan dampak buruk pemberian makanan instan untuk Si Kecil. Tenang ya, Moms. Tidak semua makanan instan itu tidak baik. Seperti Milna Nature Delight ini, sekalipun instan dan siap makan, Milna Nature Delight ini diproses dan dikemas di Chile secara Advanced Pasteurization Technology.

Advanced Pasteurization Technology adalah suatu proses dimana Milna Nature Delight ini dipanaskan hingga mencapai suhu tertentu untuk membunuh bakteri atau kuman dan langsung dikemas dalam hitungan detik. Prosesnya hampir sama dengan susu pasteurisasi ya, Moms.

Selain itu, Milna Nature Delight juga memiliki beberapa kelebihan, antara lain:

  • Halal dan terdaftar di BPOM
  • Dibuat dari 100% buah pilihan
  • Tanpa gula tambahan
  • Tanpa pemanis buatan
  • Rasanya nikmat dan disukai Si Kecil
  • Praktis untuk segala keperluan
  • Mengandung segala kebaikan buah dan sayur


Kandungan gizi dan vitamin yang terdapat dalam buah yang terkandung dalam Milna Nature Delight yaitu:

  • Pisang : Mengandung serat, potasium, karbohidrat, mineral, Vitamin C dan B6, kalium, magnesium dan mangan.
  • Apel : Mengandung vitamin, mineral serta unsur lainnya seperti fitokimian, serat, tanin, baron, asam tartar dan kandungan lainnya.
  • Persik/Peach : Mengandung banyak air dan memiliki manfaat untuk tulang, gigi, kulit, otot, dan lainnya.
  • Wortel : Sebagai sayuran umbi yang berwarna orange, wortel mengandung banyak nutrisi penting, beta-karoten, vitamin A, mineral dan anti-oksidan lain dalam jumlah yang cukup tinggi.
  • Stroberi : Mengandung antioksidan, senyawa tumbuhan, mangan, vitamin C.

Kapan Si Kecil Bisa Mengkonsumsi Milna Nature Delight?



Milna Nature Delight ini sudah bisa diberikan kepada Si Kecil mulai dari usia 6 bulan hingga 5 tahun karena terbuat dari bahan-bahan alami. Lalu, mengapa pada kemasan tertera untuk usia 1-5 tahun? Just info,  Rayyan sejak usianya 8 bulan sudah saya berikan Milna Nature Delight ini, karena lebih praktis dan Rayyan juga suka. Nah, untuk keterangan pada kemasan, itu dibuat sesuai dengan regulasi BPOM ya, Moms.

Milna Nature Delight ini bisa dikonsumsi dengan 3 cara, yaitu:

  1. Dikonsumsi secara langsung
  2. Dikonsumsi menggunakan sendok
  3. Dituang kedalam mangkok

Milna Nature Delight ini juga tidak mengandung protein susu sapi, sehingga tidak menyebabkan alergi. Jangan lupa untuk mengkocok dahulu sebelum diberikan kepada Si Kecil. Apabila belum habis, segera simpan di dalam lemari pendingin dan habiskan sebelum 48 jam ya, Moms.

Dimana Bisa Mendapatkan Milna Nature Delight? 


Milna Nature Delight ini bisa dibeli di minimarket dan supermarket terdekat seperti Alfamart, Indomaret, Giant, Carefour, Hypermart, Farmers Market, dan lainnya dengan harga Rp. 15.000. Selain itu, Moms juga bisa membelinya di Kalbe Store lho, kebetulan sedang ada promo menjadi Rp. 9900. Lumayan menghemat kan, Moms?

Manfaat Makan Buah dan Sayur Bagi Si Kecil


Rayyan dan Mama 

Sebagai orangtua, pemenuhan gizi dan nutrisi Si Kecil adalah tugas utama kita. Melalui buah dan sayur, kita bisa mencukupi kebutuhan nutrisi dan gizi Si Kecil. Berikut manfaat buah dan sayur bagi Si Kecil:

Peningkatan gizi
Mengurangi risiko obesitas
Mendukung prestasi Si Kecil

Memang prestasi Si Kecil dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor ya, Moms. Namun, faktor paling penting adalah pemenuhan nutrisi dan gizi seimbang.

Yuk ajak Si Kecil untuk rajin makan buah dan sayur. Dengan Milna Nature Delight, makan buah dan sayur lebih menyenangkan. Untuk Informasi lebih lanjut mengenai Milna bisa  dilihat di:

Website: www.milna.com
Facebook: MilnaID
Twitter: @BundaMilna
Instagram: @milnaid



42 comments on "Cara Mengenalkan Buah dan Sayuran Pada Anak dengan Milna Nature Delight "
  1. Baru denger ada mpasi buah seperti ini. Sayangnya cuma buat balita ya. Bisa ga ya dikasih ke bocah usia 12 tahun. Si Abang nih. Susah bener konsumsi sayur buah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya mbak bisa sih mbak, aku aja doyan Milna ini hehhe.

      Delete
    2. Toosss, aku juga suka, oas pertama nyicip, ada adem2 segernya haha

      Delete
  2. Hhmmm ragu juga sih karena pasti ada sedikit pengawetnya tapi katanya pakai pasteurisasi ya mba. Jadi ingin coba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak pasteurisation sama seperti susu pasteurisation. Jadi aman..

      Delete
  3. Wah sekarang milna ada trobosan baru ya,😊. Kalo py bayi lagi mau coba milna ini ahh.. hehe
    Aku setuju banget, agar anak suka buah dan sayur memang harus dikenalkan sejak MPASI ya moms 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mom.... Biar nanti terbiasa makan. Jadi ga susah lagi saat besar nanti. Cemungud

      Delete
  4. Kemasannya cucok, ya. Kalau ga dibilang buat MPASI, yang dewasa bakal borong ini juga kayaknya hahaha

    ReplyDelete
  5. Milna berarti sangat perlu dikenalkan pada anak, karena sebagai pengganti buah dan sayur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ka perlu banget, biar anak-anak suka buah dan sayur sejak dini

      Delete
  6. Milna berarti sangat perlu dikenalkan pada anak, karena sebagai pengganti buah dan sayur.

    ReplyDelete
  7. Anakku dulu juga susah makan sayur dan buah. Tapi sekarang ada milna nature delight menolong banget buat ibu2 yang punya anak susah makan sayur buah ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak betul.. Ga repot nyiapin juga ya

      Delete
  8. bagi yang gak suka buah ini salah satu solusinya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, dengan kemasan yang praktis dan menarik membuat anak-anak suka

      Delete
  9. merk familiar nih ya. Tapi memang makan anak itu juga cerminan ibu ketika telaten mengenalkan lho? Jadi kalau nggak suka buah dan sayur, jangan-jangan kita yang lupa kenalin hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak sudah 30 tahun hadir di Indonesia. Sejak dini mengenalkan buah dan sayur pada anak sangat disarankan

      Delete
  10. praktis yah, cocok buat travelling nih, jadi kalau anak lapar tinggal kasi deh

    ReplyDelete
  11. Waa, aku yg wes gede aja penasaran sama Milna Nature Delight 😆 dulu susah makan sayur sih 😖 harganya juga terjangkau, makasih sharingnya mba!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba sama-sama. Praktis dan mudah y

      Delete
  12. Jadi selain diseduh bisa jadi camilan semacam kukis gitu ya. Inovasi keren. Semua anak bisa makan buah dengan mudah nih sekarang

    ReplyDelete
  13. sukakkk juga sama produk ini, second time ya kita berjumpa di acara Milna juga mama rayyan... hehehe

    ReplyDelete
  14. Susah susah gampang ya mengenalkan sayur dan buah ke balita. Tapi yang penting kita usahakan mengenalkan buah dan sayur supaya kedepannya akan terbiasa. Milna Nature Delight sangat membantu sekali untuk mengenalkan buah pada anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak alhamdulillah banget... Penting banget soalnya buah dan sayur

      Delete
  15. Solusi banget nih untuk anak yang susah makan sayur dan buah.
    Apalagi produk dari Milna ya, anakku suka banget.
    Sekarang sih udah gak pernah makan Milna lagi, karena usianya sudah 6 tahun hehehe (",)

    ReplyDelete
  16. MPASI jadi lebih menyenangkan ya mbak dengan Milna. Udah nggak pake ribet dan anak lebih mengenal buah dan sayur.

    ReplyDelete
  17. Dedeknya jadi enak dong konsumsi sayur-sayurannya

    ReplyDelete
  18. Cobain ah buat si adek, secara dia susah bgt makan sayur dan buah

    ReplyDelete
  19. Cara praktis banget ini ya. Dan bisa dilakukan dimana saja dan ga ribet mau makan buah

    ReplyDelete
  20. Ini kalau ibuknya suka traveling bawa anak tinggal bawa puree buah Milna ini yaaa. Praktis soalnya cara makan dan penyimpanannya juga TFS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul mbak praktis dan anak juga suka

      Delete
  21. Duh, Rayyan ucul banget. Sehat2 terus ya dek, makan buah dan sayur, minum milna juga. hehe

    ReplyDelete
  22. Cocok banget buat persiapan mudik lebaran nanti ya moms

    ReplyDelete
  23. Reyvell juga suka nih Mom, praktis dan enak..
    Gampang lagi yah cara konsumsinya, ga kotor ditangan anak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener mom rey praktis dan enak banget

      Delete

Thank you for visiting my blog. I am very happy if you leave comments, feedback, suggestions, or criticism. As a passion for me, to be able to write better. Happy Reading!