Tips Mengatasi Sakit Maag Selama Berpuasa

Thursday, May 31, 2018
Hai Moms,

Tidak terasa sudah hampir 2 minggu kita menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan ini. Ada yang sudah bolong kah? Jangan lupa untuk segera mengganti ya nanti. Oh iya, apa yang Moms dan keluarga biasa konsumsi saat sahur dan buka? Jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan bernutrisi dan bergizi seimbang ya Moms. Karena saat berpuasa, kita membutuhkan asupan gizi yang seimbang agar puasanya juga lancar. Biasanya salah satu penyakit yang muncul selama berpuasa adalah sakit maag.

Apa Itu Puasa?

Saum atau puasa bagi orang islam adalah menahan diri dari makan dan minum serta segala perbuatan yang bisa membatalkan puasa, mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari, dengan syarat tertentu, untuk meningkatkan ketakwaan seorang muslim.

Cegah Gejala Sakit Maag Selama Berpuasa

Sakit maag atau nyeri lambung adalah istilah yang menggambarkan nyeri yang berasal dari lambung, usus halus, atau bahkan kerongkongan akibat sejumlah kondisi. Sebutan lain sakit maag adalah dispepsia.
Perlu diperhatikan bahwa ketika berpuasa selama 14 jam atau bahkan lebih dari 24 jam, maka kondisi lambung kosong tanpa makanan yang di cerna. Pada kondisi perut kosong, lambung akan memproduksi asam lambung yang bisa merusak dinding lambung atau dihasilkan gas yang ditandai dengan kembung. Sehingga sering kita menyebutnya dengan Sakit Maag.

Beberapa jenis makanan yang harus dihindari oleh penderita maag, yaitu:

  • Soda
  • Durian
  • Sayuran seperti kol
  • Beralkohol
  • Asam seperti lemon
  • Makanan pedas dan berminyak

Hal inilah yang terkadang dilupakan oleh sebagian orang. Sehingga saat mereka berpuasa, mereka mengalami sakit maag yang mengakibatkan puasa pun menjadi tidak lancar. Sehingga sangat disarankan pada saat sahur atau berbuka untuk menghindari makanan-makanan tersebut.

Bahaya Sakit Maag

Saat kita menderita sakit maag, jangan pernah disepelekan ya, Moms. Karena kondisi maag yang tidak ditangani dengan baik, beresiko terjadi serangan akut lebih sering dan yang lebih fatal adalah perdarahan lambung akibat lesi lambung/luka.

Ketika kita mengalami gangguan maag yang sering kambuh, maka pilihannya adalah berobat ke dokter dengan obat (antasida atau penghambat produksi asam lambung), namun banyak orang juga sudah beralih kepada bahan-bahan herbal yang sudah tersedia sangat banyak di alam ini. Misalnya saja kunyit, jinten hitam, pisang, cincau, lidah buaya dan lain-lain.

H2 Zativa Membantu Mencegah Sakit Maag Selama Berpuasa

H2 Zativa mengandung ekstrak jinten hitam (niggela sativa/habbatussaudah), kunyit (curcuma domestica), dan temulawak (curcuma xanthoriza) yang bermanfaat untuk mencegah kekambuhan gejala dyspepsia/maag seperti mual, kembung, nyeri lambung.


Foto by Uchy Sudhanto
Ekstrak jinten hitam mengandung zat aktif thymoquinone sementara temulawak dan kunyit mengandung zat aktif curcumin. Kombinasi ini dalam H2 Zativa bekerja dengan mekanisme anti flatulen (menghilangkan kembung) dengan cara memecah gelembung gas di lambung menjadi lebih kecil dan mudah di keluarkan, mucosa protection (melindungi dindin lambung) dengan cara meningkatkan produksi musin/lendir yang melapisi dinding lambung. 

Mengkonsumsi jinten hitam atau habbatussaudah juga termasuk salah satu sunah yang sering dijalankan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. Tentu mengkonsumsinya pun selain mendapatkan manfaat, kita juga mendapatkan pahala ya, Moms.

Manfaat Berpuasa

Pada 30 Mei 2018 lalu, PT. Kalbe Farma Tbk melalui brand H2 Health and Happiness meluncurkan produk baru yaitu H2 Genetron Kapsul, H2 Genetron Tepung dan H2 Zativa. Ketiga produk tersebut melengkapi produk portofolio H2 Health & Happiness di kategori Suplemen dan Food.


Foto by Uchy Sudhanto
Moms pasti semua tahu ya apa saja produk dari PT. Kalbe Farma Tbk. PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) berdiri sejak tahun 1966 dan merupakan salah satu perusahaan farmasi terbuka terbesar di Asia Tenggara. Kalbe memiliki empat divisi utama yang menangani portofolio merek yang handal dan beragam.

Berlokasi di KALCare Lotte Kuningan, Jakarta, acara yang bertajuk "Manfaat Lain di Balik Puasa" ini menghadirkan narasumber antara lain:  dr Liza (Dokter Kecantikan dan Anti Aging dari Klinik Estetiderma), dr Ari Fachrial Syam SpPD (Dokter Gastroenterology dari FKUI RSCM) serta dr Claudia Anggi (Medical PT Kalbe Farma Tbk).


Diskusi sehat yang diadakan kemarin yaitu bermaksud membahas perubahan fisiologis yang terjadi di dalam tubuh seseorang ketika berpuasa yang dikaitkan dengan manfaat mencegah penuaan dini (awet muda) serta bagaimana puasa bisa lancar ketika lambung dijaga tetap nyaman terutama bagi penderita maag. Hal inilah yang membuat Kalbe perlu  membahas manfaat lain dari  berpuasa. Karena manfaat dari berpuasa sangat besar terhadap kualitas kesehatan seseorang.


Foto by Uchy Sudhanto

Selain H2 Zativa, saat ini H2 Health & Happiness juga memiliki 2 varian produk dengan kandungan bahan biji melinjo (gnetum gnemon) yaitu H2 Genetron Kapsul dan H2 Genetron Tepung.

1. H2 Genetron Kapsul

H2 Genetron kapsul dibuat melalui proses ekstraksi berteknologi tinggi dari tepung biji kering menggunakan etanol untuk menghasilkan resveratrol 20% (dalam 100 mg ekstrak).

Untuk cara mengkonsumsinya, H2 Genetron Kapsul ini bisa dikonsumsi setiap pagi hari untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga agar awet muda. Resveratrol memiliki kadar ORAC (Oxygen Radical Absorbance Capacity) lebih tinggi dibandingkan Astaxanthin, serta 100x dibandingkan vitamin C & E.

2. H2 Genetron Tepung

Sedangkan H2 Genetron Tepung ini diproses dengan mengeringkan biji melinjo dan diproses menjadi tepung dengan ukuran partikel yang halus. Tepung Genetron mengandung: antioksidan alami resveratrol serat pangan, protein, mineral (magnesium, fosfor, dll), dan 0 g gula, serta sebagai alternatif untuk orang yang alergi terhadap gluten (free gluten) seperti anak autis.

Beberapa kandungan nutrisi pada Tepung Genetron lebih tinggi bila dibandingkan dengan kandungan nutrisi pada tepung lain, seperti misalnya kandungan serat 6x lebih tinggi daripada tepung terigu, kandungan protein 2x lebih tinggi daripada tepung almond, dan beberapa kandungan nutrisi lainnya.

Jadi, perlu lho Moms mulai sekarang kita beralih ke tepung yang memang berkualitas untuk keluarga kita. Karena mencegah itu lebih baik kan? Dan jangan bingung untuk menggunakan tepung ini ya, Moms. Karena H2 Genetron Tepung ini bisa diolah untuk berbagai jenis makanan olahan seperti cookies, kue, brownies, roti, serta yang resep simple adalah dicampur dengan yogurt atau susu.

Sekian informasi kesehatan yang saya bagikan kali ini. Share informasi bermanfaat ini kepada teman, kerabat dan keluarga kalian semua ya. Because, sharing is caring!



11 comments on "Tips Mengatasi Sakit Maag Selama Berpuasa"
  1. Wah ulasannya lengkap sekali mom. Kebetulan juga ayahnya Erysha kena magh. Apalagi kalau bulan puasa itu, makannya suka sedikit atau kadang nggak makan pas sahur. Karena nggak terbiasa juga ya makan subuh-subuh berturut-turut dan kadang masih kenyang dengan makan malam. Jadi aja kena magh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mom. Gejala maag saat puasa emang ga enak banget. Harus disiasati dengan baik agar puasa lancar

      Delete
  2. aman berpuasa untuk si penderita maag. memang kalau perut udah gak nyaman jadi bikin malas ngapa-ngapain mba

    ReplyDelete
  3. Mengkonsumsi Zativa ini memang pilihan yang tepat ya agar tak ada lagi alasan untuk tak berpuasa walaupun kena maag. Zativa memang pilihan tepat

    ReplyDelete
  4. Maag ku srg kumat kalo aku telat makan. Tp anehnya tiap bulan puasa, malah ga pernah samasekali.. Aku anggab sih itu berkahnya ramadhan yaa :). Tp bisa jd krn slama ramadhan makanku jg teratur, mulai dr sahurnya, minum habatussaudah juga rutin, buka nya jg ga lgs hajar. Pelan2 dengan teh hangat dan bubur. Setelah solat br makan malam. Bisa jd sih krn itu makanya maagku jg ga kumat

    ReplyDelete
  5. H2 Zativa bisa jadi salah satu pilihan buat masyarakat yang punya mag ya kak.... apalagi bahan2 nya alami.. dari zat2 tanaman

    ReplyDelete
  6. pengobatan herbal kaya H2 ini bisa jadi alternatif kalau mau mengurangi obat kimia ya mbak.. untungnya sekarang sudah praktis tinggal minum

    ReplyDelete
  7. Wah, jadi penasaran sama H2 Zativa yaaa biar gak selalu obat yg ada kimianyaaa ya

    ReplyDelete
  8. Makasih mba buat tipsnya, berguna banget buat aku yang penderita maag akut :)

    ReplyDelete
  9. Aku pernah sakit maag akut..dan hampir tiap hari maritim kunyit minum pagi dan sore...

    H2 Zativa gak perlu repot....terapi obat maag manjur..dari bahan alami..

    ReplyDelete
  10. H2 Tepung tampak menarik, bisa bikin aneka varian makanan enak tanpa takut maag

    ReplyDelete

Thank you for visiting my blog. I am very happy if you leave comments, feedback, suggestions, or criticism. As a passion for me, to be able to write better. Happy Reading!