Cara Masak Ketupat Enak, Mudah, dan Cepat di Rumah

Tuesday, June 12, 2018
Hai Moms,

Sumber: Hellosehat.com

Apa persiapan yang dilakukan untuk menyambut lebaran beberapa hari lagi, selain kue dan baju baru? Kalau saya sih lagi sibuk mikir mau masak apa nih. Lebaran tahun sebelumnya saya pesan makanan di catering dekat rumah, karena jujur, saya memang belum bisa masak yang agak ribet seperti sayur opor ayam, semur daging, sambal kentang ati dan ketupat. Dulu saat ibu saya masih ada, sering banget menemani beliau memasak. Tetapi saat sekarang mau dipraktekan, ternyata susah dan tidak semudah yang saya lihat saat itu. Terutama membuat ketupat. Lalu bagaimana cara masak ketupat yang mudah? 

Ketupat atau kupat adalah makanan khas Asia Tenggara Maritim berbahan dasar beras yang dibungkus dengan pembungkus daun kelapa muda atau kadang dibungkus menggunakan plastik. 

Walau bungkus ketupat dari daun kelapa muda hijau bisa dibeli langsung di pasar tradisional maupun supermarket, tetap saja takaran beras dan cara masaknya susah bagi saya. Karena pernah dua kali mencoba membuat ketupat, tetap gagal.

Cara masak ketupat di rumah

Nah, rasa penasaran saya yang ingin kembali membuat ketupat lebaran tahun ini, datang beberapa hari lalu. Tapi jujur, saya ingin membuat ketupat yang anti gagal, gampang cara buatnya dan tentu enak. Walau ketupat sama dengan nasi, sensasi saat memakannya jelas berbeda.

Serasa dapat angin segar, saat beberapa hari lalu bertemu teman-teman blogger yang memberikan informasi bahwa sekarang ada Pat Pat Ktupat Mini dari Klink Indonesia yang akan membuat saya anti gagal bikin ketupat. Walau saya merasa ragu, boleh juga nih saya coba di rumah. Untuk membuktikan kebenarannya. Saya akan share tips cara masak ketupat yang mudah untuk Moms tiru di rumah nih. Yuk disimak! 

Cara Masak Ketupat di Rumah

Ketupat yang kali ini saya masak bukan ketupat berbungkus daun kelapa ya, Moms. Melainkan ketupat berbungkus plastik. Aman ya? Aman Moms, Pat Pat Ktupat Mini dari Klink Indonesia ini sudah halal, terdaftar di BPOM, Free BPA, Food Grade, mudah dimasak, takaran sudah sesuai dan yang jelas anti gagal.

Pat Pat Ktupat Klink Indonesia 

Berapa harganya? Harganya cuma Rp. 30.000 isi 20 bungkus, Moms. Walau terlihat kecil dan nggak akan ngenyangin, kalau makan 3-4 bungkus, kenyang kok Moms. Pat Pat Ktupat ini bisa dibeli di Klink Indonesia, dan ada di Indomaret lho Moms, yuk beli dan coba masak ketupat sendiri di rumah.

Cara masak ketupat di magic com

Berikut beberapa tahapan cara masak ketupat yang mudah:

1. Buka kemasan Pat Pat Ktupat Mini, keluarkan beberapa ketupat yang akan dimasak (saya masak 10 kemarin).
2. Masak air kurang lebih 1000 ml sampai matang.
3. Sambil menunggu air matang, cuci  ketupat dengan air mengalir selama 1-2 menit. 
3. Setelah air matang, tuang air panas ke dalam Magic Com, dilanjutkan dengan memasukkan ketupat mini yang sudah dicuci.
4. Tambahkan air, jika ketupat belum sepenuhnya terendam.
5. Nyalakan dan masak ketupat di magic com selama kurang lebih 60 menit.
6. Setelah matang, angkat, tiriskan, dan siap disantap.

Kenapa menggunakan magic com? Karena waktunya lebih cepat. Menggunakan panci sih bisa, cuma sepertinya waktu yang dibutuhkan agak lebih banyak dan bisa sampai 90 menit. Masa? Iya, kata teman saya yang pernah coba. Saya sih belum pernah coba nih, sepertinya untuk membuktikan perlu coba juga nanti.

Ketupat yang sudah matang

Untuk menemani menyantap ketupat yang saya buat, saya memasak sayur lodeh yang menjadi makanan favorit saya dan keluarga. Untuk rasa ketupat ini lumayan enak, legit dan nagih. Rayyan juga suka. Bahkan ketupat mini ini juga enak dimakan sekalipun tanpa lauk pauk.

Untuk teman makan ketupat saat Hari Raya Idul Fitri nanti, Moms juga bisa mencoba resep dari olahan bakso sebagai hidangan tambahan.

Ketupat siap disantap

Cara masak ketupat yang mudah tentu menjadi dambaan setiap orang khususnya ibu baru seperti saya. Nah, Pat Pat Ktupat Mini dari Klink Indonesia ini menjawab sekali kesulitan yang selama ini menjadi penghalang saya untuk masak ketupat. Karena sekarang masak ketupat, nggak akan gagal lagi karena pakai Pat Pat Ktupat. Lebaran pun, jadi nih makan ketupat bareng keluarga! Kira-kira untuk lebaran nanti enaknya opor ayam atau semur daging ya?

Selamat Mencoba!






25 comments on "Cara Masak Ketupat Enak, Mudah, dan Cepat di Rumah"
  1. sekarang ketupat sudah ada yang praktisnya.. :)

    ReplyDelete
  2. Itu sama kaya masak nasi biasa bukan di magiccom

    ReplyDelete
  3. Cara praktis bikin ketupat dan beda dari biasanya ☺

    ReplyDelete
  4. Inovasi baru yaa yang menurut aku sangat simple dan praktis dijamin ketupatnya gak akan gagal๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener biar jadi lebaran nya makan ketupat hihi

      Delete
  5. Iya mom aslinya bikin ketupat itu susah bgt buat mamah muda �� hehe, kecuali nenek saya jago tuh. Ktupat mini bisa jadi alternatif ketupat cepat masak anti gagal ya mom, Aku sendiri ngandelin ketupat mini ini kalo disaat darurat aja trs pengen nyobaik ketupat tp GA repot masak hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mom yuk stok yang banyak.. Rayyan doyan banbang

      Delete
  6. HAHAHA. ibuku juga sama mba. persis yang Mba Sarah lakukan. Katanya praktis dan simple.
    Walau demikian gak mengurangi rasa dari ketupat itu sendiri. tapi tetep beda aja kalau lebaran gak pake ketupat yang dibungkus daun kelapa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas bener banget hahhah. Beda klo yang daun mah m jangan ditanya. Cuma klo Kayak aku ga bisa bgini, yang plastik pun oke hehhe

      Delete
  7. Sudah lama kepingin coba buat ketuoat bungkus plastik begini,, tapi gagal karena kebanyakan isi kalau ga kebanyakan. Tapi sekarang aman dwh, dijamin anti gagal ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak ini pat pat ketupat membantu banget

      Delete
  8. Wah mini ketupatnya jadi lebih mudah disantap. Gampang juga cara masaknya. Pengen beli ih

    ReplyDelete
  9. Wah langsung meluncur ke indomaret nyari patpat ketupaaaat.. resep sayurnya di share dong mom hehehe

    ReplyDelete
  10. Wow..
    Ketupat ada yang praktis ya Mom, dan bentuknya cantik banget..
    Fiks ini sih aku bisa masaknya dan pasti ga gagal hasil ketupat aku..
    Cuss ahh beli buat lebaran besok..

    ReplyDelete
  11. Wah masaknya pakai magic com ya
    Bener-bener praktis nih. Hasil akhirnya padat dan legitkah juga seperti ketupat pada umumnya?

    ReplyDelete
  12. Wah enak banget nih ketupat nya... Gampang juga buatnya

    ReplyDelete
  13. Wah praktis ya..nggak perlu berjam-jam didapur nungguin ketupat matang :)

    ReplyDelete
  14. praktis banget ya mba, Insya Allah tahun depan beli pat..pat gulipat ini deh :D

    ReplyDelete

Thank you for visiting my blog. I am very happy if you leave comments, feedback, suggestions, or criticism. As a passion for me, to be able to write better. Happy Reading!