Cara Mendapatkan Beasiswa Pendidikan SCG Indonesia

Friday, July 27, 2018
Hai Moms,

Belum lama ini tahun ajaran baru 2018/2019 baru saja di mulai. Adakah putra-putri Moms yang baru masuk sekolah? Wah, pasti seru sekali ya. Mulai dari menyiapkan seragam sekolah, buku tulis, hingga bekal makanan. Mmm, kebetulan saya juga sibuk lho menyiapkan perlengkapan sekolah adik saya yang baru duduk di bangku SMK.

Bicara soal tahun ajaran baru, dalam tulisan saya kali ini, saya akan membahas tentang "Bagaimana Cara Memperoleh Beasiswa Untuk Melanjutkan Sekolah?"



Kemarin pada (26/07) lalu, saya dan teman-teman blogger dari Komunitas ISB, melakukan diskusi tentang Pendidikan dan Beasiswa di Indonesia bersama SCG Indonesia, di Restaurant The Hook, Jakarta. Acara ini juga diadakan dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional. Selain para blogger, turut hadir juga para pelajar berprestasi yang memperoleh beasiswa, salah satunya adalah Tasya Kamila seorang Artis dan Public Figure.


Sudah kita ketahui bahwa menuntut ilmu pendidikan adalah suatu hak dan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh setiap orang. Kenapa? Karena dari pendidikan seseorang akan lebih memperoleh pengetahuan, informasi, bisa bersosialisasi dan lainnya.


Manfaat Pendidikan

Berikut beberapa manfaat pendidikan:
  • Sebagai generasi penerus bangsa
  • Menambah ilmu pengetahuan
  • Memberikan informasi
  • Memperbaiki cara berfikir individu
  • Melatih talenta seseorang
  • Menciptakan anak-anak bangsa yang cerdas, dll.

Besarnya manfaat pendidikan untuk keberlangsungan hidup seseorang, tidak dapat di raih dengan mudah oleh semua orang. Besarnya biaya pendidikan, seringkali membuat sebagian orang rela meninggalkan bangku sekolah, khususnya bagi mereka yang kurang mampu. Ternyata subsidi pendidikan dari pemerintah, tidak semuanya tersalurkan dengan baik. Terutama bagi mereka yang tinggal di desa terpencil.


Source: Sinarharapan.net

Mirisnya lagi, anak-anak yang tinggal di desa tersebut sangat memiliki semangat dan potensi untuk bisa menjadi pelajar yang berprestasi. Bayangkan saja, jarak tempuh mereka ke sekolah kurang lebih 10 km, dan mereka harus  berjalan kaki untuk bisa sampai di sana. Selain itu, alat tulis yang mereka miliki pun terbatas. Tidak jarang mereka yang menggabungkan setiap pelajaran dalam 1 buku tulis. Tapi yang membuat saya semangat, mereka tetap mau dan semangat belajar. Masya Allah! Hal inilah, yang membuat saya sangat semangat untuk datang pada acara Sharing The Dreams kemarin. Karena, program beasiswa yang diadakan oleh SCG tersebut, dapat saya informasikan kepada mereka yang membutuhkan.

SCG Sharing The Dreams

SCG adalah salah satu konglomerat bisnis terkemuka di ASEAN yang telah beroperasi selama lebih dari 100 tahun senantiasa memberikan kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat Indonesia melalui berbagai inovasi produk yang bernilai tinggi. Dalam menjalankan bisnisnya SCG berfokus pada konsep SD (Sustainable Development) yang mengedepankan keseimbangan antara sumber daya manusia, lingkungan, social, dan ekonomi.


Mr. Nantaphong Chantrakul

Salah satu bentuk komitmen SCG dalam menerapkan konsep SD adalah konsistensinya dalam menyelenggarakan program CSR tahunanya yaitu SCG Sharing The Dreams. Program yang telah berjalan selama lebih dari 5 tahun ini bukan hanya sebatas beasiswa yang diberikan kepada pelajar yang memiliki prestasi akademik yang baik, lebih dari itu, SCG Sharing The Dreams mengedepankan nilai-nilai moral yang harus dimiliki oleh para pelajar.

Cara Mendapatkan Beasiswa Pendidikan di SCG Indonesia 


Setiawan Novaldi, alumni Sharing The Dreams, Tasya Kamila (Peraih Beasiswa S2) dan Ibu Novia (SCG Indonesia) 

Menurut Ibu Novia Kardiyanti selaku Brand and Communication of SCG Indonesia, program Sharing The Dreams ini mengajak seluruh putra putri di Indonesia untuk tetap semangat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Sekalipun seringkali hambatan karena biaya datang, jangan sampai justru pendidikan akhirnya ditinggalkan. Khususnya bagi mereka yang berprestasi dan memiliki semangat yang besar untuk mewujudkan mimpi.

"Proses pengajuan beasiswanya juga cukup mudah kok, hanya perlu membuat essay tentang mimpi apa yang ingin di raih, dan mengapa SCG perlu memberikan beasiswa tersebut. Jangan lupa juga, syarat rata-rata nilai sekolah minimal 7,5 dan boleh melampirkan seluruh sertifikat prestasi yang mungkin pernah di raih," tambah Ibu Novia.

Sebagai salah satu penerima beasiswa melanjutkan S2 di Amerika, Tasya Kamila menyampaikan sekalipun ia sudah menjadi sarjana dan public figure, manfaat pendidikan sangat penting dan tetap harus dilanjutkan. Karena kita bisa sama-sama membagikan informasi dan pengetahuan yang bermanfaat.

Ibu Novia pun menambahkan, "Program Sharing The Dreams ini diadakan karena SCG sangat fokus terhadap aspek pendidikan yang sangat berdampak penting terhadap masa depan dan pembangunan negeri. Oleh karena itu, SCG sangat ingin mewujudkan semua mimpi para pelajar di Indonesia untuk tetap melanjutkan pendidikan."



Setiawan Novaldi, alumni Sharing The Dreams menyampaikan pengalamannya juga, dengan mimpi yang dimiliki setiap pelajar, seharusnya semangat dan keinginan mewujudkan mimpi masing-masing akan memudahkan jalan kita mewujudkan mimpi. Bermimpilah, maka mimpi akan terwujud.

Sebagai penutup acara, kami yang hadir membuat kelompok untuk berdiskusi tentang pentingnya pendidikan dan apa peranan brand seperti SCG ini untuk masyarakat?



Saya dan teman-teman dari kelompok 4 memberikan persentasi bahwa hingga saat ini, bantuan berupa subsidi pendidikan dari pemerintah kepada seluruh masyarakat khususnya bagi mereka yang tinggal di daerah terpencil masih kurang tersalurkan dengan baik. Sehingga banyak sekali mereka yang rela putus sekolah karena kurangnya biaya. Oleh karena itu, disinilah peran SCG untuk bisa memberikan masa depan terbaik bagi putra-putri bangsa agar bisa meraih mimpi mereka.



Alhamdulillah, hari yang sangat bermanfaat bagi saya. Banyak informasi penting yang saya dapatkan, dan bisa saya informasikan kepada teman-teman yang lainnya. Untuk informasi seputar beasiswa dari SCG bisa dilihat di:


Sumber foto:
Dokumentasi probadi
SCG Indonesia
Sinarharapan.net



Post Comment
Post a Comment

Thank you for visiting my blog. I am very happy if you leave comments, feedback, suggestions, or criticism. As a passion for me, to be able to write better. Happy Reading!