Cara Wujudkan Anak Cerdas yang Sehat, Kreatif, Berani, dan Peduli

Friday, August 10, 2018
Hai Moms,

Siapa yang ingin punya anak cerdas sejak kecil? Saya rasa semua orangtua pasti ingin memiliki anak yang cerdas. Namun, versi cerdas setiap orangtua tentu berbeda-beda ya, Moms. Kalau cerdas versi saya adalah Rayyan kreatif dan berani.


Bicara tentang  kecerdasan Si Kecil, rasanya kurang lengkap jika kita tidak mendapatkan informasi dari sumber yang berkompeten dibidangnya ya, Moms. Karena #AnakCerdasitu pasti banyak faktornya. Salah satu hal yang menentukan Si Kecil cerdas atau tidak adalah asupan nutrisi dan gizi yang baik. Untuk lebih jelasnya, yuk kita simak pemaparan dari ahlinya!

Kampanye #AnakCerdasitu

Kampanye #AnakCerdasitu diadakan dalam rangka untuk mengedukasi para orangtua untuk menjadikan anak-anak mereka bukan hanya cerdas, tetapi juga Sehat, Peduli, Kreatif dan Berani. Karena Anak Cerdas berasal dari Keluarga Cerdas.

Mendukung anak Indonesia untuk menjadi anak yang cerdas adalah salah satu kampanye dari PT. Kalbe Farma Tbk, melalui salah satu anak perusahaannya yaitu PT Saka Farma Laboratories dengan produk multivitamin anak Cerebrofort.


Peluncuran kampanye ini diadakan di Aeon Mall BSD pada tanggal 9 Agustus lalu dengan tema "Menciptakan Anak Cerdas yang Sehat" dengan pembicara utama Dra. A. Kasandra Putranto selaku Psikologis Klinis & Pendiri Kasandra, Bapak Johan Leo selaku Head of Vitamin PT Kalbe Farma Tbk, Dr Anggi,  dan rekan-rekan media juga blogger.

Bapak Johan Leo 

Bapak Johan Leo selaku Head of Vitamin PT Kalbe Farma Tbk mengatakan, "Kalbe berkomitmen dalam meningkatkan kesehatan masyarakat, salah satunya dengan mendukung masa tumbuh kembang anak untuk menghasilkan anak cerdas. Melalui Cerebrofort, kami ingin mengajak keluarga Indonesia untuk menjadi orangtua yang cerdas untuk membentuk anak-anak yang memiliki kepedulian, keberanian, kreativitas, dan kesehatan sejak usia dini."

4 Ciri Anak Cerdas


Moderator, Ibu Kasandra, Bapak Johan Leo 

Sejalan dengan kampanye yang diadakan oleh Cerebrofort, ada 4 ciri yang dimiliki oleh seorang anak cerdas. Ciri-Ciri tersebut yaitu:

  • Anak Cerdas itu Sehat
  • Anak Cerdas itu Berani
  • Anak Cerdas itu Peduli
  • Anak Cerdas itu Kreatif

Menurut Ibu Dra. A. Kasandra Putranto selaku Psikologis Klinis, "Anak cerdas itu tidak hanya pintar tapi juga memiliki kemampuan menyerap informasi dengan cepat, memiliki ingatan dan pemahaman yang baik, memiliki kompetensi di satu sisi atau lebih bidang, dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik, serta memiliki ketangguhan dan kemampuan sosial-emosional yang baik. Biasanya, anak yang cerdas itu akan selalu nyaman juga menyenangkan bila diajarkan berbagai hal, dan dapat menyesuaikan diri dengan baik sehingga mereka lebih mahir belajar dan mudah dididik."

Kecerdasan adalah hasil keseimbangan dari kemampuan analitis, kreatif dan praktik yang berfungsi secara bersamaan sehingga individu dapat mencapai tujuan hidupnya dalam konteks sosio-kultural. ~ Dr. Robert J. Strenberg 1988-1999

Sebagai orangtua, kita juga dapat mengukur atau menilai milestone Si Kecil dengan metode A - G, yaitu:


A : Attitude and Achievement (Ajari anak untuk berperilaku baik, saling menghargai, dan berikan anak penghargaan setiap pencapaian mereka, agar mereka merasa dihargai. 
B : Big Brain & Big Heart (Maksimalkan tumbuh kembang otak anak dengan makanan bergizi dan seimbang dimulai sejak 1000 hari pertamanya) 
C : Care and Love (Berikan anak contoh rasa kepedulian dan kasih sayang kepada lingkungan) 
D : Dancing, & Exercise (Ajak anak untuk sering bergerak aktif, dengan menari atau berolahraga) 
E : Eat Healthy Food and Drink (Berikan anak makanan dan minuman yang sehat dan bergizi). 
F : Fun Edutainment (Ajak anak untuk belajar secara nyaman dan menyenangkan) 
G : Good Quality of Sleep (Pastikan anak tidur dengan cukup dan berkualitas) 

Aspek Utama yang Menunjang Kecerdasan Anak



  1. Nature (Faktor Genetik dan Biologis): Kapasitas intelektual, potensi alami anak  dan karakteristik fisik.
  2. Nurture (Pengaruh Lingkungan): Pola asuh orangtua, motivasi dari orangtua dan guru, lingkungan (rumah, sekolah, sosial, dll), serta gizi dan nutrisi yang diberikan.

Lalu, setelah mengetahui aspek utama tersebut apa yang harus kita lakukan agar Si Kecil bisa menjadi anak yang cerdas? Berikut yang harus kita lakukan:



Dukung Kecerdasan Si Kecil dengan Multivitamin Cerebrofort Gold dan Cerebrofort Marine Gummy


Cerebrofort Gold adalah multivitamin syrup yang diperkaya dengan minyak ikan untuk kecerdasan anak dan tumbuh kembang optimal. Varian rasanya yaitu rasa Orange dan Strawberry yang tersedia dalam kemasan 100 ml dan 200 ml.

Kandungan dan manfaat dari Cerebrofort Gold, yaitu:

  • AA+DHA+EPA+Asam Folat + Asam L Glutamat, berfungsi membantu pertumbuhan dan perkembangan otak anak
  • Lysine, berfungsi menambah nafsu makan
  • Biotin, berbuka untuk metabolisme asam lemak, kolesterol, asam amino (protein), sehingga gizi anak tetap terjaga.
  • Asam Folat + Vitamin B12, pembentukan sel darah merah
  • Vitamin B Kompleks, membantu metabolisme tubuh yang artinya membentuk energi dan melepaskan saat tubuh memerlukan
  • Vitamin A, menjaga kesehatan mata
  • Vitamin C, menjaga daya tahan tubuh
  • Vitamin D, membantu pembentukan tulang dan gigi.

Cerebrofort Marine Gummy adalah satu-satunya gummy sehat yang mengandung minyak ikan tuna dan diperkaya dengan omega 3 (DHA dan EPA) yang baik untuk kecerdasan otak. Varian rasanya antara lain: Strawberry, Mango, Grape, dan Mixed Fruits.



Minyak Ikan Tuna mengandung omega 3 lebih banyak 28x dibandingkan ikan air tawar. Perbandingan DHA : EPA = 4 : 1, mirip seperti ASI, sehingga mudah diserap tubuh.

Perkenalan Rayyan dengan Cerebrofort Gold dan Cerebrofort Marine Gummy bisa dibilang sangat baik. Rayyan dengan mudah membuka mulut ketika saya hendak menyuapi Cerebrofort Gold dengan sendok. Sedangkan untuk Cerebrofort Marine Gummy, Rayyan saya beri kesempatan untuk memegang dan memakannya sendiri. Selain rasanya enak, ukurannya yang kecil dan bentuknya yang lucu juga menjadi alasan utama Rayyan suka. I'm happy

Moms, Yuk #DukungCerdasnya Si Kecil Mengikuti Kids Got Talent bersama Cerebrofort dan Majalah Sang Buah Hati


Rayyan dan teman-temannya bermain di Zona Sehat

Ada kabar baik nih untuk para Moms. Cerebrofort dan Majalah Sang Buah Hati mengadakan sebuah acara untuk wadah anak menampilkan bakat potensial yang dimiliki sang anak untuk membentuk kepercayaan diri dan keberaniannya sejak dini. Event ini diadakan untuk mencari bakat-bakat potensial untuk perkembangan bagi anak usia 4-12 tahun. Selain itu, acara ini juga diadakan dalam ranhka mencari next model cover majalah Sang Buah Hati yang rutin diadakan setiap tahun dengan target peserta usia 1-6 tahun.

Majalah Sang Buah Hati merupakan free magazine untuk keluarga modern yang selalu haus akan informasi mengenai parenting, kesehatan keluarga serta gaya hidup.


Disini, kita bisa mengajak Si Kecil mencoba 4 Zona Cerdas yang didalamnya terdapat berbagai kegiatan menarik guna mendukung kecerdasan mereka. Zona tersebut yaitu: Zona Sehat, Zona Kreatif, Zona Berani,  dan Zona Peduli. 

Acara ini berlangsung di beberapa Mall di kota-kota besar di Indonesia, seperti:

  1. Mall AEON BSD, Tangerang (9 - 12 Agustus)
  2. Hartono Mall, Solo (31 Agustus - 2 September)
  3. Mall AEON Cakung, Jakarta (7 - 9 September)
  4. Botani Square Bogor (5 -  7 Oktober)
  5. Baywalk Mall Pluit (26 - 28 Oktober)
  6. Nipah Mall Makassar (2 - 4 November)

Bagi Si Kecil yang lolos masuk menjadi finalis, akan tampil kembali pada Grand Final yang akan berlangsung di Indonesia Mother and Baby Expo di JCC Senayan -  Jakarta pada bulan Desember nanti, untuk memperebutkan hadiah senilai puluhan juta Rupiah.

Yuk Moms, jangan lewatkan kesempatan emas ini dan #DukungCerdasnya Si Kecil untuk mengikuti berbagai kegiatan seru di 4 Zona Anak Cerdas Cerebrofort... Ingat! Berikan Si Kecil Cerebrofort selalu ya...

CEREBROFORT 
Website: Cerebrofort.id
Instagram: @cerebrofort.id

SANG BUAH HATI
Website: sangbuahhati.com
Instagram: @majalah_sbh


7 comments on "Cara Wujudkan Anak Cerdas yang Sehat, Kreatif, Berani, dan Peduli "
  1. Mom, kalau cerebrofort marine gummy aman dikonsumsi saat usia berapa ya kira-kira? Aku belum pernah coba kasih embun vitamin dlm bentuk gummy spt ini. Kayaknya anak happy banget kalau dikasih vitamin cerebrofort marine gummy begini kayak lagi makan permen gitu

    ReplyDelete
  2. rayyyyyyaannnnnnn..... aku ketawa aja kalo liat instastory kamu lagi mancing hihihi

    ReplyDelete
  3. Aku pusing kalo anak2 udh beli marine gummy itu, krn mereka anggab permen dan makannya suka bablas kebanyakan -_- . Makanya aku lbh seneng beliin yg sirup :D. Rasanya memang enak yaa, aku aja suka mba ama rasanya.

    ReplyDelete
  4. anak bayi, ganteng banget sik Rayyan. Gemesin pula dan susah berhenti. Hahaha. Aku takut dia kecemplung kolam pancing :))

    ReplyDelete
  5. Rayyan pinter banget sih, selalu bisa diajak kerjasama kalo lagi diajak Mama pergi2 ya..
    Ceria dan selalu sehat tuh rahasianya ini ya Mom, wahh aku jadi penasaran sama marine gummy..pasti Reyvell anakku juga seneng, karena kalo sirup suka disembur sembur..

    ReplyDelete
  6. Hihihi serunya ekspresi Rayyan lagi makan Marine Gummy. Enak ya, Nak. Tante aja doyan. :D

    ReplyDelete
  7. Waah Rayyan sama banget kaya kaka Naeema suka yang cerebrofort marine gummy. Aku gak papa deh makan si gummy ini daripada jajan permen hehehehe

    ReplyDelete

Thank you for visiting my blog. I am very happy if you leave comments, feedback, suggestions, or criticism. As a passion for me, to be able to write better. Happy Reading!