Mitos dan Fakta Seputar Kehamilan bersama Rumah Sakit Pondok Indah

Wednesday, August 1, 2018
Hai Moms,


Masih ingat kah, apa saja mitos dan fakta yang sering kita dengar di masyarakat seputar kehamilan? Karena Rayyan baru berusia 2 tahun, saya masih ingat betul nih beberapa mitos dan fakta tersebut. Berikut beberapa mitos seputar kehamilan tersebut:

  1. Bawa gunting dan sapu lidi setiap keluar rumah, khususnya saat malam hari
  2. Hindari minum air dingin, takut bayinya besar
  3. harus rajin ngepel pakai tangan, agar melahirkan mudah
  4. Jangan makan makanan yang dibakar
  5. Dan lainnya

Dengan berkembangnya zaman dan pengetahuan, kini sebagian orang sudah ada yang mulai meninggalkan mitos-mitos tersebut, termasuk saya. Beberapa bulan menjelang kelahiran Rayyan, saya benar-benar menjaga kesehatan saya dan menghindari aktivitas yang dapat membuat kelelahan. Alhamdulillah, lahiran tetap lancar.

Moms Gathering Bersama Rumah Sakit Pondok Indah


Pada (29/07) lalu, saya dan beberapa teman blogger menghadiri acara "Mitos dan Fakta Seputar Kehamilan" bersama Rumah Sakit Pondok Indah di daerah Jakarta Selatan. Bersama Dr. Eric Kasmara Sp,OG yang akan mengupas dan membahas Mitos dan Fakta seputar kehamilan tersebut.

RS Pondok Indah Group penyedia layanan kesehatan terdepan yang mengutamakan kebutuhan pasien, didukung tenaga medis dan fasilitas yang lengkap.


Menurut Dr. Eric Kasmara Sp. OG, "Terkadang banyaknya mitos yang beredar di masyarakat justru membuat ibu hamil merasa khawatir yang berlebihan, hingga membatasi segala aktivitas mereka. Padahal, semua mitos tersebut terkadang tidak sepenuhnya benar."

Mitos dan Fakta Menurut Dr. Eric Kasmara Sp.OG


Berikut beberapa Mitos dan Fakta yang sering beredar di masyarakat menurut Dr. Eric Kasmara Sp.OG:

1. Minum Air Es
  • Mitos: Dapat membuat janin besar
  • Fakta: Bila hanya air putih es, tidak akan membuat janin besar. Kecuali jika di tambahkan sirup atau gula.

2. Buah Nanas
  • Mitos: Makan nanas dapat menyebabkan keguguran.
  • Fakta: Tidak sepenuhnya benar, jika nanas matang maka tidak masalah.

3. Minum Air Kelapa

  • Mitos: Dapat membuat kulit janin bersih
  • Fakta: Air kelapa memang baik karena mengandung eletrolit dan mineral, namun tidak ada hubungannya dengan kulit janin yang licin

4. Minyak Kelapa

  • Mitos: Minum minyak kelapa dapat melicinkan jalan lahir
  • Fakta: Cairan yang di minum masuk ke lambung bukan ke vagina.
Sudah terjawab semua kan Moms? Jadi, terkadang mitos tersebut tidak sepenuhnya benar ya, Moms. Terkadang memang kita harus mengkonsultasikannya lebih lanjut kepada dokter. Sehingga, kita dapat mencegah hal-hal yang justru mungkin dapat membahayakan kita dan janin.

Siapa yang lagi hamil atau program hamil? Semoga informasi ini dapat bermanfaat ya. Terima kasih... 





3 comments on "Mitos dan Fakta Seputar Kehamilan bersama Rumah Sakit Pondok Indah "
  1. Mbak Sarah, waktu hamil ketiga, kepala anak belum di bawah/jalan lahir..Jadi kata orang-orang diminta ngepel pakai tangan...dah tiap hari pun berusaha, tapi enggak turun juga tuh kepala. Jadilah tetap sesar juga :D

    ReplyDelete
  2. Banyak fakta dan mitos tentang kehamilan yang harus kita luruskan ya mba. NIce nih acaranya bisa tahu mana yang bener dan mana yang tidak

    ReplyDelete
  3. Terimakasih infonya
    http://tokoaquatic.com/umpan-ikan-lele-kilo-gebrus-paling-jitu/

    ReplyDelete

Thank you for visiting my blog. I am very happy if you leave comments, feedback, suggestions, or criticism. As a passion for me, to be able to write better. Happy Reading!