Manfaat Belajar di Luar Kelas Bagi Anak-Anak (OCDay)

Friday, November 2, 2018
Hai Moms,

Manfaat Metode Belajar di Luar Kelas Bagi Anak-Anak (OCDay)
Rayyan ketika belajar sambil bermain bersama teman-temannya

Siapa yang setuju bahwa bermain adalah hak setiap anak-anak? Saya setuju sekali. Saya sering merasa sedih, jika melihat anak-anak yang seharusnya masih bermain dan sekolah, justru malah ikut banting tulang mencari nafkah di jalanan. Saya rasa itu bukan sepenuhnya keinginan mereka, namun apa boleh buat, keadaan mendorong mereka untuk ikut banting tulang untuk bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Setiap anak jalanan itu memiliki hak dipelihara oleh negara. Hal itu dimuat dalam UUD 1945, ”Anak  terlantar dipelihara oleh negara”. Dalam hal ini, sebenarnya pemerintah juga mempunyai tanggung jawab terhadap pemeliharaan dan pembinaan untuk anak-anak terlantar, termasuk anak jalanan. Hak-hak asasi mereka pada hakekatnya sama dengan hak-hak asasi manusia yang juga tercantum dalam UU No. 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia dan Keputusan Presiden RI No. 36 Tahun 1990 tentang Convension on the Right of the Child. Hak mereka antara lain: mendapatkan perlindungan keluarga, jaminan kesehatan, pendidikan, rekreasi, pengetahuan budaya dan sebagainya.

Lalu, apa peranan kita sebagai orangtua? Bagi saya, hal dasar yang harus kita upayakan pada anak-anak kita adalah memberikan mereka perlindungan terbaik termasuk memberikan hak mereka seperti memperoleh pendidikan, kesehatan, kesejahteraan termasuk tidak merampas hak mereka bermain. Mungkin memang terlihat sepele, tapi jika kita tidak memperhatikan semua kebutuhan utama putra putri kita tersebut, bagaimana masa depannya nanti? 

1 Juta Murid Serentak Semarakkan Hari Belajar di Luar Kelas di 10 Ribu Sekolah Ramah Anak


Manfaat Metode Belajar di Luar Kelas Bagi Anak-Anak (OCDay)
Manfaat Belajar di Luar Kelas Bagi Anak-Anak (OCDay)

Pada (01/11) kemarin, Hari Belajar di Luar Kelas atau Outdoor Classroom Day (OCDay) dilaksanakan serentak di sekolah-sekolah di dunia termasuk di Indonesia. Acara ini juga diadakan sekaligus dalam rangka memperingati Hari Anak Internasional. Jika bicara tentang anak-anak, saya selalu tertarik apapun topiknya. Ya, walaupun Rayyan belum usia sekolah, mempersiapkan sekolah terbaik untuk Rayyan kelak sudah saya persiapkan dari sekarang. Dimulai dari mencari informasi sekolah-sekolah terbaik dan tentu menyiapkan biayanya.

Belajar dan bermain merupakan salah satu dari hak anak yang diharapkan dapat memberikan wawasan dan keterampilan penting dalam kehidupan, seperti daya tahan, kerja sama, dan kreativitas. Sehingga jika kita perhatikan, saat ini sudah banyak sekali sekolah-sekolah yang menerapkan sistem belajar sambil bermain di luar kelas. Bagi saya, hal itu sangat efektif dilakukan. Karena dengan metode belajar yang berbeda dan disukai anak-anak, maka anak-anak tentu akan menikmati proses belajarnya. Jika sudah begitu, tentu materi yang disampaikan pengajar akan mudah diserap, bukan?

Belajar di Luar Kelas (OCDay)


Manfaat Metode Belajar di Luar Kelas Bagi Anak-Anak (OCDay)
Manfaat Belajar di Luar Kelas Bagi Anak-Anak (OCDay)

OCD merupakan kegiatan hasil kerjasama antara Indonesia dengan Inggris yang disepakati pada saat pertemuan Child in the City Conference pada November 2016 di Belgia, yang dihadiri oleh Deputi Menteri PPPA Bidang Tumbuh Kembang Anak, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. KPPPA mendorong inisiatif gerakan OCDay di Sekolah Ramah Anak (SRA) untuk mendukung pemenuhan hak anak.

Hari Belajar di Luar Kelas/OCDay merupakan kampanye global untuk menginspirasi aktivitas belajar di luar kelas, minimal 90 menit setiap hari. Jutaan anak dari ribuan sekolah di seluruh dunia turut mengambil bagian dalam kampanye ini. Sekitar lebih dari 120 negara pada hari ini melakukan gerakan Belajar di Luar Kelas, di antaranya: Inggris, Australia, India, Colombia, Saudi Arabia dan Amerika.

Mom tahu kah, berapa jumlah anak-anak Yang terlibat OCDay pada tanggal 1 November? Jumlahnya  tercatat 3.464.843 anak-anak di 27.819 sekolah di seluruh dunia. Masya Allah, banyak sekali.  Bahkan di Indonesia sendiri, jumlah partisipannya mencapai angka 927.395 anak-anak yang mewakili 3.907 sekolah/madrasah.

Deputi Menteri PPPA Bidang Tumbuh Kembang Anak, Ibu Lenny N.Rosalin yang kemarin hadir di SMAN Puspitek menyampaikan, "Bahwa pelaksanaan OCDay melalui SRA merupakan salah satu upaya memenuhi anak dan melindungi mereka dari berbagai kekerasan, eksploitasi dan diskriminasi selama berada di sekolah. Salah satu indikator terbentuknya Sekolah Ramah Anak adalah kegiatan belajar di luar kelas. Sekolah Ramah Anak membantu mewujudkan kondisi aman, nyaman, serta dan menyenangkan, selama anak di sekolah. Karena itu, belajar di luar kelas sangat dibutuhkan untuk menunjang proses belajar ramah anak."

Mengapa Belajar di Luar Kelas Sangat Disarankan?

Manfaat Metode Belajar di Luar Kelas Bagi Anak-Anak (OCDay)
Manfaat Belajar di Luar Kelas Bagi Anak-Anak (OCDay)

Kesimpulan yang saya ambil setelah melihat kegiatan kemarin adalah sebagai berikut:

  1. Menjaga kesehatan mental dan fisik anak-anak.
  2. Mengasah anak-anak untuk kreatif.
  3. Mendukung proses tumbuh kembang anak.
  4. Menbangun karakter positif pada anak.
  5. Mengajarkan kepada anak tentang persaudaraan antar sesama.
  6. Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan.

OCDay sendiri sudah dimulai di Indonesia Indonesia sejak  2017 dengan menjalin kerjasama antara Deputi Menteri PPPA Bidang Tumbuh Kembang Anak dengan Ketua OCDay Global yang berpusat di London. Pada saat pertama kali berpartispasi, Indonesia menjadi kategori terbaik kedua setelah Inggris. Hal ini tercapai karena jumlah sekolah yang mengikuti dan melaksanakan OCDay di Indonesia semarak dengan berbagai tema. Hal tersebut justru menjadi nilai tambah bagi negara kita.

Sedangkan untuk tahun 2018 ini, konsep yang digunakan lebih variatif dari sebelumnya. Terdapat 17 langkah kegiatan dan 10 nilai positif yang dilakukan oleh anak-anak dalam durasi waktu sekitar 3 jam. Dari 17 langkah kegiatan tersebut, anak-anak diharapkan dapat menerapkan dan berperilaku yang memenuhi 14 unsur, antara lain: pembentukan karakter positif, iman dan taqwa, kesehatan, adaptasi perubahan iklim, pelestarian permainan tradisional, cinta tanah air, literasi, pengurangan resiko bencana, dan mendorong sekolah ramah anak.

Dimana Saja Kegiatan Ini Berlangsung?


Manfaat Metode Belajar di Luar Kelas Bagi Anak-Anak (OCDay)
Manfaat Belajar di Luar Kelas Bagi Anak-Anak (OCDay)

Kampanye Global ini serentak dipusatkan di beberapa sekolah yang tersebar di beberapa lokasi di Indonesia, antara lain:

  1. SMAN 2 Puspitek Serpong Tangerang
  2. SDN 2 Bukit Tinggi
  3. SLB Balikpapan
  4. SMA Advent Manado
  5. SDN 2 Lateri Ambon, dan
  6.  Kristus Jayapura.

Pelaksanaan OCDay ini selaras dengan amanat yang disampaikan oleh Bapak Presiden Joko Widodo agar setiap sekolah melakukan proses pembelajaran di luar kelas lebih banyak dengan persentase 60% daripada belajar di dalam kelas. Hal ini dimaksudkan agar proses pembelajaran menjadi menyenangkan, tidak membosankan, sekaligus memberi tantangan yang berbeda bagi anak anak.

Lalu, Apakah Kelak Saya Akan Menyekolahkan Rayyan di Sekolah Seperti Itu?

Insha Allah iya, Moms. Jauh sebelum saya mengetahui bahwa ada kampanye global seperti ini, saya sudah sering mendengar metode belajar di luar kelas seperti ini saat saya mendaftarkan sekolah adik saya tahun lalu. Jujur saya tertarik dengan metode belajarnya. Namun, karena di daerah tempat tinggal saya saat itu cukup jauh jika harus sekolah disana, saya mengurungkan niat saya tersebut.

Tapi alhamdulillah, sekarang sudah mulai banyak sekolah yang menerapkan metode belajar di luar kelas, bahkan sekarang di dekat tempat tinggal saya saja sudah banyak sekali. Sehingga nanti saat Rayyan akan sekolah, Insha Allah saya akan menyekolahkan Rayyan disana. Karena saya dan suami ingin memberikan pendidikan dan metode belajar yang menyenangkan untuk Rayyan.

Semoga dengan adanya kampanye global yang positif seperti ini, semua anak-anak di Indonesia bisa mendapatkan hak yang sama ya, Moms. Aamiin!


Happy Parenting!
1 comment on "Manfaat Belajar di Luar Kelas Bagi Anak-Anak (OCDay)"
  1. Wah mestinya semua sekolah berpartisipasi ya Mbak..Sekolah anakku kemarin enggak ikutan.
    Manfaatnya memang besar, karena belajar di luar kelas membuat belajar lebih menyenangkan. Apalagi sambil mengeksplor alam sekitarnya...
    Semoga nantinya diterapkan di banyak sekolah di Indonesia secara rutin jadwalnya

    ReplyDelete

Thank you for visiting my blog. I am very happy if you leave comments, feedback, suggestions, or criticism. As a passion for me, to be able to write better. Happy Reading!