Pemenang Lomba Suara Anak Indonesia 2018

Monday, November 26, 2018
Halo moms,

Lomba Suara Anak Indonesia 2018

Siapa yang putra dan putrinya punya hobi bernyanyi atau hobi bermain drama? Sudah pernah ikut lomba bernyanyi tingkat nasional belum? Mmm, sepertinya jika putra dan putri mom punya bakat di bidang seni seperti bernyanyi, coba yuk diajak untuk mengikuti Lomba Suara Anak Indonesia tahun depan. Karena hadiahnya banyak banget, bukan hanya hadiah uang tunai saja, tapi juga mendapatkan kesempatan rekaman bersama para finalis lainnya. Seru banget kan?

Lomba Suara Anak Indonesia 2018 

Lawrence - Finalis LSAI 2018

Sebanyak 17 penyanyi anak dan 17 pencipta lagu anak akan menjadi peserta dari seluruh Indonesia dan akan berlaga dalam babak final Lomba Suara Anak Indonesia (LSAI) 2018 yang diadakan di Teater Garuda, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta. Lomba Suara Anak Indonesia tahun ini diselenggarakan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA RI) yang bekerjasama dengan Musik Hana Midori dalam rangka memperingati Hari Anak Internasional.

Proses lomba telah dimulai sejak Agustus hingga Oktober 2018 lalu dengan dua kategori lomba, yaitu Lomba Penyanyi Anak dan Lomba Pencipta Lagu Anak. Lomba ini diadakan untuk menghidupkan kembali dunia lagu anak dan penyanyi anak yang berkualitas ini memasuki gelaran Grand Final LSAI 2018 dengan mengusung tema Anak Indonesia Bernyanyi.

Grand Final LSAI 2018



Dari ratusan anak-anak di seluruh Indonesia yang telah mengirimkan video terbaik mereka, juri yang terdiri dari Roedyanto Wasito, Ucie Nurul, Ary Syaff, Ava Victoria dan Lenny N. Rosalin telah memilih 17 penyanyi anak dan 17 pencipta lagu anak yang akan kembali tampil dalam babak grand final. Mereka antara lain:

  1. Adzra Zulfa Rabbani
  2. Aisha Dama C
  3. Ana belle Wiana
  4. Aurelia Agatha
  5. Joanna Grania
  6. Sherina Thu Tiwanie
  7. Erditya Putra Permana
  8. Joana Talenta
  9. Fladira Luna
  10. Lawrence Octavianus
  11. Hansen Jonathan
  12. Nafisa Dinar
  13. Danendra
  14. Dewi Nur Lathifa
  15. Arkana
  16. Queennesa, dan
  17. Nasywa Hanifah

Sebelum memasuki Grand Final, 203 peserta penyanyi anak dan 187 peserta pencipta lagu telah terjaring. Peserta disaring lagi hingga memasuki babak 30 besar untuk masing-masing kategori lomba dan mengikuti masa karantina. Penjurian dilakukan berdasarkan teknik vokal, penampilan, ekspresi, dan intepretasi pada lagu yang dibawakan.

Dewan Juri

Selain itu, peserta yang masuk dalam semi final akan dikarantina selama seminggu. Semua anak yang masuk final juga akan mendapatkan hadiah keseluruhan berjumlah Rp 200.000.000,- dan akan dibuatkan album rekaman. Dalam Grand Final kemari, juri yang terdiri dari Bens Leo, Purwacaraka, Dian HP dan Lenny N. Rosalin akan memilih 3 juara utama  dan 3 juara harapan untuk masing-masing kategori.

Mari Kita Asah Minat dan Bakat Anak

Acara kemarin dimulai dengan penampilan Harmoni 8 dalam drama musical yang menjadi pembukaan acara lomba kemarin. Harmoni 8 adalah sebuah Group Vokal Remaja yang dibentuk oleh Musik Hana Midori pada bulan Juli 2016 lalu. Mereka terdiri dari 6 remaja perempuan dan 2 remaja laki-laki yang diambil dari pemenang 10 besar dari Festival Lagu Anak Nusantara 2012 yang diadakan oleh Kemendikbud dan Bapak Bens Leo sebagai Ketua Panitia.

Drama Musikal 

Jika kita perhatikan, kegiatan positif seperti ini perlu kita dukung bersama. Karena saat ini acara musik di televisi jarang yang menyajikan lagu khusus untuk anak-anak. Bahkan bisa dibilang tidak ada. Salah satu akibatnya, banyak anak yang tidak mengenal lagu-lagu yang sesuai dengan usianya, dan banyak yang justru malah menyanyikan lagu-lagu dewasa. Meskipun bermunculan acara lomba menyanyi untuk anak, lagu-lagu yang dinyanyikan umumnya juga lagu-lagu orang dewasa. Benar kan?

Oleh sebab itulah, KPPPA RI bersama Musik Hana Midori menyelenggarakan LSAI yang diharapkan dapat melahirkan lagu anak dan penyanyi anak yang berkualitas. Mereka juga berharap bahwa hal ini akan menyadarkan para orang tua dan masyarakat untuk dapat mendorong anak memanfaatkan waktu luang mereka dengan mengembangkan minat dan bakat anak dengan hal positif. Di antaranya menyanyikan lagu yang sesuai dengan usianya.


Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Ibu Yohana Yembise mengatakan, “Salah satu kegiatan anak untuk mengisi waktu luang adalah dengan bernyanyi. Aktivitas ini menjadi penting agar anak-anak dapat belajar melalui lagu dengan cara yang baik dan benar. Kenyataannya, selain langkanya penyanyi anak yang menyanyikan lagu anak, Indonesia juga kekuarangan lagu anak dari para pencipta lagu yang menelurkan lagu anak yang berkualitas. Ada berbagai penyebab, misalnya sulit mengorbitkan lagu anak dan anak yang mau menyanyikan, sangat terbatas media yang akan menyiarkan dan mempublikasikan lagu tersebut, dan secara ekonomi lagu anak dianggap tidak komersil. Saya berharap agar orang tua, media, dan anak-anak juga mulai menggalakkan lagu anak-anak. Untuk yang mejadi pemenang hari ini, diharapkan pula ia dapat menyebarluaskan, sehingga gaungnya sampai dinyanyikan oleh anak-anak seluruh Indonesia.”

Hal tersebut juga dibenarkan oleh Ibu Lenny N. Rosalin, Deputi Menteri Bidang Tumbuh Kembang Anak KPPPA RI yang mengatakan bahwa kegiatan ini menjadi wadah untuk menumbuhkan kembali semangat kepedulian terhadap tumbuh kembang anak. Kegiatan LSAI ini merupakan salah satu usaha yang kita lakukan dengan sebaik-baiknya untuk anak- anak Indonesia agar menjadi generasi masa depan yang hebat, cerdas, sehat, gembira, dan berkualitas.


Para peserta tersebut tampil dengan sangat bagus dengan menyanyikan lagu anak-anak dari para pencipta lagu anak yang juga dilombakan dalam ajang ini. Lagu anak-anak tersebut yaitu: Pesawat terbang, Kalau Ku Salah, Ku Ingin Terbang, Senam Pagi, Kufoto Klik!, Aku Suka Bernyanyi, Lagu Untuk Guru, Tetap Satu, Berani, dan beberapa lagu anak lainnya. 

Menjadi penonton yang hadir dalam lomba anak bergengsi kemarin, sempat membuat saya larut dalam kegembiraan anak-anak. Ya, saya merasa kembali menjadi anak-anak. Mungkin kalau tidak ingat umur, saya rasanya ingin ikut nyanyi dan menari bersama adik-adik yang hadir kemarin. Sayangnya saya tidak membawa Rayyan, jika Rayyan ikut rasanya ia akan berlari untuk menari dan bernyanyi bersama.

Congratulations!

Para Pemenang Lomba Suara Anak Indonesia

Setelah kurang lebih 3 jam acara tersebut berlangsung tepat jam 11 siang, para pemenang lomba masing-masing kategori pun diumumkan. Pemenangnya antara lain:

1. Lomba Penyanyi Anak

  • Juara 1 : Sherina Thu Tiwanie
  • JUARA 2 : Lauwrence
  • Juara 3 : Aisha Dama C
  • Harapan 1 : ErdityaPutraPermana
  • Harapan 2 : Fladira
  • Harapan 3 : Adzra Zulfa Rabbani

2. Lomba Cipta Lagu

  • Juara 1 : Stephen Irianti Wally (Rei) dengan judul lagu Aku Suka Bernyanyi
  • Juara 2 : Mayashanty Reynildha dengan judul lagu Tetap Satu
  • Juara 3 : Bradder Sams dengan judul lagu Ku Foto, Klik!
  • Harapan 1 : Panji Nurseto dengan judul lagu Liburan
  • Harapan 2 : Jefri Antonius Situmeang dengan judul lagu Gak Boleh Nakal
  • Harapan 3 : Agustinus Kusni Hartono dengan judul lagu Hari Baru

Selamat semuanya! Yuk moms kita dukung minat dan bakat putra-putri kita dari sekarang. Kita gali, asah dan berikan pendidikan terbaik bagi mereka agar kelak mereka tumbuh menjadi anak yang cerdas dan kreatif untuk menjadi generasi penerus bangsa yang berprestasi. Selamat Hari Anak Sedunia!


22 comments on "Pemenang Lomba Suara Anak Indonesia 2018 "
  1. Selamat ya buat semua pemenang... Pasti lagunya keren2..

    Wah ini ajang bergengsi anak supaya bisa terus berprestasi ya. Kalau saja Fahmi putra saya pandai nyanyi... Ingin rasanya mencoba peruntungan hehehe. Sayang Fahmi mah boro2 naik panggung berhadapan dengan penonton, ketemu tamu di rumah saja ngumpet, pemalu dia mah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iy mbak benat banget harus rutin ya kegiatan positif ini

      Delete
  2. Setuju banget soal asah bakat anak, dengan dikenalkan sejak dini bisa ketahuan yah bakatnya cenderung pada bidang apa.. Sukses untuk semua anak-anak Indonesia

    ReplyDelete
  3. Mesti diperbanyak nih acara seperti ini di seluruh daerah. Karena sangat penting menghadirkan lagu-lagu yang memang peruntukannya untuk usia anak-anak. Terlalu muda bagi usia sedini ini untuk menyanyikan lagu-lagu dewasa.
    Selamat buat para pemenang, teruslah kembangkan prestasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak udah jarang banget ya yang menyebutkan lagi benar2 lagu anak

      Delete
  4. semoga acara ini terus berjalan tiap tahunnya agar ada anak bersuara luar biasa dengan lagu anak anak juga yang luar biasa

    ReplyDelete
  5. Wah asyik ya bs ikut acara ini langsung. Selamat buat para pemenang pasti keren2...Setuju banget kemampuan anak hrs diasah sedari kecil biar optimal

    ReplyDelete
  6. Kegiatan lomba itu sangat membantu melatih kemandirian anak, nggak hanya itu juga sih ya mom anak-anak pasti akan giat berlatih untuk menjadi pemenang. Seneng deh kemenpppa mengadakan acara ini. Semoga kedepannya terus ada dan berkembang acaranya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak semoga makin banyak dukungan dari semua masyarakat ya

      Delete
  7. Waahhhh senangnya kalau melihat anak2 bisa berprestasi dengan cara mereka, termasuk tentang musik. Jadi ingat kalau aku gak bisa nyanyi jadi kalau ngelihat anak2 menang kompetisi nyanyi itu merasa minder sendiri hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak seru banget suaranya masya Allah bagus2

      Delete
  8. dewan jurinya ini kompeten semua yah, mantap betul semoga anak kita emang cinta lagu anak-anak yah

    ReplyDelete
  9. Sudah lama kayanya ya, ngga nada even anak dengan lagu yang pas buat anak
    Lagu yang pas akan memebant ikut andil dalam eksplorasi bakat dan minat

    ReplyDelete
  10. Selamat untuk para pemenang. sedari kecil suaranya udah bagus, gimana besarnya ya, tambah bagus... saya suka anak yang bisa nyanyi...

    ReplyDelete
  11. Merinding bacanya, sebagai orangtua seluruh pemenang pasti sangat bangga terhadap prestasi putra putri mereka.. aku sambil berdoa, semoga anak-anak aku juga bisa berprestasi seperti mereka.. aamiin

    ReplyDelete
  12. Saya sangat salut kepada KPPA yang sangat memperhatikan kreativutas anak melalui program programnya. Satu program KPPA yang ada di sulawesi selatan yaitu Sekolah Ramah anak byk menuai apresiasi. Seperti pada kegiatan yg diurai pd ulasan diatas yg telah memberikan ruang kepada anak2 untuk berprestasi. Selamat kepada para pemenang

    ReplyDelete
  13. Penting banget buat ngasah kemampuan si buah hati sejak dini, supaya ketika besarnya sudah terlatih.

    Orang tua punya peranan besar dalam kemampuan anak.

    ReplyDelete

Thank you for visiting my blog. I am very happy if you leave comments, feedback, suggestions, or criticism. As a passion for me, to be able to write better. Happy Reading!