Sasha Pasta Gigi - Bersiwak Mengikuti Perintah Nabi Muhammad

Wednesday, December 5, 2018
Assalamualaikum,


Ketika kita mendengar kata Hijrah, mungkin yang sekilas terbersit dalam benak kita adalah proses memperbaiki diri dimulai dari hal yang paling kecil, seperti menggunakan hijab dan memperbaiki shalat. Hal itu umum sekali terjadi pada sebagian muslimah termasuk saya dan beberapa teman muslimah lainnya.

Terlihat memang mudah, tapi nyatanya proses Hijrah itu sendiri tidak semudah yang dibayangkan. Terkadang, saat benar-benar sedang ada di jalan Allah, justru ujian pun semakin berat. Tapi, jika kita tidak memulai, mau mulai kapan? Ajal bisa saja datang menghampiri kita tanpa kita sadari. Bisa saat kita sedang tidur, sedang dalam perjalanan, saat sakit, bahkan saat sedang bermain bersama anak-anak. Oleh sebab itu, hijrah memang harus segera kita lakukan.

Waktunya Berhijrah

Bicara tentang Hijrah, beberapa hari lalu saya menghadiri sebuah acara inspiratif bersama Sasha Toothpaste dan Hijab Influencer Network dengan tema "Waktunya Hijrah" di The Hook, Jakarta Selatan. Acara yang topiknya begitu menarik ini menghadirkan wanita-wanita sholehah seperti: Ummu Balqis, Lulu Elhasbu, Danti Nastiti, dan Drg. Annisa.


Dalam pembukaan acara, Ummu Balqis seorang founder @Bengkel_diri dan juga wanita inspiratif yang setiap postingan nasihatnya dibanjiri puluhan komentar positif para muslimah di instagram menyampaikan, bahwa proses hijrah itu banyak. Bukan hanya urusan kita dengan Allah saja,  tetapi juga urusan dengan sesama makhluk hidup, lingkungan dan kebiasaan hidup yang baik. Hal paling kecil saja, hubungan antara suami istri saja seperti bau mulut sebenarnya kadang bisa menjadi masalah besar. Lalu, apakah mau hal sepele tersebut menghancurkan mahligai rumah tangga yang sudah dibina lama? Tentu tidak mau bukan?


Oleh karena itu, menjaga kesehatan gigi dan aroma mulut bisa dibilang adalah kewajiban. Diluar dari itu, tahukah bahwa menjaga kesehatan gigi dan aroma mulut itu sudah dilakukan oleh orang-orang terdahulu sebelum kita? Bahkan kebiasaan baik ini menjadi salah satu sunah Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Seperti yang Ummu Balqis sampaikan kemarin, sunah menjaga kesehatan dan kebersihan gigi dan mulut sangat disunahkan menggunakan Siwak seperti yang Nabi Muhammad lakukan dulu. Minimal ketika baru bangun dan menjelang tidur.

Menjalani Sunah Nabi dengan Bersiwak



Seperti yang dilansir dari Rumayso.com, Siwak adalah nama untuk sebuah kayu yang digunakan untuk menggosok gigi. Atau jika ditinjau dari perbuatannya, bersiwak yaitu menggosok dan membersihkan gigi dengan kayu atau sejenisnya untuk menghilangkan kuning dan kotoran gigi, dan juga untuk membersihkan mulut.


 Khasiat dari Bersiwak itu sendiri antara lain:
  • Menguatkan gusi
  • Menghindarkan sakit gigi
  • Memudahkan pencernaan, dan
  • Melancarkan buang air kecil

Walaupun demikian, islam adalah agama yang tidak menyulitkan. Sunah tersebut bisa digantikan dengan segala sesuatu yang dapat menghilangkan kuning gigi dan membersihkan mulut, seperti sikat gigi, dan semacamnya.



Bersiwak hukumnya sunnah (dianjurkan) pada setiap saat, sebagaimana hadits dari Aisyah radhiyallahu ‘anha bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

السِّوَاكُ مَطْهَرَةٌ لِلْفَمِ مَرْضَاةٌ لِلرَّبِّ
Bersiwak itu akan membuat mulut bersih dan diridhoi oleh Allah.” (Shohih, HR. An Nasa’i, Ahmad, dll)

Ummu Balqis juga menyampaikan, bahwa ada salah satu hadist yang menyebutkan bahwa sebenarnya sunah Bersiwak ini sudah sangat diringankan oleh Nabi Muhammad, dari yang sebelumnya diperintahkan untuk dilakukan setiap kali berwudhu.

لَوْلَا أَنْ أَشُقَّ عَلَى أُمَّتِي لَأَمَرْتُهُمْ بِالسِّوَاكِ عِنْدَ كُلِّ وُضُوءٍ
Seandainya tidak memberatkan umatku, sungguh aku akan memerintahkan mereka bersiwak  setiap kali berwudhu.” (HR. Bukhari)

Shasha Toothpaste dengan Butiran Siwak Asli





Danti Nastiti selaku Assistant Brand Manager Sasha menyampaikan, bahwa pasta gigi Sasha bisa menjadi solusi mudah menjalankan sunah rasullulah sekaligus menjaga kesehatan gigi dan kesegaran mulut.



Sasha Toothpaste adalah pasta gigi halal dengan serpihan siwak asli yang diperkaya ekstrak daun sirih yang dapat melawan bakteri penyebab plak dan bau mulut. Selain itu, Sasha Toothpaste juga dilengkapi dengan flouride dan calcium yang dapat menjaga kekuatan dan kesehatan gigi sehingga nafas segar tahan lama.

Sasha terdiri dari 2 varian, yaitu:

  • Sasha Toothpaste Whitening
  • Sasha Toothpaste Herbal

Pengalaman Menggunakan Sasha Toothpaste



Sepulangnya dari acara kemarin, jujur saya buru-buru ingin sampai rumah dan mencoba langsung pasta gigi Sasha ini. Penasaran dengan serpihan siwaknya. Ternyata setelah mencoba, kesegarannya beda banget. Lebih segar dan gigi pun terasa lebih bersih. Saya menggunakan Sasha Toothpaste Whitening yang kemasannya berwarna putih. Cara menggunakannya:

  1. Oleskan pasta gigi Sasha secukupnya pada sikat gigi
  2. Sikat keseluruh area Gigi pada mulut
  3. Bilas dan berkumur dengan air hingga bersih

Alhamdulillah, saya senang bisa mendapatkan kesempatan hadir  dalam acara yang positif seperti kemarin. Serasa mendapatkan motivasi diri untuk mengubah kebiasaan hidup ke arah yang lebih baik dengan menjalankan sunah rasullulah sekaligus menjaga keharmonisan keluarga. Terima kasih Sasha Toothpaste dan Hijab Influencer Network.

Post Comment
Post a Comment

Thank you for visiting my blog. I am very happy if you leave comments, feedback, suggestions, or criticism. As a passion for me, to be able to write better. Happy Reading!