Sasha Pasta Gigi - Bersiwak Mengikuti Perintah Nabi Muhammad

Monday, December 17, 2018
Assalamualaikum,


Ketika kita mendengar kata Hijrah, mungkin yang sekilas terbersit dalam benak kita adalah proses memperbaiki diri dimulai dari hal yang paling kecil, seperti menggunakan hijab dan memperbaiki shalat. Hal itu umum sekali terjadi pada sebagian muslimah termasuk saya dan beberapa teman muslimah lainnya.

Terlihat memang mudah, tapi nyatanya proses Hijrah itu sendiri tidak semudah yang dibayangkan. Terkadang, saat benar-benar sedang ada di jalan Allah, justru ujian pun semakin berat. Tapi, jika kita tidak memulai, mau mulai kapan? Ajal bisa saja datang menghampiri kita tanpa kita sadari. Bisa saat kita sedang tidur, sedang dalam perjalanan, saat sakit, bahkan saat sedang bermain bersama anak-anak. Oleh sebab itu, hijrah memang harus segera kita lakukan.

Waktunya Berhijrah

Bicara tentang Hijrah, beberapa hari lalu saya menghadiri sebuah acara inspiratif bersama Sasha Toothpaste dan Hijab Influencer Network dengan tema "Waktunya Hijrah" di The Hook, Jakarta Selatan. Acara yang topiknya begitu menarik ini menghadirkan wanita-wanita sholehah seperti: Ummu Balqis, Lulu Elhasbu, Danti Nastiti, dan Drg. Annisa.


Dalam pembukaan acara, Ummu Balqis seorang founder @Bengkel_diri dan juga wanita inspiratif yang setiap postingan nasihatnya dibanjiri puluhan komentar positif para muslimah di instagram menyampaikan, bahwa proses hijrah itu banyak. Bukan hanya urusan kita dengan Allah saja,  tetapi juga urusan dengan sesama makhluk hidup, lingkungan dan kebiasaan hidup yang baik. Hal paling kecil saja, hubungan antara suami istri saja seperti bau mulut sebenarnya kadang bisa menjadi masalah besar. Lalu, apakah mau hal sepele tersebut menghancurkan mahligai rumah tangga yang sudah dibina lama? Tentu tidak mau bukan?


Oleh karena itu, menjaga kesehatan gigi dan aroma mulut bisa dibilang adalah kewajiban. Diluar dari itu, tahukah bahwa menjaga kesehatan gigi dan aroma mulut itu sudah dilakukan oleh orang-orang terdahulu sebelum kita? Bahkan kebiasaan baik ini menjadi salah satu sunah Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Seperti yang Ummu Balqis sampaikan kemarin, sunah menjaga kesehatan dan kebersihan gigi dan mulut sangat disunahkan menggunakan Siwak seperti yang Nabi Muhammad lakukan dulu. Minimal ketika baru bangun dan menjelang tidur.

Menjalani Sunah Nabi dengan Bersiwak



Seperti yang dilansir dari Rumayso.com, Siwak adalah nama untuk sebuah kayu yang digunakan untuk menggosok gigi. Atau jika ditinjau dari perbuatannya, bersiwak yaitu menggosok dan membersihkan gigi dengan kayu atau sejenisnya untuk menghilangkan kuning dan kotoran gigi, dan juga untuk membersihkan mulut.


 Khasiat dari Bersiwak itu sendiri antara lain:
  • Menguatkan gusi
  • Menghindarkan sakit gigi
  • Memudahkan pencernaan, dan
  • Melancarkan buang air kecil

Walaupun demikian, islam adalah agama yang tidak menyulitkan. Sunah tersebut bisa digantikan dengan segala sesuatu yang dapat menghilangkan kuning gigi dan membersihkan mulut, seperti sikat gigi, dan semacamnya.



Bersiwak hukumnya sunnah (dianjurkan) pada setiap saat, sebagaimana hadits dari Aisyah radhiyallahu ‘anha bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

السِّوَاكُ مَطْهَرَةٌ لِلْفَمِ مَرْضَاةٌ لِلرَّبِّ
Bersiwak itu akan membuat mulut bersih dan diridhoi oleh Allah.” (Shohih, HR. An Nasa’i, Ahmad, dll)

Ummu Balqis juga menyampaikan, bahwa ada salah satu hadist yang menyebutkan bahwa sebenarnya sunah Bersiwak ini sudah sangat diringankan oleh Nabi Muhammad, dari yang sebelumnya diperintahkan untuk dilakukan setiap kali berwudhu.

لَوْلَا أَنْ أَشُقَّ عَلَى أُمَّتِي لَأَمَرْتُهُمْ بِالسِّوَاكِ عِنْدَ كُلِّ وُضُوءٍ
Seandainya tidak memberatkan umatku, sungguh aku akan memerintahkan mereka bersiwak  setiap kali berwudhu.” (HR. Bukhari)

Shasha Toothpaste dengan Butiran Siwak Asli





Danti Nastiti selaku Assistant Brand Manager Sasha menyampaikan, bahwa pasta gigi Sasha bisa menjadi solusi mudah menjalankan sunah rasullulah sekaligus menjaga kesehatan gigi dan kesegaran mulut.



Sasha Toothpaste adalah pasta gigi halal dengan serpihan siwak asli yang diperkaya ekstrak daun sirih yang dapat melawan bakteri penyebab plak dan bau mulut. Selain itu, Sasha Toothpaste juga dilengkapi dengan flouride dan calcium yang dapat menjaga kekuatan dan kesehatan gigi sehingga nafas segar tahan lama.



Sasha terdiri dari 2 varian, yaitu:



  • Sasha Toothpaste Whitening
  • Sasha Toothpaste Herbal

Pengalaman Menggunakan Sasha Toothpaste



Sepulangnya dari acara kemarin, jujur saya buru-buru ingin sampai rumah dan mencoba langsung pasta gigi Sasha ini. Penasaran dengan serpihan siwaknya. Ternyata setelah mencoba, kesegarannya beda banget. Lebih segar dan gigi pun terasa lebih bersih. Saya menggunakan Sasha Toothpaste Whitening yang kemasannya berwarna putih. Cara menggunakannya:

  1. Oleskan pasta gigi Sasha secukupnya pada sikat gigi
  2. Sikat keseluruh area Gigi pada mulut
  3. Bilas dan berkumur dengan air hingga bersih

Alhamdulillah, saya senang bisa mendapatkan kesempatan hadir  dalam acara yang positif seperti kemarin. Serasa mendapatkan motivasi diri untuk mengubah kebiasaan hidup ke arah yang lebih baik dengan menjalankan sunah rasullulah sekaligus menjaga keharmonisan keluarga. Terima kasih Sasha Toothpaste dan Hijab Influencer Network.


Hijab Influencer Network 

Sasha Indonesia
Instagram: Sashaindonesia
56 comments on "Sasha Pasta Gigi - Bersiwak Mengikuti Perintah Nabi Muhammad"
  1. Aku skr pake iniiii. Dan suka ama kesegarannya selesai gosok gigi :) . Berasa banget kok bersih dan segernya di mulut. Kyknya ga bakal beli lagi pasta gigi biasa. Bener2 mau beralih ke sasha ini aja :)

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah sudah coba yang herbal dan cocok. Jadi makin rajin deh sikat giginya :)

    ReplyDelete
  3. Saya lagi cobain Sasha yang herbal. Penasaran karena ada sirihnya juga. Eh, ternyata enak setelah pakai ini

    ReplyDelete
  4. Aku juga tempo hari pulang dari event buru-buru pengin coba dan ... suka! :D

    ReplyDelete
  5. Kemarin emang berasa banget ya dapat nasihat rumah tangga dari Ummu, hihi. Alhamdulilah aku juga cocok pakai sasha jadi pakai terus nih semoga termasuk menjalankan sunah bersiwak ya Mba :)

    ReplyDelete
  6. Ternyata ajaran Rasulullah bersiwak yang sudah beribu tahun diajarkan, gak lekang zaman ya mbak. Alhamdulillah sekarang ada formula pasta gigi dengan siwak yang memudahkan kita.

    ReplyDelete
  7. Kemarin siang aku belanja bulanan di supermarket trus beli deh 2 varian sasha ukuran besar. Suami mendukung banget kami hijrah. Aku suka kedua rasanya tapi kalo boleh pilih aku senang banget yg herbal antibacterial ��

    ReplyDelete
  8. aku seneng deh semenjak ada sasha ngikutin sunnah rasul yaitu bersiwak jadi gampang bgt ya kak, ringkes dan praktis banget. dari harganya pun terjangkau banget

    ReplyDelete
  9. Sasha jadi solusi praktis untuk masalah gigi dan bau mulut, jadi makin pede bicara sama orang lain dan tampil didepan umum.

    ReplyDelete
  10. Whaa jadi pengen coba, tapi bisa dibeli di mana ya? Di giant ekspress samping rumahku kayanya belum ada.

    ReplyDelete
  11. Iyaah seneng yaa kemarin, dapet ilmu yang bermanfaat tentang hijrah dan pasta gigi sasha, bisa kenal ketemu langsung sama Amel juga :) hehe

    ReplyDelete
  12. Inovasi baru nih, ada pasta gigi dengan kandungan siwak di dalamnya. Pernah tau juga sih tapi aku belum coba gimana rasanya pake pasta gigi dengan kandungan siwak ini

    ReplyDelete
  13. Ya ampun, betapa mupengnya saya dengan Sasha ini, banyak banget yang review dan puas akan hasilnya.
    Jarang-jarang ada produk pasta gigi yang halal, padahal pasta gigi juga dimasukan ke mulut.
    Semoga pemasarannya lebih luas ya dan lebih mudah didapatkan konsumen :)

    ReplyDelete
  14. Langsung salfok sama foto paling atas :D bener2 kalo nemu di etalase bakal kubeli ni pasta gigi deh, sehatnya dapat pahalanya dapat. Soalnya agak jera pakai kayu siwaknya langsung, gusi berdarah krn kena ujung2 kayu serabutnya... Mungkin akunya aja yg ga bisa make kali ya, tapi beneran deh kalo ada pasta giginya aku mo pake ni aja

    ReplyDelete
  15. Aku pernah pake siwak aslinya, dan gak suka dengan rasanya. Pake Sasha bisa jadi alternatifnya. Seger di mulut. Aku suka yang herbalnya.

    ReplyDelete
  16. lebih praktis gini ya dalam entuk pasta gigi.. apa dijual di supermarket atau minimarket ya?

    ReplyDelete
  17. Siwak asli kan rasanya gimana gitu yaaa...kalau ada Sasha jadi solusi deh, praktis dan banyak manfaatnya dan saya sudah coba rasanya memang oke bangets

    ReplyDelete
  18. Siwak memang bermanfaat banget ya dalam dunia kesehatan. Aku belum pernah pakai Sasha toothpaste ini. Kapan-kapan pengen beli ah...

    ReplyDelete
  19. Pernah nyoba siwak sekali dan masih belum ngerasa nyaman karena bentuknya. Alhamdulillah sudah ada solusi terbaik untuk orang kaya aku. Hehe

    ReplyDelete
  20. selalu ada cara dan kemudahan untuk hijrah, kali ini hadirnya sasha membantu banget untuk muslim yang mencari pasta gigi halal, pahalanya dapet, sehatnya juga dapat. harus pake deh mulai tahun baru dengan yang baru juga

    ReplyDelete
  21. Alhamdulillah ya sekarang untuk mengikuti sunnah nabi jadi lebih mudah dengan segala teknologi. Hijrahpun semakin menyenangkan.

    ReplyDelete
  22. Aku suka pasta gigi ini terutama yang herbal. Segarnya tahan lama sih.

    ReplyDelete
  23. Aku suka sikatan pakai siwak, dulu diajarin papaku. Cuma karena pakenya ribet jadi jarang pake. Asik nih sekarang ada Sasha pasta gigi siwak, jadi bisa dapetin manfaat siwak tanpa ribet.

    ReplyDelete
  24. Waalaikumussalam warrahmatullahi wabarakatuh... kayaknya boleh juga nih sebagai salah satu bajar hijrah, hijrah juga produk-produk yang digunakan untuk sehari-hari. Termasuk dengan mengganti pasta gigi dirumah.

    ReplyDelete
  25. seneng klo udah banyak yang hijrah gini. aku jadi ikut semangat belajar juga mbak.. siwak kan sunah nabi yaa

    ReplyDelete
  26. mom amaliia aku udah coba loh sahsa ini yang hebral, enak banget juga ke mulut dan segar. berasa lebih bersih karena kandungannya yang terjamin dan halal.

    ReplyDelete
  27. Masya Allah ternyata bersiwak itu manfaatnya banyak banget ya mbak. Alhamdulillah semuanya ternyata sudah diatur di dalam Islam, smapai membersihkan diri juga

    ReplyDelete
  28. Saya juga pengen hijrah ke Sasha. Semoga dimudahkan ya
    Dan untuk balita, ada ga ya yang sejenis ini juga?

    ReplyDelete
  29. Aku juga sudah pake dan ternyata enak banget, apalagi ekstraknya aseli dari siwak

    ReplyDelete
  30. Alhamdulillah semakin mudah menjalankan sunnah Nabi ya.. aku udah cobain dua2nya, i prefer whitening varian, krn endingnya lebih fresh ��

    ReplyDelete
  31. Wah aku baru tau kak ternyata siwak juga bisa melancarkan buang air kecil ya. Makin banyak aja manfaatnya. Kalau aku lebih suka yang varian herbal, lebih fresh di mulut

    ReplyDelete
  32. Wah, jadi pengen nyobain pasta ini kak hehe

    ReplyDelete

Thank you for visiting my blog. I am very happy if you leave comments, feedback, suggestions, or criticism. As a passion for me, to be able to write better. Happy Reading!