Tips Belanja Online Kebutuhan Anak dengan Kartu Debit

Saturday, December 22, 2018
Hai moms,

Happy Mother's Day!!! Bertepatan dengan Hari Ibu yang jatuh pada hari ini (22/12), saya jadi teringat momen-momen ketika baru menjadi ibu 2 tahun lalu. Menjadi seorang ibu itu sungguh bukan perkara mudah seperti yang saya bayangkan. Ternyata banyak hal yang harus dipersiapkan, terutama mental kita untuk siap menjadi IBU.

Seorang ibu tentunya akan mempersiapkan dan memberikan yang terbaik untuk sang buah hati, bukan? Khususnya ketika akan menyambut kedatangan sang buah hati. Pastinya banyak hal yang harus kita persiapkan terutama perlengkapannya. Mulai dari pakaian bayi, tempat tidur, alat mandi, selimut, perlengkapan menyusui, stroller, dan lain sebagainya.



Selain itu, menjadi seorang ibu juga akan banyak mengalami perubahan. Khususnya pasca melahirkan, rasa lelah dan perubahan fisik banyak membuat sebagian ibu baru mengalami krisis percaya diri. "Terlebih jika sang suami, kurang memberikan perhatian. Oleh sebab itu, hal yang paling utama harus diutamakan adalah komunikasi yang baik antar keduanya," ungkap Mbak Saskhya seorang Psikolog Anak yang hadir pada acara Blogger and Media Gathering bersama Mastercard yang berlangsung di Kolega - Jakarta Selatan.

Menurut Mbak Saskhya, ada 3 hal yang harus disiapkan seorang ibu untuk menyambut kedatangan sang buah hati:

  • Persiapan Fisik
  • Persiapan Mental
  • Persiapan Kebutuhan Anak

Sebagai seorang calon ibu, mempersiapkan fisik yang sehat sangat perlu dilakukan. Minimal dengan rutin berolahraga dan mengkonsumsi makanan-makanan yang bergizi. Setelah itu, bagi calon ibu juga diharapkan untuk bisa menjaga dan mempersiapkan mentalnya. Khususnya ketika mendapatkan berbagai informasi seputar kehamilan, melahirkan, hingga menyusui si kecil yang berbeda-beda. Tetaplah tenang tanpa panik. Karena menjadi  seorang ibu itu tidak selalu dituntut sempurna. Melainkan tetaplah memberikan  yang terbaik untuk si kecil sesuai kemampuan kita masing-masing. Selain itu, yang terakhir adalah mempersiapkan perlengkapan si kecil.

Baca juga: Rekomendasi Tempat Belanja Online Mainan Anak

Saya masih ingat betul pada saat membeli perlengkapan Rayyan ke beberapa toko perlengkapan bayi. Saya dan suami cukup kerepotan membawa semua barang tersebut ketika selesai berbelanja. Nah, kalau moms biasanya bagaimana, apakah sama dengan yang saya alami? 

Belanja Perlengkapan Bayi? Online Aja!

Tenang, moms tidak akan mengalami seperti apa yang pernah saya alami. Di zaman yang serba modern ini, moms juga bisa lho berbelanja perlengkapan bayi secara mudah dengan online. Terlebih untuk proses pembayarannya.

Menurut Mbak Saskhya, terkadang menjadi ibu baru itu membuat kita ingin mempersiapkan semua keperluan untuk si kecil, bahkan terkadang barang yang tidak begitu penting saja tetap dibeli. Oleh sebab itu, mencatat apa saja yang diperlukan dan akan dibeli adalah langkah awal yang harus dilakukan. Pastinya, disesuaikan dengan budget yang dimiliki.


Mas Tarra Budiman seorang Artis, Influencer dan Calon Ayah juga menyampaikan berbagai persiapan yang ia lakukan bersama sang istri. Rasanya ingin sekali segera berjumpa dan memberikan semua keperluan terbaik yang dibutuhkan si kecil. Ada yang dibeli secara online, ada juga yang dibeli langsung ke toko.

Tips Belanja Online Kebutuhan Anak

Berikut beberapa tips belanja kebutuhan anak secara online, menurut Mbak Saskhya:

  1. Buatlah daftar barang sesuai kategori.
  2. Urutkan barang prioritas.
  3. Cek dan bandingkan harga barang.
  4. Tenang dan jangan tergesa-gesa.
  5. Pertimbangkan manfaat barang tersebut.
  6. Pilih e-commerce yang terpercaya.

Zaman yang canggih seperti sekarang, secara tidak langsung sudah memberikan kita kemudahan bertransaksi apapun secara online. Berbagai e-commerce juga sudah banyak yang memberikan berbagai keuntungan, seperti: bebas biaya kirim dan proses pembayaran yang mudah. Sehingga manfaat berbelanja online itu bukan hanya bebas antri dan bebas macet-macetan saja kan?

Sekalipun sebagian besar keperluan Rayyan saya beli langsung ke toko, ada beberapa barang juga yang saya beli secara online seperti Stroller. Karena ingin aman, saya biasanya memilih metode pembayaran Transfer Bank. Metode ini bagi saya lebih aman selain COD (Cash On Delivery). Nah, moms pernahkah belanja online menggunakan kartu debit Mastercard?

Belanja Online Mudah Dengan Kartu Debit Mastercard



Kartu debit Mastercard bukanlah kartu khusus ya, moms. Melainkan sebuah fitur yang terdapat pada kartu debit atau ATM kita. Logo Mastercard pasti pernah kita lihat di beberapa kartu debit kita, bukan?

1. Kenyamanan transaksi  online dengan Mastercard SecureCode

Logo Mastercard yang terdapat pada kartu debit kita bisa kita gunakan juga untuk berbelanja online. Asalkan saldonya ada dan mencukupi ya, moms. Karena saldo kita akan otomatis terpotong. Jadi berbeda dengan kartu kredit. Kartu debit berlogo Mastercard aman moms gunakan untuk berbelanja online karena memiliki fitur Mastercard SecureCode.

Bapak Tommy, Direktur Mastercard Indonesia mengatakan, Mastercard SecureCode adalah sebuah fitur keamanan canggih yang melindungi transaksi dengan menawarkan password satu kali pakai (one-time-password-OTP) yang akan dikirimkan melalui SMS oleh bank penerbit kartu debit kita. Setiap OTP yang dibuat hanya dapat digunakan untuk satu kali transaksi, sehingga mencegah kemungkinan direplikasi untuk tujuan penipuan.

2. Semua transaksi dapat ditelusuri dan terlindungi

Kartu debit selain memberikan kemudahan dan kenyamanan, juga dapat memberikan kita Kendall bahkan saat kartu hilang atau dicuri. Karena semua transaksi dapat ditelusuri dan tetap kita monitor sehingga berbagai transaksi yang tidak sah dapat segera kita laporkan.


Perhatikan hal-hal berikut ini ketika berbelanja online dengan kartu debit:

  • Hindari pembayaran di tempat umum
  • Gunakan password yang aman
  • Pastikan laman pembayaran untuk memasukkan detail kartu debit Aman
  • Perhatikan pada jendela browser terdapat simbol gembok
  • Perhatikan alamat website yang dimulai dengan https merupakan singkatan untuk ''secure"
  • Jangan lupa untuk menghapus riwayat pencarian dan file internet jika anda menggunakan komputer publik

Ingat ya, Moms! Memberikan segala keperluan yang si kecil butuhkan adalah tugas kita sebagai orangtua. Jangan lupa perhatikan setiap barang yang akan dibeli, seperti: harga, kualitas, manfaat dan lain sebagainya. Berbelanja online kini dapat menjadi pilihan kita ketika hendak berbelanja semua kebutuhan si kecil. Karena banyak sekali keuntungan yang akan kita peroleh. Termasuk kemudahan proses pembayaran dan keamanan yang Mastercard berikan. Tetap bijak berbelanja ya!!!


62 comments on "Tips Belanja Online Kebutuhan Anak dengan Kartu Debit"
  1. Saya sudah sering menggunakan transaksi jenis ini..namun di artikel ini saya mendapat tambahan informasi secara khusus untuk membeli kebutuhan anak..makasih sudah berbagi ya

    ReplyDelete
  2. Sy sih ga punya kartu kredit, tapi ilmunya emang bermanfaat. Jaman sorga belanja online mmg sdh ngetren

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini kartu debit kak bukan kredit... alhamdulilah aku juga nggak punya klo kartu kredit hehe

      Delete
  3. Belanja online ini emang ngebantu banged dan banyak kemudahan yg kita dapet. Tapii tetap ya Mba harus dibatasi, beli barang yg kita butuhkan bukan yg kita inginkan.

    ReplyDelete
  4. Belanja bijak walaupun dengan kartu debit ya teh, penting banget karena sebagai Ibu harus bijak juga mengatur keuangan keperluan rumah tangga yang lain, agar semuanya seimbang ya teh.. InsaAllah menjadi lebih baik dalam mengatur keuangan khususnya belanja dengan kartu debit, walaupun uang sendiri tetap harus bijak

    ReplyDelete
  5. aku juga sekarang tuh kalau belanja apa-apa mesti lewat online juga sih mbak, dan seringnya pakai kartu debit juga.. coba deh nanti kalau udah ada anak aku mau belanja keperluan anak lewat online

    ReplyDelete
  6. Kalau belanja online lapar matanya rada ke rem sih tapittp ya hrs buat list nya..

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah udah bisa praktekan tips belanja online. Pun kadang main masuk2in juga hahaha gemes kan. Ini penting banget ya tipsnya kak

    ReplyDelete
  8. Belanja online memang memudahkan banget mba hemat waktu dan tenaga,kadang harganya pun lebih murah..makasih mba tipsnya biar bisa ngerem dikit hehhe

    ReplyDelete
  9. Belum pernah belanja online pakai debit mba, tapi bagaimanapun pembayarannya kita memang harus ekstra hati-hati ya, keren nih MasterCard 😃

    ReplyDelete
  10. Saya memang tidak punya CC, tapi kalau belanja online suka sih. Trims ya moms Amalia sudah share ilmu yang bermanfaat.

    Salam
    Nia Tiara

    ReplyDelete
  11. Jaman sekarang mah gampang, daripada repot repot keliling pasar, mending belanja online aja. Milih barangnya dari rumah aja dan langsung bayar pake mastercard. Aman terkendali dalam genggaman

    ReplyDelete
  12. aku banget ini, lebih pilih belanja online kalau untuk baju hihihi.. ngerasa ribet banget kalau ke mall beli baju buat anak2 ��

    ReplyDelete
  13. Bisa juga ya kartu debit berlogo master card dipake bayar2 belanja online? Wah, perlu cari tahu lapak mana aja nih yg bisa nglayani pembayaran via Mastercard

    ReplyDelete
  14. Ini berarti berbeda dengan debit biasa kah mba? Saya juga lebih suka belanja online karena bisa lebih iritt, gak ada jatah preman dari anak-anak hehe

    ReplyDelete
  15. Sekarang belanja online sudah jadi andalan saya nih mom, selain hemat tenaga dan waktu, belanja online juga suka ngasih harga promo, jadi makin happy deh..hihii.

    Tapi ya itu kalau mau belanja harus dipikirkan dulu kita butuhnya apa, berapa dan yang seperti apa. Jangan nanti pas sudah belanja malah beli yang lain2 gegara ada promo.

    ReplyDelete
  16. Iya mbak...akupun kalau belanja selain melihat harga juga melihat kualitas barangnya. Jadi nggak asal beli... Kalau asal beli.... Wahaaaa rugi. Takutnya nggak kepake.... Hehehe... Emak2 gini selalu banyak pertimbangan ya...

    ReplyDelete
  17. aku pas hamil juga beli perlengkapan bayi ONLINE alhamdulilah ga perlu desak2an deh ga ketemu macet bumil hepi diem di rumah tapi bisa belanja perlengkapan bayi secara lengkap dan mudah wah ini debit mastercard jadi tahu deh tips belanja dengan debit mastercard

    ReplyDelete
    Replies
    1. perlu banget ini diketahui bumil karena ga bikin repot kalau mau belanja ya mba

      Delete
  18. Wih asik banget yah sekaranh belanja kebutuhan baby bisa online, jadi ga perlu ribet nyari2 toko perlengkapan bayi. Soalnya aku dulu semuanya serba sendiri... Hihihi jd curhat.

    ReplyDelete
  19. Mastercard itu termasuj akrtu dbbit kah mba?
    Anw kalo soal belanja online, duh sy rasanya mostly olperlengkapan anak beli online deh XD

    ReplyDelete
  20. Saya sudah pernah cobain nih mba, lebih mudah sih kalau menurut saya, semoga transaksi seperti ini aman ya, bukan hanya buat belanja online sih, buat bayar2 online kayak isi gopay,Ovo dll, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang jelas amat sangat memudahkam banget.
      Zaman sekarang kan gak semua suka apply CC, nah transaksi debit gini beneran membantu banget memudahkam belanja online tanpa ngutang dulu :)

      Delete
  21. Bener mam. Ternyata untuk menjadi seorang ibu itu harus banyak persiapannya karena mebjadi ibu itu tu nggak mudah ya. Saya juga kaget waktu awal jadi ibu hihihi. Wah sekarang enak ya kalau mau membeli kebutuhan anak tinggal pake kartu mastercard aja ya ��

    ReplyDelete
  22. aku belanja kebutuhan anak apalagi saat mempersiapkan ketika dia mau lahir dengan online. kartu kredit maupun debit penyelamat aku mom. gak payah harus keluar rumah karena klik klik tinggal bayar. anti ribet.

    ReplyDelete
  23. Tips belanja onlinenya ini bisa juga buat belanja apapun ya Mba Amel, dan benar bangat sih klo belanja online itu harus buat list prioritas supaya bisa fokus dan tidak gampang tergoda dengan banyak barang yang lain. Hehehe

    ReplyDelete
  24. Cucok ini buatku tips belanjanya karena punya balita dan aku baru tau loh si Mastercard ini kak. Infonya kudu di share nih tentang Mastercardnya karena selama ini taunya kartu kredit.

    ReplyDelete
  25. iyess mba.. kalau udah ada secure code itu jadi lebih aman karena ga waswas disalaggunakan... apalagi kalau dikirimnya ke nomor handphone yang memang terbatas banget aksesnya..

    ReplyDelete
  26. Tipsnya semuanya aku pake. Tapinya, aku gampang banget terggoda. Keperluan anak, terutaman baju2, suka lucu2. Jadinya suka lebih dari budget semula. Untung deh pakenya Kartu Debit. Saldonya bikin jadi rem untuk belanja lebih banyak lagi. :D

    ReplyDelete
  27. Saya termasuk yang sering banget belanja online. Tapi belum pernah beli online buat kebutuhan anak. Nanti tipsnya aku coba,mba...

    ReplyDelete
  28. Selama ini pakai CC berlogo Mastercard...dan itu kadang bikin kalap.
    Sepertinya harua beralih ke kartu debit Mastercard aja, biar ingat jumlah saldo di rekening kita dan enggak kalap nantinya.

    ReplyDelete
  29. aku juga klo pembayaran lebih suka pake debit jadi ngga ribet hehehe.. klo dibanding beli langsung sama online aku tuh 75% online e mbak ��

    ReplyDelete
  30. Setuju banget kalau saat belanja online harus memilih toko online yang terpercaya. Kalau aku suka laper mata kalau ada promo menggiurkan dari toko online.

    ReplyDelete
  31. Aku juga lebih suka belanja pakai debit card daripada credit card, jadi bisa tahan diri belanja sesuai kemampuan & kebutuhan aja :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak aku pun nggak pernah pakai credit card

      Delete
    2. Untungnya debit card sekarang sudah ada mastercard yaa mbak, jadi pemakaiannya lebih fleksibel, gak cuma buat transaksi online, dibawa ke LN pun bisa kalau pakai mastercard :)

      Delete
  32. Aku baru kenal belanja online ya sekarang-sekarang ini. Lebih hemat dan praktis. Dulu pas masih punya bayi malah gak belanja online. Ke pasar saat hamil sampe hampir pingsan.

    ReplyDelete
  33. Makasih mba infonya. Langsung inget2 lagi, pernah gak ya transaksi di tempat umum. Pengen bebersih searchingan cached dll. Mulai dari 0 biar makin kerasa aman. Hehe.

    ReplyDelete
  34. Cuti melahirkan selama 3 bln berdampak pada meningkatnya intensitas belanja online. Hahahaha... apalagi belum bisa ngemall kan tuh klo belum 40hari. Cucok lah belanja online. Asal gak kalap aja.

    ReplyDelete
  35. Iya mastercard udah ga asing di indonesia, di kartu debit yg digandeng bank yg kupakai sekarang juga ada logo mastercardnya hehe. Makin banyak pilihan transaksi kudu makin bijak dalam berbelanja ya mba

    ReplyDelete
  36. Enak bumil bisa belanja online sekarang ya...gak perlu lagi ..nyisihin waktu mondar mandir coz bisa kelelahan bahaya juga kan ya...

    Kartu debit menurutku lebih baik dari kredit...duh gak sadar tagihan gede aja .

    ReplyDelete
  37. kartu debit memang gak jauh dari kartu kredit deh. sama-sama menguntungkan kalau kita bisa belanja online dengan bijak, terutama yang berlogo master card. Cuma ke depan persaingan antar kartu ini akan semakin sengit dengan logo Visa, GPN, JCB, dan sebagainya.

    Btw aku gagal fokus lihat Tara Budiman, penampakan aslinya setelah berumah tangga jadi beda. hahaha*

    ReplyDelete
  38. Memang kudu hati2 banget ya, mba utk urusan belanja online, apalagi pakai debit. Khawatir jebol aja. Yg saya bingun, mastercard ini uangnya kita transfer ke mastercardnya atau ada bank induknya?

    ReplyDelete
  39. Whaa sekarang belanja online makin dimanja aja. Aku juga emang prefer pake debit sih enak langsung motong saldo gak jadi tagihan kaya kredit.

    ReplyDelete
  40. Abis liat postingan mastercard baru ngeh kalau ada salah satu ATM bank aku pakai mastercard ini..kayaknya aku pernah pakai ini sebagai pembayaran gitu....ah senangnya..

    ReplyDelete
  41. Master Card dengan sistim SecureCard bikin tenang karena ada perlindungan atas transaksi yang kita lakukan.
    Dan apapun tetap ingat untuk bijak berbelanja karena belanja online tinggal klik klik klik bisa lupa diri jadinya..

    ReplyDelete
  42. Wah sekarang makin enak ya. Mastercard ada kartu debitnya jadi semakin enak mau berbelajanja kebutuhan anak juga ��. Ngomong-ngomong aku setujuuuu banget kalau mau jadi ibu itu 3 persiapan di atad itu penting banget. Terutama persiapan mental. Karena nggak semudah teorinya ya hahaha

    ReplyDelete
  43. Wah fitur sevurecardnya idaman banget. Indeed, soal privasi emang setiap org idamkan tentunya. Meski begitu semoga aku ga kalap pas belanja onlen XD

    ReplyDelete
  44. Tipsnya betul banget ini. Aku pun sering membandingkan harga dari satu toko online ke toko online yang lainnya. Biar bisa dapat harga yang murah dong tentunya.

    ReplyDelete
  45. Belanja online sangat membantu sekali. Lebih hemat uang dan waktu. Cara pembayarannya juga lebih suka dengan debit dari pada kredit. Biar bisa ngatur pengeluaran sesuai kemampuan.

    ReplyDelete
  46. Bener banget ya untuk menyambut sang buah hati 3 persiapan tersebut lebih mendasar ya. Aku kudu harus siapin lebih ekstra.

    ReplyDelete
  47. Saya juga sekarang lebih sering belanjanya online. Lebih nyaman aja kalau memilih. Apalagi sekarang semakin banyak pilihan pembayaran. Belum pernah cobain yang debit. Kayaknya mau coba juga, ah

    ReplyDelete
  48. setuju banget deh mom amel, aku uga pecinta benjol alias belanja online hihihi, apalagi metode pembayarannya sekarang udah semakin brvareatif jadi memudahkan sekali buat konsumen.

    ReplyDelete
  49. jujur nih Mom.. aku sekarang lebih suka belanja online ketimbang on the spot.. alasannya? karna lebih fleksibel dan praktis, pilihan produk nya pun cukup lengkap.. apalagi dari segi pembayaran, sudah makin dimudahkan dgn adanya transaksi debit.. makin asyik deh kan belanja2nya..

    ReplyDelete

Thank you for visiting my blog. I am very happy if you leave comments, feedback, suggestions, or criticism. As a passion for me, to be able to write better. Happy Reading!