Peluncuran A Cup of MOKA (ACOM)

Wednesday, January 23, 2019


Apakah Kalian Pecinta Secangkir Kopi?

Sebagai minuman yang terbuat dari hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan, kopi menjadi salah satu minuman yang sangat diminati di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Karena banyak peminatnya, Kedai Kopi di Indonesia pun semakin menjamur. Ada yang memperkuat strategi penjualannya dengan memperbanyak cabang di dalam negeri, ada pula yang Go International seperti Dua Kopi.


Sources: Kopikini.com
Dua Kopi adalah sebuah Kedai Kopi yang terletak di daerah Cipete yang saat ini sedang mempersiapkan pembukaan cabang kedua di Washington DC pada bulan Februari nanti. Suatu kebanggan bagi kita semua, bukan?

Dua Kopi Go International

Menurut Bapak Omar Karim Prawiranegara selaku Co-owner Dua Kopi yang hadir pada konferensi pers A Cup of MOKA (22/01), pencapaian ini adalah hal yang sama sekali tidak pernah diduga. Semua berawal ketika Dua Kopi menerima tawaran Kementerian Pariwisata RI untuk turut mendukung Pariwisata Indonesia pada ajang New York Travel Fair. Diluar perkiraan, semua pengunjung sangat menyukai sajian biji kopi yang dibawa oleh Dua Kopi, padahal saat itu kemasannya pun belum sebaik saat ini. Pada ajang itulah Dua Kopi bertemu dengan Kantor berita VOA dan diajak ke Washington DC.


Bapak Omar Karim Prawiranegara, Co-Owner Dua Kopi

"Sesuai pengamatan kami kesana, di Washington DC memang belum ada kedai kopi lokal khas Indonesia. Hingga akhirnya, kami memutuskan untuk membuka cabang kedua di sana," tambah Bapak Omar.

Karena di Indonesia kopi sangat banyak dan beragam, Dua Kopi ingin mengenalkan kopi khas Indonesia ke seluruh dunia. Bahkan Dua Kopi rencananya akan menyediakan 60 persen biji kopi dari Indonesia dan sisanya akan diambil dari beberapa negara lain seperti Ethiopia dan Columbia. 

Moka Dukung UKM Kreatif Dalam Forum Edukasi A Cup of MOKA (ACOM)

Sebagai startup penyedia layanan Point of Sale, MOKA meluncurkan kegiatan berbasis edukasi teknologi digital untuk UKM bertajuk A Cup of Moka (ACOM). A Cup of Moka (ACOM) berfokus pada penyelenggaraan lokakarya tatap muka berisi edukasi bisnis untuk komunitas dan UKM di berbagai kota di Indonesia, salah satunya adalah Dua Kopi.

A Cup of Moka (ACOM), Moka menginisiasi sebuah wadah yang mempertemukan para pelaku UKM dengan para ahli di bidang yang berkaitan dengan pengembangan UKM untuk dapat meningkatkan daya saing dan kreativitas, serta memiliki tingkat kompetisi yang setara dengan bisnis besar lainnya.

Hal ini sejalan dengan visi Pemerintah Indonesia dalam Revolusi Industri 4.0 untuk memajukan UKM Indonesia agar bisa bersaing dan mampu berinovasi dengan teknologi. Salah satu cara utama untuk mencapai visi tersebut adalah melalui pemberdayaan UKM Go-Online yang patut didukung dengan upaya UKM agar melek digital. Mirisnya di Indonesia sendiri, jumlah UKM yang melek digital masih berada di bawah angka 20% dari total UKM. Padahal, pemanfaatan teknologi dapat mendorong produktivitas UKM untuk tumbuh dan berkembang di mana salah satu solusi yang dapat dijalani adalah dengan memberi pelatihan UKM di sektor digital.


Bapak Bayu Ramadhan VP Brand & Marketing Moka

Bapak Bayu Ramadhan selaku VP Brand & Marketing Moka menjelaskan bahwa Moka kini sedang membangun Moka Learning Hub yang ditujukan sebagai pusat berbagi ilmu dan inspirasi seputar bisnis melalui dua medium, baik offline maupun online. Untuk memaksimalkan inisiatif A Cup of Moka (ACOM) yang bersifat online, publik dapat mengakses Moka Blog dan konten edukasi berupa e-book seputar tren bisnis dengan tema berbeda-beda setiap bulannya, yang dapat diunduh secara gratis secara online dari manapun dan kapanpun.

Inisiasi A Cup of Moka (ACOM) sesungguhnya bertujuan untuk memberikan dua manfaat utama bagi pelaku UKM. Manfaat tersebut antara lain:

1. Konten Edukatif

Melalui konten edukatif yang berisi materi data-drive yang terbagi menjadi dua topik utama, yaitu business practice dan business inspiration, A Cup of Moka (ACOM) memadukan antara ilmu praktikal dan inspirasi bisnis dalam mengembangkan usaha. Mulai dari ilmu pemasaran UKM, manajemen keuangan, manajemen operasional, penggunaan sosial media untuk UKM, hingga berbagi ilmu dalam fotografi untuk bisnis.

2. Wadah Kolaborasi

A Cup of Moka (ACOM) dapat menjadi medium bagi komunitas dan UKM yang ingin berkolaborasi langsung dengan program-program yang diadakan oleh A Cup of Moka (ACOM). Misalnya, untuk mempromosikan komunitas, networking, atau berpartisipasi dalam acara-acara komunitas UKM yang memiliki pesertanya sendiri.

Apa Itu MOKA?



Sebagai pemilik UKM, terkadang banyak pemilik usaha yang menghabiskan waktu berjam-jam mengumpulkan laporan penjualan, mengecek stok inventaris, dan berbagai macam pekerjaan administratif lainnya.


Moka menyediakan aplikasi sistem kasir yang dapat di unduh pada perangkat mobile sehingga lebih mudah digunakan kapanpun dan dimanapun. 

Selain itu, kita juga dapat mengetahui seluruh laporan penjualan kapanpun melalui smartphone seperti: laporan dari beberapa outlet, mengetahui stok inventaris, dan menerima masukan dari pelanggan. Moka juga menyediakan analisa sehingga kita dapat mengetahui barang mana yang paling laku, stok mana yang sudah hampir habis, kapan waktu tersibuk, dan lainnya.

Program A Cup of Moka Sukses di 5 Kota Besar

Sebelum peresmian ini, A Cup of Moka telah menjalankan piloting program di 5 Kota, yaitu: Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, serta Bandung dan berhasil memberikan manfaat kepada lebih dari 200 pelaku UKM serta menggandeng puluhan mitra dari industri yang berbeda. Dan ditahun ini, Moka menargetkan akan mengadakan gelaran A Cup of Moka (ACOM) paling sedikit mencapai 37 kali, dan memfasilitasi lebih dari 2.000 pelaku UKM serta mencakup kota-kota di luar pulau Jawa.


Salah satu produk UKM yang kemarin hadir pada Konferensi Pers ACOM


Melihat kebutuhan UKM dan juga pelaku bisnis lainnya, Moka  menyediakan end-to-end solutions yang dapat digunakan untuk menunjang pelaku bisnis baik dari meningkatkan penjualan, sampai dengan meningkatkan skala bisnis. Selain itu karena, Moka dipercaya oleh lebih dari 12.000 bisnis pada lebih dari 200 kota dan kabupaten di Indonesia, Moka juga menyediakan aplikasi Point of Sale (POS) dengan berbagai fitur yang memudahkan pelaku bisnis, serta berbagai macam produk yang mendukung kemudahan bisnis seperti Moka Mobile Payment, Moka Capital, dan Moka App Marketplace.

Bagi kalian yang juga ingin menjalankan usaha, bersama Moka kalian akan mendapatkan banyak kemudahan. Karena, Moka juga memberikan kesempatan bagi pelaku bisnis dari segala tahapan, mulai dari UKM hingga enterprise besar, untuk dapat menjalankan bisnisnya dari manapun, dan kapanpun.

Untuk informasi lebih lanjut, bisa dilihat di:


1 comment on "Peluncuran A Cup of MOKA (ACOM)"
  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Thank you for visiting my blog. I am very happy if you leave comments, feedback, suggestions, or criticism. As a passion for me, to be able to write better. Happy Reading!