Ternyata Cuaca Panas dapat Memberikan Efek Negatif Bagi Tubuh

Tuesday, January 15, 2019
Hai Dear,

Tinggal di negara dengan iklim tropis seperti Indonesia membuat kita perlu membiasakan diri dengan panasnya suhu udara ketika kemarau tiba. Namun bukan hanya perlu membiasakan diri saja tetapi terdapat dampak buruk yang dapat dialami oleh tubuh ketika cuaca panas tiba.

Dehidrasi

Sources: Verywellhealth

Pertama, hal yang paling umum terjadi adalah dehidrasi. Kekurangan cairan tubuh yang diakibatkan banyaknya aktifitas yang dilakukan dan banyaknya keringat yang keluar akibat suhu panas di sekitar. Tubuh berusaha untuk mempertahankan suhu normal dengan mengeluarkan keringat yang merupakan cairan elektrolit yang bermanfaat bagi tubuh sehingga dapat membuat kita menjadi cepat lelah dan tidak bertenaga.

Sakit Kepala atau Migrain


Sources: CNN Indonesia

Kedua, sakit kepala sebelah atau migrain yang dapat terjadi karena pertemuan antara cuaca panas dengan polusi udara yang terpapar ke tubuh. Kita tidak dapat menghindari hal ini terjadi, terlebih apabila kita kerap bepergian menggunakan transportasi umum yang mengharuskan berada lama di bawah panas matahari.

Infeksi Saluran Pernapasan


Sources: Doktersehat.com

Ketiga, infeksi saluran pernapasan. Hal ini dapat disebabkan oleh cuaca panas karena banyaknya aktifitas yang dilakukan di luar ruangan. Polusi udara dan panas matahari bukan hanya berpotensi membuat kita migrain namun lebih buruk dari itu kita dapat terkena infeksi saluran pernapasan yang memang merupakan hal yang umum terjadi ketika musim kemarau tiba.

Lalu, Bagaimana Cara Mengatasinya?

1. Minumlah banyak air untuk mengganti cairan tubuh yang hilang akibat terlalu banyak berkeringat. Sehingga kita tidak merasa cepat lelah dan lemas.

2. Setelah itu jangan habiskan waktu terlalu lama di bawah sinar matahari karena suhu panasnya bukan hanya membuat kita lemas namun dapat membuat pingsan seketika. Sebab itu apabila kalian mulai merasa tidak sehat dan terlalu mengantuk ketika beraktifitas di bawah sinar matahari, maka cepatlah beristirahat ke tempat yang nyaman dan sejuk.

3. Dengan menyalakan AC kita dapat membuat tubuh lebih rileks dan Kita pun dapat beristirahat dengan nyaman. Agar memaksimalkan kenyamanan beristirahat, pastikan juga telah mengisi token listrik di gerai-gerai pengisian token yang tersedia sehingga kita tidak perlu khawatir listrik padam ketika hendak menggunakan AC untuk beristirahat. Setelah itu monitori terus dan cek tagihan listrik agar bisa selalu kita atur penggunaannya.


Semoga informasinya bermanfaat, dear...
4 comments on "Ternyata Cuaca Panas dapat Memberikan Efek Negatif Bagi Tubuh"
  1. Kayaknya kalau di Jakarta memang harus ada AC ya Mba hehe soalnya panas sekali kalau malem udara disana.

    ReplyDelete
  2. Ini benar banget, saya kalau kepanasan udah pusing aja bawaannya. Tapi belum tentu bisa langsung istirahat kalau masih jam kerja. Mana pakai jilbab dengan ciput yang melekat di kepala, rasanya nyut-nyutan. Makasih tipsnya mbak, mungkin memang saya harus selalu sedia air putih.

    ReplyDelete
  3. itulah kenapa aku ga bisa kena panas. sakit kepala lgs.. paling parah pernah pas ke Thailand dan kamboja, salah milih bulan, pas awal april. panasnya sedang puuuol banget :D. itu aku sampe sakit radang tenggorokan parah plus migrain yg bikin mau pingsan. alih2 mau liburan enak, malah terkapar :(. sejak itu sih mba, aku slalu liburan pas winter ato kalo negara tropis, mndingan pas suhunya lg turun deh, drpd pas kemarau. pantai aku hindarin juga krn biasanya selalu panas :D

    ReplyDelete
  4. asli AC dan kipas itu perangkat wajib kayanya untuk sekarang ini.. untungnya saya termasuk yang jarang mengalami sakit kepala atau migrain meski setelah berpanas2an (maklum tukang ojek) tapi yang membuat paling khawatir adalah masalah saluran pernapasan.. coz debu, asap dan panas itu paling manjur bikin saya batuk2 dan kadang sesak, mata merah, kantong kering... pokoknya ngga banget deh... untungnya saya termasuk penggemar air putih... klop deh dengan tips diatas...

    ReplyDelete

Thank you for visiting my blog. I am very happy if you leave comments, feedback, suggestions, or criticism. As a passion for me, to be able to write better. Happy Reading!