Tips Kelola Keuangan Untuk Masa Depan Lebih Cerah

Thursday, January 17, 2019
Hallo dear,

Bagaimana keuangan kalian pasca liburan kemarin? Masih terkotrol dengan baik kan?

Tahun baru identik dengan resolusi baru. Kalau pun ada resolusi tahun lalu yang kembali masuk di tahun ini, biasanya akan ada sedikit perubahan dalam proses pencapaiannya. Benar kan? Nah, dari banyaknya resolusi yang pernah kita buat, seringkali kita melupakan tentang resolusi yang satu ini. Resolusi tersebut adalah Lebih Pintar Mengelola Keuangan.



Perlu kalian ketahui, di Indonesia menurut hasil survey yang dilakukan oleh lembaga OJK (Otoritas Jasa Keuangan), ternyata hanya 25% lho perempuan yang dapat mengelola keuangan. Lalu bagaimana agar kita sebagai perempuan khususnya istri dapat mengelola keuangan dengan baik?

1. Jangan Lupa Bersyukur

Bersyukur atas setiap rejeki yang kita dapatkan, adalah langkah awal yang harus dilakukan. Dengan bersyukur, Insha Allah seberapa pun rejeki yang diterima akan cukup dan dapat kita kelola dengan baik.

2. Mencatat Alur Keuangan

Menyiapkan catatan kecil untuk mencatat seluruh pemasukan dan pengeluaran bulanan, adalah kewajiban kedua yang harus kita lakukan. Tujuannya adalah agar semua tercatat dengan baik dan rapih. Jangan lupa juga untuk menyimpan seluruh bukti transaksinya.

3. Sisihkan Zakat, Infaq dan Sedekah

Selanjutnya adalah menyiapkan sebagian rejeki kita untuk orang lain, khususnya mereka yang yang berhak menerima.

4. Bayarlah Seluruh Kewajiban Tepat Waktu

Kewajiban yang dimaksud disini adalah iuran listrik, air, telepon, dan cicilan (jika Ada). Dengan pembayaran yang tepat waktu, kalian telah meminimalisir tunggakan dan dendanya.

5. Perhatikan Gaya Hidup

Pernah mendengar peribahasa besar pasak dari pada tiang? Peribahasa ini sangat erat hubungannya dengan keuangan. Seringkali karena gaya hidup yang berlebihan, menyebabkan sebagian orang memiliki hutang yang berlebihan. Jangan sampai seperti itu ya, dear.

6. Siapkan Dana Darurat dan Asuransi

Terakhir adalah menyiapkan dana darurat dan asuransi. Berbagai keadaan darurat tentu dapat menimpa kita kapan saja, seperti sakit, kecelakaan atau kematian, kan? Oleh karena itu, poin ini bisa dibilang adalah poin yang perlu kalian perhatikan. Bukan hanya menyisihkan sedikit saja rejeki kita, memiliki asuransi sebagai perlindungan masa depan juga wajib. Terlebih jika kalian adalah karyawan swasta atau freelancer.


Asuransi yang kita harus miliki tentunya juga disesuaikan dengan kemampuan kita. Jangan sampai hanya karena ingin ikut-ikutan teman, kalian ikut asuransi yang preminya besar. Bisa-bisa macet di jalan pembayarannya. Memang ada ya asuransi yang preminya murah? Ada donk! Asuransi tersebut adalah Asuransi Happyone.id.

Happy One adalah Asuransi All In One yang terjangkau dan memberikan perlindungan lengkap dengan premi asuransi yang murah.

Dengan premi perbulan Rp. 399.000, kalian sudah mendapatkan seluruh perlindungan Happyone.id, seperti: HappyHome, HappyMe, HappyEdu dan HappyTrip. Jadi, kemanapun kalian pergi dan apapun aktivitas kalian, kalian akan lebih tenang dan tetap Happy.

Baca juga: Wisata Alam Kalibiru Yogyakarta

Yuk kelola keuangan dengan baik! Jangan lupa juga untuk selalu bersyukur ya...
19 comments on "Tips Kelola Keuangan Untuk Masa Depan Lebih Cerah "
  1. Untuk mencatat alur keuangan ini nih yang belum bisa konsisten mom, sebentar rajin sebentar malas, aduh jadi gak rutin mencatatnya. Padahal dengan mencatat kita jadi lebih tahu seberapa besar pemasukan dan pengeluaran kita ya.
    Semoga saya lebih semangat lagi nih, mumpung masih bulan Januari.

    ReplyDelete
  2. Aku udah catat semua tips nya setelah kemarin dapat ilmunya langsung tentang pengelolaan keuangan yang selama ini aku selalu abaikan mulai hari ini pokoknya harus banget mencatat semuanya dan mulai mengubah gaya hidup boros. Hehehehe

    Happyone ini bisa jd alternatif salah satu asuransi idaman

    ReplyDelete
  3. Memiliki asuransi memang penting ya mba saya juga baru menyadarinya. Happyone ini cukup terjangkau ya preminya dan produknya pun cukup lengkap pilihannya.

    ReplyDelete
  4. Kemaren ga ikut liburan mom, Alhamdulillah aman hehehe

    Btw, serius tuh 399ribu udah dapat semua perlindungan?

    Asyik banget ya, Happy One emang beneran bikin happy semuanya happy.
    Secaraaa.. Perlindungan asuransi itu penting :)

    ReplyDelete
  5. 25% saja ya, hmm... Berarti diriku yang 75%nya,hiks ... Beberapa kali membaca ttg pengaturan keuangan kayanya 2019 mesti kesentil bikin manajemen budgeting.

    Btw murah bener preminya y mba? Rp 399.000 sudah dapat semua asuransi

    ReplyDelete
  6. Untuk catat mencatat ini nih yang masih susah dilakuin. Seringnya masih nyatat ngawang di otak. Padahal harusnya ditulis biar bener-bener keukur. Masuk resolusi 2019 nih bisa ngatur keuangan dengan baik dan benar.

    ReplyDelete
  7. Gaya hidup itu penting diperhatikan. Jangan jd pengamba gaya hidup hehe. Hanya krn pengen keliatan keren di IG eh liburannya milih di tempat yg gak sesuai kantong, akibatnya abis liburan stres mikirin kantong bolong :D
    Harus bener2 diperhitungkan ya soal keuangan ini :D

    ReplyDelete
  8. memang masa di depan adalah masa sekarang bagaimana kita mengelola kehidupan kita, termasuk keuangan. Kalau baca artikel gini bikin pengen mewek, karena selalu saja belum bagus mengelola keuangan

    ReplyDelete
  9. wahhh iyaa bersyukur itu cara paling pertama sebelum mengelola keuangan ya mbak. soalnya klo kelupaan syukurnya duitnya bakalan kurang buat keperluannya ya.

    tengkiuuu infonya ya mbakkk

    ReplyDelete
  10. Saya jadi penasaran nih kenapa namanya pake "happy" semua ya? :D

    ReplyDelete
  11. Noted. Semuanya bisa dikatakan berusaha saya lakukan. Tetapi, memang harus konsisten dan lebih disiplin lagi. Termasuk juga tentang berasuransi supaya happy

    ReplyDelete
  12. Aku juga punya resolusi tahun ini untuk lebih pintar mengelola keuangan lagi biar enggak bablasss aja uangnya.
    Dan menyiapkan dana darurat dan asuransi memang penting ini untuk proteksi diri biar hidup lebih happy

    ReplyDelete
  13. Wah makasih ya sudah diingatkan agar selalu bersyukur karena itu memang sering luput. Kita ingatnya kalo kena musibah aja.

    ReplyDelete
  14. Mencatat alur keuangan nih ya mbak yang penting. Harus meluangkan waktu maksimal 1 jam tiap hari untuk mencatat segala pengeluaran, daripada lupa hihi

    ReplyDelete
  15. liburan tahun baru kemaren beneran diluar kontrol hehehe.. semuanya sakit berjamaah.. dari aku, ketiga anak plus trakhir suami.. yah di syukuri aja sih masih diberi nikmat sakit seperti ini 🤗

    ReplyDelete
  16. Betul banget mba Amel.. Jadi ibu ibu harus pinter ngelola keuangan . Apa kabar aku nih males nyatet pengeluaran. Hiks. Hehe yang terpenting juga ada asuransi yaa..

    ReplyDelete
  17. Alhamdulillah nih...preminya nggak terlalu berat ya... Pun bisa mencakup semuanya... Kek gini yg biasanya banyak dicari...

    ReplyDelete
  18. Paling PR mencatat alur keuangan nih hihi. Tapi setuju banget mba, bersyukur kunci utama. Berapapun keuangan yg kita kelola tanpa rasa syukur niscaya ga berkah. Gitu kata pak ustad

    ReplyDelete
  19. Tenang rasanya ya kalau ada asuransi yang bisa mengcover semua kebutuhan sekaligus dengan 1 polis. Bahagia ya rasanya

    ReplyDelete

Thank you for visiting my blog. I am very happy if you leave comments, feedback, suggestions, or criticism. As a passion for me, to be able to write better. Happy Reading!