Tips Miliki Rambut Sehat dan Lebat

Thursday, January 24, 2019
Hai dear,

Rambut adalah Mahkota Kepala

Memiliki rambut yang sehat, lebat, kuat dan terawat tentu menjadi impian setiap orang. Namun, sayangnya masih banyak sekali rambut rontok yang sering kita temui ketika menyisir rambut, membereskan tempat tidur, mandi, bahkan terkadang banyak bertebaran dilantai. Hal tersebut tentu sangat membuat tidak nyaman, bukan? Selain bisa mengurangi rasa percaya diri, rambut rontok ternyata dapat menyebabkan kebotakan. Lalu  saja penyebab kerontokan?

Kenali Rambut Rontok


Sebelum saya membahas apa saja penyebab kerontokan, saya akan terlebih dahulu membahas tentang pertumbuhan rambut normal. Kecepatan pertumbuhan rambut setiap orang umumnya akan bertambah sekitar 1 centimeter setiap bulannya, dan akan mengalami kerontokan sekitar 50-100 helai setiap harinya. Hal tersebut masih normal karena rambut memang beregenerasi. Adapun hal penting yang harus kita perhatikan adalah dari mana rambut tersebut mulai rontok, dari akar atau dari batang?

Kerontokan rambut adalah kondisi terlepasnya rambut dari kulit kepala yang dapat mempengaruhi pria dan wanita pada segala usia.

Selain menyebabkan hilangnya perlindungan alami dari sinar matahari dan gangguan penampilan, kerontokan rambut juga berpotensi menimbulkan kebotakan (alopecia) bila tidak ditangani secara tepat. Salah satu permasalahan rambut dan kulit kepala yang paling umum adalah kerontokan rambut (hair loss). Kerontokan rambut dapat dipicu oleh beberapa faktor, seperti usia, stress, obat-obatan, faktor genetik, serta penggunaan alat penata rambut.



Ada tiga jenis masalah kerontokan rambut yang lazim ditemukan:

  1. Alopecia Androgenic, masalah yang disebabkan oleh faktor genetik, yaitu hormon androgen yang mengakibatkan penyusutan dan gangguan pertumbuhan folikel rambut.
  2. Telogen effluvium (TE), yaitu masalah kerontokan yang disebabkan oleh kelainan siklus rambut selama fase telogen, sehingga rambut mengalami kerontokan lebih banyak saat menyisir atau mencuci rambut.
  3. Alopecia Areata, adalah masalah kerontokan ketiga dimana  sistem imun tubuh menyerang folikel rambut karena salah mengidentifikasi folikel sebagai benda asing dalam tubuh. Akibatnya, kulit kepala di sekitar rambut akan mengalami peradangan ringan dan kerontokan yang mengakibatkan munculnya ‘pitak’.

Jika kalian, mendapati rambut rontok lebih banyak dari angka diatas, hal pertama yang harus kalian lakukan adalah berkosultasi sebelum kerontokannya semakin parah.

Konsultasi Rambut di Erha Dermatology


Beberapa bulan lalu semenjak mendapati banyak rambut rontok, hal pertama yang saya lakukan adalah pergi berkonsultasi. Ya, sekalipun saat ini informasi sudah bisa dengan mudah kita dapatkan di Goggle, bagi saya rasanya belum lengkap jika tidak melakukan pemeriksaan langsung ke dokter. Klinik kecantikan dan perawatan yang saya pilih saat itu adalah Erha Apothecary. Alasan utama saya memilih Erha karena banyak sekali teman-teman saya yang berhasil mengembalikan rambut sehatnya kembali.

Erha Skin, Hair & Laser Expert


Berpengalaman selamat hampir 20 tahun dengan 3 juta pelanggan di seluruh Indonesia, rasanya memang tidak salah saya memilih Erha untuk merawat dan mengembalikan kesehatan rambut. Dalam waktu 3 bulan menggunakan Shampoo  dan Serum Erha, jumlah rambut saya yang rontok cukup banyak berkurang. Hanya saya masih penasaran untuk mencoba Hair Follicle Activation Therapy nya. Sesuai dengan informasi yang saya dapatkan di akum Instagram Erha, ada promo dan diskon menarik untuk treatment ini. Langsung deh saya cek website Resmi Erha, dan ternyata benar. Lumayan banget kan, dear?


Hair Folicle Activation Therapy adalah suatu tindakan yang digunakan untuk meningkatkan pertumbuhan rambut khususnya pada pelanggan AGA (androgenetic alopecia), yaitu kerontokan rambut yang disebabkan oleh faktor genetik dan hormonal.

Tindakan ini merupakan kombinasi Electroporation Needle System (yang menggunakan Auto Microneedle dan electroporation) dan Red Light Therapy. Tindakan ini secara efektif dapat meningkatkan penetrasi obat atau serum sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Untuk mendapatkan program perawatan rambut dan kulit kepala yang tepat, kita memang disarankan untuk berkonsultasi dengan tenaga ahli langsung di outlet ERHA terdekat.


Untuk semua produk ERHA Hair Growth Series yang saya pakai ini, kalian bisa beli langsung di Erha Apothecary ya, dear. 

Untuk informasi lebih lanjut, kalian bisa kunjungi:

 Website: www.erha.co.id
IG: @erha.dermatology
1 comment on "Tips Miliki Rambut Sehat dan Lebat"

Thank you for visiting my blog. I am very happy if you leave comments, feedback, suggestions, or criticism. As a passion for me, to be able to write better. Happy Reading!