Cara Mudah Mengatasi Sembelit atau Susah BAB Saat Berpuasa dengan Dulcolax

Sunday, May 5, 2019
Hai!
Selamat menunaikan ibadah puasa ya bagi yang menjalankan. Sekalipun baru beberapa hari berpuasa, menjaga kesehatan ketika berpuasa itu penting lho, dear. Selain punya tujuan ibadah sekaligus diet (ini saya), berpuasa itu juga salah satu cara menjaga kesehatan diri kita. 

Nah, ketika menjalankan ibadah puasa, tidak jarang sebagian dari kita pasti pernah mengalami sembelit atau susah BAB kan? Dan kalau sudah sakit, puasa juga jadi agak keganggu dan kadang jadi batal. Sayang banget kalau sampai batal kan? Hal ini terjadi karena biasanya pola makan saat sahur dan berbuka yang salah. Mulai dari kurang konsumsi makanan berserat, terlalu banyak makan makanan berminyak, kurangnya minum air putih, dan jarang berolahraga. Lalu bagaimana cara atasi susah BAB? 

Atasi Sembelit atau Susah BAB dengan Dulcolax

"Duh takut nih kalau konsumsi obat pelancar BAB gini, takut efek sampingnya!" Ini hal pertama yang pernah terlintas dalam benak saya dulu. Saat belum mengenal Dulcolax, untuk mengatasi sembelit atau susah BAB, yang saya lakukan hanya konsumsi buah Pisang (kayak bayi aja ya hehehe). Ada efeknya sih, cuma menurut saya agak lama hasilnya. Secara sudah ibu-ibu begini maunya yang instan dan cepat kan? Jadi mulai deh saya mencari rekomendasi obat sembelit 4 tahun lalu dan berkenalan dengan Dulcolax.
Saat saya mengikuti talkshow bersama Fimelahood dan Dulcolax tentang Tips Puasa Lancar Perut Nyaman (03/05/19)
Lalu, bagaimana kesan pertama setelah mencoba Dulcolax? Takut reaksinya, hehehe. Kebayang banget pasti perut mules deh nanti. Dan rupanya iya donk, hehehe. Tapi menurut saya, masih terbilang wajar sih dan nggak sampai melilit sakit banget seperti datang bulan. Dan itu prosesnya dari kita minum, sekitar 4-10 jam kalau saya. Perut pun jadi lebih nyaman dan nggak begah banget. Jangan biarin numpuk kelamaan di perut deh, dear. Asli, nggak enak banget. Apalagi kalau yang dimakan saat sahur dan berbukanya banyak banget. 

Bahaya Susah BAB

Apa bahaya susah BAB? Selain menimbulkan rasa tidak nyaman di perut ketika berpuasa, susah BAB juga bisa menjadi gejala gangguan pada fungsi saluran cerna pada tubuh kita. Hal ini sudah cukup banyak dialami oleh sebagian orang. Sehingga, banyak dokter di dunia yang merekomendasikan berbagai obat pencahar, salah satunya Dulcolax.

Sebagai obat, menurut saya Dulcolax ini juga jangan terlalu sering dikonsumsi. Gunakan sesuai kebutuhan saja, misal saat benar-benar susah BAB dan sudah sangat tidak nyaman. Daripada mengganggu puasa kita kan? Kalau untuk kandungannya sendiri, Dulcolax ini mengandung Bisacodyl 5 mg dalam bentuk tablet salut enterik yang dapat melancarkan susah BAB. Selain untuk mengatasi susah BAB, Dulcolax juga bisa digunakan untuk terapi sebelum dan sesudah operasi dan pada kondisi yang membutuhkan defekasi. 
Saya biasanya mengkonsumsi Dulcolax ini 1 tablet menjelang tidur agar reaksinya terjadi ketika pagi hari dan tidak mengganggu aktivitas saya yang lain. Dulcolax ini bisa dikonsumsi dari anak-anak hingga dewasa dengan memperhatikan petunjuk penggunaanya. Untuk variannya sendiri, Dulcolax tersedia dalam beberapa varian. Variannya antara lain: Dulcolax Tablet, Dulcolax Sirup dan Dulcolax Suppositoria

Yuk jaga pola makan kita selama berpuasa dan jangan lupa berolahraga. Kalau mengalami sembelit atau susah BAB atasi dengan Dulcolax ya. Selamat menunaikan ibadah puasa! 
Post Comment
Post a Comment

Thank you for visiting my blog. I am very happy if you leave comments, feedback, suggestions, or criticism. As a passion for me, to be able to write better. Happy Reading!