Kenali 7 Ciri Utama Autisme

Monday, August 26, 2019
Hai moms,
Selama ini, jika kita perhatikan rasanya masih banyak orangtua yang belum mengenal apa saja ciri-ciri anak Autisme. Karena, saya sendiri selama ini saja salah kaprah tentang Autisme. Sedikit-sedikit lihat teman main gadget terus, saya bilang dia Autisme. Kadang juga kalau saya sendiri sibuk banget main sosmed, saya mengegerutu, "Duh, Autisme banget sih gue." Nah, kira-kira apakah penggunaan kata Autisme itu sudah tepat?

Spekix 2019 
Dalam rangka merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus lalu dan untuk memberikan informasi kepada seluruh masyarakat dan orangtua tentang Autisme, Masyarakat Peduli Autis Indonesia (MPATI) dan Zally Zarras Learning Center (ZZLC)  bekerjasama mengadakan Special Kids Expo (SPEKIX) 2019 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta pada tanggal 24-25 Agustus 2019. Selain menghadirkan Dian Sastrowardoyo seorang Public Figure, turut hadir juga Gayatri Pamoedji selaku Ketua Masyarakat Peduli Autis Indonesia (MPATI) dan Dr Dotty Sutowo selaku Ketua Penyelenggara  SPEKIX 2019.

Apa Itu Autisme? 

Autisme adalah Gangguan perkembangan serius yang mengganggu kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi.

Sebagai orangtua, selain harus mengetahui makna dan pengertian Autisme, kita juga perlu mengetahui apa saja 7 ciri utama Autisme. Berikut ciri-cirinya:


  1. Apakah anak moms memiliki ketertarikan pada anak-anak lain? 
  2. Apakah anak moms menunjuk hal yang disukainya? 
  3. Apakah anak moms mau menatap mata anda lebih dari 1-2 detik?
  4. Apakah anak moms mau meniru ucapan, ekspresi wajah ataupun gerak-gerik anda? 
  5. Apakah anak moms bereaksi ketika namanya dipanggil? 
  6. Apakah anak moms mau melihat ke arah benda yang anda tunjuk? 
  7. Apakah anak moms pernah bermain pura-pura, seperti pura-pura bermain boneka atau menerima telepon? 

Jika moms menjawab 'TIDAK' pada minimal 2 dari pertanyaan di atas, maka anak moms memiliki kemungkinan Autisme. Segeralah hubungi Pusat Layanan Autisme Jakarta untuk mendapatkan pemeriksaan gratis dan pelatihan kemandirian dasar secara gratis di nomor 0895 2466 6207. Dengan kita mengetahui gejala Autisme pada anak sejak dini, kita membantu mereka untuk Mendapatkan penanganan yang tepat untuk dapat memiliki hidup lebih baik dan mandiri. 

Menurut Gayatri Pamoedji selaku Ketua Masyarakat Peduli Autis Indonesia (MPATI), kunci utama dari suksesnya penanganan generasi muda dengan kebutuhan khusus (anak-anak dan dewasa muda dengan Autisme, ADHD, ADD dan Kesulitan Belajar) terletak pada informasi yang akurat, sarana pendidikan dan pelatihan yang tepat serta dukungan dari berbagai pihak, terutama kepada orangtua agar tidak putus asa. Sedangkan dukungan yang diperlukan dari masyarakat adalah semudah mungkin tidak menggunakan kata Autisme sebagai ejekan. 

Yuk moms, mulai sekarang kita sama-sama kenali ciri utama Autisme dan sebarkan informasinya kepada orangtua lainnya ya...! 

Post Comment
Post a Comment

Thank you for visiting my blog. I am very happy if you leave comments, feedback, suggestions, or criticism. As a passion for me, to be able to write better. Happy Reading!