Cara Mengetahui Kesehatan Saluran Pencernaan Anak Melalui Kalkulator Pencernaan (Bebeclub.co.id)

Tuesday, September 10, 2019
Hai moms,
Pernah nggak sih kefikiran untuk mengecek kesehatan saluran cerna si kecil? Saya sempat sih dulu kefikiran, tapi bingung ngeceknya itu bagaimana. Jadi cara dasar yang saya lakukan adalah mencatat jadwal buang air besar Rayyan juga bentuk dan warna fesesnya seperti apa. Selama Rayyan nggak diare, saya tenang-tenang aja. Kalau sudah diare, baru deh panik, hihihi. Ada yang sama?

Ternyata sekarang, kita bisa lho moms mengetahui kesehatan saluran cerna si kecil itu melalui Kalkulator Pencernaan. Lebih praktis dan nggak perlu tuh catat-catat manual seperti yang biasa saya lakukan. Kalkulator pencernaan itu bisa moms akses di bebeclub.co.id. Coba deh langsung cek sekarang juga, supaya moms bisa langsung ambil tindakan kalau ternyata saluran pencernaan si kecil kurang sehat.

Kenali Frekuensi Buang Air Besar (Pup)
Kalau si kecil dalam seminggu berapa kali sih moms buang air besarnya? Kalau Rayyan rata-rata itu sekitar 3-5 kali dalam seminggu. Untuk warna fesesnya sendiri, cenderung agak kuning keemasan. Alhamdulillah, ternyata termasuk normal. Kalau bentuk sih seringnya berubah-ubah, kadang normal dan kadang lembek.

Frekuensi BAB si kecil adalah jumlah pup dalam sehari atau rata-rata pup dalam 3 hari terakhir.

Pada acara media dan blogger gathering minggu lalu, saya mendapatkan banyak sekali informasi seputar kesehatan saluran pencernaan anak. Mulai dari mengenali tanda-tanda diare, bentuk dan warna feses, mendapatkan resep membuat makanan bergizi hingga mendapatkan informasi mengenai susu yang mengandung serat.

Moms tahu nggak bahwa diare itu merupakan penyebab kematian nomor 2 pada anak usia 1-5 tahun di Indonesia? Seram banget kan? Apalagi menurut penelitian yang saya baca, ternyata  salah satu penyebabnya itu adalah karena 9 dari 10 anak kekurangan serat.

Menurut dr. Frieda Handayani, Sp.A(K) Konsultan Gastrohepatologi Anak, menjaga kesehatan pencernaan dan memperhatikan asupan serat anak itu sangat perlu dilakukan oleh setiap orang tua. Karena asupan serat merupakan salah satu komponen penting yang dibutuhkan anak untuk mendukung pencernaan sehat sejak dini. Jika kebutuhan serat terpenuhi, salah satu cirinya adalah pola buang air besar si kecil akan teratur.

Untuk memenuhi kebutuhan serat si kecil, kita bisa menemukannya pada buah-buahan atau sayuran. Tinggal bagaimana kita mengkreasikannya untuk dikonsumsi si kecil. Semakin kreasinya enak dan menarik, tentu si kecil akan mudah mengkonsumsinya bukan? Oleh karena itu, di sinilah peran orang tua sangat diperlukan.

Penuhi Kebutuhan Serat Dengan Bebelac Gold
Selain dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran, moms juga bisa lho memberikan asupan serat untuk si kecil melalui susu Bebelac Gold. Karena kini, Bebelac Gold hadir dengan tinggi serat yang dapat membantu memenuhi kebutuhan serat harian si kecil.

Menurut Pratiwi Rosani, Marketing Manager Bebelac Gold, Bebelac Gold mengandung serat oligosakarida yaitu FOS dan GOS yang terbukti klinis mempertahankan feses tetap lunak. Dengan mengkonsumsi Bebelac Gold tiga gelas sehari dan sesuai dengan anjuran penyajian, kita sudah membantu memenuhi asupan serat si kecil hingga 7 gram atau hampir 50% dari kebutuhan serat harian si kecil.

Nah, sebagai salah satu cara yang dapat dilakukan oleh orang tua selain memperhatikan asupan serat, kita juga perlu lho mengecek kesehatan saluran cerna melalui Kalkulator Pencernaan. Karena di sana, selain dapat mengetahui kesehatan saluran cerna, kita juga bisa mendapatkan berbagai informasi kesehatan seputar kesehatan saluran pencernaan.

Yuk, Kreasikan Makanan dan Minuman Kaya Serat Untuk Si Kecil
Menurut Chef Yuda yang kemarin juga hadir, sebagai orang tua peran memenuhi kebutuhan serat harian si kecil juga bisa dilakukan dengan mengkreasikan aneka makanan dan minuman setiap harinya. Tujuannya, selain untuk memenuhi kebutuhan serat juga supaya si kecil tidak bosan. Kebayang kan kalau bosan dengan makanan dan minuman yang itu-itu aja? Dampaknya bisa jadi GTM (Gerakan Tutup Mulut) hehehe.

Resep yang kemarin didemokan oleh Chef Yuda itu ada 3 macam, antara lain: Vegetable Lasagna, Green Smoothies Bebelac Gold, dan Overnight Oatmeal Mangga Bebelac Gold. Cara buatnya juga gampang banget kok moms karena dibuat dari buah-buahan, sayuran dan ditambahkan Bebelac Gold secukupnya. Semua bahan-bahannya bisa moms dapatkan di pasar tradisional atau supermarket. Nafsu makan si kecil bisa naik berlipat-lipat lho jadinya, hehehe.

Yuk mulai sekarang kita perhatikan kesehatan saluran pencernaan si kecil dengan memberikan asupan penuh serat setiap harinya. Happy parenting!
Post Comment
Post a Comment

Thank you for visiting my blog. I am very happy if you leave comments, feedback, suggestions, or criticism. As a passion for me, to be able to write better. Happy Reading!