Visa Contactless, Saatnya Belanja Tanpa Uang Tunai

Friday, October 4, 2019
Sebagai Ibu rumah tangga, minimal satu kali dalam sebulan saya harus belanja kebutuhan rumah tangga. Saking malasnya tarik uang tunai di ATM, lebih simpel dan merasa nyaman membawa kartu debit atau isi uang digital di smartphone. Yups, saya ini lebih suka cashless dear.

Tidak cuma saya saja, pasti pembaca setia blog ini juga lebih menyukai pembayaran tanpa uang tunai, apalagi anak millenials lebih suka promo cashback. Semakin tingginya minat tanpa uang tunai ternyata dibuktikan loh dear dari penelitian yang dilakukan Visa Consumer Attitude Study tahun 2018. 

Berdasarkan riset, ternyata 8 dari 10 responden lebih menyukai dan percaya diri berpergian tanpa uang tunai, hanya mengandalkan kartu debit atau kredit serta ponsel. Riset ini membuktikan bahwa masyarakat Indonesia sudah melek digital dan semakin sadar manfaat pembayaraan non tunai, termasuk dengan pembayaran tanpa tunai hanya menggunakan kartu.

ikut Shopping Race bersama Visa Contactless

Nah, terbukti kan? Pembayaran non tunai itu mempermudah kita, apalagi para ibu-ibu yang rutin belanja. Gak cuma sekali dalam sebulan, mampir di minimarket aja kalau bisa gak perlu pakai uang kertas lagi, sudah cashless dong!.

Untuk membuktikan kemudahan belanja tanpa uang tunai, beberapa hari waktu lalu saya dan teman Blogger lain diajak Shopping Race Challenge bersama PT Visa Worldwide Indonesia. Kami berenam ditantang belanja senilai Rp 500.000-, di Transmart Carrefour Cempaka Putih menggunakan Kartu Visa Contactless, tanpa uang tunai jadi belanjanya tidak boleh melebihi nominal tersebut.

Hanya  Tap Kartu Visa, Tanpa Ribet Input PIN atau Tanda Tangan


Kartu Visa Contactless berbeda dengan Kartu debit ataupun kredit biasa, kartu ini memiliki logo visa yang didukung oleh teknologi pembayaran nirsentuh dengan cepat, mudah dan aman tanpa memberikan PIN atau tanda tangan. 

Selaku Direktur Consumer Product and Digital Solution Visa, Kelvin Tanu Utomo menyampaikan bahwa Visa Contactless menggunakan teknologi wireless jarak dekat, sehingga ketika melakukan nirsentuh atau tap kartu dengan jarak 4cm pada mesin EDC (Electronic Data Capture) dengan waktu kurang dari 0,5 detik untuk membaca kartu, kilat kan dear?.



Untuk keamanannya tidak perlu khawatir dear, karena walaupun sangat mudah digunakan, kartu Visa Contactless menggunakan chip khusus untuk mencegah penipuan dengan adanya kartu duplikat. Kartu Visa dengan nirsentuh ini juga tidak akan berpindah tangan saat transaksi, karena tanpa melalui di-gesek atau swipe card, selain itu dengan adanya chip melindungi data-data dan keamanan saat transaksi dilakukan. 

Perlu diketahui juga, penggunaan Visa Contacless tinggal tap tanpa tanda tangan atau PIN saat transaksi hanya bisa digunakan dengan nilai transaksi dibawah Rp 1.000.000-, kalau diatas nominal tersebut tetap menggunakan PIN ya, tujuannya untuk menjaga uang kita tidak digunakan sembarangan oleh orang lain.

Penasaran gak, bagaimana cara mendapatkan kartu Visa Contacless ini?

Tukar Kartu Debit atau Kredit dengan Kartu Visa 


Pahami dulu ya, kalau Visa ini bukan penerbit kartu kredit maupun debit. Visa hanyalah perusahan teknologi pembayaran global yang menghubungkan konsumen, pelaku usaha, institusi keuangan dan pemerintah pada 200 lebih Negara di Dunia. Perusahaan ini menyediakan layanan pembayaran non tunai dengan memanfaatkan mesin elektronik.

Cara mendapatkan kartu Visa, langsung saja menghubungi Bank yang telah bekerjasama seperti Bank Mandiri, BNI, BTPN Jenius, Standard Chartered, Bank Mega. Kalau saya sudah punya Jenius yang memang langsung diberikan kartu Visa.

Contoh kartu Visa dari Bank Mega, cocok untuk belanja di Transmart

Fyi, kartu Visa ini dapat digunakan untuk pembayaran non tunai di seluruh dunia. Sudah banyak loh pengalaman ketika traveling ke luar Negeri tanpa membawa uang tunai atau cashless, hanya mengandalkan kartu Visa. 

Selain Visa Contactless, sebagai jaringan pembayaran global yang inovatif tersebar seluruh dunia, Visa juga mengeluarkan produk Token Service sebagai solusi pembayaran selular dengan melindungi informasi sensitif seperti 16 digit nomor kartu. Transaksi dapat dilakukan melalui nirsentuh atau tap, memakai kode QR dan bluetooth. 

Semakin menarik kan?, dibandingkan mengambil uang tunai dari ATM dengan nominal yang cukup besar, saya lebih memilih menggunakan kartu Visa untuk transaksi. Dear, kalau kalian juga menginginkan transaksi yang cepat, mudah dan aman, sudah saatnya move on menggunakan kartu Visa Contactless, segera tukar di Bank terdaftar ya!. 
1 comment on "Visa Contactless, Saatnya Belanja Tanpa Uang Tunai"
  1. Wah ini solusi yang tepat untuk belanja gk perlu bawa uang cash banyak2 jadinyaa ya mbaa

    ReplyDelete

Thank you for visiting my blog. I am very happy if you leave comments, feedback, suggestions, or criticism. As a passion for me, to be able to write better. Happy Reading!